PROTA BAHASA INDONESIA KELAS VII K13
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMP .....................
Kelas / Semester : VII / 1 dan 2
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Komptensi Inti :
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
teori.
|
SMT
|
KOMPETENSI DASAR
|
Alokasi Waktu
|
|
1
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks
deskripsi tentang objek (sekolah,
tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang
didengar dan dibaca
|
36 JP
|
|
4.1 Menjelaskan isi teks deskripsi objek
(tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll)
yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
|
||
|
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah,
tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄ atau suasana pentas seni daerah) yang
didengar dan dibaca
|
||
|
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam
bentuk teks deskripsi tentang objek(sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄ atau suasana pentas
seni daerah) secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan struktur,kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
||
|
1
|
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi)
yang dibaca dan didengar
|
36 JP
|
|
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi
(cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
|
||
|
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks
narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
|
||
|
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk
cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur,
penggunaan bahasa, atau aspek lisan
|
||
|
1
|
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang
cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian
daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang
dibaca dan didengar
|
36 JP
|
|
4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur tentang
cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat
cinderamata, dan/atau kuliner khas
daerah) yang dibaca dan didengar
|
||
|
3.6 Menelaah struktur dan aspek
kebahasaan teks prosedur tentang cara
melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah,
cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar
|
||
|
4.6 Menyajikan
data rangkaian kegiatan ke
dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian
daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis
|
||
|
1
|
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks
laporan hasil observasi berupa buku
pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
|
18 JP
|
|
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil
observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
|
||
|
3.8 Menelaah
struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa
buku pengetahuan yang dibaca atau
diperdengarkan
|
||
|
4.8 Menyajikan
rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku
pengetahuan secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
|
||
|
2
|
3.9 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca
|
30 JP
|
|
4.9 Membuat peta pikiran/sinopsis tentang isi
buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca
|
||
|
3.10 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam
buku fiksi dan nonfiksi
|
||
|
4.10 Menyajikan tanggapan secaralisan,
tulis, dan visual terhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
|
||
|
2
|
3.11 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan,
dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan
didengar
|
30 JP
|
|
4.11 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan,
permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca
atau diperdengarkan
|
||
|
3.12 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan
dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
|
||
|
4.12 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk
kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi
|
||
|
2
|
3.13 Mengidentifikasi informasi (pesan,
rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
|
36 JP
|
|
4.13 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan
|
||
|
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan
puisi rakyat (pantun, syair, dan
bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
|
||
|
4.14 Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam
bentuk puisi rakyat secara lisan dan
tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa
|
||
|
2
|
3.15 Mengidentifikasi informasi tentang
fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar
|
18 JP
|
|
4.15 Menceritakan kembali isi cerita
fabel/legenda daerah setempat yang dibaca/didengar
|
||
|
3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda
daerah setempat yang dibaca dan didengar
|
||
|
4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah
setempat yang dibaca dan didengar
|
............................, Juli 2018
Mengetahui,
Kepala
SMP .................................. Guru
Mata Pelajaran,
.
Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Komentar
Posting Komentar