RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                         : SMP ................................
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester              : VII/2
Materi Pokok                 : Menelaah hubungan unsur-unsur buku
                                           Fiksi dan nonfiksi
Alokasi Waktu              : 4 X Pertemuan  (8 JP)

A.      Kompetensi Inti

1.         Menghargaidanmenghayatiajaran  agama  yang  dianutnya.
2.      Menunjukkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),   santun,  danpercayadiridalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungan sosial danalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
3.      Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
4.      Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator
3.9
Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi/ nonfiksi yang  dibaca
3.9.1

3.9.2

3.9.3




Menentukan unsur-unsur buku
fiksi.                    
Menentukan unsur-unsur buku
nonfiksi.
Menjelaskan  perbedaan unsur buku fiksi dan nonfiksi
4.9
 Membuat peta pikiran /sinopsis tentang isi buku fiksi/ nonfiksi yang dibaca


4.9.1
4.9.2

4.9.3
4.9.4
4.9.4

Membuat peta pikiran isi buku  fiksi.
Membuat peta pikiran isi buku nonfiksi.
Membuat sinopsis isi  buku fiksi .
Membuat rangkuman isi buku nonfiksi
Menceritakan sinopsis isi buku fiksi.

·         Nilai karakter :religius, tanggung jawab, mandiri, dan santun.


C.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian  pembelajaran tentang buku fiksi dan nonfiksi,peserta didik diharapkan dapat:
1.    Menentukan unsur-unsur buku fiksi tepat.
2.    Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi dengan tepat.
3.    Memiliki karakter religius, tanggung jawab, mandiri, dan santun.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian  pembelajaran tentang buku fiksi dan nonfiksi,peserta didik diharapkan dapat:
1.    Menentukan  perbedaan unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan benar.
2.    Memiliki karakter religius, tanggung jawab, mandiri, dan santun.

Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti  serangkaian pembelajaran tentang buku fiksi dan nonfiksi, peserta didik diharapkan dapat:
1.      Membuat peta pikiran tentang isi bukufiksi dengan tepat.
2.      Membuat peta pikiran tentang isi bukunonfiksi dengan tepat.
3.      Memiliki karakter religius, tanggung jawab, mandiri, dan santun.

Pertemuan keempat
Setelah mengikuti serangkaian  pembelajaran tentang buku fiksi dan nonfiksi, peserta didik diharapkan dapat:
1.      Membuat sinopsis isi  buku fiksi.
2.      Membuat rangkuman isi buku nonfiksi.
3.      Memiliki karakter religius, tanggung jawab, mandiri, dan santun.


D.Materi Pembelajaran

1. Materi Reguler
a.       Unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
b.      Perbandingan unsur - unsur buku fiksi dan nonfiksi
c.       Membuat peta pikiran buku fiksi dan nonfiksi
d.      Sinopsis buku fiksi
e.       Rangkuman buku nonfiksi
f.       Menceritakan
     2. Materi Pengayaan
Membuat rangkuman buku fiksi dan nonfiksi
     3. Materi Remedi
Perbandingan buku fiksi dan nonfiksi

D.      Metode Pembelajaran
-          Discovery Learning
E.       Media dan  Bahan

     1. Media: LCD
     2. Bahan :
a.Tayangan Video dokumenter
b.Rangkuman buku  “ Biota Laut” dan   “Lebai Malang”
c.Buku Fiksi
d.Buku nonfiksi

F. Sumber belajar:
Harsiati,.Titik dkk.2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7.Jakarta: Pusat
 Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang,Kemdikbud, Hlm, 275-295.

Harsiati,.Titik dkk.2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat
 Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 133-135.

G.Kegiatan Pembelajaran


Pertemuan Pertama
Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan

1.      Guru memulai Langkah-Langkah Pembelajaran dengan berdoa bersama.
2.        Guru mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.        Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
5.        Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
6.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
7.        Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan.
8.        Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu aspek pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu penilaian proses..

1          10
Kegiatan Inti










Merumuskan pertanyaan
1. Peserta didik  mengamati buku fiksi dan
nonfiksi.
2.Peserta didik merumuskan pertanyaan
yang berkaitan dengan buku fiksi dan
nonfiksi
4.  Peserta didik dengan bimbingan guru memilah pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran

Merencanakan
Peserta didik merencanakan prosedur atau langkah-langkah  untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang telah dirumuskan
Dengan mengamati  dan membaca buku fiksi dan nonfiksi 
Mengumpulkan dan menganalisis data
1. Peserta didik mengumpulkan informasi,
fakta, maupun data yang berkaitan dengan
unsur – unsur buku fiksi dan non fiksi
dilanjutkan dengan kegiatan menganalisis
buku fiksi/ nonfiksi.
2. Guru memfasilitasi siswa pada saat
mengumpulkan informasi sampai
 menganalisis buku fiksi/nonfiksi

Menarik simpulan
1.Dari informasi yang diperoleh, peserta
didik menarik simpulan tentang unsur-
unsurbuku fiksi/ nonfiksi.
2. Setiap kelompok mengunjungi hasil dari
    kelompok lain dan memberikan tanggap-
    an.
Aplikasi dan tindak lanjut
Setelah pemecahan masalah dapat disimpulkan, peserta didik menyampaikan beberapa pertanyaan lanjutan yang belum dipahami terkait dengan unsur – unsur buku fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya pertanyaan tersebut untuk diselesaikan oleh peserta didik bersama guru.
Setiap siswa dalam kelompok dapat bekerja sama dan saling menghargai.

60’
Penutup
1.Guru memfasilitasi dan membimbing
peserta didik untuk membuat rangkuman
atau simpulan buku fiksi dan nonfiksi
2. Guru dan peserta didik merefleksi kegiatan
 pembelajaran tentang buku fiksi dan
 nonfiksi
3. Guru memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
4. Guru dan siswa merencanakan kegiatan
tindak lanjut berupa pemberian   tugas
mandiri tidak terstruktur ( mencari contoh bentuk fiksi dan nonfiksi)
5. Guru menyampaikan rencanapembelajar-
    anpada pertemuan berikutnya
6. Guru mengakhiri pembelajaran dengan
salam.
10


       Pertemuan kedua
Langkah/Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1.        Guru memulai Langkah-Langkah Pembelajaran dengan berdoa bersama.
2.        Guru mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.        Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
5.        Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
6.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
7.        Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan.
8.        Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu aspek pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu penilaian proses..

1          10
Kegiatan Inti










Merumuskan pertanyaan
1. Peserta didik  mengamati unsur buku fiksi
dan nonfiksi.
2.Peserta didik merumuskan pertanyaan
yang berkaitan dengan unsur –unsur buku
fiksi dannonfiksi
3. Peserta didik dengan bimbingan guru
memilah pertanyaan yang sesuai dengan
 tujuan pembelajaran

Merencanakan
Peserta didik merencanakan prosedur atau langkah-langkah  untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang telah dirumuskan
Dengan mengamati  dan membaca data unsur – unsurbuku fiksi dan nonfiksi 
Mengumpulkan dan menganalisis data
1. Peserta didik membandingkan informasi,
fakta, maupun data yang berkaitan dengan
unsur – unsur buku fiksi dan non fiksi,
dilanjutkan dengan kegiatan menganalisis
unsur – unsur buku fiksi/ nonfiksi.
2. Guru memfasilitasi siswa pada saat
mengumpulkan informasi sampai
 menganalisis data unsur – unsur buku
fiksi/nonfiksi                       

Menarik simpulan
1.Dari informasi yang diperoleh, peserta
didik menarik simpulan tentang  perbedaan
    unsur – unsurn buku fiksi dan nonfiksi.
2. Setiap kelompok mengunjungi hasil dari
    kelompok lain dan memberikan tanggap-
    an.
Aplikasi dan tindak lanjut
Setelah pemecahan masalah dapat disimpulkan, peserta didik menyampaikan beberapa pertanyaan lanjutan yang belum dipahami terkait dengan perbedaan unsur – unsur buku fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya pertanyaan tersebut untuk diselesaikan oleh peserta didik bersama guru.
Setiap siswa dalam kelompok dapat bekerja sama dan saling menghargai.

60’
Penutup
1.Guru memfasilitasi dan membimbing
peserta didik untuk membuat rangkuman
atau simpulan buku fiksi dan nonfiksi
2. Guru dan peserta didik merefleksi kegiatan
 pembelajaran tentang buku fiksi dan
 nonfiksi
3. Guru memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
4. Guru dan siswa merencanakan kegiatan
tindak lanjut berupa pemberian   tugas
mandiri tidak terstruktur
5. Guru menyampaikan rencanapembelajar-
    anpada pertemuan berikutnya
6. Guru mengakhiri pembelajaran dengan
salam.
10




Pertemuan Ketiga

Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan












1.Guru memulai Langkah-Langkah
Pembelajaran dengan berdoa bersama.
2.Guru mengecek kehadiran siswa.
4.  Guru menyiapkan peserta didik
psikis dan fisik untuk mengikuti proses
 pembelajaran.
5.  Guru memberi motivasi belajar peserta
 didik secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
 kehidupan sehari-hari.
6.    Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
7.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
8.    Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan.
8. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu aspek pengetahuan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu penilaian proses..

1          10
Kegiatan Inti

Merumuskan Pertanyaan
1. Peserta didik  membaca teks  fiksi dan
nonfiksi.
2.Peserta didik merumuskan pertanyaan yang
berkaitan dengan menyusun peta pikiran
buku fiksi dan nonfiksi
3. Peserta didik dengan bimbingan guru
memilah dan memilih pertanyaan yang
 sesuai dengan tujuan pembelajaran

Merencanakan
Peserta didik merencanakan prosedur atau langkah-langkah  untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang telah dirumuskan
Mengumpulkan dan menganalisis data
1. Peserta didik mengumpulkan informasi,
 fakta, maupun data yang berkaitan dengan
 langkah – langkah menyusun pita pikiran
buku fiksi dan nonfiksi
, dilanjutkan dengan kegiatananalisis.
2. Peserta didik membuat peta konsep
3. Guru memfasilitasi siswa pada saat
mengumpulkan informasi sampai
 menganalisis buku fiksi/nonfiksi
Menarik simpulan
1.  Peserta didik menarik simpulan tentang cara membuat pita pikiran
2. Setiap kelompok mengunjungi hasil dari
    kelompok lain dan memberikan tanggap-
    an.

Aplikasi dan tindak lanjut
1. Peserta didik menerapkan hasil dengan
membuat peta pikiran dari buku fiksi dan
nonfiksi
2. Setiap siswa dalam kelompok dapat
bekerja sama dan saling menghargai.
3. Peserta didik mengeksplorasi  rangkuman
yang telah dibuat.

60’
Penutup
1. Guru  dan peserta didik menyimpulkan
 hasil pembelajaran yang telah
berlangsung.
2.Guru melakukan penilaian dan/refleksi
terhadap kegiatan   yang telah dilaksa
nakan secara konsisten dan terprogram
3.Guru memberi umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
4.Guru merancanakan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedial, program
pengayaan sesuai dengan hasil belajar
peserta didik.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajar -
an  pada pertemuan berikutnya
6. Guru mengakhiri pembelajaran dengan
salam.

10


Pertemuan Keempat

Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1. Guru memulai Langkah-Langkah
Pembelajaran dengan berdoa bersama.
2. Guru mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses
 pembelajaran.
4. Guru memberi motivasi belajar peserta
 didik secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari.
5. Guru mengajukan pertanyaan-
pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
6. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
 atau kompetensi dasar yang akan
dicapai.
7. Guru menyampaikan cakupan materi
dan penjelasan uraian kegiatan.
8. Guru menyampaikan lingkup penilaian,
 yaitu aspek pengetahuan dan teknik
 penilaian yang akan digunakan, yaitu
penilaian proses..

1          12
Kegiatan Inti

Merumuskan Pertanyaan
Peserta didik merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan penyusuna sinopsi atau rangkuman buku fiksi dan nonfiksi
Merencanakan
Peserta didik merencanakan prosedur atau langkah-langkah  untuk membuat sinopsis atau rangkuman
Mengamati peta konsep
Mengumpulkan dan menganalisis data
1. Peserta didik mengumpulkan informasi,
fakta, maupun data yang berkaitan dengan
langkah – langkah membuat sinopsis atau
    rangkuman..
2. Peserta didik membuat sinopsis buku fksi
    dan rangkuman buku nonfiksi.
2. Guru memfasilitasi siswa pada saat
mengumpulkan informasi sampai
menganalisis buku fiksi/nonfiksi
Menarik simpulan
1. Peserta didik menarik simpulan tentang
pembuatan sinopsis atau rangkuman.
2. Setiap kelompok mengunjungi hasil
    kelompok  lain dan memeberikan
    tanggapan.

Aplikasi dan tindak lanjut
1.Peserta didik menerapkan hasil dengan
Penyusunan sinopsis / rangkuman.
2. Setiap siswa dapat bekerja sama dan saling
menghargai.
3.Peserta didik mengeksplorasi  rangkuman
yang telah dibuat.

60’
Penutup
1.Guru  dan peserta didik menyimpulkan
hasil pembelajaran yang telah
berlangsung.
2. Guru melakuakan penilaian dan/refleksi
terhadap kegiatan   yang telah dilaksana-
kan secara konsisten dan terprogram
3. Guru memberi umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
4. Guru merancanakan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedial, program
pengayaan sesuai dengan hasil belajar
peserta didik.
5. Guru menyampaikan rencana pembelajar-
an  pada pertemuan berikutnya
6. Guru mengakhiri pembelajaran dengan
salam.


8





F.       Penilaian ,Pembelajaran Remedial,dan Pengayaan      

1.Instrumen Penilaian
  Pertemuan pertama
a.    Penilaian Sikap
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah             : SMP
Kelas/Semester                        : VII/2
Tahun Pelajaran                       : 2017/2018

No
Waktu
Nama
Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ket.

  1.  

  1.  

  1.  

  1.  






  1.  





...






b. Penilaian Pengetahuan
1. Teknik : tes tertulis
2. Bentuk : uraian
Instrumen Soal

a. Kisi-kisi soal
No
Kompetensi
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
3.9Menemukan unsur-
unsur dari buku
 fiksi dan nonfiksi
yang dibaca
Buku fiksi/nonfiksi
Disajikan buku fiksi siswa dapat menemukan unsur –nsur buku  fiksi.

Disajikan buku nonfiksi siswa dapat menemu-
kan unsur- unsur buku nonfiksi
Membandingkan unsur buku fiksi/nonfiksi

Uraian





Uraian





Uraian
1





1





1

b. Butir Soal
1. Sebutkan  unsur-unsur  buku fiksi !
2. Sebutkan unsur – unsur buku nonfiksi!
3. Jelaskan perbedaan unsur-unsur buku fiksi dan buku nonfiksi!
                    

c. Kunci Jawaban
1. Unsur-unsur buku fiksi
- Tema
- Alur
- Sudut pandang
- Penokohan dan perwatakan
- Amanat
-Latar/setting
             2. Unsur-unsur buku nonfiksi
- Identitas buku terdiri dari:
a. Judul
b. Pengarang
c. Penerbit
d. Tebal halaman
e. Isi
f. Penutup

3.      Siswa bisa membedakan unsur buku fiksi/nonfiksi
Unsur buku fiksi
Unsur buku nonfiksi
a.    menggunakan alur
b.              dst
b. tidak menggunakan alur tapi sistematika


Dilihat dari isinya berupa pengetahuan atau nyata sedangkan fiksi berupa cerita rekaan.
c. Pedoman Penskoran
No Soal
Deskripsi Jawaban
Skor
1
Jika menuliskan tujuh (7)
Jika menuliskan enam (6)
Jika menuliskan lima (5)
Jika menuliskan empat (4)
Jika menuliskan tiga(2)
4
3
2
1
2
Jika dapat menyebutkan unsur-unsur buku fiksi/nonfiksi:
Jika menuliskan enam (6)
Jika menuliskan lima (5)
Jika menuliskan empat (4)
Jika menuliskan tiga(3)
Jika menuliskan  dua (2)
Jika menuliskan satu (1)





6
5
4
3
2
1
3
Menjelaskan dengan tepat
Menjelaskan kurang tepat
Menjelaskan tidak tepat

3
2
1

total skor perolehan
Nilai = ---------------------------     x 100
total skor maksimum

b. Penilaian ketrampilan(Penilaian Proyek)


a. Kisi-kisi soal
No.

Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik
Penilaian

4.9 Membuat peta
pikiran/rangkuman
alur tentang isi buku
fiksi/nonfiksi yang
dibaca
Membuat rangkuman
Diberikan satu buku sastra, peserta didik dapat:
1.Menyusun peta
Pikiran isi buku.
2. Menulis rang –
kuman isi buku.
3. Menyusun lapor-
an proses penu-
lisan rangkuman
isi buku
Proyek

b. Butir Soal
1.      Buatlah rangkuman isi buku sastra (novel atau kumpulan cerpen) dengan memperhatikan hal-hal berikut!
2.      Tentukan satu judul buku sastra (novel atau kumpulan cerpen) untuk dibuat sinopsisnya!
3.      Susunlah peta pikiran isi buku tersebut!
4.      Tulislah sinopsis isi buku tersebut!
5.      Susunlah laporan proses penulisan sinopsis dan buat pula PPT untuk presentasi!
6.      Presentasikan laporanmu!.

c. Pedoman Penskoran





Aspek yang Dinilai
Skor

Kemampuan merencanakan

1 s.d. 4


Kemampuan menyusun peta pikiran

1 s.d. 4


Kemampuan menulis sinopsis

1 s.d. 4


Kemampuan menyusun laporan

1 s.d. 4


Kemampuan presentasi

1 s.d. 4


Skor maksimum

20



d. Rubrik Penilaian Proyek
NO
Indikator
Rubrik
1
Kemampuan perencanaan
4 = Buku terbaru, tema sesuai dengan konteks SMP, isi tidak terdapat unsur sara (suku, agama, ras, politik, pornoaksi/pornografi)
3 = Buku lama, tema sesuai dengan konteks SMP, isi tidak terdapat unsur sara (suku, agama, ras, politik, pornoaksi/pornografi)
2 = Buku terbaru/lama, tema TIDAK sesuai dengan konteks SMP, isi tidak terdapat unsur sara (suku, agama, ras, politik, pornoaksi/pornografi)
1 = Buku terbaru/lama, tema sesuai dengan konteks SMP, isi terdapat unsur sara (suku, agama, ras, politik, pornoaksi/pornografi)

2
Kemampuan menyusun peta pikiran
4 = Unsur lengkap: judul, unsur intrinsik/alur; sistematis
3 = Unsur kurang lengkap: judul, unsur intrinsik/alur kurang; sistematis.
2 = Unsur kurang lengkap: judul, unsur intrinsik/alur kurang; sistematis.
1 = Unsur kurang lengkap: judul, unsur intrinsik/alur kurang; tidak sstematis.

3
Kemampuan menulis sinopsis
4 =Kelengkapan unsur terpenuhi: judul, isi, alur; menggunakan bahasa sendiri/bukan bahasa buku; sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
3 = Kelengkapan unsur terpenuhi: judul, isi, alur; menggunakan  bahasa buku; sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
2 = Kelengkapan unsur tidak terpenuhi: judul, isi tidak utuh, alur; menggunakan bahasa  bahasa buku; sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia

1 = Kelengkapan unsur tidak terpenuhi: judul, isi tidak utuh, alur; menggunakan bahasa  bahasa buku; banyak penulisan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia

4
Kemampuan menyusun laporan
4 = Laporan menggambarkan  proses utuh dan sistematis lengkap dengan PPT.
3 = Laporan menggambarkan  proses utuh dan sistematis lengkap dengan PPT.
2 = Laporan menggambarkan  proses utuh , tetapi kurang sistematis,lengkap dengan PPT.
1 = Laporan kurang  menggambarkan  proses, kurang sistematis,lengkap dengan PPT.

5
Presentasi
4 =Presentasi menggunakan PPT,sistematis,utuh(tergambar kendala dan cara mengatasinya).
3 = Presentasi menggunakan PPT, tidak sistematis, kurang lengkap/utuh( missal :tergambar kendala tetapi tidak diuraikan cara mengatasinya).
2 = Presentasi  tidak menggunakan PPT,sistematis, utuh.
1 = Presentasi  tidak menggunakan PPT, tidak sistematis, kurang utuh.





                     Skor perolehan

 Nilai = ------------------ X 100
                    20


2.                           Pembelajaran Remedial

       Siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan dikumpulkan kemudian
        Diadakan pembelajaran ulang tentang materi yang disampaikan.

3.                           Pembelajaran Pengayaan
     Siswa yang sudah tuntas diberi tugas untuk merangkum kembali buku fiksi atau buku nonfiksi


                                                                               
Mengetahui,
Kepala SMP Bahari Kawunganten





SURATNO, S.Pd

Kawunganten,  2 Januari 2018
Guru Mapel,





NOFIYATUN
           
LAMPIRAN MATERI BUKU FIKSI DAN NONFIKSI
Definisi buku fiksi dan nonfiksi, buku fiksi berisi gagasan/ide/perasaan penulis yang bersifat fiktif imajinatif.Buku nonfiksi  isinya memaparkan ilmu pengetahuan baik secara teknis maupun secara popular.
. .Unsur-unsur buku fiksi
- Tema
- Alur
- Sudut pandang
- Penokohan dan perwatakan
- Amanat
-Latar/setting
Unsur-unsur buku nonfiksi
- Identitas buku terdiri dari:
a. Judul
b. Pengarang
c. Penerbit
d. Tebal halaman
e. Isi
f. Penutup

Pengertian rangkuman .
  Rangkuman disebut juga dengan ringkasan.Rangkuman adalah hasil menyarikan semua gagasan-gagasan poko/intisari suatu karangan atau buku
Menjadi bentuk yang ringkas atau pendek.Rangkuman tidak boleh mengubah ide pokok (gagasan pokok) teks aslinya.
Langkah merangkum berdasarkan gagasan pokok
Panduan praktis merangkum buku berdasarkan gagasan pokok :
1.Bacalah informasi umum buku,seperti judul,pengarang,penerbit. Jika berupa
    Artikel,catat nama pengarang, nama media,tanggal terbit.
2.Ketahui secara umum isi buku melalui daftar isi dan kata pengantar.
3.Buku yang baik memiliki susunan berpikir yang terurai dengan baik dalam
   Bab dan subbab.Setiap subbab dijabarkan ke dalam paragraph.Setiap para-
   Graf memiliki satu pemikiran utama.
4.Berdasarkan butir(no 3) maka kita dapat merangkum bacaan dari pokok-
    Pokok pikiran yang terdapat dalam setiap paragraph.Lihat kembali pela-
    Jaran di kelas 7 tentang gagasan utama dan gagasan rincian.
5.Merangkum bacaan dapat dilakukan dengan menyusun pokok pikiran
    Atau gagasan utama setiap paragraph.            
6.Format merangkum dengan teknik menentukan gagasan utama dan gagasan rincian adalah sebagai berikut:
a.Judul Buku             :………………………………………………………………………….
b.Judul Bab               :………………………………………………………………………..
c.Judul Subbab         :………………………………………………………………………..

.Gagasan Utama setiap paragraph dalam subbab:
      Paragraf 1       :……………………………………………………….
      Paragraf 2       :………………………………………………………
Paragraf  3      :………………………………………………………….
     Dan seterusnya.
7.Gagasan setiap paragraph dapat diungkapkan dalam satu kalimat.
    Merangkum bacaan dapat dilakukan dengan menyusun setiap kalimat yang menjadi gagasan utama /pokok pikiran setiap paragraph ke dalam satu karangan.
Langkah merangkum dengan pemetaan pikiran
Langkah yang harus dilakukan untuk merangkum dengan pemetaan pikiran diuraikan berikut
1.Tulis judul di tengah-tengah kertas dan beri gambar yang ssuai untuk memudahkan mengingat judul tersebut.
2.Buat cabang utama terkait topic tadi misalkan apa definisi mind map, bagaimana otak bekerja,apa itu kesuksesan, latihan apa yang bisa dilakukan dan bagaimana aplikasinya.
3.Teruskan dengan membuat cabang –cabang utama lainnya dan gunakan warna warna berbeda.
4.Ingat beri label setiap cabang hanya dengan kata kunci saja.Semakin sedikit semakin baik. Kalian mencatat bukan untuk menghafal melainkan untuk memahami dengan bahasa sendiri.
5.Selanjutnya dari tiap cabang buat sub cabang untuk hal-hal yang saling berhubungan.
6.Gunakan garis-garis lengkung dan alur yang nyaman .Tidak ada aturan khusus
Dalam membuat peta pikiran.
7.Jika ada hal-hal yang berhubungan pada sub yang berbeda, kalian bisa menarik garis sebagai pengingat adanya kaitan antara kedua hal tersebut.





Daftar Nilai Pengetahuan KD 3.9
Kelas 7 A
No
Nama
1
2
3
Jumlah
Nilai
1.      








Kawunganten,.....................................................2019
Guru Bahasa Indonesia


.........................



Daftar Nilai Keterampilan KD 4.9
Proyek
Kelas 7 A
No
Nama
1
2
3
4
5
Jumlah
Nilai
1.        


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi