Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

Materi Teks Diskusi Kelas 9

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

 

Pengertian Teks Diskusi

Apa itu diskusi? Pernahkah kalian melakukan diskusi? Dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat sudah pasti kita melakukan aktivitas dan interaksi dengan orang lain. Interaksi tersebut dilakukan dengan cara berkomunikasi baik melalui perilaku verbal maupun non verbal. Sebagaimana perilaku verbal seperti halnya pada saat kita berdiskusi dengan orang lain. Sedangkan perilaku non verbal seperti halnya pada saat kita berbicara lewat telefon, telegram maupun internet. 



Diskusi adalah kegiatan bertukar pikiran, ide, pendapat, gagasan untuk memecahkan suatu masalah. Diskusi dilakukan secara terarah mengenai masalah-masalah yang sedang dihadapi. Masalah tersebut diselesaikan untuk mencari solusi terbaik atau yang sering kita sebut dengan istilah hasil dari keputusan atau kesimpulan.

 

Diskusi tentu dilakukan oleh dua orang atau lebih, yang didalamnya terdapat kelompok-kelompok tertentu. Adapun tujuan dari diskusi adalah untuk menambah pengetahuan atau memperluas wawasan tentang hal-hal yang dianggap baru. Tujuan lainnya yang paling penting adalah untuk memperoleh suatu kesepakatan pendapat antara setiap peserta diskusi.

Dalam hal berdiskusi dalam kelompok bukan hanya dilakukan dengan cara berbicara langsung dengan peserta, tetapi juga dapat dilakukan dengan teks atau tulisan. Teks diskusi merupakan bentuk penulisan yang berisi pesan atau argumen yang dibuat berdasarkan pemikiran, ide yang logis. Teks diskusi yang dibuat tentu membahas tentang penguraian masalah yang baik dalam mencari titik tengah atau solusi. Agar teks diskusi dapat dipahami dengan baik pula, tentu teksnya harus dibuat dengan bahasa yang logis dan sederhana.



Pada saat diskusi berlangsung tentu ada seorang ketua kelompok yang mengatur prosesnya diskusi. Selain itu, ada juga beberapa orang yang terlibat sebagai  narasumber, notulen, moderator dan peserta diskusi. Semua ini menjadi bagian terpenting dalam proses diskusi. 



Ada beberapa fungsi dan tugas dari masing-masing setiap anggota diskusi seperti:

Moderator bertugas untuk mengatur jalannya diskusi dari awal sampai akhir, pada saat pembukaan sampai dengan penutupan dan pembacaan kesimpulan.

·         Ketua diskusi bertugas untuk menyampaikan gambaran mengenai topik-topik tertentu yang akan dijadikan bahan dalam diskusi.

·         Notulen bertugas sebagai juru tulis atau bagian yang mencatat poin-poin penting dalam pembahasan.

·         Narasumber bertugas menyampaikan materi-materi penting yang didalamnya mencakup uraian tentang topik diskusi.

·         Peserta diskusi bertugas sebagai pendengar sekaligus pemberhati pada saat proses diskusi berlangsung. Peserta diskusi nantinya dapat mengajukan pertanyaan mengenai masalah yang dianggap menurutnya baik untuk ditanyakan. Contohnya adalah ungkapan tentang setuju atau tidak, benar atau salah dan sependapat dengan peserta yang lain atau justru sebaliknya.


Tujuan Teks Diskusi

Tujuan diskusi adalah mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat. Diskusi yang melibatkan beberapa orang disebut diskusi kelompok. Dalam diskusi kelompok dibutuhkan seorang pemimpin yang disebut ketua diskusi. Tugas ketua diskusi adalah membuka dan menutup diskusi, membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan gagasan, menengahi anggota yang berdebat, serta menyimpulkan hasil diskusi.

 

Fungsi diskusi

1.    Untuk menyelesaikan masalah

2.    Untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas

3.    Untuk bertukar pikiran, pendapat dan gagasan

4.    Untuk menambah hubungan sosial dengan orang lain dan masyarakat

5.    Untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap organisasi dan kelompok tertentu

6.    Sebagai wadah pertemuan dalam perbaikan dalam menyelesaikan masalah

 

Jenis-jenis diskusi

·         Kongres merupakan suatu pertemuan organisasi, baik organisasi politik, masyarakat, sosial profesi dan lain sebagainya. Kongres biasanya dilakukan untuk menentukan hasil kesepakatan bersama dari setiap kelompok organisasi yang ada.

·         Seminar merupakan suatu bentuk pertemuan secara akademis yang biasanya dilakukan oleh para cendikiawan atau guru besar dalam membahas topik tertentu. Seminar dilakukan atas pertemuan khusus yang proses diskusi dilakukan secara langsung dan sesuai dengan teknis yang sudah ditentukan.

·         Diskusi panel merupakan bentuk forum untuk bertukar pikiran. Diskusi panel biasanya dilakukan oleh para kelompok tertentu yang pesertanya sudah tahu tentang masalah-masalah yang akan dibahas.

·         Muktamar merupakan bentuk dari musyawarah yang dilakukan oleh para pemimpin organisasi. Musyawarah ini laksanakan pda waktu-waktu tertentu, dimana waktu diskusi sudah berjalan dari tahun ketahuan. Pelaksanaan muktamar lebih identik dengan pertemuan antara pemimpin organisasi dari tingkat pusat, daerah dan pimpinan cabang.

·         Simposium merupakan bagian dari diskusi yang berkaitan dengan pidato pendek yang biasanya dilakukan di depan para peserta atau pengunjung. 

·         Lokakarya merupakan bentuk diskusi yang biasanya dilakukan oleh para ahli dalam bidang tertentu. Lokakarya biasanya membahas tentang masalah-masalah baru terkait dengan penelitian yang mereka lakukan sebelumnya. 

 

Struktur diskusi

Pada dasarnya diskusi memiliki beberapa struktur diantaranya adalah sebagai berikut:

 

Bagian isu

Pada bagian isu disebut juga dengan bagaian masalah. Bagian ini seorang penulis mencoba memberi gambaran tentang isu yang akan dibahas dalam diskusi. Masalah-masalah yang memang menurutnya penting untuk di carikan solusi terbaik dalam menentukan keputusan.



Bagian argumen atau pendapat

Argumen atau pendapat dalam teks diskusi mencakup jenis yaitu argumen yang bersifat mendukung dan menentang. 

·         Argumen yang mendukung berisi tentang uraian lebih lanjut berkaitan dengan isu yang sedang dibahas. Pada bagian ini, penulis mencoba memaparkan argumen yang mendukung dari dari masalah yang sedang bahas. Tentu argumen yang mendukung harus memuat beberapa bukti, fakta dan data yang cukup akurat sebagai referensi pendukung mengenai masalah yang sedang dibahas.

·         Argumen yang menentang berisi tentang pendapat yang bersifat menentang dari ketentuan diskusi. Pendapat yang menentang tentu bertolak belakang dengan pendapatnya sendiri yang menurutnya tidak sesuai dengan apa yang dia pikirkan. Argumen yang menentang juga harus dibuat berdasarkan dengan fakta dan data yang akurat sebagai bukti atau alasan yang jelas mengenai masalah yang sedang dibahas.

 

Bagian simpulan atau saran

Pada bagian ini berisi tentang saran dari penulis mengenai hasil yang sudah disepakati bersama masing-masing peserta diskusi. Saran atau kesimpulan dapat memberikan gambaran tindak lanjut dari pembahasan berikutnya. Hasilnya adalah keputusan yang dapat memberi manfaat dari proses diskusi terkait masalah yang sedang dibahas.



Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam diskusi adalah

1.    Diskusi dilakukan dengan ketentuan dan aturan tertentu sebagai bentuk yang formal

2.    Penggunaan kata dalam penyampaikan pendapat harus jelas

3.    Bersikap sopan dan santun dalam berucap

4.    Saling menghormati dan menghargai setiap perbedaan pendapat

5.    Menjadikan suasana diskusi yang efektif dan kondusif



Kaidah kebahasaan dalam teks diskusi

Dalam teks diskusi terdapat beberapa kaidah yang perlu di ketahui bersama, antra lain:

Penggunaan konjungsi perlawanan

Konjungsi ini disebut juga dengan istilah kata hubung atau kata sambung. Konjungsi perlawanan menunjukkan pesan yang bertentangan dengan ketentuan antara dua hal yang berbeda. Dalam hal ini biasanya ditandai dengan penggunaan kata hubung tetapi, sedangkan, tidak hanya, bukan berarti, setidaknya, melainakan dan lain sebagainya.



Penggunaan kohesi leksikal

Kohesi leksikal merupakan suatu kepaduan yang dicapai melalui pemilihan kata. Bisa berupa penggunaan kata yang berbentuk sinonim, antonim, pengulangan dan hiponim.



Penggunaan Kohesi gramatikal

Kohesi gramatikal merupakan bagian dari kepaduan yang dicapai dengan menggunakan elemen dan aturan gramatikal. Pada kohesi gramatikal mencakup kata rujukan, subtitusi dan elips.

 

Contoh Teks Diskusi

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks diskusi, terdiri atas:


1.    Contoh Teks Diskusi Tentang Sosial Media


Sosial media lawan atau kawan?

Pada umunya sosial media digunakan oleh remaja untuk membicarakan tentang kehidupan mereka, juga berbicara tentang apa yang mereka lakukan sehari-hari. Bahkan mereka menunjukan eksistensi diri lewat jejaring sosial untuk mengatakan di mana mereka pergi atau tempat-tempat yang mereka sukai untuk didatangi. Namun tidak semua remaja seperti itu, karena banyak remaja yang menggunakan jejaring sosial untuk mengkritik, berdiskusi atau untuk menemukan suatu peluang bisnis baru.

Remaja saat ini tumbuh dengan di zaman internet. Tetapi, apakah hal ini akan berdampak ketika mereka dewasa nanti? Lewat jejaring sosial, orang dapat saling berkomunikasi wakaupun jaraknya jauh. Mereka dapat memberikan data privasi mereka, nomer telepon, alamat, bahkan data keluarga serta hal lain yang seharusnya tidak di ekspos. Siapapu langsung dapat berkenalan, meskipun tanpa mengetahui latak belakangnya. Celakanya lagi, berbagai pemahaman dapat dengan mudah masuk ke remaja bila tidak ada filter yang kuat di kehidupan remaja tersebut.

Banyak contoh yang terjadi di masyarakat. Penggunaan jejaring sosial biasanya mengarah ke pertemuan. Bila dirasiokan 3 dari 10 akan mengalami stres atau perlakuan asusila. Selain itu, perilaku mereka juga berubah dalam kehidupan nyata, julukan-juluakan serta nama nickname yang digunakan oleh remaja bisa mengakibatkan duplikasi kepribadian.

Perubahan kepribadian akan terajadi sesuai keinginan mereka dalam sikap, tergantung kepada siapa mereka berbicara. Kejahatan yang terjadi akibat terlalu banyaknya informasi yang dibagikan di sosial media. Alamat, telepon, foto-foto, semuanya ditayangkan di kolom profil tanpa adanya batas untuk melihat semua informasi tersebut. Seorang remaja di amerika kemasukan perampok di dalam rumah hanya karena menulis status di sosial media. “Dirumah lagi sendiri, Orang tua keluar kota”

Kita tidak boleh menyalahkan sosial media, karena semua kembali kepada penggunanya. Jejaring sosial juga mungkin terbukti menjadi penyelamat. Ada 7 kasus di mana sosial media telah menyelamatkan nyama manusia. Satu contoh adalah kasus remaja mencoba bunuh diri.

 “Pada musim semi 2009, seorang remaja inggris menulis di sosial media ke seorang temanya bahwa ia akan bunuh diri. Pacar dan ibunya segera diberitahu. Ibunya lalu menelepon polisi setempat, yang mengirimkan sebuah tim sehingga remaha tersebut gagal bunuh diri.”

Hal ini menunjukan bahwa adanya sosial media sangat berpengaruh baik atau buruk bagi remaja. Namun, lingkungan sosial-nya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perilaku individu. Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja tapi tidak bagi yang lain, semuanya tergantung pada kepribadian remaja itu sendiri.

Struktur teks :

  • Isu :”Pada umunya sosial media digunakan oleh remaja untuk …”
  • Argumen mendukung : “Kita tidak boleh menyalahkan sosial media…”
  • Argumen menentang : “Banyak contoh yang terjadi di masyarakat…”
  • Simpulan : “Hal ini menunjukan bahwa adanya sosial media sangat berpengaruh…”

2.    Contoh Teks Diskusi Tentang Perkembangan Teknologi

Smartphone merupakan teknologi canggih yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi baik secara audio maupun visual. Karena dianggap dapat memudahkan segala aktivitas, smartphone akhhirnya digunakan banyak kalangan orang termasuk anak-anak. Namun pada dasarnya memberikan ijin pada anak-anak untuk menggunakan smartphone masih menjadi bahan perdebatan di berbagai kalangan masyarakat.

Pihak yang tidak setuju penggunaan smartphone oleh anak-anak berpendapat bahwa sartphone akan merenggut masa kanak-kanak mereka dengan konten dan fitur-fitur smartphone. Sehingga anak-anak akan lupa untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar mereka. Dengan munculnya smartphone anak-anak akan lebih terpaku pada permainan layar dan melupakan kesenangan mereka semasa kecil, hingga mereka menginjak remaja pun mereka akan selalu memiliki rasa ketergantungan terhadap smartphone.

Namun bagi mereka yang setuju, smartphone dianggap akan membantu anak-anak dalam mengembangkan kreativitasnya. Selain itu dari segi orang tua, mereka akan lebih mudah untuk mengawasi dan menghubungi anak mereka kapan saja dan dimana saja. Penggunaan smartphone diangga dapat mencerdaskan anak-anak karena smartphone mengandung fitur-fitur untuk menunjang pembelajaran.

Berdasarkan kedua pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan smartphone untuk anak-anak masih menjadi berdebatan tersendiri di kalangan orangtua. Maka dari itu sebagai orang tua hendaknya kita dapat memilah dan memilih dampak dampak smartphone terhadap anak kita.

3.    Contoh Teks Diskusi Tentang Narkoba

ISU

Bahaya buruk narkoba tentunya sudah banyak diketahui masyarakat. Tetapi sampai kini masih ditemukan penyalah gunaan narkoba.

Narkoba adalah narkotika dan obat-obatan berbahaya, merupakan zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberi efek candu/ketagihan pada pengkonsumsinya serta menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh bila digunakan terus-menerus dalam dosis yang sangat banyak.

ARGUMEN MENDUKUNG

Contoh bahaya yang disebabkan oleh narkoba dan banyak buktinya antara lain:

  • Mengganggu kinerja jantung
  • Gangguan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningakat
  • Kerusakan otak
  • Gangguan pada paru-paru
  • Gangguan fungsi reproduksi
  • Turunnya nafsu makan hingga akhirnya mengurangi berat badan
  • Sering mual dan muntah-muntah.
  • AIDS

ARGUMEN MENENTANG

Tetapi narkoba tidak sepenuhnya buruk jika digunakan dengan benar. Zat-zat jenis psikotropika ini sebenarnya masih digunakan dalam dunia kedokteran.

 

Misalnya untuk melakukan bius pada pasien maupun yang ada dalam suatu obat khusus. Tetapi dosis yang sangat kecil sehingga tidak menimbulkan bahaya.

 

KESIMPULAN

Ketika kita sudah mengetahui bahaya-bahaya yang disebabkan oleh narkoba, bijak nya kita menghindari penyalah gunaan narkoba dan kita perlu lebih berhati-hati karena pergaulan zaman sekarang yang makin bebas.

 

4.    Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja

Di era perkembangan zaman sekarang ini sering kali kita menemukan berita dan isu tentang pergaulan bebas.Sebenarnya pergaulan bebas sendiri berasal dari eksploitasi seksual yang dialami oleh para remaja.Eksploitasi seksual umumnya terdapat pada video atau gambar-gambar tidak senonoh yang telah marak beredar di internet.

 

5.    Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

 

Internet Sebagai Media Pembelajaran

Internet merupakan suatu jaringan yang dapat dipakai untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya dengan memakai suatu sistem. Dengan adanya internet, seluruh pekerjaan seakan-akan cepat dan mudah untuk dikerjakan.

 

Di dalam dunia pendidikan, internet menjadi suatu dilema dalam penggunaannya.Dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh internet membuat orang tua dan juga para guru menjadi lebih protektif dalam memantau pemakaian internet.

Sebagai masyarakat atau orang tua beranggapan bahwa pemakaian internet dalam proses pembelajaran akan menganggu proses pembelajaran itu sendiri. Dan juga pemakaian internet dengan mempergunakan handphone lebih memudahkan anak untuk bisa mengakses situs yang tidak diinginkan. Situs yang tidak sesuai dengan usia mereka sudah banyak beredar di internet, sehingga membuat orang tua khawatir akan psikologi anaknya.

Media sosial yang menimbulkan anak kecanduan untuk memegang handphone menjadi alasan kuat yang menjadikan kekhawatiran orang tua semakin meningkat.Dengan pemakaian internet, seluruh sosial media dan situs yang diaksesnya menjadikan anak cenderung apatis, cuek dengan lingkungan sekitar dan tidak mau bersosialisasi.

Penggunaan internet dalam suatu pembelajaran memang telah menjadi suatu hal yang pro dan kontra di kalangan masyarakat.Walaupun terdapat dampak negatifnya, internet pun mempunyai dampak positif yang bermanfaat untuk pembelajaran siswa baik di rumah ataupun di sekolah. Namun, baik guru maupun orang tua harus memberikan arahan dan juga lebih mengontrol penggunaan internet oleh anak.

Peranan guru, orang tua dan juga masyarakat menjadi sangat penting untuk memberikan arahan dalam penggunaan internet secara bijak. Penggunaan secara baik dan benar akan menjadikan internet bermanfaat secara maksimal dan meminimalisir dampak negatifnya.

 

6.    Contoh Teks Diskusi Tentang Lingkungan

Menurut Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan, yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik Berbasis Sampah atau PLTSa adalah pengolah sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan yang memenuhi baku mutu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan dapat mengurangi volume sampah secara signifikan serta teruji.

 

Pembangunan PLTSa ini merupakan upaya pemerintah untuk mengubah sampah menjadi sumber energi, meningkatkan kualitas lingkungan serta untuk meningkatkan peran listrik nasional berbasis energi baru dan terbarukan. Selain itu, pengolahan sampah menjadi listrik ini juga merupakan upaya Indonesia untuk mengurangi emisi karbon sebagaimana yang telah disepakati dalam Konferensi Paris (COP21) pada akhir 2015.

 

Namun, upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah volume sampah, emisi karbon, dan memanfaatkan besarnya energi yang dihasilkan dari proses pengolahan sampah menjadi energi listrik melalui pembangunan PLTSa tidak berjalan dengan mulus. Hingga kini masih terdapat pro dan kontra di tengah masyarakat mengenai pembangunan PLTSa ini.

 

Mereka berpendapat bahwa secara keseluruhan PLTsa membahayakan lingkungan dan nyawa manusia. Hal ini disebabkan PLTSa menggunakan incinerator yang dapat memperparah polusi udara dan menghasilkan zat beracun berupa dioxin yang dapat membahayakan sistem saraf dan menyebabkan kanker bagi masyarakat.

 

Selain itu, hal lain yang menjadi pertimbangan bahwa PLTSa tidak layak dioperasikan di Indonesia adalah tidak siapnya lahan, tidak adanya rencana induk persampahan, adanya prosedur kebijakan dan mekanisme lelang yang tidak transparan, biaya pembangunan dan beban tipping fee yang tinggi, dan pengalaman buruk yang terjadi di negara lain.

 

Dapat disimpulkan bahwa pembangunan PLTSa sebagai upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah volume sampah, emisi karbon, dan memanfaatkan energi yang dihasilkan sebagai energi listrik memperoleh penolakan dari beberapa elemen masyarakat. Untuk itu, sebaiknya diadakan kajian yang lebih mendalam mengenai pembangunan PLTSa di Indonesia mengingat tidak semua negara berhasil memanfaatkan PLTSa sebagai salah satu sumber energi listrik.

 

7.    Contoh Teks Diskusi Tentang Internet

 

Dampak Internet Bagi Pelajar

Internet telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan baik hal positif maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi, internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.

 

Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi dunia informasi, tetapi banyak juga pengaruh negatifnya. Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet.

 

Tidak bisa dipungkiri adanya internet memberikan pengaruh kepada pelajar. Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.

 

Banyak manfaat positif yang dapat diperoleh siswa dari internet jika digunakan secara bijak. Namun, tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan internet. Berikut ini beberapa pengaruh negatif dari internet. Beberapa berita, baik televisi maupun koran melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.


Pornografi adalah pengaruh negatif internet lainnya. Tidak hanya orang dewasa yang mengunjungi situs-situs terlarang, tetapi banyak siswa yang ditengarai sering berkunjung ke situs-situs yang berisi gambar atau cerita porno. Hal ini tentu saja merupakan situasi yang sangat memprihatinkan.

 

Kecanduan permainan online yang melanda siswa juga merupakan pengaruh negatif internet. Kecanduan dan ketergantungan dapat membuat siswa kehabisan waktu dan energi untuk bermain. Akibatnya, prestasi siswa pun menurun.

 

Untuk menangkal pengaruh negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu selalu mendampingi anak ketika mereka sedang mengakses internet. Hal ini untuk memastikan bahwa anak telah mengakses situs yang tepat. Jangan sampai anak asyik bermain internet, sedangkan orang tua tidak mengetahui keberadaan anak.

 

Jika fasilitas internet tersedia di rumah, letakkan fasilitas tersebut di ruang bersama. Hal ini untuk memudahkan orang tua mengawasi anak. Jika harus menggunakan fasilitas internet di warnet, bantu anak memilih warnet “sehat”. Akan lebih bijaksana, jika Anda mengenal pemilik dan petugas di sana.

 

Ini untuk memudahkan Anda mengawasi anak. Beri pemahaman yang baik pada anak tentang pengaruh positif dan negatif internet bagi dirinya. Dengan demikian, Anda sudah membekalinya dengan benteng pertahanan diri.

 

Diharapkan semua pihak, baik orangtua, guru, pemerintah maupun siswa untuk bersama-sama mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet. Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang tua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar anak dapat terus terpantau dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.


8.    Contoh Teks Diskusi Tentang Politik

Politik merupakan salah satu hal yang sangat penting mengingat di tahun ini adalah tahun Pemilu. Tradisi Pemilihan Umum (Pemilu) yang sedianya dilakukan 4 tahun sekali akan diadakan serentak di seluruh Indonesia pada tahun ini mengingat tahun ini merupakan tahun ke-empat yang menandai berakhirnya masa kepemimpinan seorang pemimpin negara. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi berbagai media tentang sepak terjang media dalam pemberitaan dunia politik.

 

Senin, 14 april 2014 bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung Mikael Unika Soegijapranata Semarang diadakan diskusi publik dengan tema “Evaluasi Sajian Politik Media di Tahun Politik”. Dalam diskusi publik tersebut dihadirkan sejumlah pembicara dari media yaitu, Wisnu T. Hanggoro dari Program Manager of Southeast Asian Press Alliance, Budi Setyo Purnomo selaku ketua dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Tengah (KPID), Girindra dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI)  dan Gunawan Permadi dari Koran Harian Suara merdeka.

 

Dalam diskusi publik yang sebagian dihadiri oleh sejumlah mahasiswa dari Fakultas Hukum Progdi ilmu Komunikasi ini dijelaskan tentang media sebagai elemen pendukung dalam arah politik di Indonesia.

 

“ Yang menjadi tantangan media di Asia tenggara sekarang adalah adanya intervensi pemilik media dan adanya pengabaian kode etik/professionalism.” Tutur Wisnu T. Hanggoro yang akrab disapa Pak Wisnu ini. Menurut beliau, Kasus Vivanews.com dan penggunaan acara TV untuk kampanye politik merupakan contoh dari intervensi pemilik media sedangkan keterlibatan Jurnalis dalam tim sukses politisi merupakan contoh dari pengabaian kode etik /professionalism.

 

Dalam pembawaan materi kedua yang dibawakan oleh Bapak Budi Setyo Purnomo juga dijelaskan tentang efek dari konglomerasi media terhadap netralitas lembaga penyiaran dalam Pemilu legislatif tahun 2014. Kemudian dalam pembawaan materi dari Media Harian Suara merdeka dan dari AJI dijelaskan tentang kondisi media di Tahun pemilu ini. Berbagai kondisi yang real maupun tugas dari seorang jurnalis juga dijelaskan dalam pemaparan pada diskusi publik ini.

 

Secara umum, media sangat menentukan sepak terjang para tokoh politik. Cara pengiklanan akan menentukan seberapa besar pamor seorang tokoh politik. Beruntung, Negara Indonesia memiliki kebebasan untuk berekspresi tetapi kebebasan itu tidak sepenuhnya diberikan kepada para pencari berita mengingat banyaknya kasus penganiayaan pada wartawan.

 

9.    Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah

 

Pentingnya Menjaga Kebersihan

Sampah merupakan satu hal yang dianggap sangat meresahkan karena memberikan dampak buruk pada lingkungan. Sampah yang menumpuk umumnya dapat menyebabkan berbagai penyakit hingga menyebabkan banjir. Dalam beberapa kasus, cara menanggulangi sampah dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah tertentu. Sebenarnya pemecahan masalah tentang sampah sudah menjadi perdebatan sejak dulu.

 

Banyak orang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara di bakar. Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dianggap bukan sebagai solusi melainkan sebagai sebuah bencana baru. Sampah-sampah yang dibakar akan menghasilakan polusi udara berupa bau yang tidak sedap dan asap pembakaran yang dapat menipiskan lapisan ozon.

 

Umumnya orang yang mencintai lingkungan akan lebih memilih penyelesaian berupa dekomposting dan daur ulang. Sebagai contoh sampah organik seperti daun kering, batang pohon dan sebagainya dapat dijadikan sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik yang memang tidakd dapat mengalami pembusukan dapat dilakukan daur ulang.

 

Pada dasarnya sampah dapat diolah dan dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan adalah cara paling tepat dan sesuai untuk menyelesaikan perasalahan sampah yang ada.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI