Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi
Materi Teks Diskusi Kelas 9
Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis,
Struktur dan Kaidah Teks Diskusi
Pengertian Teks Diskusi
Apa itu diskusi? Pernahkah
kalian melakukan diskusi? Dalam kehidupan sehari-hari dalam
bermasyarakat sudah pasti kita melakukan aktivitas dan interaksi dengan orang
lain. Interaksi tersebut dilakukan dengan cara berkomunikasi baik melalui
perilaku verbal maupun non verbal. Sebagaimana perilaku verbal seperti halnya
pada saat kita berdiskusi dengan orang lain. Sedangkan perilaku non verbal
seperti halnya pada saat kita berbicara lewat telefon, telegram maupun
internet.
Diskusi adalah kegiatan bertukar pikiran,
ide, pendapat, gagasan untuk memecahkan suatu masalah. Diskusi dilakukan secara
terarah mengenai masalah-masalah yang sedang dihadapi. Masalah tersebut
diselesaikan untuk mencari solusi terbaik atau yang sering kita sebut dengan
istilah hasil dari keputusan atau kesimpulan.
Diskusi tentu
dilakukan oleh dua orang atau lebih, yang didalamnya terdapat kelompok-kelompok
tertentu. Adapun tujuan dari diskusi adalah untuk menambah pengetahuan atau
memperluas wawasan tentang hal-hal yang dianggap baru. Tujuan lainnya yang
paling penting adalah untuk memperoleh suatu kesepakatan pendapat antara setiap
peserta diskusi.
Dalam hal berdiskusi dalam
kelompok bukan hanya dilakukan dengan cara berbicara langsung dengan peserta,
tetapi juga dapat dilakukan dengan teks atau tulisan. Teks diskusi merupakan
bentuk penulisan yang berisi pesan atau argumen yang dibuat berdasarkan
pemikiran, ide yang logis. Teks diskusi yang dibuat tentu membahas tentang
penguraian masalah yang baik dalam mencari titik tengah atau solusi. Agar teks
diskusi dapat dipahami dengan baik pula, tentu teksnya harus dibuat dengan
bahasa yang logis dan sederhana.
Pada saat diskusi berlangsung tentu
ada seorang ketua kelompok yang mengatur prosesnya diskusi. Selain itu, ada
juga beberapa orang yang terlibat sebagai narasumber, notulen, moderator
dan peserta diskusi. Semua ini menjadi bagian terpenting dalam proses diskusi.
Ada beberapa fungsi dan tugas dari
masing-masing setiap anggota diskusi seperti:
Moderator bertugas untuk mengatur
jalannya diskusi dari awal sampai akhir, pada saat pembukaan sampai dengan
penutupan dan pembacaan kesimpulan.
·
Ketua
diskusi bertugas untuk menyampaikan gambaran mengenai topik-topik tertentu yang
akan dijadikan bahan dalam diskusi.
·
Notulen
bertugas sebagai juru tulis atau bagian yang mencatat poin-poin penting dalam
pembahasan.
·
Narasumber
bertugas menyampaikan materi-materi penting yang didalamnya mencakup uraian
tentang topik diskusi.
·
Peserta
diskusi bertugas sebagai pendengar sekaligus pemberhati pada saat proses
diskusi berlangsung. Peserta diskusi nantinya dapat mengajukan pertanyaan
mengenai masalah yang dianggap menurutnya baik untuk ditanyakan. Contohnya
adalah ungkapan tentang setuju atau tidak, benar atau salah dan sependapat
dengan peserta yang lain atau justru sebaliknya.
Tujuan Teks Diskusi
Tujuan diskusi adalah mencari kesepakatan atau
kesepahaman gagasan atau pendapat. Diskusi yang melibatkan beberapa orang
disebut diskusi kelompok. Dalam diskusi kelompok dibutuhkan seorang pemimpin
yang disebut ketua diskusi. Tugas ketua diskusi adalah membuka dan menutup
diskusi, membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan gagasan, menengahi
anggota yang berdebat, serta menyimpulkan hasil diskusi.
Fungsi diskusi
1.
Untuk
menyelesaikan masalah
2.
Untuk
mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas
3.
Untuk
bertukar pikiran, pendapat dan gagasan
4.
Untuk
menambah hubungan sosial dengan orang lain dan masyarakat
5.
Untuk
menumbuhkan rasa peduli terhadap organisasi dan kelompok tertentu
6.
Sebagai
wadah pertemuan dalam perbaikan dalam menyelesaikan masalah
Jenis-jenis diskusi
·
Kongres merupakan suatu
pertemuan organisasi, baik organisasi politik, masyarakat, sosial profesi dan
lain sebagainya. Kongres biasanya dilakukan untuk menentukan hasil kesepakatan
bersama dari setiap kelompok organisasi yang ada.
·
Seminar merupakan suatu
bentuk pertemuan secara akademis yang biasanya dilakukan oleh para cendikiawan
atau guru besar dalam membahas topik tertentu. Seminar dilakukan atas pertemuan
khusus yang proses diskusi dilakukan secara langsung dan sesuai dengan teknis
yang sudah ditentukan.
·
Diskusi panel merupakan bentuk
forum untuk bertukar pikiran. Diskusi panel biasanya dilakukan oleh para
kelompok tertentu yang pesertanya sudah tahu tentang masalah-masalah yang akan
dibahas.
·
Muktamar merupakan
bentuk dari musyawarah yang dilakukan oleh para pemimpin organisasi. Musyawarah
ini laksanakan pda waktu-waktu tertentu, dimana waktu diskusi sudah berjalan
dari tahun ketahuan. Pelaksanaan muktamar lebih identik dengan pertemuan antara
pemimpin organisasi dari tingkat pusat, daerah dan pimpinan cabang.
·
Simposium merupakan
bagian dari diskusi yang berkaitan dengan pidato pendek yang biasanya dilakukan
di depan para peserta atau pengunjung.
·
Lokakarya
merupakan bentuk diskusi yang biasanya dilakukan oleh para ahli dalam bidang
tertentu. Lokakarya biasanya membahas tentang masalah-masalah baru terkait
dengan penelitian yang mereka lakukan sebelumnya.
Struktur diskusi
Pada dasarnya diskusi memiliki
beberapa struktur diantaranya adalah sebagai berikut:
Bagian isu
Pada bagian isu disebut juga dengan
bagaian masalah. Bagian ini seorang penulis mencoba memberi gambaran tentang
isu yang akan dibahas dalam diskusi. Masalah-masalah yang memang menurutnya
penting untuk di carikan solusi terbaik dalam menentukan keputusan.
Bagian argumen atau pendapat
Argumen atau pendapat dalam teks
diskusi mencakup jenis yaitu argumen yang bersifat mendukung dan menentang.
·
Argumen yang
mendukung berisi tentang uraian lebih lanjut berkaitan dengan isu yang sedang
dibahas. Pada bagian ini, penulis mencoba memaparkan argumen yang mendukung
dari dari masalah yang sedang bahas. Tentu argumen yang mendukung harus memuat
beberapa bukti, fakta dan data yang cukup akurat sebagai referensi pendukung
mengenai masalah yang sedang dibahas.
·
Argumen yang
menentang berisi tentang pendapat yang bersifat menentang dari ketentuan
diskusi. Pendapat yang menentang tentu bertolak belakang dengan pendapatnya
sendiri yang menurutnya tidak sesuai dengan apa yang dia pikirkan. Argumen yang
menentang juga harus dibuat berdasarkan dengan fakta dan data yang akurat
sebagai bukti atau alasan yang jelas mengenai masalah yang sedang dibahas.
Bagian simpulan atau
saran
Pada bagian ini berisi tentang saran
dari penulis mengenai hasil yang sudah disepakati bersama masing-masing peserta
diskusi. Saran atau kesimpulan dapat memberikan gambaran tindak lanjut dari
pembahasan berikutnya. Hasilnya adalah keputusan yang dapat memberi manfaat
dari proses diskusi terkait masalah yang sedang dibahas.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam diskusi adalah
1.
Diskusi
dilakukan dengan ketentuan dan aturan tertentu sebagai bentuk yang formal
2.
Penggunaan
kata dalam penyampaikan pendapat harus jelas
3.
Bersikap
sopan dan santun dalam berucap
4.
Saling
menghormati dan menghargai setiap perbedaan pendapat
5.
Menjadikan
suasana diskusi yang efektif dan kondusif
Kaidah kebahasaan dalam teks diskusi
Dalam teks diskusi terdapat beberapa
kaidah yang perlu di ketahui bersama, antra lain:
Penggunaan konjungsi perlawanan
Konjungsi ini disebut juga dengan
istilah kata hubung atau kata sambung. Konjungsi perlawanan menunjukkan pesan
yang bertentangan dengan ketentuan antara dua hal yang berbeda. Dalam hal ini
biasanya ditandai dengan penggunaan kata hubung tetapi, sedangkan, tidak hanya,
bukan berarti, setidaknya, melainakan dan lain sebagainya.
Penggunaan kohesi leksikal
Kohesi leksikal merupakan suatu kepaduan
yang dicapai melalui pemilihan kata. Bisa berupa penggunaan kata yang berbentuk
sinonim, antonim, pengulangan dan hiponim.
Penggunaan Kohesi gramatikal
Kohesi gramatikal merupakan bagian
dari kepaduan yang dicapai dengan menggunakan elemen dan aturan gramatikal.
Pada kohesi gramatikal mencakup kata rujukan, subtitusi dan elips.
Contoh
Teks Diskusi
Berikut ini terdapat beberapa contoh teks diskusi,
terdiri atas:
1. Contoh Teks Diskusi Tentang Sosial Media
Sosial
media lawan atau kawan?
Pada umunya sosial media digunakan oleh remaja untuk
membicarakan tentang kehidupan mereka, juga berbicara tentang apa yang mereka
lakukan sehari-hari. Bahkan mereka menunjukan eksistensi diri lewat jejaring
sosial untuk mengatakan di mana mereka pergi atau tempat-tempat yang mereka
sukai untuk didatangi. Namun tidak semua remaja seperti itu, karena banyak
remaja yang menggunakan jejaring sosial untuk mengkritik, berdiskusi atau untuk
menemukan suatu peluang bisnis baru.
Remaja saat ini tumbuh
dengan di zaman internet. Tetapi, apakah hal ini akan berdampak ketika mereka
dewasa nanti? Lewat jejaring sosial, orang dapat saling berkomunikasi wakaupun
jaraknya jauh. Mereka dapat memberikan data privasi mereka, nomer telepon,
alamat, bahkan data keluarga serta hal lain yang seharusnya tidak di ekspos.
Siapapu langsung dapat berkenalan, meskipun tanpa mengetahui latak belakangnya.
Celakanya lagi, berbagai pemahaman dapat dengan mudah masuk ke remaja bila
tidak ada filter yang kuat di kehidupan remaja tersebut.
Banyak contoh yang
terjadi di masyarakat. Penggunaan jejaring sosial biasanya mengarah ke
pertemuan. Bila dirasiokan 3 dari 10 akan mengalami stres atau perlakuan asusila.
Selain itu, perilaku mereka juga berubah dalam kehidupan nyata,
julukan-juluakan serta nama nickname yang digunakan oleh remaja bisa
mengakibatkan duplikasi kepribadian.
Perubahan kepribadian
akan terajadi sesuai keinginan mereka dalam sikap, tergantung kepada siapa
mereka berbicara. Kejahatan yang terjadi akibat terlalu banyaknya informasi
yang dibagikan di sosial media. Alamat, telepon, foto-foto, semuanya
ditayangkan di kolom profil tanpa adanya batas untuk melihat semua informasi
tersebut. Seorang remaja di amerika kemasukan perampok di dalam rumah hanya
karena menulis status di sosial media. “Dirumah lagi sendiri, Orang tua keluar
kota”
Kita tidak boleh
menyalahkan sosial media, karena semua kembali kepada penggunanya. Jejaring
sosial juga mungkin terbukti menjadi penyelamat. Ada 7 kasus di mana sosial
media telah menyelamatkan nyama manusia. Satu contoh adalah kasus remaja
mencoba bunuh diri.
“Pada musim semi 2009, seorang remaja inggris
menulis di sosial media ke seorang temanya bahwa ia akan bunuh diri. Pacar dan
ibunya segera diberitahu. Ibunya lalu menelepon polisi setempat, yang
mengirimkan sebuah tim sehingga remaha tersebut gagal bunuh diri.”
Hal ini menunjukan bahwa
adanya sosial media sangat berpengaruh baik atau buruk bagi remaja. Namun,
lingkungan sosial-nya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan
perilaku individu. Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja tapi
tidak bagi yang lain, semuanya tergantung pada kepribadian remaja itu sendiri.
Struktur teks :
- Isu :”Pada umunya sosial media
digunakan oleh remaja untuk …”
- Argumen
mendukung : “Kita tidak boleh menyalahkan sosial media…”
- Argumen
menentang : “Banyak contoh yang terjadi di masyarakat…”
- Simpulan
: “Hal ini menunjukan bahwa adanya sosial media sangat berpengaruh…”
2.
Contoh Teks Diskusi Tentang
Perkembangan Teknologi
Smartphone merupakan teknologi canggih yang
memungkinkan kita untuk berkomunikasi baik secara audio maupun visual. Karena
dianggap dapat memudahkan segala aktivitas, smartphone akhhirnya digunakan
banyak kalangan orang termasuk anak-anak. Namun pada dasarnya memberikan ijin
pada anak-anak untuk menggunakan smartphone masih menjadi bahan perdebatan di
berbagai kalangan masyarakat.
Pihak yang tidak setuju
penggunaan smartphone oleh anak-anak berpendapat bahwa sartphone akan merenggut
masa kanak-kanak mereka dengan konten dan fitur-fitur smartphone. Sehingga
anak-anak akan lupa untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar mereka.
Dengan munculnya smartphone anak-anak akan lebih terpaku pada permainan layar
dan melupakan kesenangan mereka semasa kecil, hingga mereka menginjak remaja
pun mereka akan selalu memiliki rasa ketergantungan terhadap smartphone.
Namun bagi mereka yang
setuju, smartphone dianggap akan membantu anak-anak dalam mengembangkan
kreativitasnya. Selain itu dari segi orang tua, mereka akan lebih mudah untuk
mengawasi dan menghubungi anak mereka kapan saja dan dimana saja. Penggunaan
smartphone diangga dapat mencerdaskan anak-anak karena smartphone mengandung
fitur-fitur untuk menunjang pembelajaran.
Berdasarkan kedua
pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan smartphone untuk
anak-anak masih menjadi berdebatan tersendiri di kalangan orangtua. Maka dari
itu sebagai orang tua hendaknya kita dapat memilah dan memilih dampak dampak
smartphone terhadap anak kita.
3.
Contoh Teks Diskusi Tentang Narkoba
ISU
Bahaya buruk narkoba tentunya sudah banyak diketahui
masyarakat. Tetapi sampai kini masih ditemukan penyalah gunaan narkoba.
Narkoba adalah narkotika dan obat-obatan berbahaya,
merupakan zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberi efek candu/ketagihan
pada pengkonsumsinya serta menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh bila
digunakan terus-menerus dalam dosis yang sangat banyak.
ARGUMEN MENDUKUNG
Contoh bahaya yang disebabkan oleh narkoba dan banyak
buktinya antara lain:
- Mengganggu
kinerja jantung
- Gangguan
pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningakat
- Kerusakan
otak
- Gangguan
pada paru-paru
- Gangguan
fungsi reproduksi
- Turunnya
nafsu makan hingga akhirnya mengurangi berat badan
- Sering
mual dan muntah-muntah.
- AIDS
ARGUMEN MENENTANG
Tetapi narkoba tidak sepenuhnya buruk jika digunakan
dengan benar. Zat-zat jenis psikotropika ini sebenarnya masih digunakan dalam
dunia kedokteran.
Misalnya untuk melakukan bius pada pasien maupun yang
ada dalam suatu obat khusus. Tetapi dosis yang sangat kecil sehingga tidak
menimbulkan bahaya.
KESIMPULAN
Ketika kita sudah mengetahui bahaya-bahaya yang
disebabkan oleh narkoba, bijak nya kita menghindari penyalah gunaan narkoba dan
kita perlu lebih berhati-hati karena pergaulan zaman sekarang yang makin bebas.
4. Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja
Di era perkembangan zaman sekarang ini sering kali kita
menemukan berita dan isu tentang pergaulan bebas.Sebenarnya pergaulan bebas
sendiri berasal dari eksploitasi seksual yang dialami oleh para
remaja.Eksploitasi seksual umumnya terdapat pada video atau gambar-gambar tidak
senonoh yang telah marak beredar di internet.
5. Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan
Internet Sebagai Media Pembelajaran
Internet merupakan suatu jaringan yang dapat dipakai
untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya dengan memakai
suatu sistem. Dengan adanya internet, seluruh pekerjaan seakan-akan cepat dan
mudah untuk dikerjakan.
Di dalam dunia pendidikan, internet menjadi suatu
dilema dalam penggunaannya.Dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh
internet membuat orang tua dan juga para guru menjadi lebih protektif dalam
memantau pemakaian internet.
Sebagai
masyarakat atau orang tua beranggapan bahwa pemakaian internet dalam proses
pembelajaran akan menganggu proses pembelajaran itu sendiri. Dan juga pemakaian
internet dengan mempergunakan handphone lebih memudahkan anak untuk bisa
mengakses situs yang tidak diinginkan. Situs yang tidak sesuai dengan usia
mereka sudah banyak beredar di internet, sehingga membuat orang tua khawatir
akan psikologi anaknya.
Media sosial yang menimbulkan anak kecanduan untuk
memegang handphone menjadi alasan kuat yang menjadikan kekhawatiran orang tua
semakin meningkat.Dengan pemakaian internet, seluruh sosial media dan situs
yang diaksesnya menjadikan anak cenderung apatis, cuek dengan lingkungan
sekitar dan tidak mau bersosialisasi.
Penggunaan internet dalam suatu pembelajaran memang
telah menjadi suatu hal yang pro dan kontra di kalangan masyarakat.Walaupun
terdapat dampak negatifnya, internet pun mempunyai dampak positif yang
bermanfaat untuk pembelajaran siswa baik di rumah ataupun di sekolah. Namun,
baik guru maupun orang tua harus memberikan arahan dan juga lebih mengontrol
penggunaan internet oleh anak.
Peranan guru, orang tua dan juga masyarakat menjadi
sangat penting untuk memberikan arahan dalam penggunaan internet secara bijak.
Penggunaan secara baik dan benar akan menjadikan internet bermanfaat secara
maksimal dan meminimalisir dampak negatifnya.
6. Contoh Teks Diskusi Tentang Lingkungan
Menurut Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018 tentang
Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik
Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan, yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik
Berbasis Sampah atau PLTSa adalah pengolah sampah menjadi energi listrik
berbasis teknologi ramah lingkungan yang memenuhi baku mutu sesuai dengan
ketentuan perundang-undangan dan dapat mengurangi volume sampah secara
signifikan serta teruji.
Pembangunan PLTSa ini merupakan upaya pemerintah untuk
mengubah sampah menjadi sumber energi, meningkatkan kualitas lingkungan serta
untuk meningkatkan peran listrik nasional berbasis energi baru dan terbarukan.
Selain itu, pengolahan sampah menjadi listrik ini juga merupakan upaya
Indonesia untuk mengurangi emisi karbon sebagaimana yang telah disepakati dalam
Konferensi Paris (COP21) pada akhir 2015.
Namun, upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah volume
sampah, emisi karbon, dan memanfaatkan besarnya energi yang dihasilkan dari
proses pengolahan sampah menjadi energi listrik melalui pembangunan PLTSa tidak
berjalan dengan mulus. Hingga kini masih terdapat pro dan kontra di tengah
masyarakat mengenai pembangunan PLTSa ini.
Mereka berpendapat bahwa secara keseluruhan PLTsa
membahayakan lingkungan dan nyawa manusia. Hal ini disebabkan PLTSa menggunakan incinerator yang dapat memperparah polusi udara
dan menghasilkan zat beracun berupa dioxin yang dapat membahayakan sistem saraf
dan menyebabkan kanker bagi masyarakat.
Selain itu, hal lain yang menjadi pertimbangan bahwa
PLTSa tidak layak dioperasikan di Indonesia adalah tidak siapnya lahan, tidak
adanya rencana induk persampahan, adanya prosedur kebijakan dan mekanisme
lelang yang tidak transparan, biaya pembangunan dan beban tipping fee yang tinggi, dan pengalaman buruk yang
terjadi di negara lain.
Dapat disimpulkan bahwa pembangunan PLTSa sebagai upaya
pemerintah untuk mengurangi jumlah volume sampah, emisi karbon, dan
memanfaatkan energi yang dihasilkan sebagai energi listrik memperoleh penolakan
dari beberapa elemen masyarakat. Untuk itu, sebaiknya diadakan kajian yang
lebih mendalam mengenai pembangunan PLTSa di Indonesia mengingat tidak semua
negara berhasil memanfaatkan PLTSa sebagai salah satu sumber energi listrik.
7. Contoh Teks Diskusi Tentang Internet
Dampak Internet Bagi Pelajar
Internet telah banyak membantu manusia dalam segala
unsur kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial.
Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan baik hal positif maupun hal
negatif. Sebagai media komunikasi, internet dapat digunakan untuk berkomunikasi
dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.
Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi
dunia informasi, tetapi banyak juga pengaruh negatifnya. Banyak siswa yang
mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini
terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet.
Tidak bisa dipungkiri adanya internet memberikan
pengaruh kepada pelajar. Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif
internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita
menghadapinya.
Banyak manfaat positif yang dapat diperoleh siswa dari
internet jika digunakan secara bijak. Namun, tidak sedikit pula pengaruh
negatif yang ditimbulkan internet. Berikut ini beberapa pengaruh negatif dari
internet. Beberapa berita, baik televisi maupun koran melansir adanya
penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang berawal dari situs
pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada
siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.
Pornografi adalah pengaruh negatif internet lainnya.
Tidak hanya orang dewasa yang mengunjungi situs-situs terlarang, tetapi banyak
siswa yang ditengarai sering berkunjung ke situs-situs yang berisi gambar atau
cerita porno. Hal ini tentu saja merupakan situasi yang sangat memprihatinkan.
Kecanduan permainan online yang melanda siswa juga
merupakan pengaruh negatif internet. Kecanduan dan ketergantungan dapat membuat
siswa kehabisan waktu dan energi untuk bermain. Akibatnya, prestasi siswa pun
menurun.
Untuk menangkal pengaruh negatif internet pada siswa,
ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu selalu mendampingi anak ketika
mereka sedang mengakses internet. Hal ini untuk memastikan bahwa anak telah
mengakses situs yang tepat. Jangan sampai anak asyik bermain internet,
sedangkan orang tua tidak mengetahui keberadaan anak.
Jika fasilitas internet tersedia di rumah, letakkan
fasilitas tersebut di ruang bersama. Hal ini untuk memudahkan orang tua
mengawasi anak. Jika harus menggunakan fasilitas internet di warnet, bantu anak
memilih warnet “sehat”. Akan lebih bijaksana, jika Anda mengenal pemilik dan
petugas di sana.
Ini untuk memudahkan Anda mengawasi anak. Beri
pemahaman yang baik pada anak tentang pengaruh positif dan negatif internet
bagi dirinya. Dengan demikian, Anda sudah membekalinya dengan benteng
pertahanan diri.
Diharapkan semua pihak, baik orangtua, guru, pemerintah
maupun siswa untuk bersama-sama mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan
dari internet. Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak
baik. Orang tua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar anak
dapat terus terpantau dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.
8. Contoh Teks Diskusi Tentang Politik
Politik merupakan salah satu hal yang sangat penting
mengingat di tahun ini adalah tahun Pemilu. Tradisi Pemilihan Umum (Pemilu)
yang sedianya dilakukan 4 tahun sekali akan diadakan serentak di seluruh
Indonesia pada tahun ini mengingat tahun ini merupakan tahun ke-empat yang
menandai berakhirnya masa kepemimpinan seorang pemimpin negara. Untuk itu perlu
dilakukan evaluasi berbagai media tentang sepak terjang media dalam pemberitaan
dunia politik.
Senin, 14 april 2014 bertempat di Ruang Rapat Lantai 4
Gedung Mikael Unika Soegijapranata Semarang diadakan diskusi publik dengan tema
“Evaluasi Sajian Politik Media di Tahun Politik”. Dalam diskusi publik tersebut
dihadirkan sejumlah pembicara dari media yaitu, Wisnu T. Hanggoro dari Program
Manager of Southeast Asian Press Alliance, Budi Setyo Purnomo selaku ketua dari
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Tengah (KPID), Girindra dari Aliansi
Jurnalis Independen (AJI) dan Gunawan Permadi dari Koran Harian Suara
merdeka.
Dalam diskusi publik yang sebagian dihadiri oleh
sejumlah mahasiswa dari Fakultas Hukum Progdi ilmu Komunikasi ini dijelaskan
tentang media sebagai elemen pendukung dalam arah politik di Indonesia.
“ Yang menjadi tantangan media di Asia tenggara
sekarang adalah adanya intervensi pemilik media dan adanya pengabaian kode
etik/professionalism.” Tutur Wisnu T. Hanggoro yang akrab disapa Pak Wisnu ini.
Menurut beliau, Kasus Vivanews.com dan penggunaan acara TV untuk kampanye
politik merupakan contoh dari intervensi pemilik media sedangkan keterlibatan
Jurnalis dalam tim sukses politisi merupakan contoh dari pengabaian kode etik
/professionalism.
Dalam pembawaan materi kedua yang dibawakan oleh Bapak
Budi Setyo Purnomo juga dijelaskan tentang efek dari konglomerasi media
terhadap netralitas lembaga penyiaran dalam Pemilu legislatif tahun 2014.
Kemudian dalam pembawaan materi dari Media Harian Suara merdeka dan dari AJI
dijelaskan tentang kondisi media di Tahun pemilu ini. Berbagai kondisi yang
real maupun tugas dari seorang jurnalis juga dijelaskan dalam pemaparan pada
diskusi publik ini.
Secara umum, media sangat menentukan sepak terjang para
tokoh politik. Cara pengiklanan akan menentukan seberapa besar pamor seorang
tokoh politik. Beruntung, Negara Indonesia memiliki kebebasan untuk berekspresi
tetapi kebebasan itu tidak sepenuhnya diberikan kepada para pencari berita
mengingat banyaknya kasus penganiayaan pada wartawan.
9. Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah
Pentingnya Menjaga Kebersihan
Sampah merupakan satu hal yang dianggap sangat
meresahkan karena memberikan dampak buruk pada lingkungan. Sampah yang menumpuk
umumnya dapat menyebabkan berbagai penyakit hingga menyebabkan banjir. Dalam
beberapa kasus, cara menanggulangi sampah dianggap menjadi permasalahan yang
penting di beberapa daerah tertentu. Sebenarnya pemecahan masalah tentang
sampah sudah menjadi perdebatan sejak dulu.
Banyak orang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu
yang tidak dibutuhkan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan
cara di bakar. Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dianggap bukan
sebagai solusi melainkan sebagai sebuah bencana baru. Sampah-sampah yang
dibakar akan menghasilakan polusi udara berupa bau yang tidak sedap dan asap
pembakaran yang dapat menipiskan lapisan ozon.
Umumnya orang yang mencintai lingkungan akan lebih
memilih penyelesaian berupa dekomposting dan daur ulang. Sebagai contoh sampah
organik seperti daun kering, batang pohon dan sebagainya dapat dijadikan
sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik
yang memang tidakd dapat mengalami pembusukan dapat dilakukan daur ulang.
Pada dasarnya sampah dapat diolah dan dimanfaatkan
kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan adalah cara paling
tepat dan sesuai untuk menyelesaikan perasalahan sampah yang ada.
Komentar
Posting Komentar