ANALISIS KI KD BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013 REVISI
ANALISIS KD,
PENENTUAN MATERI, INDIKATOR ESENSIAL, DAN SILABUS
BAHASA
INDONESIA KELAS VII, VIII, DAN IX SEMESTER GANJIL
2020 – 2021
KELAS VII
|
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Indikator Esensial |
Materi Esensial |
Alasan Esensial |
Waktu |
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber
Belajar/Media |
|
|
3.1
Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca 4.1Menentukanisiteksdeskripsi
tentang objek
(tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang
didengar dan dibaca |
· Identifikasi teks deskripsi · Isi teks deskripsi |
3.1.1 Menentukan
ciri umum teks deskripsi. 3.1.2 Mengidentifikasi jenis teks deskripsi yang dicontohkan
/dibaca. 4.1.1 Menentukan
isi tujuan teks deskripsi yang dicontohkan. 4.1.2 Menentukan
perincian isi teks deskripsi yang dicontohkan. 4.1.3 Membandingkan
beberapa isi teks deskripsi |
· Ciri umum teks deskripsi ·
Identifikasi
jenis teks deskripsi ·
Tujuan
teks deskripsi ·
Perincian
isi teks deskripsi ·
Perbandingan
isi teks deskripsi |
· Siswa perlu memahami ciri umum teks tersebut
karena menjadi pembeda dengan teks lainnya. · Setelah memahami ciri umum, pemahaman siswa
ditingkatkan untuk dapat mengidentifikasi isi teks terebut. · Untuk sampai pada tahap keterampilan
membandingkan isi teks siswa perlu mengetahui tujuan dan rincian isi teks
tersebut. |
6 x 30’ 6 x 30’ |
1.Diskusi menentukan ciri umum teks deskripsi. 2.Diskusi menentukan ciri objek yang dideskripsikan. 3.Diskusi mengidentifikasi jenis teks deskripsi yang dicontohkan/dibaca. 1.Diskusi menentukan isi tujuan teks deskripsi yang dicontohkan. 2.Diskusi membuat perincian isi teks deskripsi yang dicontohkan. 3.Diskusi membandingkan kedua isi teks deskripsi yang dicontohkan. |
·
Penugasan ·
Tes
Tulis (dapat berupa kuis daring/ atau luring) ·
Penugasan
·
Tes
Tulis (dapat berupa kuis daring/ atau luring) |
·
Buku Siswa KelasVII, Edisi Revisi 2016, Bahasa
Indonesia Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2016.
halaman 1 s.d. 17 ·
https://blog.ruangguru.com/pengertian-teks-deskripsi ·
Video Tari Remo di Portal Rumah Belajar https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/76f1babba69845b0b27d4c6a9c85b88d |
|
|
3.2
Menelaahstrukturdankaidah
kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dandibaca 4.2 Menyajikandata,gagasan,kesan
dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secaralisan dantulis |
·
Struktur
teks deskripsi ·
Kaidah
kebahasaan teks deskripsi ·
Penyajian
data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi |
3.2.1 Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi. 3.2.2 Menentukan
kaidah kebahasaan teks deskripsi. 4.2.1 Menulis teks
deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah
penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan sesuai dengan data dan pengamatan. 4.2.2 Mendeskripsikan
objek teks deskripsi secara lisan |
· Struktur teks deskripsi · Ketataba-hasaan yang menjadi ciri teks
deskripsi · Menulis teks deskripsi Mendeskripsikan |
Menelaah
struktur dan kaidah kebahasaan menjadi esensial karena, sebagai berikut : 1.
materi tersebut menjadi pembeda
antara teks deskripsi dengan teks lainnya. 2.
sebagai pengetahuan dasar untuk
terampil dalam menulis teks deskripsi. 1.
Setelah siswa memahami ciri
umum, struktur, dan kaidah kebahasaan maka untuk mengetahui pemahaman siswa
terhadap materi tersebut adalah dengan mempraktikkan menulis teks deskripsi. 2.
Praktik mendeskripsikan teks
secara lisan juga dapat melatih keterampilan berbicara dan percaya diri siswa
yang sangat berguna untuk kehidupan siswa sehari-hari. |
6 x 30’ 6 x 30’ |
1. Diskusi untuk merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi. 2. Diskusi menentukan kaidah kebahasaan teks deskripsi 3. Diskusi menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi yang
dicontohkan. 1.Diskusi menentukan
subjek-subjek yang akan dideskripsikan. 2.Diskusi mendata subjek yang
akan dideskripsikan. 3.Diskusi dalam menyajikan teks
deskripsi secara tertulis berdasarkan data dan pengamatan dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata,
kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca. 4.Menyajikan
secara lisan (dalam bentuk rekaman video) teks deskripsi yang telah disusun. |
·
Penugasan ·
Tes
Tulis (dapat berupa kuis daring/ atau luring) Praktik (unjuk kerja) menulis teks deskripsi dan praktik lisan teks
deskripsi (siswa diarahkan untuk merekam atau membuat video |
·
Buku Siswa Kelas VII, Edisi Revisi 2016, Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta :
2016, halaman 18 s.d. 40. · Portal Rumah belajar,
materi struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi. https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Package/Home/Complete/04bd0100cd2e4aefbd188870faaf6a07 ·
Contoh teks deskripsi ·
Video yang berisi contoh
mendeskripsikan suatu objek secara lisan. https://www.youtube.com/watch?v=Q_1_tvBfek0 |
|
|
3.3
Mengidentifikasiunsur-unsurteks narasi(ceritaimajinasi)yang
dibacadandidengar 4.3
Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita
imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual |
·
Identifikasi
unsur teks narasi (cerita imajinasi) ·
Menceritakan
kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) |
3.3.1 Mengidentifikasi unsur- unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar 3.3.2 Membandingkan unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca
dan didengar 4.3.1
Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan
dibaca secara lisan, tulis, dan
visual |
Identifikasi unsur-unsur teks
narasi (cerita imajinasi) Perbandingan unsur-unsur teks pada dua teks narasi (cerita imajinasi) Menceritakan
kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) |
·
Peserta didik perlu memahami unsur-unsur teks
narasi karena sebagai awal untuk pembelaaran teks fiksi ·
Untuk lebih memahaminya siswa perlu
membandingkan unsur-unsur teks pada dua teks narasi (cerita imajinasi) yang
berbeda · Untuk melatih kemampuan anak menulis |
6 x 30’ 6 x 30’ |
1.Diskusi menentukan unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) 2.Diskusi membandingkan unsur-unsur pada dua teks narasi (cerita
imajinasi) 3.Diskusi menyimpulkan isi dua teks narasi (cerita imajinasi) 1.Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) |
·
Penugasan ·
Tes
tulis |
• Buku Siswa Kelas VII, Edisi Revisi 2017, Bahasa Indonesia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2017, Halaman 45—73 ·
S.
Efendi, Bimbingan Apresiasi Prosa Naratif, Pustaka mandiri, 2015 · https://www.youtube.com/watch?v=i-av_fgq4xY · https://www.youtube.com/watch?v=PQm6_r8KUas · https://www.youtube.com/watch?v=kN6cM4D6LAA · https://drive.google.com/file/d/1XEsRK48QwEPnascWlFyK24zoQlUn1akj/view |
|
|
3.4
Menelaahstrukturdankebahasaan
teksnarasi(ceritaimajinasi)yang dibacadandidengar 4.4
Menyajikangagasankreatifdalam
bentukceritaimajinasisecaralisan
dantulisdenganmemperhatikan
struktur,penggunaanbahasa,atau aspeklisan |
· Telaah struktur teks narasi (cerita imajinasi) · Kaidah kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) · Menulis teks narasi (cerita imajinasi) |
3.4.1 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan
didengar 3.4.2
Membandingkan struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar 4.4.1 Merancang gagasan
kreatif dalam bentuk cerita
imajinasisecara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan
bahasa, atau aspek lisan. 4.4.2 Menyajikan gagasan
kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan |
· Struktur teks narasi (cerita imajinasi) · Kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) Menulis teks
narasi (cerita imajinasi) |
Menelaah
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) perlu karena: · Sebagai dasar dalam menulis teks narasi · Penggunaan bahasa yang membedakan teks narasi (cerita imajinasi) dengan
teks lainnya. Hal ini
penting untuk mengasah kemampuan menulis peserta didik sehingga dapat
menghasilkan karya berupa tulisan dikemudian hari |
6 x 30’ 6 x 30’ |
1.Diskusi menelaah struktur teks
narasi (cerita imajinasi) yang dibaca atau didengar. 2.Diskusi menelaah kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca atau didengar. 3.Diskusi membandingkan struktur
dan kebahasaan pada dua teks narasi
(cerita imajinasi) yang dibaca atau didengar. 1.Menyajikan gagasan dalam bentuk
cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan. |
·
Penugasan ·
Tes
tulis ·
Portofoli ·
Produk |
|
|
|
3.5
Mengidentifikasi
teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan
alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari
berbagaisumber yang dibaca dan didengar 4.5Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara
memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata,
dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar |
·
Identifikasi teks prosedur ·
Simpulan isi teks prosedur |
3.5.1 Menentukan ciri umum teks prosedur 3.5.2 Menentukan jenis teks prosedur yang dibaca
atau didengar 4.5.1 Meringkas urutan isi teks prosedur 4.5.2 Menyimpulkan isi teks prosedur yang dibaca
atau didengar |
·
Ciri umum teks prosedur ·
Jenis teks prosedur ·
Urutan isi teks prosedur ·
Simpulan isi teks prosedur |
Agar siswa mampu
mengidentifikasi teks prosedur dengan terlebih dahulu memahami ciri dan jenis teksnya serta dapat
menyimpulkan isinya. |
6
x 30’ 6 x 30 |
1.Diskusi menentukan ciri umum
teks prosedur 2.Diskusi mendaftar kata atau kalimat sebagai ciri teks prosedur 3.Diskusi menentukan jenis teks
prosedur yang dicontohkan/dibaca. 1.Diskusi menentukan ringkasan isi teks prosedur 2.Diskusi menjawab pertanyaan isi teks prosedur. 3.Diskusi untuk menyimpulkan isi teks prosedur yang dibaca atau didengarnya. |
·
Penugasan ·
Tes
tulis ·
Produk ·
Unjuk
Kerja |
· Buku Siswa Kelas VII, Edisi Revisi 2017, Bahasa
Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta : 2017 hlm. 81 ·
Jenis-jenis Teks, karangan Dr. E.
Kosasih, M. Pd. dan Drs. Endang Kurniawan, M. Pd. Bandung: 2014 ·
https://www.youtube.com/watch?v=4vLq9yd4MhY ·
https://blog.ruangguru.com/mengenal-jenis-dan-contoh-teks-prosedur ·
https://www.youtube.com/watch?v=JtY-udz3Tgs |
|
|
3.6 Menelaah struktur
dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara
membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas
daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibacadan didengar .4. 6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks
prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara
membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan,
dan isi secara lisan dan tulis |
·
Struktur dan kaidah kebahasaan
teks prosedur Menyajikan teks
prosedur secara tulisan dan praktik |
3.6.1
Menentukan struktur teks prosedur 3.6.2
Menentukan kaidah kebahasaan teks prosedur 4.6.1 Menulis teks prosedur dengan memperhatikan
pilihan kata, kelengkapan, struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat,
tanda baca, dan ejaan 4.6.2 Memeragakan secara lisan cara melakukan atau
membuat dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan, struktur, dan kaidah
penggunaan kata kalimat, tanda baca, dan ejaan |
·
Struktur teks prosedur ·
Kaidah kebahasaan teks prosedur ·
Menulis teks prosedur ·
Memeragakan teks prosedur |
Agar siswa memahami
struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur dan akhirnya mampu membuat serta
memeragakan teks tersebut. |
6
x 30’ 6 x 30 |
1.Diskusi
untuk merinci bagian-bagian struktur teks prosedur 2.Diskusi
menentukan kaidah kebahasaan teks prosedur 3.Diskusi
menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur 1.Diskusimenuliskan teks
prosedur dengan memperhatikan pilihan kata, struktur, dan kaidah penggunaan
kata, kalimat, tanda baca, dan ejaan. 2. Menyajikan
secara lisan (dalam bentuk rekaman video) teks prosedur yang telah
disusun. |
|
|
|
|
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks
laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau
diperdengarkan 4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku
pengetahuan yang dibaca dan didengar |
Teks laporan
hasil observasi ·
Daftar informasi isi teks
laporan hasil observasi(LHO) ·
Penggunaan bahasa dalam laporan
hasil observasi ·
Ciri umum laporan hasil
observasi |
3.7.1
Menentukan gagasan pokok teks laporanhasil observasi. 3.7.2 Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi pada
teks yang dibaca/didengar |
1.
Gagasan utama tiap paragraf 2.
Simpulan isi teks Laporan Hasil Observasi |
· Siswa perlu memahami gagasan utama
tiap paragraf karena berkenaan dengan
memberi simpulan dalam teks lho · Setelah siswa memahami siswa ditingkatkan pada tahap trampil menyimpulkan |
6 x 30’ 6 x 30 |
1. Menyajikan hasil
diskusi tentang isi bagian dalam teks laporan hasil observasi. 2. Menyajikan hasil diskusi mengenai gagasan pokok yang
ditemukan pada teks LHO. 3. Diskusi dan membandingkan
hasil simpulan
isi teks laporan hasil observasi.
|
Teknik : tes
tertulis Bentuk:
Pilihan Ganda atau penugasan berupa daring atau luring . |
v Buku Siswa Kelas VII, Edisi Revisi 2017,
Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta :
2017. halaman 121 s.d. 138 v Video pembelajaran Aku dan Lingkunganku di Portal Rumah Belajar https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Package/Home/Complete/0e88eda8d5424c099e22dcca1836bead v https://puebi.readthedocs.io/en/latest/ |
|
|
3.8Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang
berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. 4.8Menyajikan
rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara
lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan |
· Struktur teks LHO · Variasi pola
penyajian teks LHO · Variasi kalimat definisi,
variasi pola penyajian teks LHO · Unsur kebahasaan teks LHO |
3.8.1 Menelaah
struktur teks LHO 3.8.2
Menelaah
kebahasaan teks LHO 3.8.3
Isi teks LHO |
1.
Struktur teks
LHO 2.
Isi teks LHO 3.
Kebahasaan
teks LHO
|
· Siswa perlu memahami
struktur teks karena sebagai
salah satu penbeda struktur teks LHO dengan struktur teks Deskripsi · Setelah siswa memahami trntang struktur, guna mampu
menulis isi teks lho siswa juga harus memahami kaidah kebahasaan dalam teks LHO tersebut. |
6 x 30 6 x 30’ |
1.Menelaah struktur teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan
yang dibaca. 2.Menelaah kebahasaan, teks laporan hasil observasi yang berupa buku
pengetahuan yang dibaca. 3.Menelaah isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan
yang dibaca. |
Teknik : tes tertulis Bentuk: Pilihan Ganda |
3.8Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang
berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. 4.8Menyajikan
rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara
lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan |
ANALISIS KD,
PENENTUAN MATERI, INDIKATOR ESENSIAL, DAN SILABUS
BAHASA
INDONESIA KELAS VIII, DAN IX SEMESTER GANJIL
2020 – 2021
SMP BAHARI
KAWUNGANTEN
Nama Guru :
Nofiyatun, S.Pd
Kelas : VIII
|
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Indikator
Esensial |
Materi
Esensial |
Alasan Esensial |
Waktu |
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar/Media |
|
3.1 Mengiden-tifikasi
unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan
dibaca 4.1.Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan) yang
dibaca dan didengar |
1. Pengertian teks
berita 2. Unsur-unsur
berita 3. Pokok-pokok
berita 4. Jenis teks
berita 5.
Langkah-langkah menyimpulkan teks berita 6.
Menyimpulkn teks berita |
3.1.1
Mengidentifi- kasi pengertian teks berita 3.1.2Menemukan unsur-unsur teks berita 3.1.3Menemukan pokok-pokok berita 3.1.4Menentukan isi teks berita 4.1.1
Langkah-langkah menyimpulkan berita 4.1.2
Menyimpulkan
isi berita yang dibacanya dengan tepat. 4.1.3
Menyampaikan simpulan teks berita |
1.Unsur-unsur teks berita 2.Simpulan teks berita |
Unsur-unsur teks berita menjadi essensia karena
unsur-unsur teks berita merupakan pokok-pokok isi berita yang merupakan
gambaran isi /informasi yang akan disampaikan
dalam sebuah berita Kompetensi siswa untuk menyimpulkan suatu isi teks
berita sangatlah penting bagi PD karena PD harus memili ketrampilan menyimpulkan
informasi yang ia terima sehingga mampu memahami hal-hal penting dalam sebuah
berita. |
6 x 30 menit 6 x 30 menit 6 x 30 menit |
1.
Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan oleh
guru tentang arti teks berita dan isi
(5W+1H) berita tersebut. 2.
Melakukan diskusi interaktif tentang isi vidioberita
tersebut. 3.
Menyimpulkan dengan peta konsep tentang unsur-unsur teks
berita. 4.
Melaporkan hasil kesimpulannya. 1.
Menerima teks berita melalui daring dari Guru dan
mencermatinya. 2.
Menentukan unsur-unsur teks berita tersebut. 3.
Melaporkan hasil kerjanya sesuai format yang telah
ditentukan dalam buku paket kegiatan
1.2 4.
Melakukan dialog interaktif membahas hasil kerja siswa. 1.
Bertanya
jawab tentang peristiwa yang paling hangat sedang
terjadi saat ini untuk dijadikan
sumber belajar. 2.
berdiskusi menentukan langkah-langkah menyimpulkan teks berita. 3.
Mengamati dan berdiskusi tentang isi berita yang
ditonton tersebut. 4.
berdiskusi menyimpulkan isi teks berita yang telah diamati tersebut
dengannmenggunakan bahasa yang tepat. 5.
melaporkan hasil kerjanya dalam bentuk power point |
Soal Aktivitas, antusias,
dan respon peserta didik |
1.
Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII ( Kemendik-bud RI 2018) 2.
Youtube: https://youtu.be/Br76lGKnpx0 Buku pengaya elektronik https://drive.google.com/file/d/0B2g32sqxYZjkajQ3b3dwYkwybms/view |
|
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang
didengar dan dibaca. 4.2Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita
secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek
lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik) |
1.
Struktur teks berita. 2.
Kaidah Kebahas-aan 3.
Menulis teks berita 4.
Menyunting teks berita |
3.2.1 Menemukan struktur teks berita 3.2.2 Menemukan kaidah kebahasaan teks
berita .2.1 Menentukan
langkah-langkah penulisan teks berita 4.2.2 Menulis teks berita 4.2.3 Menyampai-kan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis |
1.
Struktur teks berita. 2.
Kaidah Kebahasaan 3.
Menulis teks berita 4.
Me-nyun-ting teks berita |
Struktur teks berita merupakan ciri khusus teks berita yang membedakan dengan teks-teks lain 1.
kebahasaan merupakan hal yang harus dikuasai peserta didik dalam menulis teks berita 2.
kompetensi keterampilan untuk
materi teks berita merupakan tuntutan utama seoarang PD 3.
Kemampuan menyunting hal penting
yang harus dimiliki oleh PD sehingga
memahami isi teks berita dengan benar sesuai dengan fakta dan tujuan
pemberitaan. |
6 x 30 Menit 6 x 30 menit |
1.
Mengamati vidio pembelajaran tentang struktur teks berita. 2.
Membuat rangkuman tentang struktur teks berita
berdasarkan vidio pembelajaran tentang
struktur teks berita. 3.
Menyimak vidio yang memberitakan suatu peristiwa/
informasi / teks berita, kemudian peserta didik menentukan struktur teks berita tersebut
dengan tepat pada tabel yang telah disiapkan guru. 4.
Menunjukkan kaidah-kaidah kebahsaan yang menundai berita
tersebut dengan berdiskusi 5.
diskusi interaktif dengan guru. 1.
Berdiskusi menentukan tema yang akan ditulis menjadi
topil beritanya. 2.
Menulis teks berita secara kelompok. 3.
Menyunting teks yang ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan
teks berita dengan struktur dan penggunaan bahasa yang tepat. 4.
Melaporkan hasil kerjanya. 5.
Melakukan diskusi interaktif untuk membahas hasil kerja
peserta didik. |
6.
Soal 7.
Aktivitas, antusias, respon, dan peserta didik |
1.
Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII ( Kemendik-bud RI 2018) 2.
Youtube, internet:
https://youtu.be/84ZezAo3JaY Alwi, Hasan. 2003. Tata
Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: BalaiBahasa 3.
Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII ( Kemendik-bud RI 2018) |
|
3.3Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster
(yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar |
Slogan, Iklan,
dan Poster |
·
Menentukan
definisi teks iklan, slogan, atau poster. ·
Mengidentifikasi
unsur-unsur teks iklan, slogan, atau poster. ·
menentukan
jenis teks iklan, slogan, dan poster dan menunjukkan bukti pada teks yang dibaca/didengar. ·
Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau
poster. ·
Menceritakan
kembali isi iklan, slogan, atau poster. |
-Pengertian dan Teks iklan, slogan, dan
poster -Unsur-unsur teks iklan, slogan, dan poster -simpulan maksud suatu iklan. Praktik menentukan Unsur-unsur teks iklan, slogan, dan
poster. Praktik menceritakan kembali iklan. |
Teks ikan slogan dan poster sering
ditemui peserta didik di masyarakat, sehingga penting bagi siswa untuk
mempelajarinya |
6 x 30 menit |
1.
Mengamati teks iklan,
slogan, dan poster pada tayangan 2.
Mempertanyakan
hal-hal yang terkait dengan teks iklan, slogan, dan poster (apa itu teks
iklan, slogan, dan poster, apa cirinya, dan apa bedanya dengan teks yang
lain). 3.
Menggali
informasi tentang teks iklan, slogan, dan poster. 4.
Menalar. 1.
Berdiskusi
tentang ciri tokoh, latar, konflik, dan tema teks iklan, slogan, dan poster
dalam teks iklan, slogan, dan poster yang dibaca. 2.
Menyimpulkan
hasil diskusi. 3.
Mengomunikasikan
hasil diskusi. |
|
· Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas
VIII ( Kemendik-bud RI 2018) ·
Youtube, internet |
|
4.3Menyimpul kan isi iklan, slogan,
atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber |
6 x 30 menit |
|||||||
|
3.4Menelaah
pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat
bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.4Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk
iklan, slogan, atau poster secara
lisan dan tulis |
Slogan, Iklan, Poster |
·
Mengidentifikasi
unsur teks iklan, slogan, dan poster. ·
Menelaah
pola penyajian teks iklan, slogan, dan poster. ·
Menelaah
unsur kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster. ·
Praktik
mengidentifikasi unsur teks iklan, slogan, dan poster. ·
Praktik
menelaah pola penyajian teks iklan, slogan, dan poster. ·
Praktik
menelaah unsur kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster. ·
Menentukan
langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster ·
Merumuskan
konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan
slogan dan/poster ·
Menulis
iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan ·
Mempresentasikan
iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengan berbagai variasi. |
Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster. Identifikasi unsur teks iklan, slogan,
dan poster. Telaah pola penyajian teks iklan, slogan, dan
poster. Cara menyusun teks iklan, slogan, poster Praktik merumuskan konteks iklan, slogan, atau
poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster Praktik Menulis iklan, slogan, atau poster
berdasarkan konteks yang telahdirumuskan. Praktik Mempresentasikan iklan, slogan,
dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi. |
Teks ikan slogan dan poster sering
ditemui peserta didik di masyarakat, sehingga penting bagi siswa untuk
menelaahnya |
6 x 30 Menit 6 x 30 menit |
1.
Mengamati
ciri kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster berdasarkan beberapa contoh
teks. 2.
Mempertanyakan
hal-hal yang terkait dengan pola penyajian dan kebahasaan dalam teks iklan,
slogan, dan poster. 3.
Menggali
informasi. 4.
Mendiskusikan
pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, dan poster. 5.
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, dan
poster. 6. Mengamati langkah membuat teks iklan, slogan, dan
poster. 7. Menanya hal-hal yang terkait dengan langkah membuat
teks iklan, slogan, dan poster. 8. Menggali informasi langkah tentang langkah membuat
teks iklan, slogan, dan poster. 1.
Membaca
berbagai buku dan mengamati berbagai objek yang sesuai untuk dikembangkan
menjadi teks iklan, slogan, dan poster. 2.
Menalar. 3.
Menyusun teks
iklan, slogan, dan poster berdasarkan produk atau tema yang sudah ditentukan 4.
Mencipta draft
teks iklan, slogan, dan poster. 5.
Mengomunikasikan
hasil. 6.
Memajang/ menukarkan
hasil untuk meminta masukan dari teman/ guru. 7.
Menyunting dan
memperbaiki teks iklan, slogan, dan poster. 8.
Memublikasikan
hasil. |
|
· Buku Paket Bahasa Indonesia
Kelas VIII ( Kemendik-bud RI 2018) , ·
Youtube, internet |
|
3.5Mengidentifi kasi informasi teks
eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah yang didengar dan
dibaca 4.5Menyimpul Kan isi teks
eksposisi (artikel, ilmiah popular dari Koran dan majalah yang di dengar dan
dibaca |
Gagasan dan Fakta Pola pengembangan teks Gagasan umum dan khusus Jenis paragraf berdasarkan letak gagasan
umumnya |
Menentukan gagasan utama Menentukan kalimat utama Menyimpulkan isi teks eksposisi Meringkas isi paragraf |
Menentukan gagasan utama Menentukan
kalimat utama Menyimpul kan isi teks Meringkas isi
paragraf |
Dilihat dari KD merupakan materi yang
penting dikuasai siswa |
6 x 30 Menit 6 x 30 menit |
1. Membaca teks
eksposisi yang disajikan 2. Diskusi
kelompok mengidentifikasi teks
eksposisi berdasarkan teks yang
disajikan 3. Menonton video
tentang teks eksposisi ( gagasan utama dan kalimat utama) 4. Diskusi
menentukan gagasan utama dan kalimat
utama teks eksposisi 5. Menyimpulkan pembelajaran 1. Membaca
teks tentang pengolahan sampah
lingkungan 2. Membedakan
gagasan umum dan gagasan khusus 3. Menyimpulkan
isi teks melalui gagasan utama 4. Mengamati
jenis-jenis paragraf berdasarkan letak gagasan umumnya 5. Meringkas teks
eksposisi berdasarkan gagasan umumnya |
Tes tertulis mengenai perbedaan teks
eksposisi dengan teks iklan Tes tertulis menentukan gagasan utama dan
kalimat utama paragraf teks eksposisi Tes tertulis
gagasan umum dan gagasan khusus Tes
tertulis menyimpul kan isi teks Tes tertulis
menuliskan ringkasan isi paragraph |
Buku Paket You Tube www.sekolahmu.com |
|
3.7Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang
diperdengarkan atau dibaca |
Unsur Pembangun puisi dan simpulan puisi |
·Menemukan
unsur-unsur puisi ·Menentukan
isi teks puisi yang diperdengarkan (video) ·Menyimpulkan
unsur dan makna puisi melalui video |
-Unsur Intrinsik Puisi (Tema, nada,
amanat gaya Bahasa, rima Tipografi, Imaji kata konkret -Simpulan Puisi |
Materi ini akan membantu siswa dalam
menemukan unsur intrinsik puisi baik yang diperdengarkan atau pun yang
dibacakan |
6 x 30 menit |
1.
mengamati
model-model teks puisi. 2.
Diskusi
isi teks puisi yang diperdengarkan
mealui video. 3.
Diskusi
menemukan unsur-unsur pembangun puisi
dan jenis-jenisnya. 4.
Mempresentasikan
hasil diskusi/naskah hasil diskusi dikirim melalui WA grup atau clasroom 1.
Mengamati
model pembacaan puisi 2.
Diskusi
menyimpulkan unsur pembangun puisi 3.
Mempresentasikan
hasil diskusi /naskah hasil diskusi dikirim melalui WA grup atau clasroom |
Tes tertulis (pilihan ganda) |
Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII (Kemendik-bud RI
2018) Youtube, internet, |
|
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca |
|
|||||||
|
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan,
lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau
dibaca |
Unsur Pembangun puisi Makna Denotasi dan Konotasi menyajikan puisi (menulis puisi dan membacakanpuisi hasil
karya sendiri) |
· Menentukan
unsur pembangun puisi · Mengidentifikasi
makna denotasi dan konotasi · Menulis puisi
berdasarkan struktur teks · Membacakan
puisi yang telah ditulis |
Makna konotasi dan Denotrasi |
Materi ini akan membantu siswa dalam
menelaah unsur intrinsik puisi baik
yang diperdengarkan atau pun yang dibacakan |
6 x 30 menit |
1.
Mengamati
dua jenis teks puisi 2.
Diskusi
menentukan perbedaan jenis puisi 3.
Diskusi
merumuskan unsur-unsur pembentuk teks puisi berdasarkan jenisnya 4.
Diskusi
mengidentifikasi isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi)
dalam teks puisi 5.
Menentukan
tema puisi 6.
Membuat
kerangka puisi 7.
menulis
puisi berdasarkan tema dan memperhatikan struktur teks 8.
Mengamati
tampilan pembacaan puisi 9.
Membacakan
puisi yang ditulis sendiri (direkam /video dikirim melalui WA grup atau
clasroom 10. Menanggapi penampilan teman dalam
berpuisi melaui WA atau classroom |
|
Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VIII (Kemendik-bud RI
2018) |
|
4.8Menyajikan
gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun puisi |
Menulis puisi Membaca puisi hasil karya sendiri |
Materi ini akan membantu siswa dalam
menulis puisi dan cara membaca puisi |
6 x 30 menit |
· Penugasan · Praktik menulis puisi · Praktik membaca puisi |
· Buku Paket Bahasa Indonesia
Kelas VIII (Kemendik-bud RI
2018) · Youtobe: Baca puisi terbaik puisi FLS2n
|
|||
|
3.9Mengidentifi- kasi informasi dari
teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang
diperdengarkan atau dibaca 4.9
Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses
terjadinya suatu fenomena dari
beragam sumber yang
didengar dan
dibaca |
1. Pengertian teks eksplanasi 2. Ciri-ciri teks
eksplanasi 3. Menetukan teks eksplanasi 3.Gagasan pokok teks eksplanasi. 4. Langkah-langkah meringkas isi teks eksplanasi berdasar-kan
gagasan |
1.Menjelaskan pengertian teks eksplanasi 2.Menjelaskan perbedaan teks eksplanasi dengan teks eksposisi 3. Menentukan gagasan pokok dari dua paragraf kutipan teks eksplanasi 4.Meringkas dua paragraf kutipan teks eksplanasi |
· Perbedaan teks
eksplanasi dengan teks eksposisi · Menetukan teks eksplanasi · Gagasan pokok eksplanasi · Ringkasan kutipan teks eksplanasi |
· Salah satu indikator siswa
memahami jenis teks eksplanasi adalah mampu membedakan dengan teks lain dan
mampu menentukan teks eksplanasi dari beberapa yang dibaca · Untuk bisa memahami isi teks,
siswa harus bisa menetukan gagasan pokok · Bukti bahwa siswa memahami isi
teks adalah bisa meringkas isi teks |
6 x 30 menit 6 x 30 menit |
1.
Menginformasaikan materi yang akan dibahas dan banyaknya pertemuan 2.
Menyaksikan video terjadinya hujan pada tautan youtube dan menentukan
hubungan antarbagian 3.
Mengamati contoh teks eksplanasi tentang hujan dan menentukan hubungan
antarparagraf 4.
Menjelaskan pengertian teks eksplanasi (bila memungkinkan dengan
berdiskusi) 5.
Membedakan teks eksplanasi dengan teks eksposisi (bila memungkinkan
dengan berdiskusi) 6.
Menyaksikan video terjadinya tsunami pada tautan youtube 7.
Mengamati teks eksplanasi yang sudah ditentukan gagasan pokoknnya. (bila
memungkinkan dengan berdiskusi) 8.
Menentukan gagasan pokok teks
eksplanasi (bila memungkinkan dengan berdiskusi) 9.
Meringkas teks ekplanasi (bila memungkinkan dengan berdiskusi) 10. Mempresentasikan atau mengirim
ringkasan teks kutipan eksplanasi ke grup WA atau ke GC |
Tes tertulis -Essay Praktik meringkas |
· Buku Paket Bahasa Indonesia
Kelas VIII (Kemendik-bud RI
2018) Youtobe Internet |
|
Mengetahui, Kepala SMP
Bahari Kawunganten Suratno,
S.Pd |
Kawunganten, Juli 2020 Guru Mata
Pelajaran Nofiyatun,
S.Pd |
KELAS IX
|
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Indikator Esensial |
Materi Esensial |
Alasan Esensial |
Waktu |
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber
Belajar/Media |
|
3.1Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan yang dibaca
dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada
makanan, adanya vitamin pada makanan, dll). |
· Mengenali
informasi teks laporan percobaan · Menjelaskan
isi teks laporan percobaan · Menyimpulkan isi teks laporan percobaan (tujuan,bahan/alat, langkah, dan hasil) |
3.1.1 Engidenti- fikasi informasi
dari teks laporan percobaan sederhana 3.1.2
Menjelaskan isi informasi dari
teks laporan percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan,
adanya vitamin pada makanan 4.1.1 Menyimpulkan tujuan,bahan/alat, langkah,
dan hasil dalam laporan percobaan |
· Informasi
pada teks laporan percobaan · Isi informasi teks laporan percobaan
(tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil) · Simpulan
isi teks laporan percobaan (tujuan,bahan/alat, langkah, dan hasil) |
· Membantu pengetahuan peserta didik dalam memahami
teks laporan percobaan |
6
x 30 menit |
1.
Mendata informasi dalam teks
laporan percobaan sederhana 2.
Menjelaskan isi informasi teks
laporan percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan,
adanya vitamin pada makanan 3.
Menyimpulkan tujuan,bahan/alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan |
· Penugasan · Tes
Tertulis |
· BBuku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 · Alwi,
Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia. Edisi IV. Jakarta: BalaiBahasa. ·
Ahmad,Warin.2011.Laporan praktikumuji zat makanan.http://warrentaperoti. blogspot. Com |
|
4.1 Menyimpulkan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/atau dibaca |
6
x 30 menit |
|||||||
|
3.2Menelaah struktur
dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang
didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada
makanan, adanya vitamin pada makanan, dll) 4.2Menyajikan tujuan, bahan/
alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara
tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek
kebahasaan, dan aspek lisan |
· Struktur
teks laporan percobaan · Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan. Model
teks laporan percobaan. |
3.2.1
Menganalisis struktur dari teks
laporan percobaan 3.2.2
Mengkaji kebahasaan dari teks
laporan percobaan 4.2.1
Menyusun langkah- langkah teks
laporan percobaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan . 4.2.2
Menyajikan tujuan,
bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan dengan memerhatikan kelengkapan data,
struktur, dan aspek kebahasaan secara lisan. |
· Analisis
struktur teks laporan · Analisis
kebahasaan teks laporan · Menyimpulkan
ciri struktur dan ciri kebahasaan teks laporan percobaan · Menyajikan
teks laporan lengkap |
· Memiliki
sasaran untuk mengukur ketercapaian standar minimal dari KD. · Membantu
peserta didik memahami indikator kunci |
6
x 30 menit 6
x 30 menit |
1.
Menganalisis struktur teks
laporan percobaan 2.
Menganalisis unsur kebahasaan
teks laporan percobaan 3.
Menyimpulkan struktur dan ciri
kebahasaan teks laporan percobaan 4.
Menyajikan teks laporan percobaan dengan memperhatikan
struktur dan unsur kebahasaannya |
· Penugasan · Tes
tertulis · Produk
Uji
Petik Kerja (Praktik) |
· Buku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 · Pedoman
Umum Ejaan Bahasa Indonesia terbaru · https://www.youtube.com/watch?v=ttjeWlysL8c · http://www.crayonpedia.org/mw/1_Struktur_dan_Fungsi_Jaringan_Tumbuhan_11.1 ·
http://www.flickr.com/photos/68134078@NOO/117003508 |
|
3.3Mengidentifikasi gagasan,
pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar atau dibaca |
· Teks
Pidato Persuasif · Simpulan
gagasan, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato |
3.3.1
Menemukan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan, pesan dalam pidato
persuasif 3.3.2
Mengemukakan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan, pesan dalam pidato
persuasif dari sudut pandang tertentu 4.3.1 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan,
atau pesan dalam pidato persuasif |
·
Hakikat gagasan, pikiran,
pandangan, arahan, pesan dan cara menemukannya dalam pidato |
·
Materi tersebut sesuai dengan
konsep yang ada di indikator sehingga dapat
mencapai kompetensi yang diharapkan ·
Sebagai tuntutan kompetensi yang melebihi dari tuntutan kompetensi dari standard minimal KD |
6
x 30 menit |
1. Mendata gagasan, pikiran, pandangan, arahan
atau pesan dalam pidato persuasif 2. Menjelaskan gagasan , pkiran, pandangan,
arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu 3. Menyimpulkan gagasan, pikiran, pandangan,
arahan atau pesan dalam pidato persuasif |
· Penugasan · Tes
tertulis |
· Buku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 |
|
4.3 Menyimpulkan gagasan,
pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato persuasif (lingkungan
hidup, kondisi social, dan/atau keragaman budaya)yang didengar dan/atau
dibaca |
6
x 30 menit |
|||||||
|
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca |
· Struktur
teks (pidato persuasif) · Ciri-ciri
kebahasaan teks pidato persuasif : kalimat aktif, kata tugas, kosakata
emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan · Model
teks pidato persuasif |
3.4.1 Menelaah struktur teks pidato persuasif 3.4.2 Menelaah ciri kebahasaan teks pidato
persuasif 4.4.1 Menyusun kerangka teks pidato persuasif 4.4.2 Menyusun teks pidato persuasif dengan mempertimbangkan struktur dan aspek
kebahasaan 4.4.3 Menyajikan pidato persuasif secara menarik
(kejelasan lafal, intonasi, dan artikulasi yang tepat) |
· Struktur
teks (pidato persuasif) · Ciri-ciri
kebahasaan teks pidato persuasif : kalimat aktif, kata tugas, kosakata
emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan · Model
teks pidato persuasif |
· Struktur
dan ciri kebahasaan merupakan hal pokok yang membedakan antara teks yang satu
dengan yang lain · Sebagai
tuntutan kompetensi yang melebihi dari tuntutan kompetensi dari standar
minimal KD |
6
x 30 menit |
1. Menyimpulkan struktur teks pidato
persuasif 2. Menyimpulkan ciri kebahasaan teks pidato
persuasif 3. Menyusun teks pidato persuasif 4. Menyajikan pidato persuasif secara menarik |
· Penugasan · Tes
tertulis · Produk
· Uji
Petik Kerja (Praktik) |
· Buku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 · http://www.ilmubindo.com/2018/09/ciri-kebahasaan-teks-pidato-persuasif.html |
|
4.4 Menuangkan
gagasa, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan
hidup, kondisi social, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis
dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan |
6
x 30 menit |
|||||||
|
3.5Mengidentifikasi
unsur pembangun karya sastra dalam teks Cerita Pendek yang dibaca atau didengar |
· Unsur pembangun Karya Sastra ( cerpen) · Model Teks Narasi (cerpen) |
3.5.1Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks
cerita pendek yang didengar atau dibaca 4.5.1Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti
yang mendukung dari teks cerita pendek yang dibaca atau yang didengar |
· Unsur pembangun karya sastra (cerita
pendek) · Menyimpulkan Unsur-Unsur Pembangun
Karya Sastra dari Cerita Pendek |
· Untuk memahami sebuah teks cerpen hal
yang harus dikuasai pertama adalah mengenal unsur pembangunnya · Kemampuan menyimpulkan merupakan
keterampilan penting yang harus dikuasai siswa dalam kegiatan membaca |
6 x 30 menit |
1.
Diskusi
mendata unsur cerita pendek 2.
Memperhatikan
tayangan informasi Struktur dan aspek cerita pendek 3.
Diskusi bersama kelompok 4.
Menyimpulkan unsur pembangu cerpen |
· Lembar kerja · Lembar observasi · Portofolio · Tes tertulis |
· Buku Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas
IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan , Edisi Revisi, Tahun 2018 · Intisari Bahsa Indonesia Kurikulum 13 |
|
4.5
Menyimpulkan unsur-unsur Pembangun Karya Sastra dengan bukti yang mendukung
dari cerita pendek yang dibaca atau didengar |
6 x 30 menit |
|||||||
|
3.6
Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan Cerita Pendek yang dibaca atau didengar |
· Struktur Teks Narasi (Cerita Pendek) · Ciri-ciri kebahasaan teks narasi : kata
/Kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas · Model teks Narasi Cerita Pendek |
3.6.1 Menelaah struktur
dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar 4.6.1 Menyusun kerangka
cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan 4.6.2 Menyusun Cerita
Pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan Struktur teks dan kebahasaan |
·
Struktur
dan Aspek Kebahasaan Cerita Pendek · Kerangka Cerita Pendek berdasarkan
pengalaman ( Covid-19) · Menyusun cerita Pendek berdasarkan
pengalaman pribadi ( Covid-19) |
§ Dasar dalam menyusun cerpen dengan
memperhatikan struktur kaidah kebahasaannya. §
Mengembangkan
kreatifitas dalam menentukan poin-poin penting yang akan ditulis sebagai
kerangka · Mengembangkan kreatifitas dalam
menulis cerpen dengan
memperhatikan struktur dan kaidah
bahasanya |
6 x 30 menit |
1.
Tanya
jawab Struktur dan aspek cerita pendek 2.
Diskusi
secara kelompok menyusun kerangka cerpen pengalaman (covid-19) 3.
Tanya
jawab dan diskusi kelompok menyusun cerpen berdasarkan pengalaman pribadi
(covid-19) |
· Lembar kerja · lembar observasi · Portofolio · Uji petik kerja (praktik) |
· Buku Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas
IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan , Edisi Revisi, Tahun 2018 · https://pendidikan.co.id/teks-deskripsi/ · https://materibelajar.co.id/cerpen/ · Bahasa Indonesia Untuk SMP, Facil |
|
4.6Mengungkapkan
pengalaman dan gagasan dalam bentuk Cerita Pendek
dengan memperhatikan Struktur dan Kebahasaan. |
6 x 30 meni |
|||||||
|
3.7Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau
pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca |
· Mengidentifikasi Teks tanggapan berupa
kritik atau pujian · Memahami informasi data Covid-19 · Menjelaskan data covid-19 · Simpulan informasi dengan
pujian/kritikan |
3.7.1 Mengidentifikasi informasi berupa
kritik atau pujian dari teks tanggapan
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dll) yang didengar dan/atau dibaca 3.7.2
Menjelaskan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) pada
peranserta sikap masyarakat terhadap pencegahan Covid-19. 4.7.1 Menyimpulkan
informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap tindakan untuk
pencegahan Covid-19. |
· Fungsi teks tanggapan · Model teks tanggapan · Simpulan isi teks tanggapan berupa
kritik atau pujian |
·
Peserta
didik bisa mengenali kalimat kritikan dan pujian ·
Peserta
didik bisa menyampaikan kalimat kritikan dan pujian secara tepat tanpa harus
menyinggung perasaan orang lain Peserta didik
bisa menemukan informasi dari teks dan memberikan tanggakan berupa kritikan
dan pujian secara tepat sesuai konteks Peserta didik dapat menyimpulkan isi teks
tanggapan dengan kritik, sanggahan atau pujian secara tepat |
6 x 30 menit |
1.
Tanya
jawab menanggapi kritikan /pujian dari informasi tentang data perkembangan
Covid-19 2.
Mendengarkan
tayangan informasi data perkembangan pencegahan Covid-19 3.
Penugasan
mencari informasi disertai bukti pendukung Pelaporan secara
daring melalui google class room 4. Menyimpulkan teks tanggapan |
· Portofolio · Unjuk kerja |
· Buku Pelajaran Bahasa Indonesia kelas
IX Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta 2018 · https://www.kelaspintar.id-apa-itu-teks-tanggapan? · Siaran televisi edukasi https://www.quipper.com-teks-tanggapan-kritis-bahasa
kelas 9 · Media elektronik internet/ you tube,google ·
You
tube : https://www.youtube.gugustugaspercepatanpenanganancovid-19 |
|
4.7 Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa
kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca |
6 x 30 menit |
|||||||
|
3.8 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks
tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang
didengar dan/atau dibaca |
· Struktur kebahasaan teks tanggapan · Model Teks tanggapan · Teks tanggapan Pujian/kritikan |
3.8.1 Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan
teks tanggapan 3.8.2 Menelaah model teks tanggapan 3.8.3
Menjelaskan model teks tanggapan 4.8.1
Merancang
teks tanggapan 4.8.2
Menulis teks tanggapan (puji,
kritik) |
· Struktur teks tanggapan · Ciri-ciri kebahasaan teks tanggapan :
kalimat aktif, kata tugas, bahasa deskripsi, bahasa penilaian. · Model teks tanggapan (puji, kritik) |
· Sesuai dengan tuntutuan KD · Sebagai tuntutan kompetensi yang
melebihi dari tuntutan kompetensi dari standar minimal KD |
6 x 30 menit |
1.
Menyimpulkan
Struktur Kebahasaan teks tanggapan 2.
Model
teks tanggapan 3. Menyusun teks
tanggapan 4. Membuat kalimat
kritikan 5.
Membuat kalimat pujian |
· Portofolio · Unjuk kerja |
·
Buku
Teks: Bahasa Indonesia SMP Kelas IX/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ,
Edisi Revisi, Tahun 2018 ·
Mypurohith.com-contoh-teks-tanggapan-kritis |
|
4.8Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks
tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan |
6 x 30 menit |
|
Mengetahui, Kepala SMP............ |
................................, Juli 2020 Guru Mata
Pelajaran |
Komentar
Posting Komentar