Soal Latihan PTS Bahasa Indonesia SMP Semester Genap VII


I.                   Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d!
1.    Yang bukan merupakan ciri-ciri pantun adalah ….
a. Setiap baris terdiri atas empat bait
b. Bersajak a-b-a-b
c. Baris pertama dan kedua berupa sampiran
d. Baris ketiga dan keempat sebagai isi

2.    Sari kelapa buah nira
Nira diolah untuk sedekah
Gembira hati tiada terkira
Ibu datang bawa hadiah
Berdasarkan pantun di atas, baris yang merupakan sampiran ….

a.    Sari kelapa buah nira
b.    Nira diolah untuk sedekah
c.     Nira diolah untuk sedekah
Gembiara hati tiada tara
d.    Sari kelapa buah nira
Nira diolah untuk sedekah
3.     Perhatikan ciri-ciri puisi rakyat berikut ini!
1. Terdiri dari dua baris dalam sebait
2. terdiri dari empat baris dalam sebait
3. Berisi nasihat atau kata-kata mutiara
4. Bersajak a-a-a-a
5. Bersajak a-b-a-b
6. Bersajak a-a
7. Semua baris adalah isi
8. Baris 1-2 sampiran,baris 3-4 isi

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, yang merupakan ciri-ciri syair adalah …
a. 2-4-7 
b. 1-6-7 
c. 2-5-8
d. 1-3-6
4.    Faras sangat gembira, sepeda yang ia impikan selama ini menjadi kenyataan. Sepeda itu, hadiah dari Ibu karena ia mendapat peringkat di kelas.

Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
a.    Kota Jambi kota beradat
Tempat tinggal sanak saudara
Mari kita belajar giat
Supaya kelak tidak sengsara
b.    Raja buah si raja pisang
Sedap disantap di kala senja
Riang hati bukan kepalang
Sepeda impian di depan mata
c.    Buah duku buah durian
Dibeli ibu di pasar kenari
Senang hati dapat undian
Seperti mimpi siang hari
d.    Ke Selat beli ikan selar
Beli juga tempoyak durian
Jika kita rajin belajar
Prestasi tinggi mudah diraih

5.    Perhatikan pantun berikut!
Buah cempedak buah durian
Pergi ke pekan naik sepeda
[…] (1)
[…] (2)

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
a.     (1) Jangan ragu berbuat baik
(2) Senyum saja sudah ibadah

b.    (1) Pikir dulu sebelum bertindak
(2) Menyesal kemudian tiada guna

c.    (1) Supaya tidak sesal kemudian
(2) Diperlukan selalu sikap waspada

d.    (1) Mari kita jalin silaturahmi
(2) Untuk menambah sanak saudara

Perhatikan larik-larik pantun berikut!
1).Mendapat kawan senang rasanya
2).Bila dimasak dan dimakan
3).Tentu boleh kita berkenalan
4).Ikan laut enak rasanya
Larik pantun tersebut akan menjadi pantun yang baik bila disusun dengan urutan . . .

a.    4 – 3 – 2 – 1
b.    1 – 3 – 2 – 4
c.    4 – 2 – 1 – 3
d.    2 – 3 – 1 – 4
6.    Perhatikan pantun berikut!
1).Pohon jati pohon bambu
2).Tumbuh rimbun menjadi pagar
3).Menangis adik di depan . . . .
4).Melihat ibu pergi ke pasar.
Kata yang tepat untuk melengkapi pantun agar bersajak sama dengan larik pertama adalah .....
a.       Pintu                                              c. Taman
b.      Taman                                            d. pagar
7.    Perhatikan kutipan syair berikut:
Wahai pemuda kenali dirimu
Ialah perahu tamsil tubuhmu
Tiadalah berapa lama hidupmu
Ke akhirat juga kekal dirimu

Tema syair diatas adalah . . . .
a. Para pemuda harus mengenali dirinya sebaik mungkin
b. Para pemuda harus mengetahui tamsil dirinya
c. Para pemuda harus menggunakan waktu hidupnya
d. Para pemuda harus menyadari bahwa hidup ini sementara saja

8.    Perhatikan syair berikut!
Usaha yang selalu ada
dapat mengubah nasib sengsara
karena Tuhan Maha Pemurah
selalu mendengar doa dan pinta

Bait puisi di atas disebut syair dengan alasan berikut, kecuali . . . .
a. baitnya terdiri atas empat baris
b. setiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata
c. terdiri dari sampiran dan isi
d. rima akhir berpola a-a-a-a

9.    Perhatikan gurindam berikut ini!
Sebelum bekerja pikir dahulu
Agar pekerjaan selamat selalu

Isi dari gurindam tersebut adalah…
a.    Jangan sembarangan memilih suatu pekerjaan,agar kita tidak terperosok karena pekerjaan yang salah.
b.    Bekerjalah sesuka hati kita
c.    Bekerjalah sesuai dengan kemampuan kita
d.    Jangan bekerja terlalu pilih-pilih, yang penting mendapatkan pekerjaan.

10. Perhatikan kutipan pantun berikut !
Jalan-jalan ke Batu Jajar,
luas sawah berhektar-hektar.
Siapa yang tekun belajar,
saat dewasa akan pintar.

Perbaikan atas kesalahan yang terdapat dalam kutipan pantun tersebut adalah ....
a. baris pertama dan kedua seharusnya menjadi isi pantun
b. baris ketiga dan keempat seharusnya menjadi sampiran
c. rima akhir pantun tersebut seharusnya bersajak silang
d. nama kota di baris pertama seharusnya huruf kecil

11. Perhatikan pantun berikut!
Rumah kecil tiang seribu,
rumah besar tiang sebatang. 
Kecil- kdan kecil ditimang ibu,
sudah besar ditimang gelombang.

Sampiran dan isi pantun tersebut menggunakan imaji . . . .
a. Visual dan auditif
b. Auditif dan taktil 
c. Taktil dan taktil
d. Visual dan taktil


Perhatikan kutipan fabel berikut ini dan gunakan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 12 s.d. 15!
KANCA DAN MANGUT
Di hutan hiduplah dua ekor kancil. Mereka bernama Kanca dan Manggut. Kedua ekor kancil itu bersaudara. Manggut adalah kakak dari Kanca. Sebaliknya, Kanca adalah adik dari Manggut. Walaupun mereka bersaudara, tetapi sifat mereka sangatlah berbeda. Kanca rajin dan baik hati. Sedangkan Manggut pemalas dan suka menjahili teman-temannya.
Pada suatu hari Manggut kelaparan. Tetapi Manggut malas mencari makan. Akhirnya Manggut mencuri makanan Kanca. Waktu Kanca menanyai kepada Manggut di mana makanannya, Manggut menjawab dicuri tikus. "Ah, mana mungkin dimakan tikus!" kata Kanca. "Iya betul kok! Masa sama kakaknya tidak percaya!" jawab Manggut berbohong. Mulanya Kanca tidak percaya dengan omongan Manggut. Tetapi setelah Manggut mengatakannya berkali-kali akhirnya Kanca percaya juga. Kanca memanggil tikus ke rumahnya. "Ha? Mencuri? Berpikir saja aku belum pernah!" jawab tikus. "Ah, si tikus! Kamu ini membela diri saja! Sudah, Kanca! Dia pasti berbohong," kata Manggut.
"Ya, sudahlah! Tikus, sebagai gantinya ambilkan makanan di seberang sungai sana. Tadi aku juga mengambil makanan dari sana!" kata Kanca mengakhiri percakapan. Tikus berjalan ke tepi sungai. Ia menaiki perahu kecil untuk menuju seberang sungai. Sebenarnya tikus tahu kalau Manggut yang mencuri makanan. Sementara itu, di bagian sungai yang lain, Manggut cepat-cepat menyeberangi sungai. Ia hendak memasang perangkap tikus agar tikus terperangkap. Ketika tikus hampir mendekati seberang sungai, tikus melihat perangkap. Tikus yakin kalau perangkap itu dipasang oleh Manggut. Tiba-tiba tikus mendapat ide. Tikus berpura-pura tenggelam dalam sungai. "Aaa...Manggut, tolong aku...!" teriak tikus. Mendengar itu Manggut segera menolong tikus.Tikus meminta Manggut mengantarkannya ke seberang sungai. Manggut tidak bisa berbuat apa-apa. Ia mengantarkan tikus ke seberang sungai. Sesampai di seberang sungai tikus meminta Manggut menemani tikus mengambil makanan. Karena Manggut tidak hati-hati, kakinya terperangkap dalam perangkap tikus. Manggut menyesali perbuatan buruknya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

12. Tokoh serta watak dari fabel di atas adalah…   https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5BsBoO6XeuuYzhR56s8VpunGSj2vzVuRpaobe6CLobAgXZkEuAXRPKslGB0hmf13VQraDKMFlRkFN1jJ-SdhtqGm4Wam8jD2cSid2GhLyOdDwkjg8tRTv4HyadjMbbjHpYWC4qoaWhHTu/s400/23.jpg

13. Pernyataan yang sesuai dengan cerita fabel di atas adalah…….
a. Tikus di tuduh mengambil makanan mangut
b. Tikus membantu Kanca untuk mencari makanan
c. Kanca dan mangut bekerja sama untuk mencari makanan ke seberang sungai
d. Mangut kelaparan dan malas mencari makan sehingga dia mencuri makanan Kanca

14. Kalimat tidak langsung dari kalimat yang bergaris bawah pada fabel tersebut adalah…..
a. Kanca bertanya kepada Tikus tentang makanannya yang hilang
b. Kanca bertanya kepada tikus tentang siapa yang mengambil makanannya
c. Kanca bertanya kepada tikus, apakah benar tikus yang mengambil makannnya
d. Kanca bertanya kepada tikus apakah dia yang memakan makanan Mangut

15. Paragraf pertama pada fabel tersebut termasuk dalam struktur fabel bagian….
a. Resolusi
b. Koda
c. Oreintasi
d. Komplikasi

Perhatikan penggalan ceita berikut
a) kelinci tertidur dan akhirnya kura-kura menang
b) kelinci yang sombong mengejek kura-kura yang jalannya lambat
c) ketika lomba di mulai kelinci lari dengan cepat dan jauh meninggalkan kura-kura
d) kura-kura menantang kelinci untuk lomba lari
e) kelinci yang sombong yakin kalau dia pasti menang
f) karena kelinci merasa kura-kura sangat jauh ia beristirahat di bawah pohon
27. Urutan yang tepat agar kalimat-kalimat diatas menjadi sebuah fabel adalah….
a. a-b-d-f-c-e
b. b-e-d-f-c-a
c. b- d-e-c-f-a
d. b-d-c-e-f-a

16. perhatikan kutipan fabel berikut
Pesan moral yang dapat di ambil dari fabel tersebut ialah kita jangan pernah menganggap remeh orang lain. Setiap orang memilki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Kesombongan suatu saat akan dikalahkan oleh kerendahan hati.
Penggalan fabel diatas termasuk struktur fable pada bagian…
a. resolusi
b. orientasi
c. koda
d. Komplikasi

Kutipan teks fabel berikut ini untuk menjawab soal no. 17 dan 18!
Kupu-Kupu Berhati Mulia
(1) Pada suatu pagi sang Semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam Lumpur. Sang Semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong...,tolong...!”

(2) Untunglah saat itu ada seekor Kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu. ” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.

17. Kutipan teks cerita bernomor (1) tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian…...
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. koda

14. Kutipan teks cerita bernomor (2) tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian…...
b. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda
18. Bacalah kutipan teks berikut!
Paman Belalan
“Hore!” Teriak para serangga ketika melihat kodok-kodok itu pergi. Sambil menari-nari mereka mengangkat tubuh Paman Belalang dan melempar-lemparnya ke udara. Kakek Cacing mengucapkan terima kasih kepada Paman Belalang yang sudah menyelamatkan desa. Semenjak itu, Paman Belalang tidak menjadi pemurung lagi. Ia menyadari dirinya masih berguna walaupun telah kehilangan kakinya. Setiap malam ia pun bergabung dengan para serangga lainya untuk berpesta. Paman Belalang selalu bermain gitar dan bernyanyi riang. Para serangga pun sangat menyukainya. Begitu juga dengan Lodi dan Roro yang sekarang menjadi sahabat paman. Mereka selalu ikut berpetualang dengan Paman Belalang dan perahunya.

Kutipan teks cerita tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian…...
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda
19. Bacalah fabel berikut ini!
Pada zaman dahulu kala di dalam hutan tinggal seekor tikus kecil [. . .] lubang dalam gua. Di dalam lubang gua yang sama juga tinggal seekor singa besar yang buas. Suatu hari ketika singa sedang tidur, tikus menghampirinya. Singa terbangun [. . . ] tidurnya karena merasa terusik. Ia mengaum, “Berani sekali kamu menganggu tidurku! Aku bunuh kamu!”
Si tikus mencicit. “Oh, jangan bunuh aku! Aku akan berterimakasih padamu dan membantumu kapan pun kamu membutuhkan aku.”
Sang singa tertawa keras, “Buat apa sang raja hutan membutuhkan bantuan [. . . ] seekor tikus kecil?” Lalu ia menyambung, “Tapi aku akan melepaskanmu karena telah membuatku tertawa.”
Kata yang tepat untuk melengkapi fabel diatas adalah. . . .
a. Pada, di, dan dari
b. Dari, pada, dan di
c. Di, dari, dan pada
d. Di, dari, dan dari

20. Bacalah dialog berikut!
Kancil :”Tuan, raja kami siap untuk berperang. Sebagai buktinya, raja kami pun mengirimkan kumisnya. (Kancil pun menyerahkan kumis Landak kepada Panglima Harimau).
Panglima Harimau :”ini kimis rajamu?”
Kancil :”iya, itu adalah kumis raja kami yang paling kecil. Raja kami menerima tantangan dari raja kalian”.(Para harimau sangat terkejut melihat kumis raja pulau kecil yang besar dan tajam).
Prajurit Harimau :”Kumis raja Kancil sangat besar, sangat besar dari kumis raja kita. Kita pasti akan sulit untuk melawannya”. (Sambil berbisik kepada Panglima Harimau).
Prajurit Harimau 2 :”Lalu bagaimana?”
Panglima Harimau :”sebaiknya kita segera pergi dari pulau ini”.

Berdasarkan dialog di atas ekspresi Panglima Harimau dan Prajurit harimau yang tepat adalah . . . .
a. Merasa takut
b. Berani dan melawan
c. Merasa malu
d. Merasa kecewa

21. Bacalah kutipan surat berikut!
Dengan hormat,
Dalam rangka Ulang Tahun SMPN 5, kami bermaksud mengadakan acara seminar dengan tema "Berprestasi Tanpa Narkoba". Oleh karena itu, kami mohon Bapak berkenan menjadi narasumber. Kegiatan akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Selasa 18 Oktober 2016
pukul            : 13.00 WIB
tmpat            : Lapangan upacara SMPN 5
[ ... ]

Bagian penutup yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah ...

a.       Demikian permohonan ini disampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
b.      Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.
c.       Demikian informasi ini disampaikan. Atas kehadiran tepat waktu, kami ucapkan terima kasih.
d.      Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas perkenan Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Bacalah kutipan surat berikut dengan saksama kemudian kerjakan dua soal di bawahnya!
SMP CEMERLANG
Jalan Bendi Kebayoran Lama Jakarta Selatan
______________________________________

Nomor : 11/S.0301/G/09                                                            1) ---------
Hal : Undangan

Yth. Para Guru dan Karyawan
SMP Cemerlang
di Jakarta

Dengan hormat,
(2) -----------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------
Demikian surat undangan ini kami sampaikan.
Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

22. Tanggal surat yang tepat untuk mengisi nomor (1) pada surat tersebut adalah ....
a.       12 Nopember 2009
b.      Jakarta, 12 November 2009
c.       12 November 2009
d.      Jakarta, 12 Nopember 2009

23. Isi surat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang (2) pada surat tersebut adalah...
a.       Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap izin Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 14 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang Aula Cemerlang
acara : Persiapan Lomba

b.      Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap kehadiran Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 14 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang Aula SMP Cemerlang
acara : Persiapan Lomba

c.       Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap bantuan Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 12 November 2009
waktu : Pukul 20.00
tempat : Lapangan SMP Cemerlang
acara : Evaluasi Hasil Lomba

d.      Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap sambutan Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 12 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat :Ruang Aula SMP Cemerlang
acara : Evaluasi Kegiatan

24. Perhatikanlah kutipan surat berikut!
Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, SMP Harapan Bakti akan menyelenggarakan lomba baca puisi tingkat SMP se-provinsi. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:
hari, tanggal    : Senin, 26 s.d. 28 April 2009,
pukul               : 8.00 s.d. 14.00 WIB,
tempat             : Aula SMP Harapan Bakti.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajukan permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Isi balasan yang tepat surat dinas tersebut adalah....
a.       Berkaitan dengan permohonan izin Saudara dalam rangka memperingati Hardiknas yang akan dilaksanakan pada Senin, 26 s.d. 28 April 2009, pada dasarnya kami setuju, silakan dilaksanakan sebaik-baiknya.
b.      Silakan saja, laksanakan dengan sebaik-baiknya. Koordinasi dengan petugas terkait. Jika telah dilaksanakan segera melaporkan hasilnya.
c.       Jangan ragu-ragu untuk melaksanakan peringatan Hardiknas. Laksanakan dengan sebaik-baiknya jika sudah selesai harap lapor.
d.      Saya dukung terus, laksanakan peringatan Hardiknas, koordinasi dengan petugas terkait secepatnya laksanakan.
25. Manakah penulisan alamat surat yang benar?
a.       Kepada Yth: Kepala UPTD SMPN 1 Joko Tawang
Jl. Raya Gunung Budeg No. 19
Tulungagung.
b.      Kepada Yth. Kepala UPTD SMPN 1 Joko Tawang
Jl. Raya Gunung Budeg No. 19
 Tulungagung.
c.       Yth: Kepala UPTD SMPN 1 Joko Tawang
Jl. Raya Gunung Budeg No. 19
Tulungagung.
d.      Yth. Kepala UPTD SMPN 1 Joko Tawang
Jalan Raya Gunung Budeg No. 19
Tulungagung

II.                Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar!
1.    Buatlah sebuah pantun yang berisikan nasihat!
2.    Sebutkan ciri-ciri syair!

Percakapan Para Unggas

Burung Perkutut sedang terbang mencari makan. Dia terbang naik turun dari atas pohon hingga ke tanah. Begitu menerima masakan beliau terbang lagi ke atas pohon. Dari kejauhan Bebek berjalan mendekati pohon yang ada di tepi sungai.

Ketika berpapasan, Bebek berkata, “enak sekali hidupmu Perkutut, bisa terbang ke sana ke mari. Sementara saya meski punya sayap tidak bisa terbang. Berjalan pun pelan.”

“Jangan berkata begitu, Bek.” Sahut si Perkutut, “Kamu memang tidak bisa terbang, tapi kau bisa berenang. Sedangkan aku, jangankan berenang. Berjalan dengan kaki pun saya tidak bisa.”

“Kalian kenapa bertengkar? Sudah-sudah!” Jago berteriak dari kejauhan. Si Jago berlari menuju ke arah Perkutut dan Bebek. “Jangan saling menyalahkan. Lakukan saja hidup kita, syukuri apa yang kita punya.” Burung Perkutut dan Bebek bengong mendengarkan ucapan si Jago.

Si Jago melanjutkan ucapannya, “Bebek, kau tidak bisa terbang. Tapi bisa berenang dan bulumu tidak bisa berair meski terkena air. Kamu hebat. Bisa cari makan di dalam air. Burung, kau memang tidak bisa jalan. Tapi bisa terbang tinggi. Bikin sarang di pohon. Hebat juga.”  Jago berkata sambil mencakar-cakar tanah. “Aku tak bisa terbang, tak bisa berenang. Setidaknya saya masih punya cakar yang bisa kugunakan mencari makan.”
Mendengar klarifikasi si Jago, Perkutut dan Bebek menunduk. Di dalam hati masing-masing beliau bersyukur alasannya yaitu punya kelebihan yang bisa dipakai untuk mencari makan dan menghadapi hidup.

3.    Latar tempat terjadinya fabel di atas adalah………. 

4.      Sebutkan tokoh beserta watak tokoh pada fabel tersebut!

5.    Tulislah surat yang berisi permohonan izin penggunaan aula sekolah untuk memperingati hari Pendidikan Nasional!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI