RPP TEKS DESKRISI SMP BAHASA INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NOMOR 1

Sekolah                         :   SMP ...................
Mata Pelajaran              :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             :   VII/1
Materi Pokok                :   Teks Deskripsi
Alokasi Waktu              :   1 x pertemuan  (2JP)

A.      KOMPETENSI INTI
KI 1  :  Menghargai dan menghayati ajaran  agama  yang  dianutnya.
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),  santun,  dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif denganlingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3  :  Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4  :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, temat wisata, tempat bersejarah, dan/atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
3.2.1.      Menentukan struktur tiap bagian dari teks deskripsi
3.2.2.      Menentukan ciri tiap bagian teks deskripsi
3.2.3.      Menentukan ciri kebahasaan tiap bagian/struktur teks deskripsi.
4.2   Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan/atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.
4.2.1.      Mendata objek yang akan ditulis
4.2.2        Membuat kerangka sesuai dengan struktur teks deskripsi
4.2.3        Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah kebahasaan
4.2.4        Menyunting teks deskripsi yang telah ditulis
4.2.5         Menyajikan teks deskripsi secara lisan

*Nilai karakter yang ditanamkan/ditumbuhkan:
Religius, nasional (cinta tanah air), mandiri (kerja keras)

C.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      menemukan bagian- bagian/struktur teks deskripsi dengan tepat;
2.      menentukan ciri masing-masing bagian teks deskripsi dengan tepat;
3.      bersikap religius, cinta tanah air, kerja keras, dan mandiri.

D.  Materi Pembelajaran
1.    Materi Pembelajaran Reguler
1. Contoh teks deskripsi
2. Struktur teks deskripsi
3. Ciri tiap bagian/struktur teks deskripsi
4. Unsur kebahasaan teks deskripsi
5. Langkah-langkah menulis teks deskripsi
2.    Materi Pengayaan
Menulis teks deskripsi suatu objek
3.    Materi Pembelajaran Remidial
1. Kaidah ejaan bahasa Indonesia
2. Menulis teks deskripsi

E.  Metode Pembelajaran
Inquiry/Descovery Learning
F.   Media dan Bahan
1. Media
1)      Deskripsi objek
2)      Gambar/foto gedung sekolah, rumah, orang, benda
3)      Pohon struktur
4)      Tabel telaah teks
5)      LK Pemandu Kegiatan
2. Bahan
1)      Kertas Asturo
2)      Lem/doble tapes
3)      Gunting, spidol
G. Sumber Belajar
Harsiati, Titik Agus, Trianto, dan E. Kosasih. 2016.  Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Luar Jaringan (Luring) KBBI Offline 1.5 Jakarta: Pusat Bahasa.

Sugihastuti dan Siti Saudah. 2016. Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2JP)
Langkah/
Tahap
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1.      Peserta didik mengucapkan salam
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.      Peserta didik berdoa sebelum belajar (Guru memimpin doa)
4.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur teks deskripsi.
5.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6.      Guru menyampaikan lingkup penilaian
1          10’
Kegiatan Inti
Merumuskan Pertanyaan
1.          Peserta didik membentuk kelompok dengan bimbingan guru.
2.          Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan terkait dengan upaya menemukan konsep tentang struktur dan ciri tiap bagian teks deskripsi.
3.          Bersama kelompoknya peserta didik merumuskan pertanyaan mengenai struktur dan ciri tiap bagian teks deskripsi.
4.          Peserta didik membuat prediksi atau hipotesis tentang struktur dan ciri tiap bagian teks deskripsi.
Merencanakan
5.          Secara berkelompok, peserta didik merencanakan langkah-langkah untuk menemukan struktur dan ciri tiap bagian teks deskripsi.
Pengumpulan Data  dan Menganalisis Data
6.      Peserta didik membaca teks deskripsi
7.         Peserta didik bersama kelompoknya berdiskusi menentukan bagian-bagian teks deskripsi berdasarkan petunjuk kerja pada LK yang diberikan guru.
8.         Peserta didik memotong motong setiap bagian teks deskripsi dan menempelkannya pada kertas Asturo/HVS yang disediakan dengan memberi keterangan pada masing-masing bagian.

Menarik Kesimpulan
9.      Secara bergantian, LK yang sudah dikerjakan di kertas Asturo/HVS ditempel di papan tulis, peserta didik yang lain meneliti pekerjaan temannya dan memberi tanggapan.
10.    Berdasarkan hasil diskusi, guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang struktur dan ciri bagian teks deskripsi.
Aplikasi dan tindak lanjut
11.    Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi  peserta didik.
12.    Peserta didik menerima tugas dari guru mencari teks deskripsi dari berbagai sumber dan menentukan strukturnya
55’
Penutup
1.      Guru memfasilitasi siswa membuat butir-butir simpulan mengenai pembelajaran yang sudah dilakukan sebagai refleksi.
2.      Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu menentukan unsur kebahasaan teks deskripsi.
3.      Guru beserta siswa mengakhiri langkah-Langkah Pembelajaran dengan mengucap syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.
4.      Siswa memberi salam hormat kepada guru.

15’

I.       Penilaian
1.         Rencana penilaian
1        Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Observasi
Jurnal
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

2        Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Observasi
Jurnal
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

3        Pengetahuan

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan

Tes tertulis
Soal
setelah pembelajaran berlangsung
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

1.      Pembelajaran Remidial
Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian akan diberikan pembelajaran remedial.

  1. PembelajaranPengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi langkah-langkah pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) dalam bentuk mencari contoh teks deskripsi untuk aspek pengetahuan dan untuk aspek keterampilan adalah menulis teks deskripsi suatu objek dalam rekaman video secara berkelompok
Kawunganten,  Juli 2018
Mengetahui,
 Kepala SMP...................................                                       Guru Mata Pelajaran,





.............................                                                                  ...................................








Lampiran
Lampiran Instrumen Penilaian
1.    Instrumen Penilaian
a.       Jurnal
   Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah              : SMP Bahari Kawunganten
Kelas/Semester            : VII
Tahun pelajaran            : 2017/2018
‘No
Waktu
Nama
Peserta didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak
Lanjut







INSTRUMEN PENILAIAN KD 3.2
Tes Tertulis
Tes Tertulis
1)      Kisi-kisi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, temat wisata, tempat bersejarah, dan/atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
Stuktur Teks Deskripsi
Menentukan bagian/struktur teks deskripsi
Menentukan ciri-ciri tiap bagian dalam teks deskripsi


uraian

2)      soal
1.      Bacalah teks deskripsi pada buku siswa halaman 5 yang berjudul si Bagas, kelinciku!
2.      Jelaskan struktur teks dekripsi tersebut!
3.      Sebutkan ciri-ciri bagian struktur teks deskripsi tersebut!




Rubrik Penilaian
Kriteria
Skor
Mampu menjelaskan 3 struktur teks deskripsi dengan baik
Mampu menjelaskan 3 struktur teks deskripsi dengan cukup baik
Mampu menjelaskan 3 struktur teks deskripsi dengan kurang baik

3
2
1

Mampu menyebutkan ciri bagian teks deskripsi dengan baik
Mampu menyebutkan ciri bagian teks deskripsi dengan cukup baik
Mampu menyebutkan ciri bagian teks deskripsi dengan kurang baik
3
2
1


                                           Skor yang Diperoleh   
               Skor Akhir =                                               X  100 %
                                          Dibagi Skor Maksimal


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI