RPP TEKS DESKRISI SMP BAHASA INDONESIA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NOMOR 1
Sekolah : SMP ...................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/1
Materi Pokok : Teks Deskripsi
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2JP)
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif denganlingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahamipengetahuan (faktual, konseptual,
danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan
dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, temat wisata, tempat bersejarah,
dan/atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
|
3.2.1.
Menentukan
struktur tiap bagian dari teks deskripsi
3.2.2.
Menentukan
ciri tiap bagian teks deskripsi
3.2.3. Menentukan
ciri kebahasaan tiap bagian/struktur teks deskripsi.
|
|
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk
teks deskripsi tentang objek sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah,
dan/atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan
memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.
|
4.2.1. Mendata objek yang akan ditulis
4.2.2
Membuat
kerangka sesuai dengan struktur teks deskripsi
4.2.3
Menulis teks
deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah
kebahasaan
4.2.4
Menyunting
teks deskripsi yang telah ditulis
4.2.5
Menyajikan teks deskripsi secara lisan
|
*Nilai
karakter yang ditanamkan/ditumbuhkan:
Religius, nasional (cinta tanah air), mandiri
(kerja keras)
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didik dapat:
1.
menemukan bagian- bagian/struktur teks deskripsi dengan tepat;
2.
menentukan ciri masing-masing bagian teks deskripsi dengan tepat;
3.
bersikap religius, cinta tanah air, kerja keras, dan mandiri.
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
1. Contoh teks deskripsi
2. Struktur teks deskripsi
3. Ciri tiap bagian/struktur teks deskripsi
4. Unsur kebahasaan teks deskripsi
5. Langkah-langkah menulis teks deskripsi
2.
Materi Pengayaan
Menulis teks deskripsi suatu objek
3.
Materi Pembelajaran Remidial
1. Kaidah ejaan bahasa Indonesia
2. Menulis teks deskripsi
E. Metode Pembelajaran
Inquiry/Descovery Learning
F. Media dan Bahan
1. Media
1)
Deskripsi objek
2)
Gambar/foto gedung sekolah, rumah, orang, benda
3)
Pohon struktur
4)
Tabel telaah teks
5)
LK Pemandu Kegiatan
2. Bahan
1)
Kertas Asturo
2)
Lem/doble tapes
3)
Gunting, spidol
G. Sumber Belajar
Harsiati, Titik Agus, Trianto, dan E. Kosasih. 2016. Bahasa
Indonesia Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tim Penyusun. 2008. Kamus
Besar Bahasa Indonesia Luar Jaringan (Luring) KBBI Offline 1.5 Jakarta:
Pusat Bahasa.
Sugihastuti dan Siti Saudah. 2016. Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim Penyusun. 2008. Kamus
Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2JP)
|
Langkah/
Tahap
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik mengucapkan salam
2.
Guru mengecek kehadiran peserta didik
3.
Peserta didik berdoa sebelum belajar (Guru
memimpin doa)
4.
Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur teks
deskripsi.
5.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6.
Guru
menyampaikan lingkup penilaian
|
1 10’
|
|
Kegiatan Inti
|
Merumuskan Pertanyaan
1.
Peserta didik membentuk
kelompok dengan bimbingan guru.
2.
Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan terkait dengan upaya
menemukan konsep tentang struktur dan ciri tiap bagian teks deskripsi.
3.
Bersama kelompoknya peserta
didik merumuskan pertanyaan mengenai struktur dan ciri tiap bagian teks
deskripsi.
4.
Peserta didik membuat
prediksi atau hipotesis tentang struktur dan ciri tiap bagian teks deskripsi.
Merencanakan
5.
Secara berkelompok, peserta
didik merencanakan langkah-langkah untuk menemukan struktur dan ciri tiap
bagian teks deskripsi.
Pengumpulan
Data dan Menganalisis Data
6. Peserta
didik membaca teks deskripsi
7.
Peserta didik bersama kelompoknya berdiskusi
menentukan bagian-bagian teks deskripsi berdasarkan petunjuk kerja pada LK yang
diberikan guru.
8.
Peserta didik memotong motong setiap bagian teks
deskripsi dan menempelkannya pada kertas Asturo/HVS yang disediakan dengan
memberi keterangan pada masing-masing bagian.
Menarik Kesimpulan
9. Secara bergantian, LK yang sudah dikerjakan di kertas
Asturo/HVS ditempel di papan tulis, peserta didik yang lain meneliti
pekerjaan temannya dan memberi tanggapan.
10. Berdasarkan hasil diskusi, guru membimbing peserta didik
membuat kesimpulan tentang struktur dan ciri bagian teks deskripsi.
Aplikasi
dan tindak lanjut
11. Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi peserta didik.
12.
Peserta didik menerima tugas
dari guru mencari teks deskripsi dari berbagai sumber dan menentukan
strukturnya
|
55’
|
|
Penutup
|
1.
Guru memfasilitasi siswa membuat
butir-butir simpulan mengenai pembelajaran yang sudah dilakukan sebagai
refleksi.
2.
Guru memberitahukan kegiatan
belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu menentukan
unsur kebahasaan teks deskripsi.
3.
Guru beserta siswa mengakhiri
langkah-Langkah Pembelajaran dengan mengucap syukur ke hadirat Tuhan Yang
Maha Esa.
4.
Siswa memberi salam hormat
kepada guru.
|
15’
|
I.
Penilaian
1.
Rencana penilaian
1
Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap
spiritual dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
|
Observasi
|
Jurnal
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial
dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
|
Observasi
|
Jurnal
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
3
Pengetahuan
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
|
Tes tertulis
|
Soal
|
setelah pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of
learning)
|
1.
Pembelajaran
Remidial
Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian akan diberikan pembelajaran remedial.
- PembelajaranPengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi langkah-langkah pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi
(kompetensi) dalam bentuk mencari contoh teks deskripsi untuk aspek
pengetahuan dan untuk aspek keterampilan adalah menulis
teks deskripsi suatu objek dalam rekaman video secara berkelompok
Kawunganten, Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMP................................... Guru Mata
Pelajaran,
............................. ...................................
Lampiran
Lampiran Instrumen Penilaian
1.
Instrumen
Penilaian
a.
Jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah :
SMP Bahari Kawunganten
Kelas/Semester :
VII
Tahun pelajaran :
2017/2018
|
‘No
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak
Lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
INSTRUMEN PENILAIAN KD 3.2
Tes
Tertulis
Tes Tertulis
1) Kisi-kisi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
|
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari
teks deskripsi tentang objek (sekolah, temat wisata, tempat bersejarah,
dan/atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
|
Stuktur Teks Deskripsi
|
Menentukan bagian/struktur teks deskripsi
Menentukan ciri-ciri tiap bagian dalam teks deskripsi
|
uraian
|
2)
soal
1.
Bacalah teks deskripsi pada buku siswa halaman 5 yang berjudul si Bagas, kelinciku!
2.
Jelaskan struktur teks dekripsi tersebut!
3.
Sebutkan ciri-ciri bagian struktur teks deskripsi tersebut!
Rubrik Penilaian
|
Kriteria
|
Skor
|
|
Mampu menjelaskan 3
struktur teks deskripsi dengan baik
Mampu menjelaskan 3
struktur teks deskripsi dengan cukup baik
Mampu menjelaskan 3
struktur teks deskripsi dengan kurang baik
|
3
2
1
|
|
Mampu menyebutkan ciri bagian teks deskripsi
dengan baik
Mampu menyebutkan ciri bagian teks deskripsi
dengan cukup baik
Mampu menyebutkan ciri bagian teks deskripsi
dengan kurang baik
|
3
2
1
|
Skor
yang Diperoleh
Dibagi Skor Maksimal
Komentar
Posting Komentar