LK-3 PKP Bahasa Indonesia Desain Pembelajaran


LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran 3.5 – 4.5 tEKS eKSPOSISI

Perumusan kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan, disesuaikan dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran:
a. Mengidentifikasi informasi teks eksposisi
b. Menyimpulkan isi teks eksposisi
1.      Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-1:

No
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
Kegiatan Pembelajaran
Sumber Belajar/Media
Penilaian

Indikator Penunjang
3.5.1. Mendaftar informasi teks
eksposisi
3.5.2. Menjelaskan informasi teks
Eksposisi

Indikator inti
3.5.3. Mengidentifikasi isi informasi
teks eksposisi

Indikator Pengayaan
3.5.4. Pengklasifikasi informasi teks
eksposisi
3.5.5. Membandingkan informasi
teks eksposisi yang dibaca
Indikator Penunjang
4.5.1 Mendata pokok-pokok isi teks eksposisi
4.5.2 Menentukan pokok-pokok isi teks eksposisi
4.5.3 Membuat peta konsep pokok pokok isi teks eksposisi


Indikator inti
4.5.4. Menyimpulkan teks eksposisi
yang dibaca.


Indikator Pengayaan
4.5.5. Merangkum teks eksposisi.
Pendahuluan:
1.                    Pendidik mengucapkan salam dan bersama-sama berdoa sebelum pembelajaran dimulai.
2.                    Pendidik dan peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya
3.                    Pendidik mengecek kehadiran peserta didik
4.                    Pendidik menanyakan kondisi peserta didik, kondisi cuaca, keadaan lingkungan kelas dan sekitarnya.
5.                    Pendidik menyiapkan suasana belajar yang kondusif dengan menanyakan kesiapan siswa untuk belajar
6.                    Mengaitkan materi dengan pengalaman peserta didik atau dengantema sebelumnya Pendidik menyampaikan kompetensi dasar, tujuan, dan garis besar kegiatan pembelajaran.
1.    Kosasih, E. 2017 .Buku Siswa Bahasa Indone- sia SMP/MTs Kelas 8. Jakarta: Pusat Kuri-kulum dan Perbu -kuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 75-90.
2.    Kosasih, E. 2017.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8.   Jakarta: Pusat Kuriku-lum dan Perbukuan Kementerian, Balit-bang, Kemdikbud. Hlm, 29-36
3.    Kosasih,E dan Endang Kurniawan.2018.Jenis-Jenis Teks.YRama Widya. Hlm 96-106

Sikap:
-          Observasi
-          Jurnal
-          Penilaian antar teman
-          Penilaian diri sendiri


Pengetahuan:
Bentuk:
-          Tes tulis
-          Tes lisan
-          penugasan



Keterampilan
-          proyek
-          produk
-          portofolio
-          unjuk kerja



Inti:
Stimulation (pemberian rangsangan)
1. Pendidik  menayangkan video tentang lingkungan yang rusak akibat banjir dapat diunduh pada link berikut:    https://www.youtube.com/watch?v=sMpKesmjgv4  2. Peserta didik bertanya jawab tentang isi video yang ditampilkan. Pertanyaan diarahkan pada apa yang disaksikan, apa penyebabnya, bagaimana mengatasinya, apa saja fakta dan pendapat yang tersaji  dalam video tersebut. Setiap peserta didik difasilitasi untuk mengajukan pendapat dengan alasan dan bukti yang mendukung. 3. Pendidik  meminta peserta didik menemukan hubungan antara video yang disaksikan tersebut dengan teks yang akan dipelajari.
 4. Pendidik memberikan resume untuk memperjelas hubungan video tersebut dengan teks eksposisi yang akan dipelajari.
5. Peserta didik merespon pertanyaan-pertanyaan membangun konteks berkaitan dengan teks eksposisi yang diajukan oleh pendidik:
a. Apakah yang kalian ketahui tentang teks eksposisi ?
b. Dimana kita dapat menenemukan teks eksposisi ?
c. Topik apa saja yang biasa kita temui dalam teks eksposisi? 
d. Pentingkah teks eksposisi  dalam kehidupan? Mengapa?
Problem statemen (identifikasi masalah)
1. Peserta didik di bagi menjadi delapan kelompok, masing-masing
beranggotakan 4 orang.
2. Pendidik membagikan teks eksposisi sebagai teks model. Teks yang
diberikan pada semua kelompok adalah sama.
3. Peserta didik membaca dan mencermati teks model yang dibagikan.
Selanjutnya mengidentifiasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berhubungan dengan mengidentifikasi dan menyimpulkan teks
eksposisi.
Dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan anggota kelompok,
maka dipilih beberapa hal yang akan dibahas pada pembelajaran ini.
5. Pendidik membantu peserta didik mengerucutkan masalah yang berkembang dalam entuk pertanyaan.
6. Pendidik melakukan pengamatan dan memberikan penilain proses dan sikap peserta didik.

Data collection (pengumpulan data)
1. Pendidik membagikan teks eksposisi pada setiap kelompok. Teks eksposisi yang dibagikan terbagi atas dua topik, yakni lingkungan
dan keragaman budaya. Pembagian teks dilakukan sebagai berikut:
a. Kelompok ganjil memperoleh topik lingkungan
b. Kelompok genap memperoleh topik keragaman budaya
2. Masing-masing kelompok mendapatkan tugas membaca, mengamati
dan mendikusikan teks eksposisi sesuai topik masing-masing.
3. Peserta didik mendiskusikan hasil pencermatan teks dan mencatat data yang revan, pendapat, dan informasi penting yang terdapat
pada teks.
4. Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk Menanyakan hal-hal yang
belum dipahami berdasarkan hasil pengamatan teks yang
didiskusikan bersama kelompoknya.

Data processing (pengolahan Data)
1. Pendidik membagikan lembar kerja Peserta didik (LKPD)
2. Setelah membaca dan mencermati teks yang dibagikan, peserta
didik mengidentifikasi informasi isi teks dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan identifikasi yang terdapat pada LKPD 1.1.
3. Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dari hasil diskusi, pengamatan, dan pengumpulan data teks eksposisi, peserta didik mendata sejumlah informasi yang terdapat pada teks.
4. Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dari hasil diskusi, pengamatan, dan pengumpulan data teks eksposisi ,peserta mendata informasi tiap paragaf teks eksposisi, baik yang
topik lingkungan maupun keragaman budaya. Hasil diskusi dituliskan pada LKPD 1.2

5. Peserta didik mendikusikan dan menentukan gagasan pokok/ide pokok tiap paragraf pada teks eksposisi.
6. Peserta didik membuat peta konsep berdasarkan pokok-pokok isi teks eksposisi yang dibaca, tugas ini dikerjakan pada KKPD 1.3
7. Peserta didik menuliskan sebuah simpulan berdasarkan data, informasi, gagasan pokok teks eksposisi yang didiskusikan. Peserta didik mengerjakan pada LKPD 1.4.
8. Peserta didik secara individu membuat rangkuman dua teks eksposisi artikel ilmiah populer yang telah dibagikan dan dikerjakan pada LKPD 1.5
9. Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk  Menanyakan hal-hal yang belum dipahami berdasarkan hasil pengolahan infomasi
yang dilakukan
10. Peserta didik menempelkan hasil dikusi mengenai identifikasi
informasi, (jawaban dari uraian pertanyaan identifikasi dan data hasil identifikasi) dan simpulan teks eksposisi ke dalam kertasmanila dan menempelkannya di dinding pajangan. Hasil rangkuman juga ditempelkan di karton manila bersama hasil identifikasi isi teks.
11. Urutan tempat pajangan diselang-seling antara topik lingkungan dan keragaman budaya.

Verification (pembuktian)
1. Setiap kelompok bergantian secara berpasangan mepresentasikan
hasil pekerjaan kelompoknya. Presentasi dilakukan di tempat
pemajangan karya.
2. Kelompok lain mencatat hal-hal yang penting, lalu mengajukan petanyaan dan saran kepada kelompok penyaji.
3. Kelompok penyaji memberikan tanggapan dan sanggahan secara
berkelompok. Seluruh anggota kelompok berkontribusi menjawab pertanyaan dari kelompomk lain.
4. Secara individu peserta didik mencatat semua hasil diskusi kelompok, baik presentasi kelompoknya maupun hasil presentasi
kelompok lain. Untuk melengkapi data yang diperlukan, peserta
didik jalan berkeliling mengamati dan mencermati hasil kerja
kelompok yang dipajang.
5. Pendidik memberikan penguatan-penguatan dan resume kecil
terhadap semua persoalan yang didiskusikan.

Generalization (menarik kesimpulan)
1. Berdasarakn hasil pembelajaran, stimulus, identifikasi, pengumpulan
data,pengolahan data, dan ferifikasi, peserta membuat resume materi sebagai berikut:
a. Hasil identifikasi infomasi isi teks eksposisi lingkungan dan
keragaman budaya.
b. Simpulan teks eksposisi lingkungan dan keragaman budaya.
2. Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pembelajaran yang diberikan oleh pendidik untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran.







Penutup:
1. Pendidik dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran tentang mengidentifikasi dan menyimpulkan teks eksposisi tenatng lingkugan dan keragaman budaya.
2. Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilakukan.
3. Pendidik menyampaikan tugas membaca materi untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan serta menyajikan ide dan gagasan kedalam teks eksposisi artikel
ilmiah populer.
4. Peserta didik mengakhiri kegiatan pelajaran dengan mengucapkan rasa syukur dan mengucapkan terima kasih kepada pendidik.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI