LK-3 PKP Bahasa Indonesia Desain Pembelajaran
LK-3. Format Desain
Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran 3.5 – 4.5 tEKS eKSPOSISI
Perumusan
kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan, disesuaikan dengan kebutuhan
konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran:
a. Mengidentifikasi informasi teks eksposisi
b. Menyimpulkan isi teks eksposisi
1.
Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-1:
|
No
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Media
|
Penilaian
|
|
|
Indikator Penunjang
3.5.1. Mendaftar informasi teks
eksposisi
3.5.2. Menjelaskan informasi teks
Eksposisi
Indikator inti
3.5.3. Mengidentifikasi isi informasi
teks eksposisi
Indikator Pengayaan
3.5.4. Pengklasifikasi informasi teks
eksposisi
3.5.5. Membandingkan informasi
teks eksposisi yang dibaca
|
Indikator Penunjang
4.5.1 Mendata pokok-pokok isi teks eksposisi
4.5.2 Menentukan pokok-pokok isi teks eksposisi
4.5.3 Membuat peta konsep pokok pokok isi teks eksposisi
Indikator inti
4.5.4. Menyimpulkan teks eksposisi
yang dibaca.
Indikator Pengayaan
4.5.5. Merangkum teks eksposisi.
|
Pendahuluan:
1.
Pendidik
mengucapkan salam dan bersama-sama berdoa sebelum pembelajaran dimulai.
2.
Pendidik dan
peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya
3.
Pendidik mengecek kehadiran
peserta didik
4.
Pendidik
menanyakan kondisi peserta didik, kondisi cuaca, keadaan lingkungan kelas dan
sekitarnya.
5.
Pendidik
menyiapkan suasana belajar yang kondusif dengan menanyakan kesiapan siswa
untuk belajar
6.
Mengaitkan materi
dengan pengalaman peserta didik atau dengantema sebelumnya Pendidik
menyampaikan kompetensi dasar, tujuan, dan garis besar kegiatan pembelajaran.
|
1.
Kosasih, E. 2017 .Buku
Siswa Bahasa Indone- sia SMP/MTs Kelas 8. Jakarta: Pusat Kuri-kulum dan Perbu -kuan
Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 75-90.
2.
Kosasih, E. 2017.Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8. Jakarta: Pusat Kuriku-lum dan Perbukuan
Kementerian, Balit-bang, Kemdikbud. Hlm, 29-36
3.
Kosasih,E dan Endang Kurniawan.2018.Jenis-Jenis Teks.YRama
Widya. Hlm 96-106
|
Sikap:
-
Observasi
-
Jurnal
-
Penilaian antar teman
-
Penilaian diri sendiri
Pengetahuan:
Bentuk:
-
Tes tulis
-
Tes lisan
-
penugasan
Keterampilan
-
proyek
-
produk
-
portofolio
-
unjuk kerja
|
|
|
|
|
Inti:
Stimulation
(pemberian rangsangan)
1. Pendidik menayangkan video tentang lingkungan yang
rusak akibat banjir dapat diunduh pada link berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=sMpKesmjgv4 2. Peserta didik bertanya jawab tentang isi
video yang ditampilkan. Pertanyaan diarahkan pada apa yang disaksikan, apa
penyebabnya, bagaimana mengatasinya, apa saja fakta dan pendapat yang
tersaji dalam video tersebut. Setiap
peserta didik difasilitasi untuk mengajukan pendapat dengan alasan dan bukti
yang mendukung. 3. Pendidik meminta
peserta didik menemukan hubungan antara video yang disaksikan tersebut dengan
teks yang akan dipelajari.
4. Pendidik memberikan resume untuk
memperjelas hubungan video tersebut dengan teks eksposisi yang akan
dipelajari.
5. Peserta didik merespon
pertanyaan-pertanyaan membangun konteks berkaitan dengan teks eksposisi yang
diajukan oleh pendidik:
a. Apakah yang kalian ketahui tentang
teks eksposisi ?
b. Dimana kita dapat menenemukan teks
eksposisi ?
c. Topik apa saja yang biasa kita temui
dalam teks eksposisi?
d. Pentingkah teks eksposisi dalam kehidupan? Mengapa?
Problem statemen (identifikasi masalah)
1. Peserta didik di bagi menjadi delapan kelompok,
masing-masing
beranggotakan 4 orang.
2. Pendidik membagikan teks eksposisi sebagai teks model.
Teks yang
diberikan pada semua kelompok adalah sama.
3. Peserta didik membaca dan mencermati teks model yang
dibagikan.
Selanjutnya mengidentifiasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berhubungan dengan mengidentifikasi dan menyimpulkan teks
eksposisi.
Dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan anggota
kelompok,
maka dipilih beberapa hal yang akan dibahas pada
pembelajaran ini.
5. Pendidik membantu peserta didik mengerucutkan masalah
yang berkembang dalam entuk pertanyaan.
6. Pendidik melakukan pengamatan dan memberikan penilain
proses dan sikap peserta didik.
Data collection (pengumpulan data)
1. Pendidik membagikan teks eksposisi pada setiap kelompok.
Teks eksposisi yang dibagikan terbagi atas dua topik, yakni lingkungan
dan keragaman budaya. Pembagian teks dilakukan sebagai
berikut:
a. Kelompok ganjil memperoleh topik lingkungan
b. Kelompok genap memperoleh topik keragaman budaya
2. Masing-masing kelompok mendapatkan tugas membaca,
mengamati
dan mendikusikan teks eksposisi sesuai topik masing-masing.
3. Peserta didik mendiskusikan hasil pencermatan teks dan
mencatat data yang revan, pendapat, dan informasi penting yang terdapat
pada teks.
4. Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk Menanyakan
hal-hal yang
belum dipahami berdasarkan hasil pengamatan teks yang
didiskusikan bersama kelompoknya.
Data processing (pengolahan Data)
1. Pendidik membagikan lembar kerja Peserta didik (LKPD)
2. Setelah membaca dan mencermati teks yang dibagikan,
peserta
didik mengidentifikasi informasi isi teks dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan identifikasi yang terdapat pada LKPD
1.1.
3. Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dari hasil diskusi,
pengamatan, dan pengumpulan data teks eksposisi, peserta didik mendata
sejumlah informasi yang terdapat pada teks.
4. Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dari hasil diskusi,
pengamatan, dan pengumpulan data teks eksposisi ,peserta mendata informasi
tiap paragaf teks eksposisi, baik yang
topik lingkungan maupun keragaman budaya. Hasil diskusi dituliskan
pada LKPD 1.2
5. Peserta didik mendikusikan dan menentukan gagasan
pokok/ide pokok tiap paragraf pada teks eksposisi.
6. Peserta didik membuat peta konsep berdasarkan pokok-pokok
isi teks eksposisi yang dibaca, tugas ini dikerjakan pada KKPD 1.3
7. Peserta didik menuliskan sebuah simpulan berdasarkan
data, informasi, gagasan pokok teks eksposisi yang didiskusikan. Peserta
didik mengerjakan pada LKPD 1.4.
8. Peserta didik secara individu membuat rangkuman dua teks eksposisi
artikel ilmiah populer yang telah dibagikan dan dikerjakan pada LKPD 1.5
9. Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk Menanyakan hal-hal yang belum dipahami
berdasarkan hasil pengolahan infomasi
yang dilakukan
10. Peserta didik menempelkan hasil dikusi mengenai
identifikasi
informasi, (jawaban dari uraian pertanyaan identifikasi dan
data hasil identifikasi) dan simpulan teks eksposisi ke dalam kertasmanila
dan menempelkannya di dinding pajangan. Hasil rangkuman juga ditempelkan di
karton manila bersama hasil identifikasi isi teks.
11. Urutan tempat pajangan diselang-seling antara topik
lingkungan dan keragaman budaya.
Verification (pembuktian)
1. Setiap kelompok bergantian secara berpasangan
mepresentasikan
hasil pekerjaan kelompoknya. Presentasi dilakukan di tempat
pemajangan karya.
2. Kelompok lain mencatat hal-hal yang penting, lalu
mengajukan petanyaan dan saran kepada kelompok penyaji.
3. Kelompok penyaji memberikan tanggapan dan sanggahan
secara
berkelompok. Seluruh anggota kelompok berkontribusi menjawab
pertanyaan dari kelompomk lain.
4. Secara individu peserta didik mencatat semua hasil
diskusi kelompok, baik presentasi kelompoknya maupun hasil presentasi
kelompok lain. Untuk melengkapi data yang diperlukan,
peserta
didik jalan berkeliling mengamati dan mencermati hasil kerja
kelompok yang dipajang.
5. Pendidik memberikan penguatan-penguatan dan resume kecil
terhadap semua persoalan yang didiskusikan.
Generalization (menarik kesimpulan)
1. Berdasarakn hasil pembelajaran, stimulus, identifikasi,
pengumpulan
data,pengolahan data, dan ferifikasi, peserta membuat resume
materi sebagai berikut:
a. Hasil identifikasi infomasi isi teks eksposisi lingkungan
dan
keragaman budaya.
b. Simpulan teks eksposisi lingkungan dan keragaman budaya.
2. Peserta didik mengerjakan soal evaluasi pembelajaran yang
diberikan oleh pendidik untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
Penutup:
1. Pendidik dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran
tentang mengidentifikasi dan menyimpulkan teks eksposisi tenatng lingkugan
dan keragaman budaya.
2. Peserta didik dan pendidik melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilakukan.
3. Pendidik menyampaikan tugas membaca materi untuk
pertemuan selanjutnya yaitu mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan serta
menyajikan ide dan gagasan kedalam teks eksposisi artikel
ilmiah populer.
4. Peserta didik mengakhiri kegiatan pelajaran dengan
mengucapkan rasa syukur dan mengucapkan terima kasih kepada pendidik.
|
|
Komentar
Posting Komentar