PKP Bahasa Indonesia LK 4
LK-4. Penilaian Berorientasi
HOTS Teks Eksposisi 3.5 – 4.5
Tujuan Kegiatan:
Menyusun soal berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
1. Buatlah penilaian pengetahuan
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Buatlah kisi-kisi soal sesuai
dengan mata pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang
telah ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b. Buatlah soal pada kartu soal yang
tersedia, setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan
level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta
1 (satu) soal uraian (LK-4c)!
c. Anggota kelompok secara
berpasangan menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2. Presentasikan hasil kerja, peserta
lain menyimak presentasi dengan cermat
untuk memberikan saran perbaikan!
3. Perbaiki hasil yang dibuat sesuai
saran!
LK-4a. KISI KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah : SMP Bahari Kawunganten
Jumlah soal :
Mata pelajaran :
Bahasa Indonesia
Bentuk soal/tes :
Penyusun : Nofiyatun, S.Pd
Alokasi waktu : 8 menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
Level
|
Bentuk
Soal
|
Nomor
Soal
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
5
|
6
|
7
|
|
1
|
3.5Mengidentifikasi isi teks eksposisi
|
3.5.4. Mengklasifikasi informasi teks eksposisi
|
Pola pengembangan teks eksposisi
|
Disajikan dua kutipan
teks
eksposisi
peserta didik
dapat
mengklasifikasikan pola pengembangan teks eksposisi
|
L3
|
PG
|
1
|
|
2
|
3.5Mengidentifikasi isi teks eksposisi
|
3.5.5. Membandingkan informasi teks eksposisi yang dibaca
|
Perbandingan isi teks eksposisi
|
Disajikan dua teks eksposisi peserta didik dapat
membandingkan isi kedua teks tersebut
|
L3
|
Uraian
|
1
|
|
3.
|
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari Koran dan
majalah) yang didengar dan dibaca
|
4.5.4. Menyimpulkan teks eksposisi yang dibaca
|
Simpulan teks eksposisi
|
Disajikan kutipan teks eksposisi peserta didik dapat
menyimpulkann teks eksposisi dengan benar
|
L3
|
PG
|
2
|
|
|
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari Koran dan
majalah) yang didengar dan dibaca
|
4.6.5. Menyempurnakan teks eksposisi artikel ilmiah tentang
lingkungan dengan memerhatikan struktur dan unsur kebahasaan
|
Menyempurnakan teks eksposisi dari unsur kebahasaan
|
Disajikan kutipan teks eksposisi yang rumpang peserta didik
menyempurnakan teks tersebut sesuai unsur kebahasaan yang tepat
|
L3
|
Uraian
|
2
|
2.
KARTU SOAL
LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN
GANDA)
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII / 1
|
||||||||||||||||
|
Kompetensi
Dasar
|
Mengidentifikasi isi teks eksposisi
|
|||||||||||||||
|
Materi
|
Pola pengembangan teks eksposisi
|
|||||||||||||||
|
Indikator
Soal
|
Disajikan dua kutipan
tekseksposisi peserta didik dapat
mengklasifikasikan pola pengembangan teks eksposisi
|
|||||||||||||||
|
Level
Kognitif
|
L 3
|
|||||||||||||||
|
Soal
Cermatilah penggalan teks eksposisi berikut!
Teks 1
Pendidikan
merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Di Indonesia terdapat
tiga jenjang pendidikan, yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan
pendidikan tinggi. Kebanyakan dalam memulai proses masuk ke lembaga
pendidikan, anakanak Indonesia mengabaikan pendidikan anak usia dini.
Teks 2
Usaha manusia untuk selalu
menghindarkan diri dari akibat kerusakan lingkungan hidup hendaknya bukan
dipahami sebagai suatu kenyamanan saja. Akan tetapi, justru kesempatan itu
menjadi titik tolak untuk memulai suatu perubahan. Perubahan untuk dapat
mencegah dan meminimalisasi efek yang lebih besar. Jadi, sikap rekonsiliasi
dari pihak manusia dapat memungkinkannya melakukan perubahan demi kenyamanan
di tengah-tengah lingkungan hidupnya.
Pola pengembangan teks eksposisi tersebut adalah...
|
||||||||||||||||
Kunci Pedoman
Penskoran
|
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
|
1
|
D
|
1
|
|
KARTU SOAL NOMOR 2
(PILIHAN
GANDA)
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII / 1
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari Koran dan
majalah) yang didengar dan dibaca
|
|
Materi
|
Simpulan teks eksposisi
|
|
Indikator
Soal
|
Disajikan kutipan teks eksposisi peserta didik dapat
menyimpulkann teks eksposisi dengan benar
|
|
Level
Kognitif
|
L3
|
|
Soal
Bacalah kutipan teks
eksposisi berikut!
ASI atau air susu ibu
adalah sumber makanan utama bagi bayi. ASI mengandung banyak nutrisi penting
bagi bayi. ASI mengandung asam amino yang diperlukan untuk proses tumbuh
kembang otak bayi. Selain itu, ASI mengandung zat untuk kekebalan tubuh bayi.
Simpulan kutipan teks
eksposisi di atas adalah ... .
a. ASI adalah sumber
makanan utama bagi bayi
b. ASI adalah sumber
makanan utama bayi karena mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk bayi
c. ASI mengandung zat
untuk kekebalan bayi
d. Asam amino
diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi
|
|
Kunci Pedoman
Penskoran
|
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
|
2
|
B
|
1
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena :
1. Sudah membutuhkan proses berpikir ranah analisis
(C4) atau level 3 (penalaran).
2. untuk menjawab soal pada
level 3 peserta didik harus mampu mengingat, memahami, dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural serta memiliki logika dan
penalaran yang tinggi untuk memecahkan masalah-masalah konstektual (situasi
nyata yang tidak rutin)
3. Melibatkan ketrampilan 4C ( trasfer
knowledge, critical and creative thingking dan problem solving)
LK-4c KARTU SOAL URAIAN
|
KARTU SOAL NOMOR 1
(URAIAN)
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
3.5Mengidentifikasi isi teks eksposisi
|
|
Materi
|
Perbandingan isi teks eksposisi
|
|
Indikator
Soal
|
Disajikan dua teks eksposisi peserta didik dapat
membandingkan isi kedua teks tersebut
|
|
Level
Kognitif
|
L3
|
|
Soal
Teks 1
Banyak usaha yang seharusnya
dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Upaya yang
dimaksud adalah upaya rekonsiliasi, perubahan konsep atau pemahaman tentang
alam dan menanamkan budaya pelestari.
Teks 2
Usaha manusia untuk selalu
menghindarkan diri dari akibat kerusakan lingkungan hidup hendaknya bukan
dipahami sebagai suatu kenyamanan saja. Akan tetapi, justru kesempatan itu
menjadi titik tolak untuk memulai suatu perubahan. Perubahan untuk dapat
mencegah dan meminimalisasi efek yang lebih besar. Jadi, sikap rekonsiliasi
dari pihak manusia dapat memungkinkannya melakukan perubahan demi kenyamanan
di tengah-tengah lingkungan hidupnya.
Bandingkan isi kedua teks
eksposisi tersebut!
|
|
Kunci Pedoman
Penskoran
|
NO
SOAL
|
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
|
SKOR
|
|
1
|
Teks 1
Banyak usaha yang seharusnya dilakukan manusia dalam upaya
pelestarian lingkungan hidup.
Teks 2
Sikap rekonsiliasi manusia memungkinkan perubahan lingkungan
hidup yang nyaman.
|
3
|
|
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari Koran dan
majalah) yang didengar dan dibaca
|
|
Materi
|
Simpulan teks eksposisi
|
|
Indikator
Soal
|
Disajikan kutipan teks eksposisi yang rumpang peserta didik
menyempurnakan teks tersebut sesuai unsur kebahasaan yang tepat
|
|
Level
Kognitif
|
L3
|
|
Soal
Bacalah
kutipan teks eksposisi berikut!
Teh hijau dapat berfungsi menjaga ...kulit secara alami.
Hal tersebut dikarenakan teh hijau dapat melindung kulit kita dari sengatan
...sehingga secara tidak langsung dengan sering mengkonsumsi teh hijau dapat
membuat kita terhindar dari penyakit ...kulit. Selain dapat mencegah penyakit
tersebut, teh hijau juga terbukti mampu membuat kulit kita tidak cepat
keriput.
Lengkapilah
bagian yang rumpang kutipan teks eksposisi tersebut dengan unsur kebahasaan (kata
teknis) yang tepat!
|
|
Kunci Pedoman
Penskoran
|
NO
SOAL
|
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
|
SKOR
|
|
2
|
Kesehatan- sinar ultraviolet-kanker
|
3
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1. Sudah membutuhkan proses berpikir ranah analisis
(C4) atau level 3 (penalaran).
2. untuk menjawab soal pada
level 3 peserta didik harus mampu mengingat, memahami, dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural serta memiliki logika dan
penalaran yang tinggi untuk memecahkan masalah-masalah konstektual (situasi
nyata yang tidak rutin)
3. Melibatkan ketrampilan 4C ( trasfer
knowledge, critical and creative thingking dan problem solving)
R-3. Rubrik Pengembangan Soal HOTS
Langkah-langkah
penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang
diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2.
Berikan nilai
berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria
Penilaian:
3.
Merumuskan indikator
soal dengan tepat.
4.
Menuliskan soal
sesuai indikator soal.
5.
Menuliskan kisi-kisi
soal dengan tepat.
6.
Menuliskan soal
pilihan ganda sesuai kriteria soal HOTS.
7.
Menuliskan kunci
jawaban pilihan ganda dengan tepat.
8.
Menuliskan soal
uraian sesuai kriteria soal HOTS.
9.
Menuliskan kunci
jawaban uraian dengan tepat.
Rubrik
Penilaian:
|
Nilai
|
Rubrik
|
|
90 < nilai £ 100
|
Tujuh aspek sesuai
dengan kriteria
|
|
80 < nilai £ 90
|
Enam aspek sesuai
dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
|
70 < nilai £ 80
|
Lima aspek sesuai
dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
|
60 < nilai £ 70
|
Empat aspek sesuai
dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
|
<60
|
Tiga aspek sesuai
dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
LK-4. Penilaian Berorientasi
HOTS Teks Eksposisi 3.6 - 4.6
Tujuan Kegiatan:
Menyusun soal berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
4. Buatlah penilaian pengetahuan
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Buatlah kisi-kisi soal sesuai
dengan mata pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang
telah ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b. Buatlah soal pada kartu soal yang
tersedia, setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan
level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta
1 (satu) soal uraian (LK-4c)!
c. Anggota kelompok secara
berpasangan menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
5. Presentasikan hasil kerja, peserta
lain menyimak presentasi dengan cermat
untuk memberikan saran perbaikan!
6. Perbaiki hasil yang dibuat sesuai
saran!
LK-4a. KISI KISI-KISI PENULISAN SOAL
3.
FORMAT
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah :SMP
Jumlah soal :2
Mata pelajaran :Bahasa
Indonesia
Bentuk soal/tes : PG dan uraian
Penyusun : Nofiyatun,S.Pd
Alokasi waktu : 8 menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
|
No.
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
Level
|
Bentuk
Soal
|
Nomor
Soal
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
5
|
6
|
7
|
|
|
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks
eksposisi artikel ilmiah populer
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang
diperdengarkan atau dibaca
|
3.6.3 menentukan struktur teks eksposisi srtikel
ilmiah
|
Struktur teks eksposisi
|
Disajikan beberapa paragraf penggalan teks eksposisi
peserta didik dapat menemukan paragraf tesis
|
L3
|
PG
|
1
|
|
|
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks
eksposisi artikel ilmiah populer
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang
diperdengarkan atau dibaca
|
3.6.7 Membandingkan struktur teks dan kaidah
kebahsaan teks eksposisi tentang
lingkungan dan keragaman budaya
|
Unsur kebahasaan unsur teks eksposisi
|
Buatlah penggalan teks eksposisi yang menggunakan
kata rujuk dan kausalitas
|
L3
|
Uraian
|
1
|
|
|
4.6.
Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi
artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, dan aspek lisan
|
Menulis teks eksposisi dengan memperhatikan kelengkapan struktur
dan kaidah bahasa.
Menyunting teks eksposis
|
Menulis teks eksposisi
|
Disajikan penggalan teks eksposisi bagian argumentasi
peserta didik dapat menemukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian argumentasi
dari teks eksposisi tersebut
|
L3
|
PG
|
2
|
|
|
4.6.
Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi
artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, dan aspek lisan
|
Menulis teks eksposisi dengan memperhatikan kelengkapan struktur
dan kaidah bahasa.
Menyunting teks eksposis
|
Menulis teks eksposisi
|
Disajikan data
berupa informasi tentang keragaman budaya, peserta didik dapat menyusun teks
eksposisi berdasarkan data
|
L3
|
Uraian
|
2
|
4.
KARTU SOAL
LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN
GANDA)
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : 8/1
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
3.6Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks
eksposisi artikel ilmiah populer
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang
diperdengarkan atau dibaca
|
|
Materi
|
Struktur teks eksposisi
|
|
Indikator
Soal
|
Disajikan beberapa paragraf penggalan teks eksposisi
peserta didik dapat menemukan paragraf tesis
|
|
Level
Kognitif
|
L3
|
|
Soal
Di bawah ini kalimat yang mampu
digunakan sebagai tesis dalam teks eksposisi adalah….
A. Selain konflik, salah satu
sebab yang dapat memicu perang adalah kebutuhan akan sumber daya alam.
B. Menurut John Rossa, hal yang
tidak mungkin adalah wilayah kudeta yang hanya mencakup Jakarta, padahal saat
itu Partai Komunis Indonesia adalah partai yang cukup besar dengan simpatisan
yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
C. Candi merupakan bangunan
peribadatan pada masa purba yang merupakan peninggalan Hindu-Budha.
D. Menurut para pakar geologi,
Afghanistan ternyata menyimpan kandungan mineral yang melimpah yang mungkin
menjadi penyebab diluncurkannya serangan ke Afghanistan oleh Amerika.
|
|
Kunci Pedoman
Penskoran
|
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
|
1
|
A
|
1
|
|
KARTU SOAL NOMOR 2
(PILIHAN
GANDA)
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : 8/1
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
4.6 Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan
|
|
Materi
|
Struktur teks eksposisi
|
|
Indikator
Soal
|
Disajikan penggalan teks eksposisi bagian argumentasi
peserta didik dapat menemukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian
argumentasi dari teks eksposisi tersebut
|
|
Level
Kognitif
|
L3
|
|
Soal
Perhatikan kutipan berikut!
Dampak paling nyata dari bencana asap adalah masalah
kesehatan. Lebih dari tiga bulan terpapar udara bercampur asap membuat daya
tahan masyarakat kian menurun.[...] Beberapa bantuan yang akan
didistribusikan meliputi 125 ribu masker ke 97 kabupaten/kota terdampak,
makanan tambahan 11 ton, alat penjernih air, serta 4482 oximetry (alat cek
denyut jantung) dan sontheimer (alat menghitung kecepatan pernapasan
anak-anak yang diperkirakan menderita ISPA. Selain itu, 70 unit alat
penjernih udara (air purifier) untuk rumah sakit, oksigen konsentrate dan 500
unit kit penanggulangan asap ke puskesmas-puskesmas.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi di
atas adalah....
A. Keadaan semakin parah, pemerintah tidak bisa berdiam diri
melihat daerah-daerah terdampak kabut asap.
B. Melihat kondisi yang kian menghawatirkan, Menkes langsung
menginstruksikan untuk kembali mengirim tambahan bantuan ke daerah-daerah
terdampak kabut asap.
C. Bantuan-bantuan tambahan dari Pemerintah sangat
bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di daerah terdampak kabut asap.
D. Kondisi semakin memprihatinkan, pemerintah daerah dan
provinsi wajib meliburkan siswadi daerah terdampak kabut asap.
E. Pemerintah akan memberi Bantuan Santunan Kematian kepada
korban meninggal akibat bencana asap.
|
|
Kunci Pedoman
Penskoran
|
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
|
2
|
B
|
1
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
4. Sudah membutuhkan proses berpikir ranah analisis
(C4) atau level 3 (penalaran).
5. untuk menjawab soal pada
level 3 peserta didik harus mampu mengingat, memahami, dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural serta memiliki logika dan
penalaran yang tinggi untuk memecahkan masalah-masalah konstektual (situasi
nyata yang tidak rutin)
6. Melibatkan ketrampilan 4C ( trasfer
knowledge, critical and creative thingking dan problem solving)
LK-4c KARTU SOAL URAIAN
|
KARTU SOAL NOMOR 1
(URAIAN)
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks
eksposisi artikel ilmiah populer
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang
diperdengarkan atau dibaca
|
|
Materi
|
Struktur teks eksposisi
|
|
Indikator
Soal
|
Buatlah penggalan teks eksposisi yang menggunakan
kata rujuk dan kausalitas
|
|
Level
Kognitif
|
L3 (Penalaran)
|
|
Soal
Buatlah
penggalan teks eksposisi yang menggunakan kata rujuk dan kausalitas!
|
|
Kunci Pedoman
Penskoran
|
NO
SOAL
|
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
|
SKOR
|
|
1
|
Para penjual makanan mengeluhkan atas
kenaikan harga BBM. Hal tersebut karena naiknya harga BBM membuat bahan-bahan
baku naik.sehingga, para penjual harus menyiasati hal ini dengan memperkecil
porsi atau menaikan harga makanan yang mereka jual.
Kata
yang menujukan kata rujukan : tersebut, inu
Kata
yang menunjukan hubungan kausalitas : karena, sehingga
|
3
|
|
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
|
|
|
Kompetensi
Dasar
|
4.6 Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks
eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan
struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan
|
|
Materi
|
Menulis Teks Eksposisi
|
|
Indikator
Soal
|
Disajikan data
berupa informasi tentang keragaman budaya, peserta didik dapat menyusun teks
eksposisi berdasarkan data
|
|
Level
Kognitif
|
L3 (Penalaran)
|
|
Soal
Cermatilah
data-data berikut!
1.
Indonesia kaya dengan keragaman budaya
2.
Ada tarian, pakaian adat, makanan, dan sebagainya
3.
Baju bodo merupakan pakaian adat Bugis Makassar
4.
Digunakan bila ada acara adat
5.
Dulu digunakan oleh kaum bangsawan
6.
Kaum remaja perlu mencintai dan melestarikan pakaian adat tersebut. Tulislah
sebuah teks eksposisi berdasarkan informasi informasi tersebut! Perhatikanlah
struktur teks dan unsur kebahasaannya.
|
|
Kunci Pedoman
Penskoran
|
NO
SOAL
|
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
|
SKOR
|
|
2
|
Indonesia
kaya dengan keragaman budaya. Keragaman budaya tersebut antara lain tarian,
pakaian adat, makanan, dan sebagainya. Baju bodo merupakan pakaian adat Bugis
Makassar. Pakaian adat ini digunakan bila ada acara adat. Dulu digunakan oleh
kaum bangsawan. Oleh karena itu, kaum remaja perlu mencintai dan melestarikan
pakaian adat tersebut.
|
3
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1. Sudah membutuhkan proses berpikir ranah analisis
(C4) atau level 3 (penalaran).
2. untuk menjawab soal pada
level 3 peserta didik harus mampu mengingat, memahami, dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural serta memiliki logika dan
penalaran yang tinggi untuk memecahkan masalah-masalah konstektual (situasi
nyata yang tidak rutin)
3. Melibatkan ketrampilan 4C ( trasfer
knowledge, critical and creative thingking dan problem solving)
R-3. Rubrik Pengembangan Soal HOTS
Rubrik ini
digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal USBN.
Langkah-langkah
penilaian hasil kajian:
10. Cermati
tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
11. Berikan
nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik
berikut!
Kriteria
Penilaian:
12. Merumuskan
indikator soal dengan tepat.
13. Menuliskan
soal sesuai indikator soal.
14. Menuliskan
kisi-kisi soal dengan tepat.
15. Menuliskan
soal pilihan ganda sesuai kriteria soal HOTS.
16. Menuliskan
kunci jawaban pilihan ganda dengan tepat.
17. Menuliskan
soal uraian sesuai kriteria soal HOTS.
18. Menuliskan
kunci jawaban uraian dengan tepat.
Rubrik
Penilaian:
|
Nilai
|
Rubrik
|
|
90 < nilai £ 100
|
Tujuh aspek sesuai
dengan kriteria
|
|
80 < nilai £ 90
|
Enam aspek sesuai
dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
|
70 < nilai £ 80
|
Lima aspek sesuai
dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
|
60 < nilai £ 70
|
Empat aspek sesuai
dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
|
<60
|
Tiga aspek sesuai
dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
Komentar
Posting Komentar