PKP Bahasa Indonesia LK 4


LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS Teks Eksposisi 3.5 – 4.5

Tujuan Kegiatan:
Menyusun soal berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
1.      Buatlah penilaian pengetahuan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b.      Buatlah soal pada kartu soal yang tersedia, setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta 1 (satu) soal uraian (LK-4c)!
c.       Anggota kelompok secara berpasangan menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2.      Presentasikan hasil kerja, peserta lain menyimak presentasi dengan cermat  untuk memberikan saran perbaikan!
3.      Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!


LK-4a. KISI KISI-KISI PENULISAN SOAL

Jenis sekolah            : SMP Bahari Kawunganten                      
Jumlah soal               :
Mata pelajaran          : Bahasa Indonesia                                     
Bentuk soal/tes         :
Penyusun                  : Nofiyatun, S.Pd
Alokasi waktu          : 8 menit

Kisi-Kisi Penulisan Soal
No.
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Pokok
Indikator Soal
Level
Bentuk Soal
Nomor
Soal
1
2
3
4

5
6
7
1




3.5Mengidentifikasi isi teks eksposisi







3.5.4. Mengklasifikasi informasi teks eksposisi
Pola pengembangan teks eksposisi
Disajikan dua  kutipan teks
eksposisi
peserta didik
dapat
mengklasifikasikan pola pengembangan teks eksposisi
L3
PG
1
2
3.5Mengidentifikasi isi teks eksposisi

3.5.5. Membandingkan informasi teks eksposisi yang dibaca
Perbandingan isi teks eksposisi
Disajikan dua teks eksposisi peserta didik dapat membandingkan isi kedua teks tersebut
L3
Uraian
1
3.
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi  (artikel ilmiah populer dari Koran dan majalah) yang didengar dan dibaca
4.5.4. Menyimpulkan teks eksposisi yang dibaca
Simpulan teks eksposisi
Disajikan kutipan teks eksposisi peserta didik dapat menyimpulkann teks eksposisi dengan benar
L3
PG
2

4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi  (artikel ilmiah populer dari Koran dan majalah) yang didengar dan dibaca
4.6.5. Menyempurnakan teks eksposisi artikel ilmiah tentang lingkungan dengan memerhatikan struktur dan unsur kebahasaan
Menyempurnakan teks eksposisi dari unsur kebahasaan
Disajikan kutipan teks eksposisi yang rumpang peserta didik menyempurnakan teks tersebut sesuai unsur kebahasaan yang tepat
L3
Uraian
2




2.    KARTU SOAL

LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia                            
Kelas/Semester    : VIII / 1                                         

Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi isi teks eksposisi
Materi
Pola pengembangan teks eksposisi
Indikator Soal
Disajikan dua  kutipan tekseksposisi peserta didik dapat  mengklasifikasikan pola pengembangan teks eksposisi
Level Kognitif
L 3

Soal
Cermatilah penggalan teks eksposisi berikut!
Teks 1
     Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Di Indonesia terdapat tiga jenjang pendidikan, yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Kebanyakan dalam memulai proses masuk ke lembaga pendidikan, anakanak Indonesia mengabaikan pendidikan anak usia dini.
 Teks 2
Usaha manusia untuk selalu menghindarkan diri dari akibat kerusakan lingkungan hidup hendaknya bukan dipahami sebagai suatu kenyamanan saja. Akan tetapi, justru kesempatan itu menjadi titik tolak untuk memulai suatu perubahan. Perubahan untuk dapat mencegah dan meminimalisasi efek yang lebih besar. Jadi, sikap rekonsiliasi dari pihak manusia dapat memungkinkannya melakukan perubahan demi kenyamanan di tengah-tengah lingkungan hidupnya.

Pola pengembangan teks eksposisi tersebut adalah...

Teks 1
Teks 2
A
induktif
campuran
B
campuran
deduktif
C
induktif
deduktif
D
deduktif
induktif






Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
1
D
1

KARTU SOAL NOMOR 2
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia                            
Kelas/Semester    : VIII / 1                                         

Kompetensi Dasar
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi  (artikel ilmiah populer dari Koran dan majalah) yang didengar dan dibaca
Materi
Simpulan teks eksposisi
Indikator Soal
Disajikan kutipan teks eksposisi peserta didik dapat menyimpulkann teks eksposisi dengan benar
Level Kognitif
L3
Soal

Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!
ASI atau air susu ibu adalah sumber makanan utama bagi bayi. ASI mengandung banyak nutrisi penting bagi bayi. ASI mengandung asam amino yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi. Selain itu, ASI mengandung zat untuk kekebalan tubuh bayi.

Simpulan kutipan teks eksposisi di atas adalah ... .
a. ASI adalah sumber makanan utama bagi bayi
b. ASI adalah sumber makanan utama bayi karena mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk bayi
c. ASI mengandung zat untuk kekebalan bayi
d. Asam amino diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi


Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
2
B
1

Keterangan:                                                                                              
Soal ini termasuk soal HOTS karena :
1.      Sudah  membutuhkan proses berpikir ranah analisis (C4) atau level 3 (penalaran).
2.      untuk menjawab soal pada level 3 peserta didik harus mampu mengingat, memahami, dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural serta memiliki logika dan penalaran yang tinggi untuk memecahkan masalah-masalah konstektual (situasi nyata yang tidak rutin)
3.      Melibatkan ketrampilan 4C ( trasfer knowledge, critical and creative thingking dan problem solving)


LK-4c KARTU SOAL URAIAN

KARTU SOAL NOMOR 1
(URAIAN)

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia                            
Kelas/Semester    : VIII/1                                           

Kompetensi Dasar
3.5Mengidentifikasi isi teks eksposisi

Materi
Perbandingan isi teks eksposisi
Indikator Soal
Disajikan dua teks eksposisi peserta didik dapat membandingkan isi kedua teks tersebut
Level Kognitif
L3

Soal
Teks 1
Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Upaya yang dimaksud adalah upaya rekonsiliasi, perubahan konsep atau pemahaman tentang alam dan menanamkan budaya pelestari.

Teks 2
Usaha manusia untuk selalu menghindarkan diri dari akibat kerusakan lingkungan hidup hendaknya bukan dipahami sebagai suatu kenyamanan saja. Akan tetapi, justru kesempatan itu menjadi titik tolak untuk memulai suatu perubahan. Perubahan untuk dapat mencegah dan meminimalisasi efek yang lebih besar. Jadi, sikap rekonsiliasi dari pihak manusia dapat memungkinkannya melakukan perubahan demi kenyamanan di tengah-tengah lingkungan hidupnya.

Bandingkan isi kedua teks eksposisi tersebut!




Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
SKOR
1
Teks 1
Banyak usaha yang seharusnya dilakukan manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
Teks 2
Sikap rekonsiliasi manusia memungkinkan perubahan lingkungan hidup yang nyaman. 
3

KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia                            
Kelas/Semester    : VIII/1                                           

Kompetensi Dasar
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi  (artikel ilmiah populer dari Koran dan majalah) yang didengar dan dibaca
Materi
Simpulan teks eksposisi
Indikator Soal
Disajikan kutipan teks eksposisi yang rumpang peserta didik menyempurnakan teks tersebut sesuai unsur kebahasaan yang tepat
Level Kognitif
L3

Soal
Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!
Teh hijau dapat berfungsi menjaga ...kulit secara alami. Hal tersebut dikarenakan teh hijau dapat melindung kulit kita dari sengatan ...sehingga secara tidak langsung dengan sering mengkonsumsi teh hijau dapat membuat kita terhindar dari penyakit ...kulit. Selain dapat mencegah penyakit tersebut, teh hijau juga terbukti mampu membuat kulit kita tidak cepat keriput.

Lengkapilah bagian yang rumpang kutipan teks eksposisi tersebut dengan unsur kebahasaan (kata teknis) yang tepat!



Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
SKOR
2
Kesehatan- sinar ultraviolet-kanker
3

Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1.      Sudah  membutuhkan proses berpikir ranah analisis (C4) atau level 3 (penalaran).
2.      untuk menjawab soal pada level 3 peserta didik harus mampu mengingat, memahami, dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural serta memiliki logika dan penalaran yang tinggi untuk memecahkan masalah-masalah konstektual (situasi nyata yang tidak rutin)
3.      Melibatkan ketrampilan 4C ( trasfer knowledge, critical and creative thingking dan problem solving)







R-3.  Rubrik Pengembangan Soal HOTS

Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal USBN.

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.      Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2.      Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
3.      Merumuskan indikator soal dengan tepat.
4.      Menuliskan soal sesuai indikator soal.
5.      Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
6.      Menuliskan soal pilihan ganda sesuai kriteria soal HOTS.
7.      Menuliskan kunci jawaban pilihan ganda dengan tepat.
8.      Menuliskan soal uraian sesuai kriteria soal HOTS.
9.      Menuliskan kunci jawaban uraian dengan tepat.

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai



LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS Teks Eksposisi 3.6 - 4.6

Tujuan Kegiatan:
Menyusun soal berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
4.      Buatlah penilaian pengetahuan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b.      Buatlah soal pada kartu soal yang tersedia, setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta 1 (satu) soal uraian (LK-4c)!
c.       Anggota kelompok secara berpasangan menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
5.      Presentasikan hasil kerja, peserta lain menyimak presentasi dengan cermat  untuk memberikan saran perbaikan!
6.      Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!


LK-4a. KISI KISI-KISI PENULISAN SOAL

3.    FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah            :SMP                                                          
Jumlah soal               :2
Mata pelajaran          :Bahasa Indonesia                                      
Bentuk soal/tes         : PG dan uraian
Penyusun                  : Nofiyatun,S.Pd
Alokasi waktu          : 8 menit

Kisi-Kisi Penulisan Soal
No.
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Pokok
Indikator Soal
Level
Bentuk Soal
Nomor
Soal
1
2
3
4

5
6
7








3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur  kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel  ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau dibaca
3.6.3 menentukan struktur teks eksposisi srtikel ilmiah
Struktur teks eksposisi
Disajikan beberapa paragraf penggalan teks eksposisi peserta didik dapat menemukan paragraf tesis
L3
PG
1

3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur  kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel  ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau dibaca
3.6.7 Membandingkan struktur teks dan kaidah kebahsaan teks eksposisi  tentang lingkungan dan keragaman budaya

Unsur kebahasaan unsur teks eksposisi
Buatlah penggalan teks eksposisi yang menggunakan kata rujuk dan kausalitas
L3
Uraian
1

4.6.
Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan

Menulis teks eksposisi dengan memperhatikan kelengkapan struktur dan kaidah bahasa.
Menyunting teks eksposis

Menulis teks eksposisi

Disajikan penggalan teks eksposisi bagian argumentasi peserta didik dapat menemukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian argumentasi dari teks eksposisi tersebut

L3

PG

2

4.6.
Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan

Menulis teks eksposisi dengan memperhatikan kelengkapan struktur dan kaidah bahasa.
Menyunting teks eksposis

Menulis teks eksposisi

Disajikan  data berupa informasi tentang keragaman budaya, peserta didik dapat menyusun teks eksposisi berdasarkan data

L3

Uraian

2




4.    KARTU SOAL

LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia                            
Kelas/Semester    : 8/1                                                 

Kompetensi Dasar
3.6Mengidentifikasi struktur, unsur  kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel  ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau dibaca
Materi
Struktur teks eksposisi
Indikator Soal
Disajikan beberapa paragraf penggalan teks eksposisi peserta didik dapat menemukan paragraf tesis
Level Kognitif
L3

Soal
Di bawah ini kalimat yang mampu digunakan sebagai tesis dalam teks eksposisi adalah….

 A. Selain konflik, salah satu sebab yang dapat memicu perang adalah kebutuhan akan sumber daya alam.
B. Menurut John Rossa, hal yang tidak mungkin adalah wilayah kudeta yang hanya mencakup Jakarta, padahal saat itu Partai Komunis Indonesia adalah partai yang cukup besar dengan simpatisan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
C. Candi merupakan bangunan peribadatan pada masa purba yang merupakan peninggalan Hindu-Budha.
D. Menurut para pakar geologi, Afghanistan ternyata menyimpan kandungan mineral yang melimpah yang mungkin menjadi penyebab diluncurkannya serangan ke Afghanistan oleh Amerika.


Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
1
A
1

KARTU SOAL NOMOR 2
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia                            
Kelas/Semester    : 8/1                                                 

Kompetensi Dasar
4.6 Menyajikan gagasan dan pendapat  ke dalam bentuk teks eksposisi  artikel ilmiah populer (lingkungan  hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur  kebahasaan, dan aspek lisan
Materi
Struktur teks eksposisi
Indikator Soal
Disajikan penggalan teks eksposisi bagian argumentasi peserta didik dapat menemukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian argumentasi dari teks eksposisi tersebut
Level Kognitif
L3

Soal

Perhatikan kutipan berikut!
Dampak paling nyata dari bencana asap adalah masalah kesehatan. Lebih dari tiga bulan terpapar udara bercampur asap membuat daya tahan masyarakat kian menurun.[...] Beberapa bantuan yang akan didistribusikan meliputi 125 ribu masker ke 97 kabupaten/kota terdampak, makanan tambahan 11 ton, alat penjernih air, serta 4482 oximetry (alat cek denyut jantung) dan sontheimer (alat menghitung kecepatan pernapasan anak-anak yang diperkirakan menderita ISPA. Selain itu, 70 unit alat penjernih udara (air purifier) untuk rumah sakit, oksigen konsentrate dan 500 unit kit penanggulangan asap ke puskesmas-puskesmas.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi di atas adalah....

A. Keadaan semakin parah, pemerintah tidak bisa berdiam diri melihat daerah-daerah terdampak kabut asap.
B. Melihat kondisi yang kian menghawatirkan, Menkes langsung menginstruksikan untuk kembali mengirim tambahan bantuan ke daerah-daerah terdampak kabut asap.
C. Bantuan-bantuan tambahan dari Pemerintah sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di daerah terdampak kabut asap.
D. Kondisi semakin memprihatinkan, pemerintah daerah dan provinsi wajib meliburkan siswadi daerah terdampak kabut asap.
E. Pemerintah akan memberi Bantuan Santunan Kematian kepada korban meninggal akibat bencana asap.





Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
2

B
1

Keterangan:                                                                                              
Soal ini termasuk soal HOTS karena
4.      Sudah  membutuhkan proses berpikir ranah analisis (C4) atau level 3 (penalaran).
5.      untuk menjawab soal pada level 3 peserta didik harus mampu mengingat, memahami, dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural serta memiliki logika dan penalaran yang tinggi untuk memecahkan masalah-masalah konstektual (situasi nyata yang tidak rutin)
6.      Melibatkan ketrampilan 4C ( trasfer knowledge, critical and creative thingking dan problem solving)

LK-4c KARTU SOAL URAIAN

KARTU SOAL NOMOR 1
(URAIAN)

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia                            
Kelas/Semester    : VIII/1                                           

Kompetensi Dasar
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur  kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel  ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau dibaca
Materi
Struktur teks eksposisi
Indikator Soal
Buatlah penggalan teks eksposisi yang menggunakan kata rujuk dan kausalitas
Level Kognitif
L3 (Penalaran)

Soal
Buatlah penggalan teks eksposisi yang menggunakan kata rujuk dan kausalitas!



Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
SKOR
1

 Para penjual makanan mengeluhkan atas kenaikan harga BBM. Hal tersebut karena naiknya harga BBM membuat bahan-bahan baku naik.sehingga, para penjual harus menyiasati hal ini dengan memperkecil porsi atau menaikan harga makanan yang mereka jual.
Kata yang menujukan kata rujukan : tersebut, inu
Kata yang menunjukan hubungan kausalitas : karena, sehingga
3

KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia                            
Kelas/Semester    : VIII/1                                           

Kompetensi Dasar
4.6 Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan
Materi
Menulis Teks Eksposisi
Indikator Soal
Disajikan  data berupa informasi tentang keragaman budaya, peserta didik dapat menyusun teks eksposisi berdasarkan data
Level Kognitif
L3 (Penalaran)

Soal
Cermatilah data-data berikut!
1. Indonesia kaya dengan keragaman budaya
2. Ada tarian, pakaian adat, makanan, dan sebagainya
3. Baju bodo merupakan pakaian adat Bugis Makassar
4. Digunakan bila ada acara adat 
5. Dulu digunakan oleh kaum bangsawan
6. Kaum remaja perlu mencintai dan melestarikan pakaian adat tersebut. Tulislah sebuah teks eksposisi berdasarkan informasi informasi tersebut! Perhatikanlah struktur teks dan unsur kebahasaannya. 

Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
SKOR
2

Indonesia kaya dengan keragaman budaya. Keragaman budaya tersebut antara lain tarian, pakaian adat, makanan, dan sebagainya. Baju bodo merupakan pakaian adat Bugis Makassar. Pakaian adat ini digunakan bila ada acara adat. Dulu digunakan oleh kaum bangsawan. Oleh karena itu, kaum remaja perlu mencintai dan melestarikan pakaian adat tersebut.
3

Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1.      Sudah  membutuhkan proses berpikir ranah analisis (C4) atau level 3 (penalaran).
2.      untuk menjawab soal pada level 3 peserta didik harus mampu mengingat, memahami, dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural serta memiliki logika dan penalaran yang tinggi untuk memecahkan masalah-masalah konstektual (situasi nyata yang tidak rutin)
3.      Melibatkan ketrampilan 4C ( trasfer knowledge, critical and creative thingking dan problem solving)


R-3.  Rubrik Pengembangan Soal HOTS

Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal USBN.

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
10.  Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
11.  Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
12.  Merumuskan indikator soal dengan tepat.
13.  Menuliskan soal sesuai indikator soal.
14.  Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
15.  Menuliskan soal pilihan ganda sesuai kriteria soal HOTS.
16.  Menuliskan kunci jawaban pilihan ganda dengan tepat.
17.  Menuliskan soal uraian sesuai kriteria soal HOTS.
18.  Menuliskan kunci jawaban uraian dengan tepat.

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI