contoh RKT ( Rencana Kerja Tahunan ) MA

 

RENCANA KERJA TAHUNAN

(RKT)

MA MA’ARIF CILACAP TENGAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alamat Madrasah

Jl. Nusadadi RT 03/11 kutawaru

Cilacap Tengah 53225 HP.082242473131

 

 

 

RENCANA KERJA TAHUNAN

(RKT)

MA MA’ARIF CILACAP TENGAH

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

Disusun Olek Kelompok Kerja Penyusun RKJM

Madrasah Aliyah Ma’arif Cilacap Tengah Kecamatan Cilacap Tengah

Yang terdiri dari :

No

Nama

Jabatan

Tanda Tangan

1.

Muhammad Mustahir, S.Pd.I

Penanggungjawab

 

2.

Umi Chabibah, S.Pd

Ketua

 

3.

Nofiyatun, S.Pd

sekretaris

 

4.

Nahlul Fariki

Anggota

 

5.

Imam Abadan Taufik

Anggota

 

 

Cilacap Tengah, 10 Juli 2020

Kepala Madrasah                                                                    Ketua Tim Penyusun RKJM

 

 

Muhammad Mustahir, S.Pd.I                                                 Umi Chabibah, S.Pd

                                                            Mengetahui,

Pengawas Madrasah                                                               Komite Sekolah

 

 

Mardiyo, S.Pd., M.Pd.                                                            Memed Zaeni

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur kami panjaskan Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala Rahumat dan lidayahnya kepada kami semua, schingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan Rencana Kerja Tahunan (RKD) MA Macarif Cilacap Tengah, untuk jangka menengah dan jangka panjang.

Kami semua menyadari bahwa RKT MA Macarif Cilacap Tengah yang kami susun masih sangat jauh dari sempurna, untuk itu dengan penuh kerendahan hati kami mengharapkan masukan, kritik maupun saran dari bertagai pihak yang berkompelen dan berkcpentingan lerhadap kemajuan pendidikan. khususnya di MA Mazarif Cilacap Tengah, untuk perbaikan penyusunan RKT di masa yang akan datang.

Tak hupa kami mengucapkan hanyak terima kasib kepada semua pihak yang telah ikut mehuangkan waktu, tenaga atau sumbangan pemikiranpemikirannya dalam proses penyusunan RKT MA Masarif Cilacap Tengah ini

Akhimnya kami berharap semoga RKT ini dapat menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan di MA Macarif Cilacap Tengah untuk Tahun

Peclajaran 2019/2020 dan juga untuk karun waktu 1 (tahun) ke depan, schingga

Visi dan Misi MA Maarif Cilacap Tengah dapat dicapai/di wujudkan dengan baik semua semoga

 

Cilacap.

 

Tim Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Halanan Judul...........................................................................................................i

 

Halaman Pengesahan..............................................................................................ii

 

Kata Pengantar ......................................................................................................iii

 

Daftar Isi................................................................................................................iv

 

BAB I: PENDAHULUAN......................................................................................1

 

A. Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya Madrasah.............................................1

 

B. Tujuan dan Manfat RKM....................................................................................1

 

C. Landasan Hukum................................................................................................2

 

BAB II: VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH

 

A. Visi Madrasah....................................................................................................3

 

B. Misi Madrasah....................................................................................................3

 

C. Tujuan Madrasah................................................................................................3

 

BAB III: PROFIL MADRASAH...........................................................................5

 

BAB IV: HARAPAN..............................................................................................8

 

BAB V: PROGRAM KERJA MADRASAH.......................................................11

 

A. Sasaran..............................................................................................................11

 

B.Program..............................................................................................................11

 

C. Indikator Keberhasilan.....................................................................................13

 

D. Kegiatan ..........................................................................................................15

 

E. Jadwal Kegiatan ...............................................................................................17

 

F. Penanggung Jawab ...........................................................................................19

 

BAB VI: RENCANA ANGGARAN MADRASAH............................................28

 

  BAB VII: PENUTUP ............................................................................................59

 

Kesimpulan  ..........................................................................................................59

 

 

 

BAB 1

PENDAHULUAN

 

A.    Latar belakang dan sejarah berdirinya Ma'arif Cilacap Tengah Cilacap Tengah  

Madrasah MA Ma’arif Cilacap Tengah Kecamatan Cilacap Tengah didirikan pada tahun 2019 berlokasi di Jalan nusadadi RT 03 RW 11 kutawaru Kecamatan Cilacap Tengah. Madrasah ini didirikan dalam upaya menyediakan pendidikan masyarakat di sekitar Kecamatan Cilacap Tengah yang tidak terjangkau oleh masyarakat selain yang telah ada.

Tahun demi tahun Ma Ma'arif Cilacap Tengah selalu mengalami perkembangan kemajuan baik dari segi kualitas maupun kuantitas dari segi kualitas bisa diukur dari status akreditasi madrasah yang meningkat terus (terakhir status akreditasi dengan nilai .....-....),  prestasi akademik maupun non akademik dari siswa-siswinya serta fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar di Madrasah dan lain sebagainya.

Dalam kiprahnya di dunia pendidikan, mulai dari sejak berdirinya sampai dengan saat ini tahun 2020 telah berhasil mengukir banyak prestasi terutama pada lingkup kecamatan dan kabupaten baik prestasi akademik maupun non akademik.

Dengan semakin majunya Madrasah pada khususnya dan majunya dunia pendidikan pada umumnya menyusun perencanaan atau program madrasah untuk jangka waktu yang akan datang merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi untuk hal tersebut Madrasah mencoba menyusun rencana kerja madrasah atau RKM untuk jangka menengah dengan harapan kegiatan-kegiatan rutin Madrasah dan kegiatan pengembangan madrasah dapat lebih terprogram dan jelas arah tujuannya.

 

B.     Tujuan dan Manfaat RKT

1.      Manfaat Penyusunan RKT

penyusunan RKT merupakan suatu hal yang sangat penting karena RKT dapat digunakan sebagai :

1.1.   Pedoman kerja atau kerangka acuan dalam mengembangkan madrasah

1.2.   Dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan Madrasah serta

1.3.   Bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumberdaya pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan Madrasah.

2.      Tujuan penyusunan RKT

Tujuan utama penyusunan RKT adalah agar Madrasah dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar tujuan kewajiban dan sasaran pengembangan Madrasah dapat dicapai. RKT juga menjamin bahwa semua program dan kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan Madrasah sudah memperhitungkan harapan-harapan pemangku kepentingan dan kondisi nyata madrasah. Oleh karena itu proses penyusunan RKT harus melibatkan semua pemangku kepentingan.

Ciri-ciri Rencana Kerja Madrasah (RKT) yang baik adalah:

1)      Terintegrasi, yakni mencakup perencanaan keseluruhan program yang akan dilaksanakan oleh Madrasah

2)      Multi tahun, yaitu mencangkup periode 4 tahun.

3)      Dimutakhirkan artinya setiap tahun terus diperbaharui Sesuai dengan perkembangan terakhir tempat.

4)      Multi sumber,  yaitu mengiden yaitu mengindikasikan jumlah dan sumber dana masing-masing program misalnya dari bos APBD Kabupaten sumbangan dari masyarakat atau sumber lainnya

5)      Disusun secara partisipatif oleh kepala madrasah Madrasah, komite madrasah, madrasah dan dewan pendidik dengan melibatkan pemangku kepentingan lainnya.

6)      Pelaksanaannya dimonitor oleh komite madrasah atau Madrasah dan pemangku kepentingan yang lainnya.

 

C.    Landasan Hukum

a.       Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dalam pasal 8 dan 48

b.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan dalam pasal 49 dan 53

c.       Permendiknas nomor 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan dalam angka 4 poin 1 dan 2

d.      Kepmendiknas 129a tahun 2004 tentang standar pelayanan minimal bidang pendidikan.

 

BAB II

 

VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH

 

A.    Visi Madrasah

Visi Madrasah adalah imajinasi moral yang dijadikan dasar atau rujukan dalam mencantumkan tujuan atau keadaan masa depan madrasah yang secara khusus diharapkan oleh madrasah. Visi madrasah merupakan turunan dari visi Kementerian Agama yang dijadikan dasar atau rujukan untuk merumuskan misi,. Tujuan sasaran untuk mengembangkan Madrasah dan masa depan yang diimpikan dan terus terjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya.

Adapun visi Madrasah Aliyah Ma'arif Cilacap Tengah : “ UNGGUL DALAM PENDIDIKAN DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”.

 

B.     Misi

1.      Menciptakan peserta didik yang berakhlakul kharimah

2.      Mencetak generasi yang religius, toleran dan berintelektual

3.      Melaksanakan pembelajaran yang berkualitas, dinamis dan kompenten dalam usaha mencerdaskan tunas bangsa agar beriman, bertaqwa dan berbudaya.

 

C.    Tujuan Madrasah

Dengan berpedoman pada visi dan misi yang telah dirumuskan serta kondisi di madrasah, maka dapat dijabarkan tujuan jangka menengah sebagai berikut:

1.      Menghasilakan peserta didik yang berakhlakul kharimah

2.      Menyiapkan lulusan yang memiliki keterampilan dan teknologi sebagai bekal memasuki perguruan tinggi serta dunia kerja;

3.      Mewujudkan peserta didik yang memiliki jiwa menghargai dan menghormati antar warga di lingkungan sekitarnya.

4.      Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional;

5.      Memberikan pelayan prima di bidang intrakulikuler dan cktrakulikuler

 

D.    Rencana Strategis

Sasaran Madrasah pada tahun pelajaran 2020/2021 sebagai berikut:

1.      Madrasah memiliki standar kurikulum tingkat satuan pendidikan atau KTSP kurikulum 2013 Sesuai dengan standar nasional pendidikan.

2.      Madrasah memiliki perangkat pembelajaran lengkap yang meliputi kalender pendidikan program tahunan program semester Silabus dan lain-lain untuk semua tingkat kelas.

3.      PAKEM mampu dilaksanakan dan dirasakan manfaat oleh warga belajar.

4.      Madrasah mampu mengembangkan strategi penilaian.

5.      Madrasah memiliki standar pengembangan bahan dan sumber pembelajaran

6.      Madrasah memiliki model pembelajaran bagi siswa berprestasi dan siswa yang menghadapi kesulitan belajar.

7.      Madrasah dapat meningkatkan profesionalisme dalam kinerja sebagai tenaga edukatif

8.      Pencapaian hasil rata-rata ujian nasional minimal memenuhi standar kelulusan

9.      Madrasah mampu Meningkatkan kedisiplinan siswa.

10.  Madrasah mampu mengembangkan prestasi non akademik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler

11.  Madrasah mampu mengembangkan kompetensi kepada kepala madrasah guru dan karyawan Madrasah sesuai dengan tugas dan keahliannya

12.  Madrasah mampu mengembangkan sistem monitoring dan evaluasi kinerja ketenagaan

13.  Madrasah mampu mengoptimalkan penggalangan dana dari orang tua atau wali siswa

14.  Madrasah mampu memberdayakan fasilitas dan potensi Madrasah

15.  Madrasah mampu mengadakan dan merawat perpustakaan laboratorium komputer laboratorium IPA, UKS, dapur dan lapangan olahraga.

16.  Madrasah mampu mengadakan dan menginventarisir sarana pendidikan

17.  Madrasah mampu memenuhi atau melengkapi kebutuhan media pembelajaran

18.  Madrasah mampu menciptakan/ mengembangkan kondisi lingkungan madrasah yang aman nyaman dan menyenangkan.

19.  Madrasah memiliki pengembangan administrasi Madrasah

20.  Madrasah mampu mencapai SPM atau standar pelayanan minimal

 

 

 

 

 

 

BAB III

PROFIL MADRASAH

 

 

Profil Madrasah merupakan gambaran yang jelas dan rinci tentang kondisi Madrasah saat ini Serta perbandingannya dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan profil Madrasah ini maka bisa diketahui bagian-bagian yang mengalami perbaikan atau peningkatan bagian yang masih tetap, dan bagian yang mengalami penurunan dibandingkan dengan kondisi Madrasah pada tahun-tahun sebelumnya. Dalam profil Madrasah ini terdapat sembilan komponen/ kategori, yang akan diuraikan sebagai berikut:

1.      kurikulum dan pembelajaran

1.1         Madrasah belum mempunyai dokumen KTSP atau K13 secara lengkap ( baru 80% )

1.2         Setiap guru memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran

1.3         Silabus revisi Madrasah belum terbentuk

1.4         Hampir 60% sudah mengajar sesuai Pakem pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan

1.5         60% guru sudah melakukan proses penilaian secara integral komprehensif

1.6         Perlunya peningkatan peran atau keterlibatan komite

1.7         kegiatan pembelajaran sudah berjalan tetapi administrasi belum lengkap satu.

1.8         Literatur standar Sudah dimiliki Madrasah sebagai pegangan guru

1.9         Pelaksanaan KBM baik dan sesuai ketentuan, muatan lokal sesuai dengan kondisi.

1.10     60 %  guru menggunakan media alat peraga dan atau alat bantu yang disesuaikan dengan materi

1.11     Rasio jumlah buku sesuai dengan jumlah siswa

1.12     guru menggunakan buku sesuai yang digunakan siswa

1.13     Guru belum melakukan PTK

1.14     Madrasah mempunyai jadwal pelajaran dan jadwal remedial sesuai mata pelajaran

1.15     Madrasah belum memiliki perpustakaan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran

1.16     Madrasah sudah melaksanakan PBM keagamaan dengan praktek langsung

1.17     Madrasah belum optimal dalam melaksanakan pendidikan kecakapan hidup secara optimal

1.18     Madrasah kurang memiliki kesempatan untuk mengikutsertakan guru dalam mengikuti pelatihan kecakapan hidup

1.19     Rata-rata kehadiran guru 95%

1.20     Guru melaksanakan evaluasi sebagai umpan balik guna perbaikan PBM

2.      Administrasi dan manajemen Madrasah

2.1         Madrasah mempunyai program tetapi belum lengkap

2.2         Madrasah memiliki peraturan untuk memberikan penghargaan dan sanksi tetapi belum optimal

2.3         Laporan akhir tahun pelajaran yang lalu ada dan baik

2.4         Program kerja kepala madrasah lengkap

2.5         Kepala madrasah melakukan evaluasi terhadap program yang telah dibuat

2.6         Kepala madrasah melibatkan semua pihak dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan pengembangan Madrasah

2.7         Madrasah memiliki program pembinaan guru

2.8         Madrasah memiliki catatan surat masuk dan keluar

2.9         Madrasah memiliki administrasi yang masih kurang lengkap

 

3.      Organisasi dan kelembagaan

3.1   dokumen dan bagan Madrasah lengkap

3.2   Madrasah memiliki peraturan khusus di luar Peraturan Pemerintah

3.3   Madrasah melakukan kerjasama dengan lembaga kependidikan dan non kependidikan kan lainnya dalam peningkatan mutu pendidikan

4.      sarana dan prasarana

4.1            Madrasah telah memiliki tanah dan bangunan yang memadai

4.2            Madrasah belum mempunyai ruang wakil kepala madrasah

4.3            Madrasah belum memiliki ruang multimedia

4.4            Kondisi bangunan Madrasah baik

4.5            Fasilitas ruangan dan perabotan yang ada 80% dalam kondisi baik

4.6            Tidak tersedia fasilitas ruang dan penunjang perpustakaan yang lengkap

4.7            Kelengkapan alat laboratorium tidak ada

4.8            Madrasah belum memiliki komputer

4.9            Madrasah memiliki instalasi listrik dan akses jalan yang kurang baik

4.10        Madrasah memiliki sarana air bersih baik

4.11        Ruangan di Madrasah mempunyai sanitasi yang baik 4.12 sarana tempat sampah masih kurang

4.12        WC guru dan siswa belum sesuai rasio 4.14 kondisi WC rusak

4.13        Madrasah memiliki sarana penunjang administrasi

4.14        Madrasah memiliki sarana olahraga, dan belum memiliki sarana kesenian dan keagamaan Semua komponen terlibat dalam membantu manajemen sarana dan prasarana

 

5.      Ketenagaan

5.1         75% guru S1 dan mempunyai kelayakan mengajar

5.2         60% guru mengajar sesuai bidangnya, yang tidak sesuai mengikuti pelatihan agar memiliki kemampuan sesuai bidang studi yang diajarkan

5.3         Tenaga penunjang belum memadai tidak adanya tenaga teknis laboran

5.4         Madrasah memberikan penghargaan kinerja karyawan dengan memberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berkembang.

5.5         Manajemen ketenagaan dilakukan dengan peran serta guru kepala madrasah, komite dan pendidik

5.6         Madrasah memberikan kesempatan mengembangkan karir bagi tenaga non guru

5.7         Kemampuan guru dalam mengoperasikan komputer baru 50%

 

6.      Pembiayaan dan Pendanaan

6.1         Pembiayaan diperoleh dari partisipasi masyarakat dan pemerintah

6.2         Alokasi dana untuk peningkatan mutu masih kurang

6.3         Madrasah dengan anggaran terbatas untuk program peningkatan mutu guru

6.4         Madrasah belum optimal dalam pemberian Beasiswa bagi siswa berprestasi dan keluarga miskin

6.5         RKAM (Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah) dalam 3 tahun terakhir terealisasi dengan baik

6.6         Alokasi sudah direalisasi

6.7         Manajemen pengelolaan keuangan baik dan terbuka

6.8         Madrasah melaksanakan program dan SPJ dengan baik

 

7.      Peserta didik

7.1            Madrasah menampung lulusan SMP dan MTs di sekitar Madrasah dan daerah lainnya

7.2            Madrasah memberikan bantuan berupa subsidi silang dan pembebasan biaya Madrasah

7.3            Madrasah melakukan bimbingan bagi siswa yang kurang siap

7.4            Madrasah memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya melalui pengembangan diri

7.5            Manajemen peserta didik dilaksanakan di Madrasah dengan baik

7.6            Proses PPDB dilaksanakan dengan baik

7.7            Penerimaan siswa Sesuai rombel yang ada

7.8            Persentase kehadiran siswa di atas 90%

7.9            Angka Drop Out 0%

7.10        Siswa mengulang 0 persen

7.11        80% siswa melanjutkan ke jenjang lebih tinggi

7.12        Siswa Ma Ma'arif yang baru berprestasi di tingkat kecamatan dan Kabupaten

7.13        Program pengembangan minat bakat dan kreativitas belum optimal

7.14        Madrasah sudah membuat program layanan bimbingan konseling

7.15        Rata-rata nilai siswa sesuai standar KKM yang telah ditentukan

7.16        Rata-rata nilai UN dan ujian Madrasah di atas rata-rata standar minimal kelulusan

7.17        Prosentase kelulusan 100%

 

8.      Peran serta masyarakat

8.1            Madrasah belum optimal melibatkan orang tua dalam penyusunan program Madrasah

8.2            Pekerjaan orang tua mayoritas petani/buruh/pedagang dan lain-lain

8.3            Penghasilan mayoritas orang tua dibawah Rp1.000.000

8.4            Mayoritas orang tua berada di kelompok ekonomi lemah

8.5            Pemahaman komite Madrasah cukup baik dan perlu ditingkatkan

8.6            Keorganisasian komite yang ada sudah cukup baik

8.7            Fungsi dan peran komite Madrasah sebagai pemberi pertimbangan sudah berjalan baik

8.8            Dukungan komite cukup baik

8.9            komite Madrasah telah melaksanakan fungsi pengontrol

8.10        Komite Madrasah telah melaksanakan fungsi penghubung

8.11        Komite Madrasah telah melaksanakan fungsi fasilitator pengembangan Madrasah

8.12        Madrasah telah memberikan bantuan untuk pengembangan madrasah walaupun masih sangat kurang

8.13        Hubungan masyarakat dengan Madrasah berjalan baik

 

9.       Lingkungan dan budaya madrasah

9.1   seluruh warga Madrasah belum optimal menjaga lingkungan Madrasah

9.2   Madrasah belum memiliki pagar dan taman madrasah yang berguna sebagai peningkatan kenyamanan dan keamanan

9.3   Madrasah perlu Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dalam mengembangkan kegiatan.

 

Profil Madrasah di atas telah kami usahakan penyusunannya dilakukan dengan seksama dance objektif mungkin Besar harapan kami, tentunya informasi yang ada dalam profil Madrasah ini berguna untuk membantu kami selaku pemangku kepentingan dalam menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah yang didasari pada kondisi nyata Madrasah kami.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

HARAPAN

Setelah profil Madrasah kami susun, maka gambaran kondisi Madrasah bisa diketahui dengan jelas bagian-bagian yang mengalami perbaikan atau peningkatan, bagian yang masih tetap dan bagian yang mengalami penurunan di bandingkan dengan kondisi Madrasah pada tahun-tahun sebelumnya. Kondisi nyata madrasah yang diuraikan pada bab sebelumnya menjadi sumber gagasan bagi kami untuk penyusunan harapan-harapan yang dapat membuat keberadaan Madrasah ini menjadi lebih baik dan mengalami peningkatan di berbagai bidang.

Berikut ini kami Uraikan harapan-harapan perkomponen/kategori berdasarkan kondisi nyata yang ada di Madrasah kami.

1.      Kurikulum dan Pembelajaran

1.1.       Dokumen KTSP ada

1.2.       Seluruh komponen Madrasah memahami KTSP

1.3.       Dokumen silabus Madrasah ada

1.4.       Dokumen RPP ada dan dibuat oleh sendiri

1.5.       60% guru mengajar sesuai Pakem

1.6.       Dipertahankan sistem evaluasi yang telah berjalan

1.7.       Dipertahankan peran guru dan kepala madrasah dan ditingkatkannya peran komite Madrasah

1.8.       Kegiatan ekstrakurikuler berjalan dengan dilengkapi administrasi yang baik

1.9.       Literatur untuk guru perlu ditambah untuk meningkatkan metode dan pengetahuan guru.

1.10.   Pelaksanaan tetap berjalan dengan baik sesuai ketentuan

1.11.   Rasio buku dan siswa tetap sesuai dengan jumlah siswa

1.12.   Kesesuaian buku guru dan siswa tetap dijaga baik agar proses KBM baik

1.13.   Jadwal pelajaran dan jadwal remedial tetap pada

1.14.   60% siswa memanfaatkan perpustakaan untuk menunjang kegiatan pembelajaran

1.15.   Kegiatan PBM ke agamaan berjalan dengan baik dengan lebih mengefektifkan pada praktek

1.16.   Pemberian materi kecakapan hidup di setiap pembelajaran

1.17.   Semua guru memahami kecakapan hidup bagi siswanya

1.18.   Kehadiran guru di atas 95%

1.19.   Guru memahami prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas

 

2.      Administrasi dan Manajemen Madrasah

2.1         Program Madrasah ada dan baik

2.2         Peraturan ada dan dilaksanakan dengan baik

2.3         Laporan akhir tahun selalu ada

2.4         Program kepala madrasah selalu ada

2.5         Evaluasi kerja tetap ada

2.6         Kinerja kepala madrasah semakin baik

2.7         Keterlibatan semua pihak dalam pengembangan Madrasah

2.8         Catatan surat masuk keluar selalu ada

2.9         Administrasi Madrasah ada dan lengkap

 

3.      Organisasi dan Kelembagaan

3.1         Dokumen dan bagan Madrasah selalu ada

3.2         Peraturan khusus selalu ada

3.3         Perlu dilakukan peningkatan kerjasama dengan lembaga lain

 

4.      Sarana dan Prasarana

4.1         tanah dan bangunan tetap ada dan kondisi baik

4.2         Adanya ruang wakil kepala madrasah

4.3         Diharapkan tersedia ruang multimedia yang baik

4.4         Kondisi Madrasah tetap baik

4.5         70% fasilitas ruangan ada, lengkap dan baik

4.6         Fasilitas penunjang perpustakaan lengkap

4.7         Laboratorium IPA yang lengkap

4.8         Laboratorium komputer diharapkan ada serta

4.9         Madrasah memiliki instalasi listrik yang baik dan akses jalan yang baik

4.10     Sarana air bersih tetap baik

4.11     Sanitasi yang baik dipertahankan

4.12     Tempat sampah ada

4.13     WC guru dan murid ada dengan kondisi dan sesuai rasio

4.14     Sarana penunjang administrasi ditambah

4.15     Sarana yang ada perlu diperluas dan ditambah

4.16     Keterlibatan komponen Madrasah harus dijaga

 

5.      Ketenagaan

5.1           95% guru S1

5.2           70% guru mengajar sesuai bidang studi dan kelayakannya

5.3           Diadakannya pelatihan kurikulum (KTSP)/ k13, PBM, metode mengajar dan pengembangan sistem penilaian

5.4           Seluruh tenaga pendukung ada

5.5           Pembinaan guru selalu dilakukan

5.6           Pemberian penghargaan selalu ada

5.7           Pengembangan karir bagi non guru selalu ada

5.8  Guru Mampu mengoperasikan komputer

 

6.      Pembiayaan dan Pendanaan

6.1         pembiayaan Madrasah ditingkatkan

6.2         Alokasi dana untuk peningkatan mutu meningkat

6.3         Meningkatkan anggaran untuk program peningkatan mutu guru

6.4         Pemberian beasiswa lebih banyak

6.5         RKAM selalu realisasi dengan baik

6.6         Adanya peningkatan RKM

6.7         Manajemen keuangan ada dengan baik

 

7.         Peserta didik

7.1         Madrasah menampung lulusan SMP dan MTs sederajat

7.2         Madrasah tetap membantu siswa yang kurang mampu

7.3         Adanya pembimbingan bagi siswa yang kurang siap

7.4         Adanya pengembangan diri bagi siswa untuk mengembangkan bakat

7.5         Adanya manajemen pengelolaan peserta didik yang baik

7.6         Proses PPDB tetap baik

7.7         Penerimaan siswa tetap sesuai rombel

7.8         Persentase kehadiran siswa 100%

7.9         Angka Drop Out 0%

7.10     angka mengulang 0%

7.11     80% siswa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

7.12     Prestasi dipertahankan dan ditingkatkan sampai ke tingkat nasional

7.13     Program pengembangan siswa belum berjalan secara optimal

7.14     Optimalisasi pelayanan BK

7.15     Adanya peningkatan nilai KKM

7.16     Nilai UN dan us meningkat minimal di atas rata-rata standar kelulusan

7.17     Persentase kelulusan 100%

 

8.      Peran Serta Masyarakat

8.1         Adanya keterlibatan secara optimal dari orangtua dalam penyusunan program Madrasah

8.2         Pekerjaan orang tua heterogen

8.3         Penghasilan orang tua lebih baik

8.4         Komite Madrasah Lebih memahami perannya

8.5         Komposisi komite yang ideal

8.6         Adanya penjadwalan pertemuan dengan komite

8.7         Fungsi dan peran sebagai pemberi pertimbangan berjalan

8.8         Dukungan komite optimal

8.9         Komite Madrasah optimal dalam melakukan pengontrolan

8.10     Komite Madrasah optimal dalam melakukan penghubung

8.11     Komite Madrasah optimal dalam melakukan fasilitator

8.12     Adanya peran serta masyarakat dalam pengembangan madrasah

8.13     Hubungan Madrasah dengan masyarakat berjalan baik

 

9.      Lingkungan dan budaya Madrasah

9.1         Lingkungan Madrasah semakin aman dan tindakan pencurian dapat dihindari

9.2         Warga Madrasah berperan optimal menjaga lingkungan Madrasah

 

Dengan harapan-harapan tersebut maka dapat memberi arah bagi kami untuk menjadikan madrasah ini seperti apa dalam 4 tahun mendatang. Harapan yang kami buat ini berdasarkan pertimbangan yang cukup matang mengenai bagian-bagian yang dianggap penting dan menjadi prioritas perhatian kami.

Harapan ini tidak hanya sebagai harapan kami sebagai penyedia layanan, tetapi juga pengguna layanan yang mengacu pada visi dan misi serta tujuan madrasah dan bersifat realistis, sesuai dengan kondisi dan kemampuan madrasah Untuk menjangkau harapan tersebut, dengan maksud untuk melakukan peningkatan/perbaikan madrasah (school improvement)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                             

 

 

 

 

 

 

BAB V

PROGRAM STRATEGIS

A.    SASARAN

          Sasaran adalah tantangan utama yang akan dicapai madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan Madrasah. Penetapan sasaran Madrasah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.

          Berikut ini kami Uraikan sasaran program kerja madrasah per kategori:

1.    Kurikulum dan Pembelajaran.

a.       Guru paham tentang ktsp/k13

b.      Tersedianya dokumen ktsp/k13 seluruh mata pelajaran

c.       Guru mampu membuat silabus Madrasah sesuai standar isi

d.      Guru paham dan mampu membuat PTK

e.       Meningkatkan minat baca dan pengetahuan guru

f.        Meningkatnya minat baca siswa

g.      Pembelian buku sebagai literatur tambahan

h.      Perpustakaan yang representative

i.        Guru paham tentang kecakapan hidup

 

2.    Administrasi dan manajemen madrasah

a.       Administrasi guru lengkap

b.      Administrasi TU lengkap

 

3.    Organisasi dan kelembagaan

a.       Peningkatan disiplin kerja karyawan dalam kurung, kepsek, guru , dan TU dan disiplin siswa

b.      Peraturan Madrasah tersedia dan terlaksana dengan baik

c.       Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder

 

4.    Sarana dan Prasarana

a.       Tersedianya ruang wakasek

b.      Tersedianya ruang multimedia

c.       Tersedianya fasilitas ruang yang baik dan lengkap

d.      Fasilitas penunjang perpustakaan lengkap

e.       Sarana dan prasarana laboratorium IPA dan komputer yang lengkap

f.        Jaringan listrik dalam keadaan baik

g.      Kebutuhan komputer dan printer terpenuhi

h.      Terlaksananya rehabilitasi ruang kelas koma-koma dan mushola

i.        sarana kesenian lengkap

 

5.    ketenagaan

a.       Semua guru mengikuti sertifikasi dan lolos sertifikasi

b.      Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung

c.       Guru Mampu mengoperasikan komputer dengan baik

d.      Semua guru mengikuti pelatihan peningkatan materi pengetahuan

e.       Semua guru pernah mengikuti pelatihan sehingga kualitasnya meningkat

f.        Kesejahteraan guru dan karyawan lainnya meningkat

 

6.    Pembiayaan dan Pendanaan

a.       Peningkatan pembiayaan madrasah untuk meningkatkan kualitas pelayanan Madrasah

b.      Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembiayaan dan pendanaan Madrasah

c.       Tersusunnya RKAM tepat waktu

 

7.    Peserta didik

a.       Meningkatnya prestasi siswa dan Madrasah

b.      Siswa baru yang berprestasi dan lebih berkualitas

c.       Pembimbingan khusus bagi siswa bermasalah dapat dilakukan dengan lebih baik

 

8.    Peran serta Masyarakat

a.       Tersedianya program kehumasan

b.      Keterlibatan komite Madrasah kembali aktif sesuai dengan fungsinya

c.       Hubungan Madrasah dengan komite Madrasah lebih baik

d.      Terjadinya kerjasama dengan lembaga masyarakat

9.    Lingkungan dan Budaya Madrasah

a.       Pemagaran Madrasah

b.      Pembuatan taman Madrasah

c.       Menanamkan kesadaran perlunya berpartisipasi masyarakat dan stakeholder madrasah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

 

B.     PROGRAM

          Merumuskan program adalah menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan.

          Berikut ini kami uraikan program Madrasah per kategori:

1.      Kurikulum dan Pembelajaran

a.       Peraturan waktu dan penggalangan dana

b.      Raker pembuatan ktsp/k13 Silabus dan RPP

c.       Workshop peningkatan kompetensi guru dan PTK

d.      Pengadaan buku literatur

e.       Penambahan buku-buku yang menarik

f.        Penugasan literatur di perpustakaan

g.      Workshop peningkatan pemahaman guru mengenai kecakapan hidup

 

2.      Administrasi dan Manajemen Madrasah

a.       Pengadaan administrasi guru dan TU

b.      Sosialisasi pentingnya administrasi guru dan TU

c.       Latihan dan pembinaan pembuatan administrasi yang baik

 

3.      Organisasi dan Kelembagaan

a.       Sosialisasi pentingnya disiplin kerja

b.      Penerapan sanksi yang mendidik

c.       Pembuatan peraturan Madrasah

d.      Penerapan peraturan Madrasah

e.       Peningkatan kerjasama dengan stakeholder

 

4.      Sarana dan prasarana

a.       Pembangunan ruang wakasek

b.      Pembangunan ruang multimedia

c.       Pengadaan perabot pengganti

d.      Perbaikan perabot rusak

e.       Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan fasilitas penunjang perpustakaan

f.        Pendataan pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana laboratorium IPA

g.      Pengajuan tenaga lab IPA dan TIK dan pelatihan bagi tenaga lab IPA dan TIK

h.      Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya

i.        Pengajuan dan pelaksanaan perbaikan jaringan listrik

j.        Pendataan, pengajuan, pemasangan, dan perawatan printer dan komputer

k.      Pembentukan panitia pembuatan proposal, pencarian dana dan pelaksanaan rehabilitasi masjid

l.        Pendataan, pembuatan proposal, pencarian dana dan pemenuhan sarana kesenian

 

5.      Ketenagaan

a.       Pelatihan peningkatan kompetensi guru

b.      Identifikasi kebutuhan tenaga pendukung

c.       Pelatihan tik bagi guru

d.      Pencarian informasi pelatihan dan peningkatan mutu guru

e.       Mengikutsertakan guru dan karyawan dalam pelatihan peningkatan kompetensi

f.        Peningkatan kesejahteraan guru dan karyawan lainnya

 

6.      Pembiayaan dan Pendanaan

a.       Peningkatan pembiayaan madrasah untuk meningkatkan kualitas pelayanan Madrasah

b.      Sosialisasi program Madrasah dan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembiayaan dan pendanaan program Madrasah tersebut

c.       Penyusunan RKAS

7.      Peserta didik

a.       Peningkatan prestasi siswa dan Madrasah

b.      Sistem Penjaringan siswa berprestasi

c.       Peningkatan sistem seleksi

d.      Peningkatan kualitas bimbingan dan penyuluhan.

8.      Peran serta masyarakat

a.       Pembuatan program kehumasan

b.      Membentuk atau mengoptimalkan komite Madrasah

c.       Sosialisasi program Madrasah dan peran komite

d.      Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite

e.       Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program Madrasah

f.        Pertemuan dengan komite Madrasah

g.      Kerjasama dengan lembaga masyarakat

 

9.      Lingkungan dan budaya Madrasah

a.       Pembuatan pagar Madrasah

b.      Pembuatan taman sekolah

c.       Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga madrasah untuk terciptanya lingkungan yang aman.

 

C.    INDIKATOR KEBERHASILAN

          Indikator keberhasilan program adalah ukuran yang digunakan untuk menilai Apakah program yang dirumuskan berhasil atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai, maka program dapat dikatakan berhasil, sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat dicapai maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif yang penting dapat diukur dan dirumuskan secara spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.

          Berikut ini kami Uraikan indikator keberhasilan program Madrasah per Kategori :

1.    Kurikulum dan Pembelajaran

a.       Guru memahami K13

b.      Tersedianya dokumen K13 secara lengkap

c.       Guru mampu membuat dokumen K13, terutama Silabus dan RPP

d.      Tersedianya literatur tambahan

e.       Tersedianya buku-buku yang menarik

f.        Adanya guru yang berprestasi

g.      Guru mampu melaksanakan PTK

h.      Jam mengajar guru maksimal 24 jam

i.        Tersedianya ruang perpustakaan yang luas dan representative

j.        Tersedianya buku-buku menarik

k.      Jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan meningkat

l.        Guru memahami kecakapan hidup

 

2.    Administrasi dan Manajemen Madrasah

a.       Semua guru memiliki administrasi yang baik

b.      Administrasi ketatausahaan berjalan baik

c.       Sistem kearsipan dapat dipahami oleh guru dan TU

 

3.    Organisasi dan Kelembagaan

a.       Terselenggaranya sosialisasi pentingnya disiplin kerja

b.      Peraturan Madrasah terbentuk

c.       Peraturan Madrasah dapat diterapkan dengan baik

d.      Seluruh guru berperan dalam penegakan peraturan Madrasah

e.       Terjalinnya kerjasama dengan lembaga lain

f.        Perhatian stakeholder Madrasah meningkat

 

4.    Sarana dan Prasarana

a.       Tersedianya ruang wakasek

b.      Tersedianya ruang multimedia

c.       Penggantian dan perbaikan peralatan rusak

d.      Fasilitas penunjang perpustakaan dilengkapi

e.       Sarana dan prasarana laboratorium IPA dilengkapi

f.        Guru mampu menggunakan lab bahasa

g.      Laboran terampil menggunakan lab bahasa

h.      Terpasangnya jaringan internet dan penggunaannya yang sesuai

i.        Jaringan listrik tidak mengalami gangguan

j.        Lengkapnya sarana listrik di kelas

k.      Komputer dan printer tersedia sesuai kebutuhan

l.        Terkumpulnya dana dan selesainya pembangunan atau rehabilitasi mushola atau masjid

m.    Terkumpulnya dana dan terpenuhinya kebutuhan sarana kesenian

 

5.    Ketenagaan

a.       kompetensi guru meningkat

b.      terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung

c.       guru mampu menguasai teknik

d.      semua guru mengikuti pelatihan

e.       kesejahteraan guru dan karyawan lainnya meningkat

 

6.    Pembiayaan dan Pendanaan

a.       tersusunnya RKABM tepat waktu

 

7.    Peserta Didik

a.       jumlah siswa baru meningkat

b.      prestasi siswa dan Madrasah meningkat

c.       banyak siswa baru yang memiliki prestasi

d.      siswa dan orangtua merasa puas dengan bimbingan Madrasah

e.       Terjaringnya siswa baru yang berkualitas

 

8.    Peran serta Masyarakat

a.       Terbentuknya program kehumasan

b.      Terbentuknya komite yang sinergis dengan Madrasah dan memiliki kemauan dan perhatian yang lebih untuk kemajuan Madrasah

c.       Komite memahami tugas dan perannya

d.      Hubungan komite dan Madrasah berjalan secara Sinergi

e.       Komite selalu terlibat dalam program program yang dijalankan Madrasah

f.        Adaya pertemuan rutin dengan komite

g.      Lembaga masyarakat terlibat kerjasama dengan madrasah

 

9.      Lingkungan dan budaya Madrasah

a.       Terselesaikannya pembuatan pagar Madrasah

b.      Terselesaikannya terselesaikannya pembuatan taman Madrasah

c.       Tertanamnya kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga madrasah untuk menciptakan lingkungan yang nyaman

D.    KEGIATAN

            Kegiatan adalah tindakan tindakan yang akan dilakukan di dalam program. Kegiatan perlu dirumuskan dari setiap program dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga program dapat dicapai. Kegiatan bisa diambil dari alternatif pemecahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perumusan kegiatan dilakukan dengan cara membuat daftar kegiatan yang terkait dengan program tersebut. Kegiatan yang baik adalah yang mengarah pada pencapaian indikator keberhasilan yang telah dirumuskan dan dapat diperkirakan biaya atau anggaran nya.

Berikut ini kami uraikan daftar kegiatan Madrasah per kategori :

1.      Kurikulum dan Pembelajaran

a.       Pelatihan pembuatan K13

b.      Pelaksanaan pembuatan K13

c.       Mengadakan MGMP internal dan eksternal

d.      Mengadakan workshop internal kompetensi guru

e.       Pengadaan literatur tambahan

f.        Mengikutsertakan guru dalam lomba-lomba

g.      Pelatihan PTK

h.      Pengadaan buku-buku tambahan

i.        Penugasan studi literatur di perpustakaan

j.        Mengikutsertakan guru dan atau mengadakan kegiatan pelatihan kecakapan hidup

 

2.      Administrasi dan Manajemen Madrasah

a.       Rapat koordinasi guru dan karyawan

b.      Pengadaan administrasi guru

c.       Pengadaan administrasi t/madrasah

d.      Pelatihan pembuatan administrasi

 

3.      Organisasi dan Kelembagaan

a.       Sosialisasi dan dan pembinaan pentingnya disiplin kerja

b.      Raker pembuatan peraturan Madrasah

c.       Penerapan peraturan Madrasah

d.      Meningkatkan intensitas komunikasi dengan stakeholder peningkatan kerjasama dengan stakeholder

e.       Menjajaki kerjasama dengan lembaga lain

 

4.      Sarana dan Prasarana

a.       Pengerjaan pembangunan ruang wakasek

b.      Pengerjaan pembangunan ruang multimedia

c.       Penggantian/perbaikan perabot rusak

d.      Pendataan kebutuhan pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi fasilitas penunjang perpustakaan

e.       Pendataan kebutuhan, pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana Lab IPA

f.        Pengadaan lab komputer dan perlengkapannya

g.      Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan penggunaannya

h.      Pengajuan perbaikan jaringan listrik

i.        Pengajuan dan pemasangan komputer dan printer serta peralatannya

j.        Pembuatan panitia Rehab, pembuatan proposal, pencarian dana dan pelaksanaan pembangunan

k.      Pendataan, pembuatan proposal, pencarian dana dan pemenuhan kebutuhan sarana kesenian

 

5.      Ketenagaan

a.       Pelatihan komputer

b.      Pengajuan tambahan tenaga pendukung

c.       Pencarian informasi pelatihan dan mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan peningkatan mutu

d.      Pelatihan materi bagi guru

e.       Mengikutsertakan guru dalam pelatihan kompetensi guru

f.        Mengupayakan peningkatan kesejahteraan guru

 

6.      Pembiayaan dan pendanaan

a.       Peningkatan pembiayaan madrasah untuk meningkatkan kualitas pelayanan Madrasah

b.      Sosialisasi program Madrasah dan pentingnya partisi spasi masyarakat dalam pembiayaan dan pendanaan program Madrasah tersebut

c.       Penyusunan RKAM

7.      Peserta Didik

a.       Menyiapkan perangkat tes seleksi masuk yang berbobot

b.      Seleksi masuk bagi siswa baru

c.       Meningkatkan kualitas bimbingan dan penyuluhan

d.      Peningkatan prestasi akademik Peningkatan Prestasi non akademik

 

8.      Peran serta Masyarakat

a.       Penyusunan program kehumasan

b.      Mengundang semua orang tua siswa

c.       Membentuk atau mengukuhkan pengurus komite Madrasah

d.      Sosialisasi program Madrasah

e.       Menciptakan hubungan yang harmonis antara komite dan Madrasah

f.        Melibatkan komite dalam program-program madrasah

g.      Pertemuan dengan komite

h.      Menjalin kerjasama dengan lembaga masyarakat

 

9.      Lingkungan dan Budaya Madrasah

a.       Selesainya pembuatan pagar Madrasah

b.      Selesainya pembuatan taman sekolah

c.       Tertanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga madrasah untuk menciptakan lingkungan yang aman

E.     JADWAL KEGIATAN

Jadwal adalah alokasi waktu suatu program dan kegiatan tertentu yang akan dilaksanakan. Tujuan penyusunan jadwal program dan kegiatan ini adalah untuk mempermudah pelaksanaan dalam menentukan urutan kegiatan dan mengatur penggunaan sumber daya dan dana yang dimiliki Madrasah. Dengan demikian alur kegiatan dan keuangan Madrasah dapat dikontrol dengan lebih efektif.

Berikut ini kami Tampilkan kegiatan madrasah:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


RENCANA KERJA TAHUNAN (RKT)

MA MA’ARIF CILACAP TENGAH

TAHUN 2020/2021

 

NO

KEGIATAN

BULAN

PROSENTASE KETERCAPAIAN

JULI

AGS

SEPT

OKT

NOV

DES

JAN

FEBR

MARET

APRIL

MEI

JUNI

1

Pembagian tugas guru dan karyawan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Mengadakan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat siswa yang melibatkan masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Sosialisasi kurikulum kepada semua warga madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Kurikulum madrasah yang terintegrasi dalam silabus setiap mapel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

pengadaan buku teks pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemanfaatan sumber belajar di luar madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melakukan supervisi dan evaluasi kepada semua guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peningkatan kualitas siswa dalam prestasi dan kompetensi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memotivasi siswa dalam kegiatan pengembangan diri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

penambahan lokal baru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penambahan komputer/laptop

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

guru minimal berijazah S1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tata usaha minimal berijazah S1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mereviu visi misi Madrasah setiap tahun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosialisasi KKM kepada seluruh warga Madrasah dan merevisi secara berkala

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Evaluasi pelaksanaan program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perumusan RAPBM melibatkan komite

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyusunan rencana keuangan Madrasah secara transparan, efisiensi dan akuntabel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosialisasi KKM kepada siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melakukan remidi berdasarkan analisa penilaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

penambahan toilet siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI