contoh RKT ( Rencana Kerja Tahunan ) MA
RENCANA KERJA TAHUNAN
(RKT)
MA MA’ARIF CILACAP TENGAH
Alamat Madrasah
Jl. Nusadadi RT 03/11 kutawaru
Cilacap Tengah 53225 HP.082242473131
RENCANA KERJA TAHUNAN
(RKT)
MA MA’ARIF CILACAP TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Disusun Olek Kelompok Kerja Penyusun RKJM
Madrasah Aliyah Ma’arif Cilacap Tengah Kecamatan Cilacap Tengah
Yang terdiri dari :
|
No |
Nama |
Jabatan |
Tanda Tangan |
|
1. |
Muhammad Mustahir, S.Pd.I |
Penanggungjawab |
|
|
2. |
Umi Chabibah, S.Pd |
Ketua |
|
|
3. |
Nofiyatun, S.Pd |
sekretaris |
|
|
4. |
Nahlul Fariki |
Anggota |
|
|
5. |
Imam Abadan Taufik |
Anggota |
|
Cilacap Tengah,
10 Juli 2020
Kepala Madrasah Ketua
Tim Penyusun RKJM
Muhammad Mustahir, S.Pd.I Umi
Chabibah, S.Pd
Mengetahui,
Pengawas Madrasah Komite
Sekolah
Mardiyo, S.Pd., M.Pd. Memed
Zaeni
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjaskan Kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan segala Rahumat dan lidayahnya kepada kami semua, schingga kami
dapat menyusun dan menyelesaikan Rencana Kerja Tahunan (RKD) MA Macarif Cilacap
Tengah, untuk jangka menengah dan jangka panjang.
Kami semua menyadari bahwa RKT MA Macarif Cilacap Tengah yang kami
susun masih sangat jauh dari sempurna, untuk itu dengan penuh kerendahan hati
kami mengharapkan masukan, kritik maupun saran dari bertagai pihak yang
berkompelen dan berkcpentingan lerhadap kemajuan pendidikan. khususnya di MA
Mazarif Cilacap Tengah, untuk perbaikan penyusunan RKT di masa yang akan
datang.
Tak hupa kami mengucapkan hanyak terima kasib kepada semua pihak
yang telah ikut mehuangkan waktu, tenaga atau sumbangan pemikiranpemikirannya
dalam proses penyusunan RKT MA Masarif Cilacap Tengah ini
Akhimnya kami berharap semoga RKT ini dapat menjadi pedoman
penyelenggaraan pendidikan di MA Macarif Cilacap Tengah untuk Tahun
Peclajaran 2019/2020 dan juga untuk karun waktu 1 (tahun) ke depan,
schingga
Visi dan Misi MA Maarif Cilacap Tengah dapat dicapai/di wujudkan
dengan baik semua semoga
Cilacap.
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
Halanan
Judul...........................................................................................................i
Halaman
Pengesahan..............................................................................................ii
Kata
Pengantar ......................................................................................................iii
Daftar
Isi................................................................................................................iv
BAB
I: PENDAHULUAN......................................................................................1
A.
Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya Madrasah.............................................1
B.
Tujuan dan Manfat RKM....................................................................................1
C.
Landasan Hukum................................................................................................2
BAB
II: VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
A.
Visi Madrasah....................................................................................................3
B.
Misi Madrasah....................................................................................................3
C.
Tujuan Madrasah................................................................................................3
BAB
III: PROFIL MADRASAH...........................................................................5
BAB
IV: HARAPAN..............................................................................................8
BAB
V: PROGRAM KERJA MADRASAH.......................................................11
A.
Sasaran..............................................................................................................11
B.Program..............................................................................................................11
C.
Indikator Keberhasilan.....................................................................................13
D.
Kegiatan ..........................................................................................................15
E.
Jadwal Kegiatan ...............................................................................................17
F.
Penanggung Jawab ...........................................................................................19
BAB
VI: RENCANA ANGGARAN MADRASAH............................................28
BAB VII: PENUTUP ............................................................................................59
Kesimpulan ..........................................................................................................59
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang dan sejarah berdirinya Ma'arif Cilacap Tengah
Cilacap Tengah
Madrasah MA
Ma’arif Cilacap Tengah Kecamatan Cilacap Tengah didirikan pada tahun 2019
berlokasi di Jalan nusadadi RT 03 RW 11 kutawaru Kecamatan Cilacap Tengah.
Madrasah ini didirikan dalam upaya menyediakan pendidikan masyarakat di sekitar
Kecamatan Cilacap Tengah yang tidak terjangkau oleh masyarakat selain yang
telah ada.
Tahun demi
tahun Ma Ma'arif Cilacap Tengah selalu mengalami perkembangan kemajuan baik
dari segi kualitas maupun kuantitas dari segi kualitas bisa diukur dari status
akreditasi madrasah yang meningkat terus (terakhir status akreditasi dengan
nilai .....-....), prestasi akademik
maupun non akademik dari siswa-siswinya serta fasilitas pendukung kegiatan
belajar mengajar di Madrasah dan lain sebagainya.
Dalam kiprahnya
di dunia pendidikan, mulai dari sejak berdirinya sampai dengan saat ini tahun
2020 telah berhasil mengukir banyak prestasi terutama pada lingkup kecamatan
dan kabupaten baik prestasi akademik maupun non akademik.
Dengan semakin
majunya Madrasah pada khususnya dan majunya dunia pendidikan pada umumnya
menyusun perencanaan atau program madrasah untuk jangka waktu yang akan datang
merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi untuk hal tersebut
Madrasah mencoba menyusun rencana kerja madrasah atau RKM untuk jangka menengah
dengan harapan kegiatan-kegiatan rutin Madrasah dan kegiatan pengembangan madrasah
dapat lebih terprogram dan jelas arah tujuannya.
B.
Tujuan dan Manfaat RKT
1.
Manfaat
Penyusunan RKT
penyusunan RKT merupakan suatu hal
yang sangat penting karena RKT dapat digunakan sebagai :
1.1.
Pedoman
kerja atau kerangka acuan dalam mengembangkan madrasah
1.2.
Dasar
untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan Madrasah serta
1.3.
Bahan
acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumberdaya pendidikan yang
diperlukan untuk pengembangan Madrasah.
2.
Tujuan
penyusunan RKT
Tujuan utama penyusunan RKT adalah
agar Madrasah dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus
dilakukan agar tujuan kewajiban dan sasaran pengembangan Madrasah dapat dicapai.
RKT juga menjamin bahwa semua program dan kegiatan yang dilakukan untuk
mengembangkan Madrasah sudah memperhitungkan harapan-harapan pemangku
kepentingan dan kondisi nyata madrasah. Oleh karena itu proses penyusunan RKT
harus melibatkan semua pemangku kepentingan.
Ciri-ciri Rencana Kerja Madrasah (RKT)
yang baik adalah:
1)
Terintegrasi, yakni mencakup perencanaan keseluruhan program yang akan
dilaksanakan oleh Madrasah
2)
Multi
tahun, yaitu mencangkup periode 4 tahun.
3)
Dimutakhirkan artinya setiap tahun terus diperbaharui Sesuai dengan perkembangan
terakhir tempat.
4)
Multi
sumber, yaitu mengiden yaitu mengindikasikan jumlah
dan sumber dana masing-masing program misalnya dari bos APBD Kabupaten
sumbangan dari masyarakat atau sumber lainnya
5)
Disusun
secara partisipatif oleh kepala madrasah Madrasah, komite
madrasah, madrasah dan dewan pendidik dengan melibatkan pemangku kepentingan
lainnya.
6)
Pelaksanaannya
dimonitor oleh komite madrasah atau Madrasah dan pemangku kepentingan
yang lainnya.
C.
Landasan Hukum
a.
Undang-undang
nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dalam pasal 8 dan 48
b.
Peraturan
Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan dalam pasal
49 dan 53
c.
Permendiknas
nomor 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan dalam angka 4 poin 1
dan 2
d.
Kepmendiknas
129a tahun 2004 tentang standar pelayanan minimal bidang pendidikan.
BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
A.
Visi Madrasah
Visi Madrasah adalah imajinasi moral
yang dijadikan dasar atau rujukan dalam mencantumkan tujuan atau keadaan masa
depan madrasah yang secara khusus diharapkan oleh madrasah. Visi madrasah
merupakan turunan dari visi Kementerian Agama yang dijadikan dasar atau rujukan
untuk merumuskan misi,. Tujuan sasaran untuk mengembangkan Madrasah dan masa
depan yang diimpikan dan terus terjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya.
Adapun visi Madrasah Aliyah Ma'arif
Cilacap Tengah : “ UNGGUL DALAM PENDIDIKAN DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”.
B.
Misi
1.
Menciptakan
peserta didik yang berakhlakul kharimah
2.
Mencetak
generasi yang religius, toleran dan berintelektual
3.
Melaksanakan
pembelajaran yang berkualitas, dinamis dan kompenten dalam usaha mencerdaskan
tunas bangsa agar beriman, bertaqwa dan berbudaya.
C.
Tujuan Madrasah
Dengan
berpedoman pada visi dan misi yang telah dirumuskan serta kondisi di madrasah,
maka dapat dijabarkan tujuan jangka menengah sebagai berikut:
1.
Menghasilakan
peserta didik yang berakhlakul kharimah
2.
Menyiapkan
lulusan yang memiliki keterampilan dan teknologi sebagai bekal memasuki
perguruan tinggi serta dunia kerja;
3.
Mewujudkan
peserta didik yang memiliki jiwa menghargai dan menghormati antar warga di
lingkungan sekitarnya.
4.
Mewujudkan
tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional;
5.
Memberikan
pelayan prima di bidang intrakulikuler dan cktrakulikuler
D.
Rencana Strategis
Sasaran Madrasah pada tahun
pelajaran 2020/2021 sebagai berikut:
1.
Madrasah
memiliki standar kurikulum tingkat satuan pendidikan atau KTSP kurikulum 2013
Sesuai dengan standar nasional pendidikan.
2.
Madrasah
memiliki perangkat pembelajaran lengkap yang meliputi kalender pendidikan
program tahunan program semester Silabus dan lain-lain untuk semua tingkat
kelas.
3.
PAKEM
mampu dilaksanakan dan dirasakan manfaat oleh warga belajar.
4.
Madrasah
mampu mengembangkan strategi penilaian.
5.
Madrasah
memiliki standar pengembangan bahan dan sumber pembelajaran
6.
Madrasah
memiliki model pembelajaran bagi siswa berprestasi dan siswa yang menghadapi
kesulitan belajar.
7.
Madrasah
dapat meningkatkan profesionalisme dalam kinerja sebagai tenaga edukatif
8.
Pencapaian
hasil rata-rata ujian nasional minimal memenuhi standar kelulusan
9.
Madrasah
mampu Meningkatkan kedisiplinan siswa.
10.
Madrasah
mampu mengembangkan prestasi non akademik siswa melalui kegiatan
ekstrakurikuler
11.
Madrasah
mampu mengembangkan kompetensi kepada kepala madrasah guru dan karyawan
Madrasah sesuai dengan tugas dan keahliannya
12.
Madrasah
mampu mengembangkan sistem monitoring dan evaluasi kinerja ketenagaan
13.
Madrasah
mampu mengoptimalkan penggalangan dana dari orang tua atau wali siswa
14.
Madrasah
mampu memberdayakan fasilitas dan potensi Madrasah
15.
Madrasah
mampu mengadakan dan merawat perpustakaan laboratorium komputer laboratorium
IPA, UKS, dapur dan lapangan olahraga.
16.
Madrasah
mampu mengadakan dan menginventarisir sarana pendidikan
17.
Madrasah
mampu memenuhi atau melengkapi kebutuhan media pembelajaran
18.
Madrasah
mampu menciptakan/ mengembangkan kondisi lingkungan madrasah yang aman nyaman
dan menyenangkan.
19.
Madrasah
memiliki pengembangan administrasi Madrasah
20.
Madrasah
mampu mencapai SPM atau standar pelayanan minimal
BAB III
PROFIL MADRASAH
Profil Madrasah merupakan gambaran
yang jelas dan rinci tentang kondisi Madrasah saat ini Serta perbandingannya
dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan profil Madrasah ini maka bisa diketahui
bagian-bagian yang mengalami perbaikan atau peningkatan bagian yang masih
tetap, dan bagian yang mengalami penurunan dibandingkan dengan kondisi Madrasah
pada tahun-tahun sebelumnya. Dalam profil Madrasah ini terdapat sembilan
komponen/ kategori, yang akan diuraikan sebagai berikut:
1.
kurikulum
dan pembelajaran
1.1
Madrasah
belum mempunyai dokumen KTSP atau K13 secara lengkap ( baru 80% )
1.2
Setiap
guru memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran
1.3
Silabus
revisi Madrasah belum terbentuk
1.4
Hampir
60% sudah mengajar sesuai Pakem pembelajaran aktif kreatif efektif dan
menyenangkan
1.5
60%
guru sudah melakukan proses penilaian secara integral komprehensif
1.6
Perlunya
peningkatan peran atau keterlibatan komite
1.7
kegiatan
pembelajaran sudah berjalan tetapi administrasi belum lengkap satu.
1.8
Literatur
standar Sudah dimiliki Madrasah sebagai pegangan guru
1.9
Pelaksanaan
KBM baik dan sesuai ketentuan, muatan lokal sesuai dengan kondisi.
1.10
60 %
guru menggunakan media alat peraga dan
atau alat bantu yang disesuaikan dengan materi
1.11
Rasio
jumlah buku sesuai dengan jumlah siswa
1.12
guru
menggunakan buku sesuai yang digunakan siswa
1.13
Guru
belum melakukan PTK
1.14
Madrasah
mempunyai jadwal pelajaran dan jadwal remedial sesuai mata pelajaran
1.15
Madrasah
belum memiliki perpustakaan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran
1.16
Madrasah
sudah melaksanakan PBM keagamaan dengan praktek langsung
1.17
Madrasah
belum optimal dalam melaksanakan pendidikan kecakapan hidup secara optimal
1.18
Madrasah
kurang memiliki kesempatan untuk mengikutsertakan guru dalam mengikuti
pelatihan kecakapan hidup
1.19
Rata-rata
kehadiran guru 95%
1.20
Guru
melaksanakan evaluasi sebagai umpan balik guna perbaikan PBM
2.
Administrasi dan manajemen Madrasah
2.1
Madrasah
mempunyai program tetapi belum lengkap
2.2
Madrasah
memiliki peraturan untuk memberikan penghargaan dan sanksi tetapi belum optimal
2.3
Laporan
akhir tahun pelajaran yang lalu ada dan baik
2.4
Program
kerja kepala madrasah lengkap
2.5
Kepala
madrasah melakukan evaluasi terhadap program yang telah dibuat
2.6
Kepala
madrasah melibatkan semua pihak dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan
pengembangan Madrasah
2.7
Madrasah
memiliki program pembinaan guru
2.8
Madrasah
memiliki catatan surat masuk dan keluar
2.9
Madrasah
memiliki administrasi yang masih kurang lengkap
3.
Organisasi dan kelembagaan
3.1
dokumen
dan bagan Madrasah lengkap
3.2
Madrasah
memiliki peraturan khusus di luar Peraturan Pemerintah
3.3
Madrasah
melakukan kerjasama dengan lembaga kependidikan dan non kependidikan kan
lainnya dalam peningkatan mutu pendidikan
4.
sarana dan prasarana
4.1
Madrasah
telah memiliki tanah dan bangunan yang memadai
4.2
Madrasah
belum mempunyai ruang wakil kepala madrasah
4.3
Madrasah
belum memiliki ruang multimedia
4.4
Kondisi
bangunan Madrasah baik
4.5
Fasilitas
ruangan dan perabotan yang ada 80% dalam kondisi baik
4.6
Tidak
tersedia fasilitas ruang dan penunjang perpustakaan yang lengkap
4.7
Kelengkapan
alat laboratorium tidak ada
4.8
Madrasah
belum memiliki komputer
4.9
Madrasah
memiliki instalasi listrik dan akses jalan yang kurang baik
4.10
Madrasah
memiliki sarana air bersih baik
4.11
Ruangan
di Madrasah mempunyai sanitasi yang baik 4.12 sarana tempat sampah masih kurang
4.12
WC
guru dan siswa belum sesuai rasio 4.14 kondisi WC rusak
4.13
Madrasah
memiliki sarana penunjang administrasi
4.14
Madrasah
memiliki sarana olahraga, dan belum memiliki sarana kesenian dan keagamaan Semua
komponen terlibat dalam membantu manajemen sarana dan prasarana
5.
Ketenagaan
5.1
75%
guru S1 dan mempunyai kelayakan mengajar
5.2
60%
guru mengajar sesuai bidangnya, yang tidak sesuai mengikuti pelatihan agar
memiliki kemampuan sesuai bidang studi yang diajarkan
5.3
Tenaga
penunjang belum memadai tidak adanya tenaga teknis laboran
5.4
Madrasah
memberikan penghargaan kinerja karyawan dengan memberikan kesempatan dan
kepercayaan untuk berkembang.
5.5
Manajemen
ketenagaan dilakukan dengan peran serta guru kepala madrasah, komite dan
pendidik
5.6
Madrasah
memberikan kesempatan mengembangkan karir bagi tenaga non guru
5.7
Kemampuan
guru dalam mengoperasikan komputer baru 50%
6.
Pembiayaan dan Pendanaan
6.1
Pembiayaan
diperoleh dari partisipasi masyarakat dan pemerintah
6.2
Alokasi
dana untuk peningkatan mutu masih kurang
6.3
Madrasah
dengan anggaran terbatas untuk program peningkatan mutu guru
6.4
Madrasah
belum optimal dalam pemberian Beasiswa bagi siswa berprestasi dan keluarga
miskin
6.5
RKAM
(Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah) dalam 3 tahun terakhir terealisasi
dengan baik
6.6
Alokasi
sudah direalisasi
6.7
Manajemen
pengelolaan keuangan baik dan terbuka
6.8
Madrasah
melaksanakan program dan SPJ dengan baik
7.
Peserta didik
7.1
Madrasah
menampung lulusan SMP dan MTs di sekitar Madrasah dan daerah lainnya
7.2
Madrasah
memberikan bantuan berupa subsidi silang dan pembebasan biaya Madrasah
7.3
Madrasah
melakukan bimbingan bagi siswa yang kurang siap
7.4
Madrasah
memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya melalui
pengembangan diri
7.5
Manajemen
peserta didik dilaksanakan di Madrasah dengan baik
7.6
Proses
PPDB dilaksanakan dengan baik
7.7
Penerimaan
siswa Sesuai rombel yang ada
7.8
Persentase
kehadiran siswa di atas 90%
7.9
Angka
Drop Out 0%
7.10
Siswa
mengulang 0 persen
7.11
80%
siswa melanjutkan ke jenjang lebih tinggi
7.12
Siswa
Ma Ma'arif yang baru berprestasi di tingkat kecamatan dan Kabupaten
7.13
Program
pengembangan minat bakat dan kreativitas belum optimal
7.14
Madrasah
sudah membuat program layanan bimbingan konseling
7.15
Rata-rata
nilai siswa sesuai standar KKM yang telah ditentukan
7.16
Rata-rata
nilai UN dan ujian Madrasah di atas rata-rata standar minimal kelulusan
7.17
Prosentase
kelulusan 100%
8.
Peran serta masyarakat
8.1
Madrasah
belum optimal melibatkan orang tua dalam penyusunan program Madrasah
8.2
Pekerjaan
orang tua mayoritas petani/buruh/pedagang dan lain-lain
8.3
Penghasilan
mayoritas orang tua dibawah Rp1.000.000
8.4
Mayoritas
orang tua berada di kelompok ekonomi lemah
8.5
Pemahaman
komite Madrasah cukup baik dan perlu ditingkatkan
8.6
Keorganisasian
komite yang ada sudah cukup baik
8.7
Fungsi
dan peran komite Madrasah sebagai pemberi pertimbangan sudah berjalan baik
8.8
Dukungan
komite cukup baik
8.9
komite
Madrasah telah melaksanakan fungsi pengontrol
8.10
Komite
Madrasah telah melaksanakan fungsi penghubung
8.11
Komite
Madrasah telah melaksanakan fungsi fasilitator pengembangan Madrasah
8.12
Madrasah
telah memberikan bantuan untuk pengembangan madrasah walaupun masih sangat
kurang
8.13
Hubungan
masyarakat dengan Madrasah berjalan baik
9.
Lingkungan dan budaya madrasah
9.1
seluruh
warga Madrasah belum optimal menjaga lingkungan Madrasah
9.2
Madrasah
belum memiliki pagar dan taman madrasah yang berguna sebagai peningkatan
kenyamanan dan keamanan
9.3
Madrasah
perlu Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dalam mengembangkan kegiatan.
Profil Madrasah di atas telah kami
usahakan penyusunannya dilakukan dengan seksama dance objektif mungkin Besar
harapan kami, tentunya informasi yang ada dalam profil Madrasah ini berguna
untuk membantu kami selaku pemangku kepentingan dalam menyusun Rencana Kerja Jangka
Menengah yang didasari pada kondisi nyata Madrasah kami.
BAB IV
HARAPAN
Setelah profil Madrasah kami susun,
maka gambaran kondisi Madrasah bisa diketahui dengan jelas bagian-bagian yang
mengalami perbaikan atau peningkatan, bagian yang masih tetap dan bagian yang
mengalami penurunan di bandingkan dengan kondisi Madrasah pada tahun-tahun
sebelumnya. Kondisi nyata madrasah yang diuraikan pada bab sebelumnya menjadi
sumber gagasan bagi kami untuk penyusunan harapan-harapan yang dapat membuat
keberadaan Madrasah ini menjadi lebih baik dan mengalami peningkatan di
berbagai bidang.
Berikut ini kami Uraikan
harapan-harapan perkomponen/kategori berdasarkan kondisi nyata yang ada di
Madrasah kami.
1.
Kurikulum dan Pembelajaran
1.1.
Dokumen
KTSP ada
1.2.
Seluruh
komponen Madrasah memahami KTSP
1.3.
Dokumen
silabus Madrasah ada
1.4.
Dokumen
RPP ada dan dibuat oleh sendiri
1.5.
60%
guru mengajar sesuai Pakem
1.6.
Dipertahankan
sistem evaluasi yang telah berjalan
1.7.
Dipertahankan
peran guru dan kepala madrasah dan ditingkatkannya peran komite Madrasah
1.8.
Kegiatan
ekstrakurikuler berjalan dengan dilengkapi administrasi yang baik
1.9.
Literatur
untuk guru perlu ditambah untuk meningkatkan metode dan pengetahuan guru.
1.10.
Pelaksanaan
tetap berjalan dengan baik sesuai ketentuan
1.11.
Rasio
buku dan siswa tetap sesuai dengan jumlah siswa
1.12.
Kesesuaian
buku guru dan siswa tetap dijaga baik agar proses KBM baik
1.13.
Jadwal
pelajaran dan jadwal remedial tetap pada
1.14.
60%
siswa memanfaatkan perpustakaan untuk menunjang kegiatan pembelajaran
1.15.
Kegiatan
PBM ke agamaan berjalan dengan baik dengan lebih mengefektifkan pada praktek
1.16.
Pemberian
materi kecakapan hidup di setiap pembelajaran
1.17.
Semua
guru memahami kecakapan hidup bagi siswanya
1.18.
Kehadiran
guru di atas 95%
1.19.
Guru
memahami prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas
2.
Administrasi dan Manajemen Madrasah
2.1
Program
Madrasah ada dan baik
2.2
Peraturan
ada dan dilaksanakan dengan baik
2.3
Laporan
akhir tahun selalu ada
2.4
Program
kepala madrasah selalu ada
2.5
Evaluasi
kerja tetap ada
2.6
Kinerja
kepala madrasah semakin baik
2.7
Keterlibatan
semua pihak dalam pengembangan Madrasah
2.8
Catatan
surat masuk keluar selalu ada
2.9
Administrasi
Madrasah ada dan lengkap
3.
Organisasi dan Kelembagaan
3.1
Dokumen
dan bagan Madrasah selalu ada
3.2
Peraturan
khusus selalu ada
3.3
Perlu
dilakukan peningkatan kerjasama dengan lembaga lain
4.
Sarana dan Prasarana
4.1
tanah
dan bangunan tetap ada dan kondisi baik
4.2
Adanya
ruang wakil kepala madrasah
4.3
Diharapkan
tersedia ruang multimedia yang baik
4.4
Kondisi
Madrasah tetap baik
4.5
70%
fasilitas ruangan ada, lengkap dan baik
4.6
Fasilitas
penunjang perpustakaan lengkap
4.7
Laboratorium
IPA yang lengkap
4.8
Laboratorium
komputer diharapkan ada serta
4.9
Madrasah
memiliki instalasi listrik yang baik dan akses jalan yang baik
4.10
Sarana
air bersih tetap baik
4.11
Sanitasi
yang baik dipertahankan
4.12
Tempat
sampah ada
4.13
WC
guru dan murid ada dengan kondisi dan sesuai rasio
4.14
Sarana
penunjang administrasi ditambah
4.15
Sarana
yang ada perlu diperluas dan ditambah
4.16
Keterlibatan
komponen Madrasah harus dijaga
5.
Ketenagaan
5.1
95%
guru S1
5.2
70%
guru mengajar sesuai bidang studi dan kelayakannya
5.3
Diadakannya
pelatihan kurikulum (KTSP)/ k13, PBM, metode mengajar dan pengembangan sistem
penilaian
5.4
Seluruh
tenaga pendukung ada
5.5
Pembinaan
guru selalu dilakukan
5.6
Pemberian
penghargaan selalu ada
5.7
Pengembangan
karir bagi non guru selalu ada
5.8
Guru
Mampu mengoperasikan komputer
6.
Pembiayaan dan Pendanaan
6.1
pembiayaan
Madrasah ditingkatkan
6.2
Alokasi
dana untuk peningkatan mutu meningkat
6.3
Meningkatkan
anggaran untuk program peningkatan mutu guru
6.4
Pemberian
beasiswa lebih banyak
6.5
RKAM
selalu realisasi dengan baik
6.6
Adanya
peningkatan RKM
6.7
Manajemen
keuangan ada dengan baik
7.
Peserta didik
7.1
Madrasah
menampung lulusan SMP dan MTs sederajat
7.2
Madrasah
tetap membantu siswa yang kurang mampu
7.3
Adanya
pembimbingan bagi siswa yang kurang siap
7.4
Adanya
pengembangan diri bagi siswa untuk mengembangkan bakat
7.5
Adanya
manajemen pengelolaan peserta didik yang baik
7.6
Proses
PPDB tetap baik
7.7
Penerimaan
siswa tetap sesuai rombel
7.8
Persentase
kehadiran siswa 100%
7.9
Angka
Drop Out 0%
7.10
angka
mengulang 0%
7.11
80%
siswa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
7.12
Prestasi
dipertahankan dan ditingkatkan sampai ke tingkat nasional
7.13
Program
pengembangan siswa belum berjalan secara optimal
7.14
Optimalisasi
pelayanan BK
7.15
Adanya
peningkatan nilai KKM
7.16
Nilai
UN dan us meningkat minimal di atas rata-rata standar kelulusan
7.17
Persentase
kelulusan 100%
8.
Peran Serta Masyarakat
8.1
Adanya
keterlibatan secara optimal dari orangtua dalam penyusunan program Madrasah
8.2
Pekerjaan
orang tua heterogen
8.3
Penghasilan
orang tua lebih baik
8.4
Komite
Madrasah Lebih memahami perannya
8.5
Komposisi
komite yang ideal
8.6
Adanya
penjadwalan pertemuan dengan komite
8.7
Fungsi
dan peran sebagai pemberi pertimbangan berjalan
8.8
Dukungan
komite optimal
8.9
Komite
Madrasah optimal dalam melakukan pengontrolan
8.10
Komite
Madrasah optimal dalam melakukan penghubung
8.11
Komite
Madrasah optimal dalam melakukan fasilitator
8.12
Adanya
peran serta masyarakat dalam pengembangan madrasah
8.13
Hubungan
Madrasah dengan masyarakat berjalan baik
9.
Lingkungan dan budaya Madrasah
9.1
Lingkungan
Madrasah semakin aman dan tindakan pencurian dapat dihindari
9.2
Warga
Madrasah berperan optimal menjaga lingkungan Madrasah
Dengan harapan-harapan tersebut maka
dapat memberi arah bagi kami untuk menjadikan madrasah ini seperti apa dalam 4
tahun mendatang. Harapan yang kami buat ini berdasarkan pertimbangan yang cukup
matang mengenai bagian-bagian yang dianggap penting dan menjadi prioritas
perhatian kami.
Harapan ini tidak hanya sebagai
harapan kami sebagai penyedia layanan, tetapi juga pengguna layanan yang
mengacu pada visi dan misi serta tujuan madrasah dan bersifat realistis, sesuai
dengan kondisi dan kemampuan madrasah Untuk menjangkau harapan tersebut, dengan
maksud untuk melakukan peningkatan/perbaikan madrasah (school improvement)
BAB V
PROGRAM STRATEGIS
A.
SASARAN
Sasaran adalah tantangan utama yang
akan dicapai madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan
faktor kesiapan Madrasah. Penetapan sasaran Madrasah ini bertujuan untuk
dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam
waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah
dirumuskan.
Berikut ini kami Uraikan sasaran
program kerja madrasah per kategori:
1.
Kurikulum
dan Pembelajaran.
a.
Guru
paham tentang ktsp/k13
b.
Tersedianya
dokumen ktsp/k13 seluruh mata pelajaran
c.
Guru
mampu membuat silabus Madrasah sesuai standar isi
d.
Guru
paham dan mampu membuat PTK
e.
Meningkatkan
minat baca dan pengetahuan guru
f.
Meningkatnya
minat baca siswa
g.
Pembelian
buku sebagai literatur tambahan
h.
Perpustakaan
yang representative
i.
Guru
paham tentang kecakapan hidup
2.
Administrasi
dan manajemen madrasah
a.
Administrasi
guru lengkap
b.
Administrasi
TU lengkap
3.
Organisasi
dan kelembagaan
a.
Peningkatan
disiplin kerja karyawan dalam kurung, kepsek, guru , dan TU dan disiplin siswa
b.
Peraturan
Madrasah tersedia dan terlaksana dengan baik
c.
Terjalinnya
kerjasama dengan stakeholder
4.
Sarana
dan Prasarana
a.
Tersedianya
ruang wakasek
b.
Tersedianya
ruang multimedia
c.
Tersedianya
fasilitas ruang yang baik dan lengkap
d.
Fasilitas
penunjang perpustakaan lengkap
e.
Sarana
dan prasarana laboratorium IPA dan komputer yang lengkap
f.
Jaringan
listrik dalam keadaan baik
g.
Kebutuhan
komputer dan printer terpenuhi
h.
Terlaksananya
rehabilitasi ruang kelas koma-koma dan mushola
i.
sarana
kesenian lengkap
5.
ketenagaan
a.
Semua
guru mengikuti sertifikasi dan lolos sertifikasi
b.
Terpenuhinya
kebutuhan tenaga pendukung
c.
Guru
Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
d.
Semua
guru mengikuti pelatihan peningkatan materi pengetahuan
e.
Semua
guru pernah mengikuti pelatihan sehingga kualitasnya meningkat
f.
Kesejahteraan
guru dan karyawan lainnya meningkat
6.
Pembiayaan
dan Pendanaan
a.
Peningkatan
pembiayaan madrasah untuk meningkatkan kualitas pelayanan Madrasah
b.
Peningkatan
partisipasi masyarakat dalam pembiayaan dan pendanaan Madrasah
c.
Tersusunnya
RKAM tepat waktu
7.
Peserta
didik
a.
Meningkatnya
prestasi siswa dan Madrasah
b.
Siswa
baru yang berprestasi dan lebih berkualitas
c.
Pembimbingan
khusus bagi siswa bermasalah dapat dilakukan dengan lebih baik
8.
Peran
serta Masyarakat
a.
Tersedianya
program kehumasan
b.
Keterlibatan
komite Madrasah kembali aktif sesuai dengan fungsinya
c.
Hubungan
Madrasah dengan komite Madrasah lebih baik
d.
Terjadinya
kerjasama dengan lembaga masyarakat
9.
Lingkungan
dan Budaya Madrasah
a.
Pemagaran
Madrasah
b.
Pembuatan
taman Madrasah
c.
Menanamkan
kesadaran perlunya berpartisipasi masyarakat dan stakeholder madrasah untuk
terciptanya lingkungan yang aman.
B.
PROGRAM
Merumuskan program adalah
menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki
karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan.
Berikut ini kami uraikan program
Madrasah per kategori:
1.
Kurikulum
dan Pembelajaran
a.
Peraturan
waktu dan penggalangan dana
b.
Raker
pembuatan ktsp/k13 Silabus dan RPP
c.
Workshop
peningkatan kompetensi guru dan PTK
d.
Pengadaan
buku literatur
e.
Penambahan
buku-buku yang menarik
f.
Penugasan
literatur di perpustakaan
g.
Workshop
peningkatan pemahaman guru mengenai kecakapan hidup
2.
Administrasi
dan Manajemen Madrasah
a.
Pengadaan
administrasi guru dan TU
b.
Sosialisasi
pentingnya administrasi guru dan TU
c.
Latihan
dan pembinaan pembuatan administrasi yang baik
3.
Organisasi
dan Kelembagaan
a.
Sosialisasi
pentingnya disiplin kerja
b.
Penerapan
sanksi yang mendidik
c.
Pembuatan
peraturan Madrasah
d.
Penerapan
peraturan Madrasah
e.
Peningkatan
kerjasama dengan stakeholder
4.
Sarana
dan prasarana
a.
Pembangunan
ruang wakasek
b.
Pembangunan
ruang multimedia
c.
Pengadaan
perabot pengganti
d.
Perbaikan
perabot rusak
e.
Pendataan,
pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan fasilitas penunjang perpustakaan
f.
Pendataan
pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana laboratorium
IPA
g.
Pengajuan
tenaga lab IPA dan TIK dan pelatihan bagi tenaga lab IPA dan TIK
h.
Pengajuan
dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya
i.
Pengajuan
dan pelaksanaan perbaikan jaringan listrik
j.
Pendataan,
pengajuan, pemasangan, dan perawatan printer dan komputer
k.
Pembentukan
panitia pembuatan proposal, pencarian dana dan pelaksanaan rehabilitasi masjid
l.
Pendataan,
pembuatan proposal, pencarian dana dan pemenuhan sarana kesenian
5.
Ketenagaan
a.
Pelatihan
peningkatan kompetensi guru
b.
Identifikasi
kebutuhan tenaga pendukung
c.
Pelatihan
tik bagi guru
d.
Pencarian
informasi pelatihan dan peningkatan mutu guru
e.
Mengikutsertakan
guru dan karyawan dalam pelatihan peningkatan kompetensi
f.
Peningkatan
kesejahteraan guru dan karyawan lainnya
6.
Pembiayaan
dan Pendanaan
a.
Peningkatan
pembiayaan madrasah untuk meningkatkan kualitas pelayanan Madrasah
b.
Sosialisasi
program Madrasah dan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembiayaan dan
pendanaan program Madrasah tersebut
c.
Penyusunan
RKAS
7.
Peserta
didik
a.
Peningkatan
prestasi siswa dan Madrasah
b.
Sistem
Penjaringan siswa berprestasi
c.
Peningkatan
sistem seleksi
d.
Peningkatan
kualitas bimbingan dan penyuluhan.
8.
Peran
serta masyarakat
a.
Pembuatan
program kehumasan
b.
Membentuk
atau mengoptimalkan komite Madrasah
c.
Sosialisasi
program Madrasah dan peran komite
d.
Menciptakan
hubungan yang harmonis dengan komite
e.
Mengikutsertakan
komite dalam menjalankan program Madrasah
f.
Pertemuan
dengan komite Madrasah
g.
Kerjasama
dengan lembaga masyarakat
9.
Lingkungan
dan budaya Madrasah
a.
Pembuatan
pagar Madrasah
b.
Pembuatan
taman sekolah
c.
Menanamkan
kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga madrasah untuk terciptanya
lingkungan yang aman.
C.
INDIKATOR KEBERHASILAN
Indikator keberhasilan program adalah
ukuran yang digunakan untuk menilai Apakah program yang dirumuskan berhasil
atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai, maka program
dapat dikatakan berhasil, sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat
dicapai maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator harus ditentukan
agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya indikator
keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga
berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat bersifat
kuantitatif atau kualitatif yang penting dapat diukur dan dirumuskan secara
spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.
Berikut ini kami Uraikan indikator
keberhasilan program Madrasah per Kategori :
1.
Kurikulum
dan Pembelajaran
a.
Guru
memahami K13
b.
Tersedianya
dokumen K13 secara lengkap
c.
Guru
mampu membuat dokumen K13, terutama Silabus dan RPP
d.
Tersedianya
literatur tambahan
e.
Tersedianya
buku-buku yang menarik
f.
Adanya
guru yang berprestasi
g.
Guru
mampu melaksanakan PTK
h.
Jam
mengajar guru maksimal 24 jam
i.
Tersedianya
ruang perpustakaan yang luas dan representative
j.
Tersedianya
buku-buku menarik
k.
Jumlah
kunjungan siswa ke perpustakaan meningkat
l.
Guru
memahami kecakapan hidup
2.
Administrasi
dan Manajemen Madrasah
a.
Semua
guru memiliki administrasi yang baik
b.
Administrasi
ketatausahaan berjalan baik
c.
Sistem
kearsipan dapat dipahami oleh guru dan TU
3.
Organisasi
dan Kelembagaan
a.
Terselenggaranya
sosialisasi pentingnya disiplin kerja
b.
Peraturan
Madrasah terbentuk
c.
Peraturan
Madrasah dapat diterapkan dengan baik
d.
Seluruh
guru berperan dalam penegakan peraturan Madrasah
e.
Terjalinnya
kerjasama dengan lembaga lain
f.
Perhatian
stakeholder Madrasah meningkat
4.
Sarana
dan Prasarana
a.
Tersedianya
ruang wakasek
b.
Tersedianya
ruang multimedia
c.
Penggantian
dan perbaikan peralatan rusak
d.
Fasilitas
penunjang perpustakaan dilengkapi
e.
Sarana
dan prasarana laboratorium IPA dilengkapi
f.
Guru
mampu menggunakan lab bahasa
g.
Laboran
terampil menggunakan lab bahasa
h.
Terpasangnya
jaringan internet dan penggunaannya yang sesuai
i.
Jaringan
listrik tidak mengalami gangguan
j.
Lengkapnya
sarana listrik di kelas
k.
Komputer
dan printer tersedia sesuai kebutuhan
l.
Terkumpulnya
dana dan selesainya pembangunan atau rehabilitasi mushola atau masjid
m.
Terkumpulnya
dana dan terpenuhinya kebutuhan sarana kesenian
5.
Ketenagaan
a.
kompetensi
guru meningkat
b.
terpenuhinya
kebutuhan tenaga pendukung
c.
guru
mampu menguasai teknik
d.
semua
guru mengikuti pelatihan
e.
kesejahteraan
guru dan karyawan lainnya meningkat
6.
Pembiayaan
dan Pendanaan
a.
tersusunnya
RKABM tepat waktu
7.
Peserta
Didik
a.
jumlah
siswa baru meningkat
b.
prestasi
siswa dan Madrasah meningkat
c.
banyak
siswa baru yang memiliki prestasi
d.
siswa
dan orangtua merasa puas dengan bimbingan Madrasah
e.
Terjaringnya
siswa baru yang berkualitas
8.
Peran
serta Masyarakat
a.
Terbentuknya
program kehumasan
b.
Terbentuknya
komite yang sinergis dengan Madrasah dan memiliki kemauan dan perhatian yang
lebih untuk kemajuan Madrasah
c.
Komite
memahami tugas dan perannya
d.
Hubungan
komite dan Madrasah berjalan secara Sinergi
e.
Komite
selalu terlibat dalam program program yang dijalankan Madrasah
f.
Adaya
pertemuan rutin dengan komite
g.
Lembaga
masyarakat terlibat kerjasama dengan madrasah
9. Lingkungan dan budaya Madrasah
a. Terselesaikannya pembuatan pagar Madrasah
b. Terselesaikannya terselesaikannya pembuatan taman Madrasah
c. Tertanamnya kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga
madrasah untuk menciptakan lingkungan yang nyaman
D.
KEGIATAN
Kegiatan adalah tindakan tindakan
yang akan dilakukan di dalam program. Kegiatan perlu dirumuskan dari setiap
program dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditetapkan
sehingga program dapat dicapai. Kegiatan bisa diambil dari alternatif pemecahan
yang telah ditetapkan sebelumnya. Perumusan kegiatan dilakukan dengan cara
membuat daftar kegiatan yang terkait dengan program tersebut. Kegiatan yang
baik adalah yang mengarah pada pencapaian indikator keberhasilan yang telah
dirumuskan dan dapat diperkirakan biaya atau anggaran nya.
Berikut
ini kami uraikan daftar kegiatan Madrasah per kategori :
1.
Kurikulum
dan Pembelajaran
a.
Pelatihan
pembuatan K13
b.
Pelaksanaan
pembuatan K13
c.
Mengadakan
MGMP internal dan eksternal
d.
Mengadakan
workshop internal kompetensi guru
e.
Pengadaan
literatur tambahan
f.
Mengikutsertakan
guru dalam lomba-lomba
g.
Pelatihan
PTK
h.
Pengadaan
buku-buku tambahan
i.
Penugasan
studi literatur di perpustakaan
j.
Mengikutsertakan
guru dan atau mengadakan kegiatan pelatihan kecakapan hidup
2.
Administrasi
dan Manajemen Madrasah
a.
Rapat
koordinasi guru dan karyawan
b.
Pengadaan
administrasi guru
c.
Pengadaan
administrasi t/madrasah
d.
Pelatihan
pembuatan administrasi
3.
Organisasi
dan Kelembagaan
a.
Sosialisasi
dan dan pembinaan pentingnya disiplin kerja
b.
Raker
pembuatan peraturan Madrasah
c.
Penerapan
peraturan Madrasah
d.
Meningkatkan
intensitas komunikasi dengan stakeholder peningkatan kerjasama dengan
stakeholder
e.
Menjajaki
kerjasama dengan lembaga lain
4.
Sarana
dan Prasarana
a.
Pengerjaan
pembangunan ruang wakasek
b.
Pengerjaan
pembangunan ruang multimedia
c.
Penggantian/perbaikan
perabot rusak
d.
Pendataan
kebutuhan pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi fasilitas penunjang
perpustakaan
e.
Pendataan
kebutuhan, pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana
Lab IPA
f.
Pengadaan
lab komputer dan perlengkapannya
g.
Pengajuan
dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan penggunaannya
h.
Pengajuan
perbaikan jaringan listrik
i.
Pengajuan
dan pemasangan komputer dan printer serta peralatannya
j.
Pembuatan
panitia Rehab, pembuatan proposal, pencarian dana dan pelaksanaan pembangunan
k.
Pendataan,
pembuatan proposal, pencarian dana dan pemenuhan kebutuhan sarana kesenian
5.
Ketenagaan
a.
Pelatihan
komputer
b.
Pengajuan
tambahan tenaga pendukung
c.
Pencarian
informasi pelatihan dan mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan peningkatan
mutu
d.
Pelatihan
materi bagi guru
e.
Mengikutsertakan
guru dalam pelatihan kompetensi guru
f.
Mengupayakan
peningkatan kesejahteraan guru
6.
Pembiayaan
dan pendanaan
a.
Peningkatan
pembiayaan madrasah untuk meningkatkan kualitas pelayanan Madrasah
b.
Sosialisasi
program Madrasah dan pentingnya partisi spasi masyarakat dalam pembiayaan dan
pendanaan program Madrasah tersebut
c.
Penyusunan
RKAM
7.
Peserta
Didik
a.
Menyiapkan
perangkat tes seleksi masuk yang berbobot
b.
Seleksi
masuk bagi siswa baru
c.
Meningkatkan
kualitas bimbingan dan penyuluhan
d.
Peningkatan
prestasi akademik Peningkatan Prestasi non akademik
8.
Peran
serta Masyarakat
a.
Penyusunan
program kehumasan
b.
Mengundang
semua orang tua siswa
c.
Membentuk
atau mengukuhkan pengurus komite Madrasah
d.
Sosialisasi
program Madrasah
e.
Menciptakan
hubungan yang harmonis antara komite dan Madrasah
f.
Melibatkan
komite dalam program-program madrasah
g.
Pertemuan
dengan komite
h.
Menjalin
kerjasama dengan lembaga masyarakat
9.
Lingkungan
dan Budaya Madrasah
a.
Selesainya
pembuatan pagar Madrasah
b.
Selesainya
pembuatan taman sekolah
c.
Tertanamkan
kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga madrasah untuk menciptakan
lingkungan yang aman
E.
JADWAL KEGIATAN
Jadwal
adalah alokasi waktu suatu program dan kegiatan tertentu yang akan dilaksanakan.
Tujuan penyusunan jadwal program dan kegiatan ini adalah untuk mempermudah
pelaksanaan dalam menentukan urutan kegiatan dan mengatur penggunaan sumber
daya dan dana yang dimiliki Madrasah. Dengan demikian alur kegiatan dan
keuangan Madrasah dapat dikontrol dengan lebih efektif.
Berikut
ini kami Tampilkan kegiatan madrasah:
RENCANA
KERJA TAHUNAN (RKT)
MA
MA’ARIF CILACAP TENGAH
TAHUN
2020/2021
|
NO |
KEGIATAN |
BULAN |
PROSENTASE KETERCAPAIAN |
|||||||||||
|
JULI |
AGS |
SEPT |
OKT |
NOV |
DES |
JAN |
FEBR |
MARET |
APRIL |
MEI |
JUNI |
|||
|
1 |
Pembagian tugas guru dan karyawan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Mengadakan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat
siswa yang melibatkan masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Sosialisasi kurikulum kepada semua warga madrasah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Kurikulum madrasah yang terintegrasi dalam silabus setiap mapel |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pengadaan buku teks pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemanfaatan sumber belajar di luar madrasah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Melakukan supervisi dan evaluasi kepada semua guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Peningkatan kualitas siswa dalam prestasi dan kompetensi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Memotivasi siswa dalam kegiatan pengembangan diri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
penambahan lokal baru |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penambahan komputer/laptop |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
guru minimal berijazah S1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tata usaha minimal berijazah S1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mereviu visi misi Madrasah setiap tahun |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sosialisasi KKM kepada seluruh warga Madrasah dan merevisi secara
berkala |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi pelaksanaan program pemberdayaan pendidik dan tenaga
kependidikan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perumusan RAPBM melibatkan komite |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penyusunan rencana keuangan Madrasah secara transparan, efisiensi
dan akuntabel |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sosialisasi KKM kepada siswa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Melakukan remidi berdasarkan analisa penilaian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
penambahan toilet siswa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar