Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran Biologi Kelas 10 Semester 1 & 2
Format Analisis Keterkaitan KI dan
KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : X
(Sepuluh)
Semester : Ganjil
dan Genap
|
Kompetensi Inti |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi
Pembelajaran / Topik / Subtopik |
|
3. Memahami, mene-rapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkrit dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.1 Menjelaskan
ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat
organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan
kerja 4.1 Menyajikan
data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada berbagai obyek
biologi dan tingkat organisasi kehidupan |
3.1.1 Menjelaskan karakteristik umum sains. 3.1.2 Menjelaskan kegiatan yang berkaitan
dengan ilmu Biologi. 3.1.3 Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu
Biologi. 3.1.4 Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan
Biologi dengan ilmu yang lain. 3.1.5 Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam
perkembangan Biologi 3.1.6 Memberikan contoh objek biologi pada
tingkat molekul sampai sistem organ individu. 3.1.7 Memberikan contoh objek biologi pada
tingkat individu sampai bioma 3.1.8 Memberikan contoh masalah biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan 3.1.9 Mengidentifikasi urutan sistematika
metoda ilmiah. 3.1.10 Menjelaskan
bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi. 3.1.11 Memberikan contoh pemecahan masalah biologi
dengan metoda ilmiah 3.1.12 Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah
dengan metoda ilmiah. 3.1.13 Menjelaskan karakteristik umum sains. 3.1.14 Menjelaskan kegiatan yang berkaitan
dengan ilmu Biologi. 3.1.15 Menjelaskan
apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi. 3.1.16 Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi
dengan ilmu yang lain. 3.1.17 Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam
perkembangan Biologi 3.1.18 Memberikan contoh objek biologi pada tingkat
molekul sampai sistem organ individu. 3.1.19 Memberikan contoh objek biologi pada tingkat
individu sampai bioma 3.1.20 Memberikan contoh masalah biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan 3.1.21 Mengidentifikasi urutan sistematika metoda
ilmiah. 3.1.22 Menjelaskan
bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi. 3.1.23 Memberikan contoh pemecahan masalah biologi
dengan metoda ilmiah 3.1.24 Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah
dengan metoda ilmiah. 4.1.1 Menjelaskan data yang terdapat dalam
gambar setiap tingkat organisasi kehidupan 4.1.2 Mempresentasikan berbagai cabang biologi 4.1.3 Mempresentasikan tentang Metoda ilmiah 4.1.4 Mempresentasikan tentang prinsip
keselamatan kerja 4.1.5 Membuat laporan hasil pengamatan lapangan
dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi. 4.1.6 Memberikan contoh manfaat mempelajari
Biologi. 4.1.7 Memberikan contoh dampak negatif yang
mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi. 4.1.8 Mengusulkan alternatif pemecahan masalah
biologi yang ditemukan dengan rencana
penelitian sederhana yang dapat dilakukan. |
Ruang
Lingkup Biologi |
|
3.2 Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan
pelestariannya beserta ancaman dan pelestariannya 4.2 Menyajikan
hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan
usulan upaya pelestariannya |
3.2.1 Menjelaskan tentang keanekaragaman gen,
jenis, ekosistem 3.2.2 Mengumpulkan data melalui pengamatan objek nyata atau gambar
dari keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem 3.2.3 Menjelaskan contoh Keanekaragaman hayati
Indonesia(gen, jenis, ekosistem), flora, fauna, mikroorganisme, Garis
Wallace, Garis Weber, 3.2.4 Mengumpulkan data melalui pengamatan objek nyata dan gambar dari
Keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem), flora, fauna,
mikroorganisme, Garis Wallace, Garis Weber, 3.2.5 Mengamati melalui gambar keunikan hutan
hujan tropis 3.2.6 Mengumpulkan data melalui pengamatan objek nyata dan gambar keunikan
hutan hujan tropis 3.2.7 Mengamati melalui literature Upaya
pelestarian keaneka ragaman hayati Indonesia 3.2.8 Mengumpulkan data melalui pengamatan objek nyata Upaya pelestarian keaneka ragaman hayati
Indonesia 3.2.9 Mengamati melalui gambar manfaat keaneka ragaman hayati Indonesia 3.2.10 Mengumpulkan data melalui pengamatan melalui gambar manfaat keaneka ragaman hayati Indonesia 3.2.11 Menyebutkan tingkat( takson ) pada Sistem
Klasifikasi Makhluk Hidup 3.2.12 Menentukan Sistem klasifikasi makhluk hidup
klasifikasi binomial 3.2.13 Membangun perilaku jujur, bekerja sama dan
proaktif dalam melakukan pengamatan permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan. 4.2.1 Mempresentasikan data yang diperoleh dari
pengamatan keanekaragaman gen, jenis,
dan ekosistem 4.2.2 Mempresentasikan konsep Keanekaragaman
hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem), flora, fauna, mikroorganisme, Garis
Wallace, Garis Weber, 4.2.3 Mempresentasikan konsep keunikan hutan
hujan tropis 4.2.4 Mempresentasikan upaya pelestarian
keaneka ragaman hayati Indonesia 4.2.5 Mempresentasikan hasil pengamatan manfaat
keaneka ragaman hayati Indonesia 4.2.6 Menun jukkan perilaku jujur, bekerja sama
dan proaktif dalam melakukan pengamatan permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan. |
Keanekaragaman
Hayati |
|
|
3.3 Menjelaskan
prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom 4.3 Menyusun
kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup |
3.3.1 Mengetahui pengertian klasifikasi lima
kingdom 3.3.2 Memahami dasar pengklasifikasian mahluk hidup
3.3.3 Memahami sistem klasifikasi mahluk hidup
dalam lima kingdom 3.3.4 Menjelaskan ciri-ciri umum dalam
klasifikasi mahluk hidup lima kingdom 4.3.1 Mengelompokkan gambar mahluk hidup
berdasarkan prinsip klasifikasi lima kingdom 4.3.2 Menghubungkan setiap gambar mahluk hidup
berdasarkan kelompok klasifikasinya 4.3.3 Mempresentesikan kladogram berdasarkan
prinsip-prinsip klasifikasi mahluk hidup |
Klasifikasi
Makhluk Hidup |
|
|
3.4 Menganalisis
struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan 4.4 Melakukan
kampanye tentang bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS
berdasarkan tingkat virulensinya |
3.4.1 Menjelaskan sejarah penemuan virus. 3.4.2 Menggambarkan struktur virus 3.4.3 Mengidentifikasi ciri-ciri virus. 3.4.4 Menjelaskan replikasi virus setelah
mengamati(gambar atau Video). 3.4.5 Mengklasifikasikan virus. 3.4.6 Membandingkan struktur tubuh virus satu
dengan virus yang lain berdasarkan gambar tubuh virus. 3.4.7 Membandingkan struktur tubuh virus dengan
organisme lainnya, misalnya bakteri 3.4.8 Menjelaskan kasus-kasus dalam kehidupan
sebagai dampak negatif dari virus. 3.4.9 Membuat model tiga dimensi Virus HIV atau
virus jenis lain 3.4.10 Mengidentifikasi ciri orang yang telah terinfeksi HIV. 3.4.11 Menjelaskan cara menghindari infeksi HIV. 3.4.12 Mendiskusikan dampak ekonomi dan sosial
akibat serangan virus, termasuk HIV. 3.4.13 Menjelaskan cara hidup virus. 3.4.14 Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan
merugikan. 3.4.15 Menjelaskan peran virus yang menguntungkan
dan merugikan. 4.4.1 Membuat slogan di lingkungan sekolah
tentang dampak terinfeksinya HIV. 4.4.2 Membuat karya cara hidup sehat untuk menghindari infeksi
virus (dapat berupa lagu, poster, cerita puisi, dll) atau tergantung minat
anak dan kerja sama lintas mata pelajaran, antara Bahasa Indonesia dan seni
budaya 4.4.3 Menyusun makalah mengenai dampak positif
dan negatif virus terhadap bidang sosial dan ekonomi 4.4.4 Mengkomunikasikan cara menghindari diri
dari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Flu burung dll |
Virus |
|
|
3.5
Mengidentifikasi struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam
kehidupan 4.5 Menyajikan
data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam kehidupan |
3.5.1 Menjelaskan ciri-ciri archebacteria dan
eubacteria 3.5.2 Membedakan ciri-ciri archebacteria dan
eubacteria. 3.5.3 Menjelakan cara mengisolasi bakteri. 3.5.4 Menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri. 3.5.5 Menjelaskan berbagai peranan bakteri yang
menguntungkan/merugikan dalam kehidupan 4.5.1 Membuat charta perkembangbiakan bakteri. 4.5.2 Membuat nata de coco, yoghurt, dll.. 4.5.3 Membuat laporan alat/bahan, cara kerja, dan
produk pembuatan nata de coco, yoghurt, dan atau asinan/manisan |
Kingdom
Monera |
|
|
3.6
Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan
peranannya dalam kehidupan 4.6 Menyajikan
laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan |
3.6.1 Mendeskripsikan ciri-ciri umum Protista berdasarkan pengamatan. 3.6.2 Mengenali protista berdasarkan ciri-ciri
morpologinya. 3.6.3 Membedakan organisme Protista mirip jamur,
mirip tumbuhan, dan mirip hewan berdasarkan pengamatan. 3.6.4 Menjelaskan dasar pengelompokkan organisme
protista mirip jamur, mirip tumbuhan dan mirip hewan. 3.6.5 Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan
organisme Protista. 4.6.1 Membuat Charta cara-cara perkembangbiakan
dan daur organisme Protista. 4.6.2 Memberi contoh peranan protista bagi
kehidupan. 4.6.3 Mengidentifikasi protista yang
menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia. |
Kingdom
Protista |
|
|
3.7
Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan
peranannya dalam kehidupan 4.7 Menyajikan
laporan hasil investigasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam
kehidupan |
3.7.1 Menjelaskan ciri-ciri umum Divisio dalam
Kingdom Fungi. 3.7.2 Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi. 3.7.3 Menggambarkan struktur tubuh jamur dari
berbagai golongan. 3.7.4 Membedakan berbagai golongan jamur berdasarkan ciri-ciri morfolginya 3.7.5 Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan yang
ditemukan pada berbagai golongan jamur. 3.7.6 Membedakan spora vegetatif dan generatif
berbagai golongan jamur. 4.7.1 Membuat charta siklus hidup jamur dari
berbagai golongan. 4.7.2 Membuat laporan tertulis hasil pengamatan
jenis-jenis jamur di lingkungan sekitarnya (dengan foto/gambarnya). 4.7.3 Menyajikan data contoh peran jamur bagi
kehidupan. 4.7.4 Membuat
makanan dari hasil fermentasi jamur. |
Fungi/Jamur |
|
|
3.8
Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta
mengaitkan peranannya dalam kehidupan 4.8 Menyajikan
laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta
peranannya dalam kehidupan |
3.8.1 Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae. 3.8.2 Membedakan tumbuhan lumut, paku dan biji
berdasarkan ciri-cirinya. 3.8.3 Mengklasifikasi pada tumbuhan lumut,
tumbuhan paku dan tumbuhan biji. 3.8.4 Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan
tumbuhan lumut, paku dan biji. 3.8.5 Membuat charta perkembangbiakan dan siklus
hidup tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji. 3.8.6 Menemukan peranan berbagai jenis Plantae
tertentu yang ada di lingkungannya terhadap ekonomi dan lingkungan. 4.8.1 Menyajikan data contoh plantae Indonesia
yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk berbagai kebutuhan. 4.8.2 Membuat tabel hasil penggalian informasi pemanfaatan plantae. |
Plantae |
|
|
3.9
Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh
simetri tubuh, dan reproduksi 4.9 Menyajikan
laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik
dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya |
3.9.1 Menginventarisir data temuan hasil
pengamatan berbagai macam hewan invertebrata di lingkungannya baik yang hidup
di dalam atau di luar rumah, di tanah, air laut dan danau, atau yang di
pepohonan 3.9.2 Menyebutkan temuan dari hasil pengamatan
tentang persamaan dan perbedaanberbagai jenis hewan. 3.9.3 Mengelompokkan invertebrata berdasarkan
ciri-cirinya yang ditemukan dalam pengamatan 3.9.4 Menjelaskan data temuan hasil hasil
pengamatan tentang ciri umum pengelompokkan hewan 3.9.5 Menginventarisir data temuan dari hasil
pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar 3.9.6 Mendokumentasikan dalam bentuk foto/gambar
pengamatan pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata yang ditemukan di
lingkungan sekitar 3.9.7 Menginventarisir data temuan dari hasil
pengamatan morfologi berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar 3.9.8 Merancang pengelompokan invertebrate
berdasarkan berbagai ciri yang dimiliki yang ditemukan dari hasil pengamatan 3.9.9 Membandingkan invertebrate dengan berbagai
hewan vertebrata yang ditemukan 3.9.10 Membangun dan menemukan kesimpulan tentang
peranan invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan
pengembangan ilmu pengetahuan di masa dating 3.9.11 Menggunakan kosa kata baru yang ditemukan
berkaitan dengan invertebrata dalam menjelaskan tentang keanekaragaman
invertebrate 3.9.12 Menjelaskan ciri-ciri hewan invertebrata
dengan menggunakan peta pikiran 3.9.13 Menjelaskan tentang ciri-ciri dan
pemanfaatan serta peran invertebrata 4.9.1 Menyajikan data temuan hasil
pengamatan berbagai macam hewan
invertebrata di lingkungannya baik yang hidup di dalam atau di luar rumah, di
tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan dalam bentuk laporan
tertulis 4.9.2 Menyajikan data temuan dari hasil
pengamatan tentang persamaan dan perbedaan berbagai jenis hewan dalam bentuk
laporan tertulis 4.9.3 Menyajikan
kelompok-kelompok invertebrata
berdasarkan ciri-cirinya yang ditemukan dalam pengamatan dalam bentuk laporan
tertulis 4.9.4 Menyajikan data temuan hasil hasil
pengamatan tentang ciri umum pengelompokkan hewan dalam bentuk laporan
tertulis 4.9.5 Menyajikan data temuan dari hasil
pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar dalam
bentuk laporan tertulis 4.9.6 Menyajikan
dalam bentuk dokumentasi dalam bentuk foto/gambar pengamatan
pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata yang ditemukan di lingkungan
sekitar dalam bentuk laporan tertulis 4.9.7 Menyajikan data temuan dari hasil
pengamatan morfologi berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar
dalam bentuk laporan tertulis 4.9.8 Menyajikan
rancangan pengelompokan invertebrate berdasarkan berbagai ciri yang
dimiliki yang ditemukan dari hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis 4.9.9 Menyajikan perbandingkan invertebrate
dengan berbagai hewan vertebrata yang ditemukan dalam bentuk laporan tertulis 4.9.10 Menyajikan kesimpulan tentang peranan
invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan
pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang dalam bentuk laporan tertulis 4.9.11 Menyajikan penggunaaan kosa kata baru yang ditemukan
berkaitan dengan invertebrata dalam menjelaskan tentang keanekaragaman
invertebrate dalam bentuk laporan tertulis 4.9.12 Menyajikan ciri-ciri hewan invertebrata
dengan menggunakan peta pikiran 4.9.13 Menyajikan
ciri-ciri dan pemanfaatan serta peran invertebrate dalam bentuk
laporan tertulis |
Animalia |
|
|
3.10
Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen
tersebut 4.10 Menyajikan
karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring
makanan, siklus Biogeokimia) |
3.10.1 Menjelaskan tentang ekosistem dan
komponen yang menyusunnya 3.10.2 Menjelaskan tentang terbentuknya hujan
dari proses penguapan 3.10.3 Menyebutkan komponen ekosistem 3.10.4 Menjelaskan hubungan antar komponen
ekosistem 3.10.5 Menyebutkan dan mendeskripsikan
siklus-siklus yang berlangsung di alam untuk menjaga keseimbangan 3.10.6 Melakukan pengamatan ekosistem di
lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi komponen-komponen yang menyusun
ekosistem 3.10.7 Menganalisis hubungan antara komponen
biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan biotik dalam ekosisten
tersebut dan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan lingkungan 3.10.8 Menginventarisir kemungkinan yang dapat
dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak seimbangan lingkungan 3.10.9 Menjelaskan tentang adanya interaksi
dalam ekosistem dan aliran energy 3.10.10 Menjelaskan daur biogeokimia menggunakan
bagan/charta 3.10.11 Mendeskripsikan ketidakseimbangan
lingkungan dan memprediksi kemungkinan
proses yang tidak seimbang 3.10.12 Mengolah data berbagai komponen ekosistem
dan mengaitkannya dengan keseimbangan ekosistem yang ada 3.10.13 Merancang kesimpulanbahwa di alam terjadi
keseimbangan antara komponen dan proses biogeokimia 3.10.14 Menyimpulkan bahwa di alam jika terjadi
ketidak seimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya rehabilitasi agar
keseimbangan proses bisa berlangsung 3.10.15 Menjelaskan secara lisan komponen ekosistem,
proses biogeokimia, ketidak seimbangan ekosistem dan aliran energi 4.10.1 Mendesain bagan tentang ekosistem dan
komponen yang menyusunnyadan menyajikan dalam berbagai bentuk media 4.10.2 Mendesain bagan tentang terbentuknya
hujan dari proses penguapan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan
dalam berbagai bentuk media 4.10.3 Mendesain bagan tentang hubungan antar
komponen ekosistem yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam
berbagai bentuk media 4.10.4 Mendesain bagan tentang siklus-siklus
yang berlangsung di alam untuk menjaga keseimbangan yang berlangsung dalam
ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media 4.10.5 Mendesain bagan tentang hubungan antara
komponen biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan biotik dalam
ekosisten dengan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan lingkungan yang
berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media 4.10.6 Mendesain bagan tentang kemungkinan yang
dapat dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak seimbangan lingkungan yang
berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media 4.10.7 Mendesain bagan tentang adanya interaksi
dalam ekosistem dan aliran energy yang berlangsung dalam ekosistem dan
menyajikan dalam berbagai bentuk media 4.10.8 Mendesain bagan tentang daur
biogeokimiayang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai
bentuk media 4.10.9 Mendesain bagan tentang ketidakseimbangan
lingkungan sekaligus memprediksi kemungkinan proses yang tidak seimbangyang
berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media |
Ekologi |
|
|
3.11
Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi
kehidupan 4.11 Merumuskan
gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan
sekitar |
3.11.1. Menganalisis hasil studi dari
berbagai laporan media mengenai
perusakan lingkungan 3.11.2. Menemukan faktor penyebab terjadinya
perusakan. 3.11.3. Menjelaskan tentang ketidakseimbangan
lingkungan 3.11.4. Menjabarkan penyebab-penyebab
ketidakseimbangan lingkungan 3.11.5. Melakukan percobaan polusi air /udara untuk
menemukan daya tahan makhluk untuk kelangsungan kehidupannya 3.11.6. Menemukan data-data tentang daya tahan
makhluk untuk kelangsungan kehidupannya 3.11.7. Menginventarisir data informasi dari
diskusi mengenai masalah perusakan lingkungan 3.11.8. Menginventarisir data-data tentang
jenis-jenis limbah serta pengaruhnya terhadap kesehatan dan perubahan
lingkungan 3.11.9. Menginventarisir data-data tentang
pemanasan global, penipisan lapisan ozon dan efek rumah kaca apa penyebannya
dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya. 3.11.10. Menyimpulkan hasil pengamatan, diskusi, pengumpulan
informasi serta studi literature tentang dampak kerusakan lingkungan
penyebab, pencegahan serta penanggulangannya 4.11.1 Membuat usulan cara pencegahan dan
pemulihan kerusakan lingkungan akibat polusi 4.11.2 Membuat daur ulang limbah 4.11.3 Membuat usulan / himbauan tindakan nyata
pelestarian lingkungan dan hemat energi yang harus dilakukan di tingkat
sekolah dan tiap individu siswa yang dilakukan di rumah, sekolah, dan area
pergaulan siswa 4.11.4 Membuat laporan hasil pengamatan secara
tertulis 4.11.5 Mempresentasikan secara lisan tentang
kerusakan lingkungan dan daur ulang limbah |
Perubahan
Lingkungan, Limbah dan Daur Ulang |
Mengetahui, Cilacap
Tengah, Januari 2021
Kepala
Sekolah ... Guru
Mata Pelajaran,
M.Mustahir, S.Pd.I Nofiyatun, S.Pd
NIP/NRK. - NIP/NRK.
Komentar
Posting Komentar