Silabus Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013
|
KURIKULUM 2013 SILABUS PEMBELAJARAN |
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia Nama
Sekolah : _______________________________ Kelas
/ Semester : IX
(Sembilan)/ Ganjil Nama
Guru : _______________________________ NIP
/ NIK : _______________________________ |
SILABUS
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan
Pendidikan : SMP....
Kelas /
Semester : IX/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 20.../20...
Kompetensi
Inti :
KI
1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
Materi Pembelajaran |
Kecakapan Abad 21 |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi waktu |
Sumber Belajar |
|
3.1 Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan
sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada
makanan, dll) 4.1 Menyimpulkan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca 4.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca
(percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan, dll) 4.3 Menyajikan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis
dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan,
dan aspek lisan |
3.1.1 Menjelaskan
isi informasi laporan percobaan 3.1.2 Mengidentifikasi
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian) 3.1.3 Mengidentifikasi
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan 3.1.4 Mengidentifikasi
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan 4.1.1 Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian) 4.1.2 Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan 4.1.3 Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan 4.2.1 Mengidentifikasi
struktur dan ciri kebahasaan teks laporan 4.2.2 Mengidentifikasi
komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi) 4.2.3 Memahami
struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan 4.2.4 Menganalisis
kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat 4.3.1 Menerapkan
pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan
percobaan 4.3.2 Menyajikan
kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat |
·
Fungsi
teks laporan ·
Pengertian teks laporan ·
Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperim en) ·
Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca ·
Struktur
teks laporan ·
Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan ·
Model
teks laporan percobaan |
PPK · Cermat · Disiplin · Tanggung jawab · Santun Literasi · Bahasa · Numerasi 4C ·
Berpikir kritis, ·
kreatif, ·
bekerjasama ·
berkomunikasi ·
Kolaborasi |
·
Menjelaskan
isi informasi laporan percobaan ·
Membaca
dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi
pengklasifikasian dan pendeskripsian) ·
Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan ·
Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan ·
Menyimpulkan
struktur dan ciri kebahasaan teks laporan ·
Mendiskusikan
komponen teks ·
laporan
(pernyataan umum/klasifikasi) ·
Menerapkan
pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan
percobaan ·
Menyajikan
kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Unjuk kerja ·
Penugasan ·
Produk ·
Portofolio |
18 JP |
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
|
3.3
Mengidentifikasi gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan
aktual yang didengar dan dibaca 4.3
Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan,
atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya) yang didengar dan/atau dibaca |
3.3.1
Mengidentifikasi gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato 3.3.2
Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan,
arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu 3.3.3
Menganalisis gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato 4.3.1
Menyimpulkan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato |
·
Teks
pidato persuasif ·
Simpulan
gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato |
PPK · Cermat · Disiplin · Tanggung jawab · Santun Literasi · Bahasa · Numerasi 4C ·
Berpikir kritis, ·
kreatif, ·
bekerjasama ·
berkomunikasi ·
Kolaborasi |
·
Mendata
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato ·
Menjelaskan
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut
pandang tertentu ·
Menyimpulkan
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Unjuk kerja ·
Penugasan ·
Produk ·
Portofolio |
12 JP |
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
|
4.4
Menelaah struktur dan ciri kebahasaan
pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca 4.5
Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau
pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan. |
4.4.1
Menyimpulkan struktur teks pidato
persuasif 4.4.2
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks
pidato persuasif 4.4.3
Menelaah
teks pidato persuasif 4.5.1
Menyusun teks
pidato persuasif 4.5.2
Menyajikan pidato persuasif secara
menarik |
·
Struktur
teks (pidato persuasif) ·
Ciri-ciri
kebahasaan teks pidato: kalimat aktif,
kata tugas, kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda
abstrak, pembendaan ·
Model
teks pidato persuasif |
·
Menyimpulkan
struktur teks pidato persuasif ·
Menyimpulkan
ciri kebahasaan teks pidato persuasif ·
Menyusun
teks pidato persuasif ·
Menyajikan
pidato persuasif secara menarik |
||||
|
3.5
Mengidentifikasi unsur pembangun karya
sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar 4.5
Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya
sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau
didengar |
3.5.1
Mengidentifikasi unsur pembangun karya
sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar 3.5.2
Menganalisis unsur-unsur pembangun karya
sastra dengan bukti yang mendukung dari teks
cerita pendek 3.5.3
Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya
sastra dengan bukti yang mendukung dari teks
cerita pendek yang dibaca atau didengar 4.5.1
Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya
sastra dengan bukti yang mendukung dari teks
cerita pendek yang dibaca atau didengar |
·
Unsur
pembangun karya sastra (cerpen) ·
Model
teks narasi (cerpen) |
PPK · Cermat · Disiplin · Tanggung jawab · Santun Literasi · Bahasa · Numerasi 4C ·
Berpikir kritis, ·
kreatif, ·
bekerjasama ·
berkomunikasi ·
Kolaborasi |
·
Mendata
unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau
didengar ·
Menjelaskan
unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks
cerita pendek ·
Menyimpulkan
unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks
cerita pendek yang dibaca atau didengar |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Unjuk kerja ·
Penugasan ·
Produk ·
Portofolio |
12 JP |
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
|
4.6
Menelaah struktur dan aspek kebahasaan
cerita pendek yang dibaca atau didengar 4.7
Mengungkapkan pengalaman dan gagasan
dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan |
4.6.1
Menjelaskan struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang
dibaca atau didengar 4.6.2
Menjelaskan model teks narasi cerpen 4.6.3
Menjelaskan kerangka cerita pendek
berdasarkan pengalaman atau gagasan 4.7.1
Menyusun kerangka cerita pendek
berdasarkan pengalaman atau gagasan 4.7.2
Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka
dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan |
·
Struktur
teks narasi (cerpen) ·
Ciri-ciri
kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas ·
Model
teks narasi cerpen |
·
Menjelaskan
struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar ·
Menyusun
kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan ·
Menyusun
cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan
kebahasaan |
||||
|
3.7
Mengidentifikasi informasi berupa
kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca 4.7
Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa
kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca |
3.7.1
Mengidentifikasi informasi berupa kritik atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau
dibaca 3.7.2
Memahami
isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil
penelitian, data nasinal, dll) 3.7.3
Menjelaskan informasi tentang teks
tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu. 4.7.1
Menyimpulkan informasi tentang teks
tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu. |
·
Fungsi
teks tanggapan ·
Model
teks tanggapan ·
Simpulan
isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian |
PPK · Cermat · Disiplin · Tanggung jawab · Santun Literasi · Bahasa · Numerasi 4C ·
Berpikir kritis, ·
kreatif, ·
bekerjasama ·
berkomunikasi ·
Kolaborasi |
·
Mendata
informasi berupa kritik atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca ·
Menanggapi isi informasi dengan alasan yang logis
disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasional, dll) ·
Menyimpulkan
informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Unjuk kerja ·
Penugasan ·
Produk ·
Portofolio |
21 JP |
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
|
4.8
Menelaah struktur dan kebahasaan dari
teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya,
dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca 4.9
Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau
pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan |
4.8.1
Menyimpulkan struktur dan ciri
kebahasaan teks tanggapan 4.8.2
Menelaah model teks tanggapan 4.8.3
Menjelaskan model teks tanggapan 4.9.1
Merancang teks tanggapan 4.9.2
Menulis
teks tanggapan (puji, kritik) |
·
Struktur
teks tanggapan ·
Ciri-ciri
kebahasaan teks tanggapan: kalimat aktif, kata tugas, bahasa deskripsi,
bahasa penilaian ·
Model
teks tanggapan (puji, kritik) |
·
Menyimpulkan
struktur dan ciri kebahasaan teks tanggapan ·
Merancang
teks tanggapan ·
Menulis
teks tanggapan (puji, kritik) |
||||
|
3.13 Menggali
informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi 4.13 Membuat
peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca |
3.13.1 Mengidentifikasi
sub-bab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku 3.13.2 Menentukan
tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita 3.13.3 Memahami
peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa 4.13.1 Membuat
peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa |
·
Literasi
buku fiksi dan nonfiksi ·
Unsur-unsur
buku ·
Cara
membaca buku dengan SQ3R ·
Cara
membuat rangkuman |
PPK · Cermat · Disiplin · Tanggung jawab · Santun Literasi · Bahasa · Numerasi 4C ·
Berpikir kritis, ·
kreatif, ·
bekerjasama ·
berkomunikasi ·
Kolaborasi |
·
Mendata
subbab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku ·
Menentukan
tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita ·
Membuat
peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Unjuk kerja ·
Penugasan ·
Produk ·
Portofolio |
18 JP |
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
|
4.14 Menelaah
hubungan antara unsur-unsur buku fiksi/nonfiksi yang dibaca 4.15 Menyajikan
tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca |
4.14.1 Mengidentifikasi
bagian isi yang akan ditanggapi,
penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku
fiksi 4.14.2 Memahami
langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca 4.14.3 Menjelaskan
langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca 4.15.1 Menyusun
tanggapan dalam bentuk komentar
terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya
bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan 4.15.2 Menyajikan
komentar terhadap buku fiksi yang dibaca 4.15.3 Memublikasikan
komentar terhadap buku yang dibaca |
·
Hubungan
antar unsur buku ·
Contoh
penyusunan tanggapan ·
Langkah
menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca |
·
Mendata
bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita,
dan bagian-bagian buku fiksi ·
Menyusun
tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur,
tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya bahasa,
penggunaan bahasa, dan tanda baca/ejaan ·
Menyajikan
komentar terhadap buku fiksi yang dibaca ·
Memublikasikan
komentar terhadap buku yang dibaca. |
……………….,
……………..
Mengetahui,
Kepala
SMP / MTs Guru
Mata Pelajaran
……………………………… ………………………………
NIP/NRK.
- NIP/NRK.
|
KURIKULUM 2013 SILABUS PEMBELAJARAN |
|
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia Nama
Sekolah : _______________________________ Kelas
/ Semester : IX
(Sembilan)/ Genap Nama
Guru : _______________________________ NIP
/ NIK : _______________________________ |
SILABUS
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan
Pendidikan : SMP....
Kelas /
Semester : IX/
Genap
Tahun
Pelajaran : 20.../20...
Kompetensi
Inti :
KI
1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
Materi Pembelajaran |
Kecakapan Abad 21 |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi waktu |
Sumber Belajar |
|
3.9
Mengidentifikasi informasi teks diskusi
berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan
didengar 4.9 Menyimpulkan
isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi
atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca |
3.9.1
Memahami
fungsi teks diskusi 3.9.2
Mengidentifikasi informasi teks diskusi
berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan
didengar 3.9.3
Menjelaskan isi gagasan, pendapat, argumen yang
mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi 4.9.1
Menyimpulkan isi gagasan, pendapat,
argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan
aktual dalam teks diskusi |
·
Fungi
teks diskusi ·
Contoh
Teks Diskusi ·
Simpulan
isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra terhadap teks
diskusi |
PPK · Cermat · Disiplin · Tanggung jawab · Santun Literasi · Bahasa · Numerasi 4C ·
Berpikir kritis, ·
kreatif, ·
bekerjasama ·
berkomunikasi ·
Kolaborasi |
·
Mendata
informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan
aktual yang dibaca dan didengar ·
Menjelaskan
dan menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang
kontra serta solusi atas permasalahan aktual
dalam teks diskusi |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Unjuk kerja ·
Penugasan ·
Produk ·
Portofolio |
21 JP |
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
|
3.10 Menelaah
pendapat dan argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi
berkaitan dengan permasalahan aktual yang dibaca dan didengar 4.10 Menyajikan
gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas
permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan
aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gesture, pelafalan) |
3.10.1 Mengidentifikasi
struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi. 3.10.2 Menelaah
struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi 3.10.3 Menjelaskan
struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi 4.10.1 Menulis
teks diskusi berisi gagasan/ pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra
serta solusi atas permasalahan aktual
dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan 4.10.2 Melakukan diskusi berisi gagasan/ pendapat, argumen
yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual |
·
Struktur
teks diskusi: Pendahuluan; Gagasan utama; Alasan dan bukti pendukung, satu
sudut pandang; Gagasan utama—sudut pandang lain; ·
Alasan
dan bukti pendukung, sudut pandang lain; ·
Kebahasaan:
Piranti kohesi dan koherensi, kata tugas, modalitas, kosakata evaluatif,
kosakata emotif |
·
Menyimpulkan
struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi ·
Menulis
teks diskusi berisi gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra
serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan
struktur dan aspek kebahasaan ·
Melakukan
diskusi berisi gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta
solusi atas permasalahan aktual |
||||
|
3.11 Mengidentifikasi
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks
cerita inspiratif yang dibaca dan didengar 4.11 Menyimpulkan
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk
cerita inspiratif yang dibaca dan didengar |
3.11.1 Mengidentifikasi
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks
cerita inspiratif yang dibaca dan didengar. 3.11.2 Menanggapi
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks
cerita inspiratif dengan alasan yang logis 3.11.3 Menjelaskan
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam
bentuk cerita inspiratif 4.11.1 Menyimpulkan
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam
bentuk cerita inspiratif |
·
Fungsi
teks narasi ·
Model
teks narasi cerita inspiratif ·
Simpulan
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk
cerita inspiratif |
PPK · Cermat · Disiplin · Tanggung jawab · Santun Literasi · Bahasa · Numerasi 4C ·
Berpikir kritis, ·
kreatif, ·
bekerjasama ·
berkomunikasi ·
Kolaborasi |
·
Mendata
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks
cerita inspiratif yang dibaca dan didengar ·
Menanggapi
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks
cerita inspiratif dengan alasan yang logis ·
Menyimpulkan
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk
cerita inspiratif |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Unjuk kerja ·
Penugasan ·
Produk ·
Portofolio |
15 JP |
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
|
4.12 Menelaah
struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif 4.13 Mengungkapkan
rasa simpati, empati, kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif
dengan memperhatikan struktur cerita dan aspek kebahasaan |
4.12.1 Menyimpulkan
struktur dan kebahasaan teks narasi
cerita inspiratif 4.12.2 Memahami
rancangan cerita inspiratif berisi ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan
perasaan 4.12.3 Memahami
model teks narasi cerita inspiratif 4.13.1 Membuat
rancangan cerita inspiratif berisi ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan
perasaan 4.13.2 Menulis
cerita inspiratif berdasarkan
rancangan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan 4.13.3 Memublikasikan
hasil karya cerita inspiratif |
·
Struktur
teks narasi ·
Ciri-ciri
kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas ·
Model
teks narasi cerita inspiratif |
·
Menyimpulkan
struktur dan kebahasaan teks narasi cerita inspiratif ·
Membuat
rancangan cerita inspiratif berisi ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan
perasaan ·
Menulis
cerita inspiratif berdasarkan
rancangan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan ·
Memublikasikan
hasil karya cerita inspiratif |
||||
|
3.15 Menggali
informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 4.15 Membuat
peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca |
3.15.1 Mengidentifikasi
sub-bab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku 3.15.2 Menentukan
tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita 3.15.3 Memahami
peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa 4.15.1 Membuat
peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa |
·
Literasi
buku fiksi dan nonfiksi ·
Unsur-unsur
buku ·
Cara
membaca buku dengan SQ3R ·
Cara
membuat rangkuman |
PPK · Cermat · Disiplin · Tanggung jawab · Santun Literasi · Bahasa · Numerasi 4C ·
Berpikir kritis, ·
kreatif, ·
bekerjasama ·
berkomunikasi ·
Kolaborasi |
·
Mendata
sub-bab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku ·
Menentukan
tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita ·
Membuat
peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Unjuk kerja ·
Penugasan ·
Produk ·
Portofolio |
18 JP |
·
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Modul/bahan
ajar, ·
Internet,
·
Sumber
lain yang relevan |
|
3.16 Menelaah
hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi 4.16 Menyajikan
tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca |
3.16.1 Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita,
dan bagian-bagian buku fiksi 3.16.2 Menyusun
tanggapan dalam bentuk komentar
terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya
bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan 4.16.1 Menyajikan
komentar terhadap buku fiksi yang dibaca 4.16.2 Memublikasikan
komentar terhadap buku yang dibaca |
·
Hubungan
antarunsur buku ·
Contoh
penyusunan tanggapan ·
Langkah
menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca |
·
Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita,
dan bagian-bagian buku fiksi ·
Menyusun
tanggapan dalam bentuk komentar
terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya
bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan ·
Menyajikan
komentar terhadap buku fiksi yang dibaca ·
Memublikasikan
komentar terhadap buku yang dibaca |
……………….,
……………..
Mengetahui,
Kepala
SMP / MTs Guru
Mata Pelajaran
……………………………… ………………………………
NIP/NRK.
- NIP/NRK.
Komentar
Posting Komentar