Silabus Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KURIKULUM 2013

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran  :

Bahasa Indonesia

 

Nama Sekolah               :    _______________________________

Kelas / Semester           :    IX (Sembilan)/ Ganjil

Nama Guru                    :    _______________________________

NIP / NIK                         :    _______________________________

 


SILABUS PEMBELAJARAN

 

 

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Satuan Pendidikan      : SMP....

Kelas / Semester          : IX/Ganjil

Tahun Pelajaran         : 20.../20...

 

Kompetensi Inti                      :          

KI 1          : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2          : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3          : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4           : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Materi

Pembelajaran

Kecakapan

Abad 21

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar

3.1      Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

4.1      Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

4.2      Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)

4.3      Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan

3.1.1      Menjelaskan isi informasi laporan percobaan

3.1.2      Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)

3.1.3      Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan

3.1.4      Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

4.1.1      Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)

4.1.2      Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan

4.1.3      Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

4.2.1      Mengidentifikasi struktur  dan ciri kebahasaan  teks laporan

4.2.2      Mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)

4.2.3      Memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan

4.2.4      Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat

4.3.1      Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan

4.3.2      Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat

·      Fungsi teks laporan

·      Pengertian teks laporan

·      Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperim en)

·      Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

·      Struktur teks laporan

·      Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan

·      Model teks laporan percobaan

PPK

·   Cermat

·   Disiplin

·   Tanggung jawab

·   Santun

 

Literasi

·   Bahasa

·   Numerasi

 

4C

·   Berpikir kritis,

·   kreatif,

·   bekerjasama

·   berkomunikasi

·   Kolaborasi

·           Menjelaskan isi informasi laporan percobaan

·           Membaca dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)

·           Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan

·           Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

·           Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

·           Mendiskusikan komponen teks

·           laporan (pernyataan umum/klasifikasi)

·           Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan

·           Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat

·         Lisan

·         Tertulis

·         Unjuk kerja

·         Penugasan

·         Produk

·         Portofolio

18 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang relevan

3.3          Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca

4.3          Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca

3.3.1         Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

3.3.2         Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu

3.3.3         Menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

4.3.1         Menyimpulkan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

·      Teks pidato persuasif

·      Simpulan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato

PPK

·   Cermat

·   Disiplin

·   Tanggung jawab

·   Santun

 

Literasi

·   Bahasa

·   Numerasi

 

4C

·   Berpikir kritis,

·   kreatif,

·   bekerjasama

·   berkomunikasi

·   Kolaborasi

·           Mendata gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

·           Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu

·           Menyimpulkan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

·         Lisan

·         Tertulis

·         Unjuk kerja

·         Penugasan

·         Produk

·         Portofolio

12 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang relevan

4.4          Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca

4.5          Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

4.4.1         Menyimpulkan struktur teks pidato persuasif

4.4.2         Mengidentifikasi ciri kebahasaan  teks  pidato persuasif

4.4.3         Menelaah  teks  pidato persuasif

4.5.1         Menyusun  teks  pidato persuasif

4.5.2         Menyajikan pidato persuasif secara menarik

·      Struktur teks (pidato persuasif)

·      Ciri-ciri kebahasaan teks pidato: kalimat aktif,  kata tugas, kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan

·      Model teks pidato persuasif

·           Menyimpulkan struktur teks pidato persuasif

·           Menyimpulkan ciri kebahasaan teks pidato persuasif

·           Menyusun teks pidato persuasif

·           Menyajikan pidato persuasif secara menarik

3.5      Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

4.5      Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar

3.5.1         Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

3.5.2         Menganalisis unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek

3.5.3         Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek yang dibaca atau didengar

4.5.1         Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek yang dibaca atau didengar

·      Unsur pembangun karya sastra (cerpen)

·      Model teks narasi (cerpen)

PPK

·   Cermat

·   Disiplin

·   Tanggung jawab

·   Santun

 

Literasi

·   Bahasa

·   Numerasi

 

4C

·   Berpikir kritis,

·   kreatif,

·   bekerjasama

·   berkomunikasi

·   Kolaborasi

·           Mendata unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

·           Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek

·           Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks cerita pendek yang dibaca atau didengar

·         Lisan

·         Tertulis

·         Unjuk kerja

·         Penugasan

·         Produk

·         Portofolio

12 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang relevan

4.6      Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar

4.7      Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

4.6.1         Menjelaskan struktur  dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar

4.6.2         Menjelaskan model teks narasi cerpen

4.6.3         Menjelaskan kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan

4.7.1         Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan

4.7.2          Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan

·      Struktur teks narasi (cerpen)

·      Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas

·      Model teks narasi cerpen

·           Menjelaskan struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar

·           Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan

·           Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan

3.7      Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

4.7      Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca

3.7.1         Mengidentifikasi informasi berupa kritik  atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

3.7.2         Memahami  isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasinal, dll)

3.7.3         Menjelaskan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu.

4.7.1         Menyimpulkan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu.

·      Fungsi teks tanggapan

·      Model teks tanggapan

·      Simpulan isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian

PPK

·   Cermat

·   Disiplin

·   Tanggung jawab

·   Santun

 

Literasi

·   Bahasa

·   Numerasi

 

4C

·   Berpikir kritis,

·   kreatif,

·   bekerjasama

·   berkomunikasi

·   Kolaborasi

·           Mendata informasi berupa kritik atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

·           Menanggapi  isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasional, dll)

·           Menyimpulkan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu

·         Lisan

·         Tertulis

·         Unjuk kerja

·         Penugasan

·         Produk

·         Portofolio

21 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang relevan

4.8      Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca

4.9      Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

4.8.1         Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks tanggapan

4.8.2         Menelaah model teks tanggapan

4.8.3         Menjelaskan model teks tanggapan

4.9.1         Merancang teks tanggapan

4.9.2         Menulis  teks tanggapan (puji, kritik)

·      Struktur teks tanggapan

·      Ciri-ciri kebahasaan teks tanggapan: kalimat aktif, kata tugas, bahasa deskripsi, bahasa penilaian

·      Model teks tanggapan (puji, kritik)

·           Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks tanggapan

·           Merancang teks tanggapan

·           Menulis teks tanggapan (puji, kritik)

3.13      Menggali informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi

4.13      Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

3.13.1      Mengidentifikasi sub-bab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku

3.13.2      Menentukan tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita

3.13.3      Memahami peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa

4.13.1      Membuat peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa

·      Literasi buku fiksi dan nonfiksi

·      Unsur-unsur buku

·      Cara membaca buku dengan SQ3R

·      Cara membuat rangkuman

PPK

·   Cermat

·   Disiplin

·   Tanggung jawab

·   Santun

 

Literasi

·   Bahasa

·   Numerasi

 

4C

·   Berpikir kritis,

·   kreatif,

·   bekerjasama

·   berkomunikasi

·   Kolaborasi

·           Mendata subbab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku

·           Menentukan tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita

·           Membuat peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa

·         Lisan

·         Tertulis

·         Unjuk kerja

·         Penugasan

·         Produk

·         Portofolio

18  JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang relevan

4.14      Menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi/nonfiksi yang dibaca

4.15      Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.14.1      Mengidentifikasi bagian isi yang akan ditanggapi,   penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku fiksi

4.14.2      Memahami langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca

4.14.3      Menjelaskan langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca

4.15.1      Menyusun tanggapan  dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat),  kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan

4.15.2      Menyajikan komentar terhadap buku fiksi yang dibaca

4.15.3      Memublikasikan komentar terhadap buku  yang dibaca

·      Hubungan antar unsur  buku

·      Contoh penyusunan tanggapan

·      Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca

·           Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku fiksi

·           Menyusun tanggapan dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat), kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ejaan

·           Menyajikan komentar terhadap buku fiksi yang dibaca

·           Memublikasikan komentar terhadap buku yang dibaca.

 

 

                                                                                              ………………., ……………..

Mengetahui,        

Kepala SMP / MTs                                                                                                              Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

………………………………                                                                                               ………………………………

NIP/NRK. -                                                                                                                         NIP/NRK.


 

 

 

 

 

 

 

 

KURIKULUM 2013

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran  :

Bahasa Indonesia

 

Nama Sekolah               :    _______________________________

Kelas / Semester           :    IX (Sembilan)/ Genap

Nama Guru                    :    _______________________________

NIP / NIK                         :    _______________________________

 


SILABUS PEMBELAJARAN

 

 

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Satuan Pendidikan      : SMP....

Kelas / Semester          : IX/ Genap

Tahun Pelajaran         : 20.../20...

 

Kompetensi Inti                      :          

KI 1          : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2          : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3          : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4           : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Materi

Pembelajaran

Kecakapan

Abad 21

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar

3.9          Mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar

4.9     Menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca

3.9.1          Memahami fungsi teks diskusi

3.9.2         Mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar

3.9.3         Menjelaskan  isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual  dalam teks diskusi

4.9.1         Menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual  dalam teks diskusi

·      Fungi teks diskusi

·      Contoh Teks Diskusi

·      Simpulan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra terhadap teks diskusi

PPK

·   Cermat

·   Disiplin

·   Tanggung jawab

·   Santun

 

Literasi

·   Bahasa

·   Numerasi

 

4C

·   Berpikir kritis,

·   kreatif,

·   bekerjasama

·   berkomunikasi

·   Kolaborasi

·           Mendata informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar

·           Menjelaskan dan menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual  dalam teks diskusi

·         Lisan

·         Tertulis

·         Unjuk kerja

·         Penugasan

·         Produk

·         Portofolio

21 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang relevan

3.10      Menelaah pendapat dan argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan permasalahan aktual yang dibaca dan didengar

4.10      Menyajikan gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gesture, pelafalan)

3.10.1     Mengidentifikasi struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi.

3.10.2     Menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi

3.10.3     Menjelaskan struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi

4.10.1     Menulis teks diskusi berisi gagasan/ pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual  dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek  kebahasaan

4.10.2     Melakukan  diskusi berisi gagasan/ pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual

·      Struktur teks diskusi: Pendahuluan; Gagasan utama; Alasan dan bukti pendukung, satu sudut pandang; Gagasan utama—sudut pandang lain;

·      Alasan dan bukti pendukung, sudut pandang lain;

·      Kebahasaan: Piranti kohesi dan koherensi, kata tugas, modalitas, kosakata evaluatif, kosakata emotif

·           Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi

·           Menulis teks diskusi berisi gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan

·           Melakukan diskusi berisi gagasan/pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual

3.11      Mengidentifikasi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar

4.11      Menyimpulkan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif yang dibaca dan didengar

3.11.1      Mengidentifikasi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.

3.11.2      Menanggapi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif dengan alasan yang logis

3.11.3      Menjelaskan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk  cerita inspiratif

4.11.1      Menyimpulkan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk  cerita inspiratif

·      Fungsi teks narasi

·      Model teks narasi cerita inspiratif

·      Simpulan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif

PPK

·   Cermat

·   Disiplin

·   Tanggung jawab

·   Santun

 

Literasi

·   Bahasa

·   Numerasi

 

4C

·   Berpikir kritis,

·   kreatif,

·   bekerjasama

·   berkomunikasi

·   Kolaborasi

·           Mendata isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar

·           Menanggapi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif dengan alasan yang logis

·           Menyimpulkan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif

·         Lisan

·         Tertulis

·         Unjuk kerja

·         Penugasan

·         Produk

·         Portofolio

15 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang relevan

4.12      Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif

4.13      Mengungkapkan rasa simpati, empati, kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur cerita dan aspek kebahasaan

4.12.1      Menyimpulkan struktur dan kebahasaan  teks narasi cerita inspiratif

4.12.2      Memahami rancangan cerita inspiratif berisi ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan perasaan

4.12.3      Memahami model teks narasi cerita inspiratif

4.13.1      Membuat rancangan cerita inspiratif berisi ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan perasaan

4.13.2      Menulis cerita inspiratif  berdasarkan rancangan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

4.13.3      Memublikasikan hasil karya cerita inspiratif

·      Struktur teks narasi

·      Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas

·      Model teks narasi cerita inspiratif

·           Menyimpulkan struktur dan kebahasaan teks narasi cerita inspiratif

·           Membuat rancangan cerita inspiratif berisi ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan perasaan

·           Menulis cerita inspiratif  berdasarkan rancangan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan

·           Memublikasikan hasil karya cerita inspiratif

3.15      Menggali informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.15      Membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

3.15.1     Mengidentifikasi sub-bab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku

3.15.2     Menentukan tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita

3.15.3     Memahami peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa

4.15.1     Membuat peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa

·      Literasi buku fiksi dan nonfiksi

·      Unsur-unsur buku

·      Cara membaca buku dengan SQ3R

·      Cara membuat rangkuman

PPK

·   Cermat

·   Disiplin

·   Tanggung jawab

·   Santun

 

Literasi

·   Bahasa

·   Numerasi

 

4C

·   Berpikir kritis,

·   kreatif,

·   bekerjasama

·   berkomunikasi

·   Kolaborasi

·           Mendata sub-bab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku

·           Menentukan tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita

·           Membuat peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa

·         Lisan

·         Tertulis

·         Unjuk kerja

·         Penugasan

·         Produk

·         Portofolio

18 JP

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

·      Modul/bahan ajar,

·      Internet,

·      Sumber lain yang relevan

3.16      Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi

4.16      Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca

3.16.1     Mendata  bagian isi yang akan ditanggapi,   penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku fiksi

3.16.2     Menyusun tanggapan  dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat),  kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan

4.16.1     Menyajikan komentar terhadap buku fiksi yang dibaca

4.16.2     Memublikasikan komentar terhadap buku  yang dibaca

·      Hubungan antarunsur buku

·      Contoh penyusunan tanggapan

·      Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca

·           Mendata  bagian isi yang akan ditanggapi,   penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku fiksi

·           Menyusun tanggapan  dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat),  kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan

·           Menyajikan komentar terhadap buku fiksi yang dibaca

·           Memublikasikan komentar terhadap buku  yang dibaca

 

 

                                                                                              ………………., ……………..

Mengetahui,        

Kepala SMP / MTs                                                                                                              Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

………………………………                                                                                               ………………………………

NIP/NRK. -                                                                                                                         NIP/NRK.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI