Analisis SKL Biologi Kelas 10 Semester 1 & 2
ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : X (Sepuluh)
Semester : Ganjil dan Genap
|
SKL |
Kompetensi Inti (KI) |
Kompetensi
Dasar (KD) |
Indikator (IPK) |
Materi Pemebelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Rencana Penilaian |
|
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian. Keterampilan: Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. |
3. Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.1 Menjelaskan
ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat
organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja 4.1 Menyajikan
data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada berbagai obyek
biologi dan tingkat organisasi kehidupan |
3.1.1 Menjelaskan
karakteristik umum sains. 3.1.2 Menjelaskan
kegiatan yang berkaitan dengan ilmu
Biologi. 3.1.3 Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu
Biologi. 3.1.4
Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain. 3.1.5 Menjelaskan
pentingnya IPTEK dalam perkembangan
Biologi 3.1.6 Memberikan
contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu. 3.1.7 Memberikan
contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma 3.1.8 Memberikan
contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan 3.1.9 Mengidentifikasi
urutan sistematika metoda ilmiah. 3.1.10 Menjelaskan
bekerja dan bersikap ilmiah yang
ditunjukkan seorang ahli biologi. 3.1.11 Memberikan
contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah 3.1.12 Menjelaskan
manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah. 3.1.13 Menjelaskan
karakteristik umum sains. 3.1.14 Menjelaskan
kegiatan yang berkaitan dengan ilmu
Biologi. 3.1.15 Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu
Biologi. 3.1.16 Menunjukkan
kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain. 3.1.17 Menjelaskan
pentingnya IPTEK dalam perkembangan
Biologi 3.1.18 Memberikan
contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu. 3.1.19 Memberikan
contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma 3.1.20 Memberikan
contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan 3.1.21 Mengidentifikasi
urutan sistematika metoda ilmiah. 3.1.22 Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang
ditunjukkan seorang ahli biologi. 3.1.23 Memberikan
contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah 3.1.24 Menjelaskan
manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah. 4.1.1 Menjelaskan
data yang terdapat dalam gambar setiap tingkat organisasi kehidupan 4.1.2 Mempresentasikan
berbagai cabang biologi 4.1.3 Mempresentasikan
tentang Metoda ilmiah 4.1.4 Mempresentasikan
tentang prinsip keselamatan kerja 4.1.5 Membuat
laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup
Biologi. 4.1.6 Memberikan
contoh manfaat mempelajari Biologi. 4.1.7 Memberikan
contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi. 4.1.8 Mengusulkan
alternatif pemecahan masalah biologi yang ditemukan dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan. |
Ruang Lingkup Biologi • Permasalahan Biologi pada berbagai objek
Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan • Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan
kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan • Manfaat mempelajari Biologi bagi diri
sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradaban bangsa • Metode Ilmiah • Keselamatan Kerja |
• Mengamati dan melakukan penelitian dengan
menerapkan aspek-aspek keselamatan kerja dalam laboratorium Biologi
terkait fenomena kehidupan masa kini
yang berkaitan dengan Biologi dalam berbagai bidang dan tingkat organisasi
kehidupan dengan cara metode ilmiah • Membuat laporan hasil-hasil pengamatan,
hasil penelitian, kerja ilmiah tentang fenomena kehidupan masa kini dan tingkat organisasi
kehidupan untuk pengembangan karir
dalam Biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja untuk membentuk/
memperbaiki pemahaman tentang ruang lingkup Biologi serta mempresentasikannya |
|
|
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian. Keterampilan: Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. |
3. Memahami, mene-rapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.2 Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan
pelestariannya beserta ancaman dan pelestariannya 4.2 Menyajikan
hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan
usulan upaya pelestariannya |
3.2.1 Menjelaskan
tentang keanekaragaman gen, jenis, ekosistem 3.2.2 Mengumpulkan
data melalui pengamatan objek nyata
atau gambar dari keanekaragaman gen,
jenis, ekosistem 3.2.3 Menjelaskan
contoh Keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem), flora, fauna,
mikroorganisme, Garis Wallace, Garis Weber, 3.2.4 Mengumpulkan
data melalui pengamatan objek nyata
dan gambar dari Keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem),
flora, fauna, mikroorganisme, Garis Wallace, Garis Weber, 3.2.5 Mengamati
melalui gambar keunikan hutan hujan tropis 3.2.6 Mengumpulkan
data melalui pengamatan objek nyata
dan gambar keunikan hutan hujan tropis 3.2.7 Mengamati
melalui literature Upaya pelestarian keaneka ragaman hayati Indonesia 3.2.8 Mengumpulkan
data melalui pengamatan objek
nyata Upaya pelestarian keaneka
ragaman hayati Indonesia 3.2.9 Mengamati
melalui gambar manfaat keaneka ragaman
hayati Indonesia 3.2.10 Mengumpulkan
data melalui pengamatan melalui
gambar manfaat keaneka ragaman hayati
Indonesia 3.2.11 Menyebutkan
tingkat( takson ) pada Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup 3.2.12 Menentukan
Sistem klasifikasi makhluk hidup klasifikasi binomial 3.2.13 Membangun
perilaku jujur, bekerja sama dan proaktif dalam melakukan pengamatan
permasalahan pada berbagai obyek
biologi dan tingkat organisasi
kehidupan. 4.2.1 Mempresentasikan
data yang diperoleh dari pengamatan keanekaragaman
gen, jenis, dan ekosistem 4.2.2 Mempresentasikan
konsep Keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem), flora, fauna,
mikroorganisme, Garis Wallace, Garis Weber, 4.2.3 Mempresentasikan
konsep keunikan hutan hujan tropis 4.2.4 Mempresentasikan
upaya pelestarian keaneka ragaman hayati Indonesia 4.2.5 Mempresentasikan
hasil pengamatan manfaat keaneka ragaman hayati Indonesia 4.2.6 Menun
jukkan perilaku jujur, bekerja sama dan proaktif dalam melakukan pengamatan
permasalahan pada berbagai obyek
biologi dan tingkat organisasi
kehidupan. |
Keanekaragaman Hayati • Konsep keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem • Keanekaragaman hayati Indonesia, flora dan fauna, serta penyebarannya
berdasarkan Garis Wallace dan Garis
Weber • Keunikan hutan hujan tropis Indonesia • Pemanfaatan keanekaragaman hayati
Indonesia • Upaya pelestarian keanekaragaman hayati
Indonesia |
• Mengamati dan mengelompokkan berbagai
tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dengan contoh-contohnya dari berbagai
ekosistem serta mendiskusikan pemanfaatannya dalam era ekonomi kreatif • Menyimpulkan keunikan hutan hujan tropis
Indonesia dari berbagai sumber dan mendiskusikan upaya pelestarian
keanekaragaman hayati Indonesia |
|
|
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan
kejadian. Keterampilan: Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. |
3. Memahami, mene-rapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.3 Menjelaskan
prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom 4.3 Menyusun
kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup |
3.3.1 Mengetahui
pengertian klasifikasi lima kingdom 3.3.2 Memahami
dasar pengklasifikasian mahluk hidup 3.3.3 Memahami
sistem klasifikasi mahluk hidup dalam lima kingdom 3.3.4 Menjelaskan
ciri-ciri umum dalam klasifikasi mahluk hidup lima kingdom 4.3.1 Mengelompokkan
gambar mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi lima kingdom 4.3.2 Menghubungkan
setiap gambar mahluk hidup berdasarkan kelompok klasifikasinya 4.3.3 Mempresentesikan
kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi mahluk hidup |
Klasifikasi Makhluk Hidup • Prinsip klasifikasi makhluk hidup • Dasar klasifikasi makhluk hidup • Kunci determinasi sederhana • Kladogram (pohon filogeni) • Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson,
binomial nomenklatur |
• Mengamati, menentukan dasar pengelompokkan
dan melakukan pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan
perbedaan ciri makhluk hidup yang ditemukan • Membuat kunci determinasi sederhana,
kladogram, menentukan tingkat takson makhluk hidup dalam kerja kelompok. • Mendiskusikan hasil kerja kelompok dan
mempresentasikan |
|
|
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian. Keterampilan: Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. |
3. Memahami, mene-rapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.4 Menganalisis
struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan 4.4 Melakukan
kampanye tentang bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS
berdasarkan tingkat virulensinya |
3.4.1 Menjelaskan
sejarah penemuan virus. 3.4.2 Menggambarkan struktur virus 3.4.3 Mengidentifikasi
ciri-ciri virus. 3.4.4 Menjelaskan
replikasi virus setelah mengamati(gambar atau Video). 3.4.5 Mengklasifikasikan
virus. 3.4.6 Membandingkan
struktur tubuh virus satu dengan virus yang lain berdasarkan gambar tubuh
virus. 3.4.7 Membandingkan
struktur tubuh virus dengan organisme lainnya, misalnya bakteri 3.4.8 Menjelaskan
kasus-kasus dalam kehidupan sebagai dampak negatif dari virus. 3.4.9 Membuat
model tiga dimensi Virus HIV atau virus jenis lain 3.4.10 Mengidentifikasi
ciri orang yang telah terinfeksi HIV. 3.4.11 Menjelaskan
cara menghindari infeksi HIV. 3.4.12 Mendiskusikan
dampak ekonomi dan sosial akibat serangan virus, termasuk HIV. 3.4.13 Menjelaskan
cara hidup virus.
3.4.14 Mengidentifikasi
virus yang berbahaya dan merugikan. 3.4.15 Menjelaskan
peran virus yang menguntungkan dan merugikan. 4.4.1 Membuat
slogan di lingkungan sekolah tentang dampak terinfeksinya HIV. 4.4.2 Membuat
karya cara hidup sehat untuk
menghindari infeksi virus (dapat berupa lagu, poster, cerita puisi, dll) atau
tergantung minat anak dan kerja sama lintas mata pelajaran, antara Bahasa
Indonesia dan seni budaya 4.4.3 Menyusun
makalah mengenai dampak positif dan negatif virus terhadap bidang sosial dan
ekonomi 4.4.4 Mengkomunikasikan
cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Flu burung
dll |
Virus • Ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi • Pengelompokan virus • Peran virus dalam kehidupan • Partisipasi remaja dalam mencegah
penyebaran virus HIV dan lainnya |
• Mengkaji
berbagai kasus penyakit yang
disebabkan oleh virus, seperti
influenza, AIDS, flu burung melalui berbagai media informasi • Mendiskusikan, menjelaskan dan mengaitkan
proses perkembangbiakan, cara pencegahan, penyebaran virus serta dampak
sosial-ekonomi bagi kehidupan manusia dan mempresentasikannya • Membuat dan menyajikan model virus |
|
|
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian. Keterampilan: Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. |
3. Memahami, mene-rapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.5
Mengidentifikasi struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam
kehidupan 4.5 Menyajikan
data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam kehidupan |
3.5.1 Menjelaskan
ciri-ciri archebacteria dan eubacteria
3.5.2 Membedakan
ciri-ciri archebacteria dan eubacteria. 3.5.3 Menjelakan
cara mengisolasi bakteri. 3.5.4 Menjelaskan
cara perkembangbiakan bakteri. 3.5.5 Menjelaskan
berbagai peranan bakteri yang menguntungkan/merugikan dalam kehidupan 4.5.1 Membuat
charta perkembangbiakan bakteri. 4.5.2 Membuat
nata de coco, yoghurt, dll.. 4.5.3 Membuat
laporan alat/bahan, cara kerja, dan produk pembuatan nata de coco, yoghurt,
dan atau asinan/manisan |
Kingdom Monera • Karakteristik dan perkembangbiakan bakteri
• Dasar pengelompokan bakteri • Menginokulasi bakteri/pour plate/streak
plate • Pengecatan gram • Peran bakteri dalam kehidupan |
• Mengamati gambar bakteri dari foto
mikrograph dan membandingkan struktur dinding sel sebagai dasar
pengelompokkan • Mengkaji berbagai kasus penyakit akibat
bakteri dari berbagai sumber dan mendiskusikannya dalam kelompok • Melakukan isolasi dan pengamatan koloni
bakteri, menerapkan keselamatan kerja dalam pengamatan • mendiskusikan peranan bakteri dalam
kehidupan sehari-hari dan mempresentasikannya |
|
|
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian. Keterampilan: Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. |
3. Memahami, mene-rapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.6
Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan
peranannya dalam kehidupan 4.6 Menyajikan
laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan |
3.6.1 Mendeskripsikan
ciri-ciri umum Protista berdasarkan
pengamatan. 3.6.2 Mengenali
protista berdasarkan ciri-ciri morpologinya. 3.6.3 Membedakan
organisme Protista mirip jamur, mirip tumbuhan, dan mirip hewan berdasarkan
pengamatan. 3.6.4 Menjelaskan
dasar pengelompokkan organisme protista mirip jamur, mirip tumbuhan dan mirip
hewan. 3.6.5 Menjelaskan
cara-cara perkembangbiakan organisme Protista. 4.6.1 Membuat
Charta cara-cara perkembangbiakan dan daur organisme Protista. 4.6.2 Memberi
contoh peranan protista bagi kehidupan. 4.6.3 Mengidentifikasi
protista yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia. |
Kingdom Protista • Ciri-ciri umum protista dan
penggolongannya • Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur
lendir/ Slime Mold. • Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan
(Alga) • Ciri-ciri umum protista mirip hewan
(protozoa) • Peranan protista dalam kehidupan |
• Mengamati foto/gambar berbagai
keanekaragaman protista dan preparat • Melakukan percobaan membuat kultur
Paramecium dari rendaman air jerami dan melakukan pengamatan mikroskopis
protista dari air kolam, air rendaman jerami, dll • Mendiskusikan, membanding- kan dan
menganalisis perbedaan protista mirip jamur,
protista mirip alga, dan protista mirip hewan dengan gambar/foto protista
dalam kelompok serta peranan protista |
|
|
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian. Keterampilan: Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. |
3. Memahami, mene-rapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.7
Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan
peranannya dalam kehidupan 4.7 Menyajikan
laporan hasil investigasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam
kehidupan |
3.7.1 Menjelaskan
ciri-ciri umum Divisio dalam Kingdom Fungi. 3.7.2 Menjelaskan
dasar pengelompokkan Fungi. 3.7.3 Menggambarkan
struktur tubuh jamur dari berbagai golongan. 3.7.4 Membedakan
berbagai golongan jamur berdasarkan
ciri-ciri morfolginya 3.7.5 Menjelaskan
cara-cara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur. 3.7.6 Membedakan
spora vegetatif dan generatif berbagai golongan jamur. 4.7.1 Membuat
charta siklus hidup jamur dari berbagai golongan. 4.7.2 Membuat
laporan tertulis hasil pengamatan jenis-jenis jamur di lingkungan sekitarnya
(dengan foto/gambarnya). 4.7.3 Menyajikan
data contoh peran jamur bagi kehidupan. 4.7.4 Membuat makanan dari hasil fermentasi jamur. |
Fungi/Jamur • Ciri-ciri kelompok jamur : morfologi, cara memperoleh nutrisi,
reproduksi • Pengelompokan jamur • Peran jamur dalam bidang ekologi, ekonomi,
kesehatan, dan pengembangan iptek |
• Mengamati dan membandingkan berbagai jenis
jamur secara morfologi makroskopik di lingkungan serta mengkaji budidayanya
dari berbagai media informasi • Membedakan ciri morfologi berbagai jenis
jamur makroskopis - mikroskopis dan
mengaitkan dengan dasar pengelompokkannya • Melakukan percobaan fermentasi makanan
dengan jamur (ragi), mendiskusikan, menyimpulkan mempresentasikan tentang
karakteristik jamur dan mengaitkan peran jamur secara ekologis dengan kelangsungan
hidup di bumi |
|
|
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian. Keterampilan: Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. |
3. Memahami, mene-rapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.8
Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta
mengaitkan peranannya dalam kehidupan 4.8 Menyajikan
laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta
peranannya dalam kehidupan |
3.8.1 Mengidentifikasi
ciri-ciri umum plantae. 3.8.2 Membedakan
tumbuhan lumut, paku dan biji berdasarkan ciri-cirinya. 3.8.3 Mengklasifikasi
pada tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji. 3.8.4 Menjelaskan
cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, paku dan biji. 3.8.5 Membuat
charta perkembangbiakan dan siklus hidup tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan
tumbuhan biji. 3.8.6 Menemukan
peranan berbagai jenis Plantae tertentu yang ada di lingkungannya terhadap
ekonomi dan lingkungan. 4.8.1 Menyajikan
data contoh plantae Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk
berbagai kebutuhan. 4.8.2 Membuat
tabel hasil penggalian informasi
pemanfaatan plantae. |
Plantae • Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut,
tumbuhan paku, tumbuhan biji • Peran tumbuhan dalam ekosistem • Peran tumbuhan di bidang ekonomi • Dampak berkurangnya keanekaragaman
tumbuhan bagi ekosistem |
• Mengamati, membandingkan morfologi struktur
alat reproduksi serta cara reproduksi berbagai jenis tumbuhan di lingkungan
sekitar dan mengelompokkannya serta jenis tumbuhan di hutan hujan tropis
melalui berbagai sumber • mendiskusikan peran Plantae pada berbagai
bidang (industri, kesehatan, pangan) • Menganalisis dampak alih fungsi hutan di
Indonesia terhadap keanekaragaman hayati dan ekosistem dan menyimpulkan
hubungan keanekaragaman tumbuhan
dengan nilai ekonominya • Menyajikan laporan pengamatan secara tertulis
dan membuat tulisan tentang peran tumbuhan dalam menjaga keseimbangan alam, misalnya siklus
air, erosi, penyerapan karbon dioksida dan penghasilan oksigen bumi |
|
|
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian. Keterampilan: Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. |
3. Memahami, mene-rapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.9
Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh
simetri tubuh, dan reproduksi 4.9 Menyajikan
laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik
dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya |
3.9.1 Menginventarisir
data temuan hasil pengamatan berbagai macam hewan invertebrata di lingkungannya
baik yang hidup di dalam atau di luar rumah, di tanah, air laut dan danau,
atau yang di pepohonan 3.9.2 Menyebutkan
temuan dari hasil pengamatan tentang persamaan dan perbedaanberbagai jenis
hewan. 3.9.3 Mengelompokkan
invertebrata berdasarkan ciri-cirinya yang ditemukan dalam pengamatan 3.9.4 Menjelaskan
data temuan hasil hasil pengamatan tentang ciri umum pengelompokkan hewan 3.9.5 Menginventarisir
data temuan dari hasil pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata di
lingkungan sekitar 3.9.6 Mendokumentasikan
dalam bentuk foto/gambar pengamatan pengamatan berbagai jenis hewan
invertebrata yang ditemukan di lingkungan sekitar 3.9.7 Menginventarisir
data temuan dari hasil pengamatan morfologi berbagai jenis hewan invertebrata
di lingkungan sekitar 3.9.8 Merancang
pengelompokan invertebrate berdasarkan berbagai ciri yang dimiliki yang
ditemukan dari hasil pengamatan 3.9.9 Membandingkan
invertebrate dengan berbagai hewan vertebrata yang ditemukan 3.9.10 Membangun
dan menemukan kesimpulan tentang peranan invertebrata dan vertebrata dalam
ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa
dating 3.9.11 Menggunakan
kosa kata baru yang ditemukan berkaitan dengan invertebrata dalam menjelaskan
tentang keanekaragaman invertebrate 3.9.12 Menjelaskan
ciri-ciri hewan invertebrata dengan menggunakan peta pikiran 3.9.13 Menjelaskan
tentang ciri-ciri dan pemanfaatan serta peran invertebrata 4.9.1 Menyajikan
data temuan hasil pengamatan berbagai
macam hewan invertebrata di lingkungannya baik yang hidup di dalam atau di
luar rumah, di tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan dalam bentuk
laporan tertulis 4.9.2 Menyajikan
data temuan dari hasil pengamatan tentang persamaan dan perbedaan berbagai
jenis hewan dalam bentuk laporan tertulis 4.9.3 Menyajikan kelompok-kelompok invertebrata berdasarkan ciri-cirinya yang
ditemukan dalam pengamatan dalam bentuk laporan tertulis 4.9.4 Menyajikan
data temuan hasil hasil pengamatan tentang ciri umum pengelompokkan hewan
dalam bentuk laporan tertulis 4.9.5 Menyajikan
data temuan dari hasil pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata di
lingkungan sekitar dalam bentuk laporan tertulis 4.9.6 Menyajikan dalam bentuk dokumentasi dalam bentuk
foto/gambar pengamatan pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata yang
ditemukan di lingkungan sekitar dalam bentuk laporan tertulis 4.9.7 Menyajikan
data temuan dari hasil pengamatan morfologi berbagai jenis hewan invertebrata
di lingkungan sekitar dalam bentuk laporan tertulis 4.9.8 Menyajikan rancangan pengelompokan invertebrate
berdasarkan berbagai ciri yang dimiliki yang ditemukan dari hasil pengamatan
dalam bentuk laporan tertulis 4.9.9 Menyajikan
perbandingkan invertebrate dengan berbagai hewan vertebrata yang ditemukan
dalam bentuk laporan tertulis 4.9.10 Menyajikan
kesimpulan tentang peranan invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem,
ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang dalam
bentuk laporan tertulis 4.9.11 Menyajikan
penggunaaan kosa kata baru yang ditemukan berkaitan dengan invertebrata dalam
menjelaskan tentang keanekaragaman invertebrate dalam bentuk laporan tertulis 4.9.12 Menyajikan
ciri-ciri hewan invertebrata dengan menggunakan peta pikiran 4.9.13 Menyajikan ciri-ciri dan pemanfaatan serta peran invertebrate
dalam bentuk laporan tertulis |
Animalia • Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan
tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi) • Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka
tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh) • Klasifikasi animalia • Peran hewan bagi kehidupan |
• Mengamati ciri-ciri umum hewan invertebrata
(terumbu karang) dan vertebrata melalui
gambar/video • Mengelompokkan jenis-jenis hewan
berdasarkan persamaan yang dipunyai dan mendokumentasikan hasil pengamatan
dalam bentuk foto/gambar • Menganalisis peran hewan dalam ekosistem,
ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang serta
mempresentasikannya dalam berbagai media |
|
|
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian. Keterampilan: Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. |
3. Memahami, mene-rapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.10
Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen
tersebut 4.10 Menyajikan
karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring
makanan, siklus Biogeokimia) |
3.10.1 Menjelaskan
tentang ekosistem dan komponen yang menyusunnya 3.10.2 Menjelaskan
tentang terbentuknya hujan dari proses penguapan 3.10.3 Menyebutkan
komponen ekosistem 3.10.4 Menjelaskan
hubungan antar komponen ekosistem 3.10.5 Menyebutkan
dan mendeskripsikan siklus-siklus yang berlangsung di alam untuk menjaga
keseimbangan 3.10.6 Melakukan
pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi
komponen-komponen yang menyusun ekosistem 3.10.7 Menganalisis
hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan
biotik dalam ekosisten tersebut dan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan
lingkungan 3.10.8 Menginventarisir
kemungkinan yang dapat dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak
seimbangan lingkungan 3.10.9 Menjelaskan
tentang adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran energy 3.10.10 Menjelaskan
daur biogeokimia menggunakan bagan/charta 3.10.11 Mendeskripsikan
ketidakseimbangan lingkungan dan
memprediksi kemungkinan proses yang tidak seimbang 3.10.12 Mengolah
data berbagai komponen ekosistem dan mengaitkannya dengan keseimbangan
ekosistem yang ada 3.10.13 Merancang
kesimpulanbahwa di alam terjadi keseimbangan antara komponen dan proses
biogeokimia 3.10.14 Menyimpulkan
bahwa di alam jika terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem harus
dilakukan upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung 3.10.15 Menjelaskan
secara lisan komponen ekosistem, proses biogeokimia, ketidak seimbangan
ekosistem dan aliran energi 4.10.1 Mendesain
bagan tentang ekosistem dan komponen yang menyusunnyadan menyajikan dalam
berbagai bentuk media 4.10.2 Mendesain
bagan tentang terbentuknya hujan dari proses penguapan yang berlangsung dalam
ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media 4.10.3 Mendesain
bagan tentang hubungan antar komponen ekosistem yang berlangsung dalam
ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media 4.10.4 Mendesain
bagan tentang siklus-siklus yang berlangsung di alam untuk menjaga
keseimbangan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai
bentuk media 4.10.5 Mendesain
bagan tentang hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan
antara biotik dan biotik dalam ekosisten dengan mengaitkannya dengan
ketidakseimbangan lingkungan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan
dalam berbagai bentuk media 4.10.6 Mendesain
bagan tentang kemungkinan yang dapat dilakukan berkaitan dengan pemulihan
ketidak seimbangan lingkungan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan
dalam berbagai bentuk media 4.10.7 Mendesain
bagan tentang adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran energy yang
berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media 4.10.8 Mendesain
bagan tentang daur biogeokimiayang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan
dalam berbagai bentuk media 4.10.9 Mendesain
bagan tentang ketidakseimbangan lingkungan sekaligus memprediksi kemungkinan
proses yang tidak seimbangyang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan
dalam berbagai bentuk media |
Ekologi • Komponen ekosistem • Aliran energi • Daur biogeokimia • Interaksi dalam ekosistem |
• Mengamati komponen ekosistem dan interaksinya di lingkungan sekitar,
terbentuknya hujan dari proses penguapan melalui video atau media informasi
lain, diagram daur biogeokimia serta
melakukan pengamatan • Menganalisis dan mempresentasikan tentang
keterkaitkan interaksi antarkomponen ekosistem, daur biogeokimia, upaya yang
dapat dilakukan berkaitan dengan
pemulihan ketidakseimbangan lingkungan berdasarkan bagan/carta/video |
|
|
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan
kejadian. Keterampilan: Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. |
3. Memahami, mene-rapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
3.11
Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi
kehidupan 4.11 Merumuskan
gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan
sekitar |
3.11.1. Menganalisis
hasil studi dari berbagai laporan
media mengenai perusakan lingkungan 3.11.2. Menemukan
faktor penyebab terjadinya perusakan. 3.11.3. Menjelaskan tentang ketidakseimbangan lingkungan 3.11.4. Menjabarkan penyebab-penyebab ketidakseimbangan lingkungan 3.11.5. Melakukan percobaan polusi air /udara untuk menemukan daya tahan
makhluk untuk kelangsungan kehidupannya 3.11.6. Menemukan data-data tentang daya tahan makhluk untuk kelangsungan
kehidupannya 3.11.7. Menginventarisir data informasi dari diskusi mengenai masalah
perusakan lingkungan 3.11.8. Menginventarisir data-data tentang jenis-jenis limbah serta
pengaruhnya terhadap kesehatan dan perubahan lingkungan 3.11.9. Menginventarisir data-data tentang pemanasan global, penipisan
lapisan ozon dan efek rumah kaca apa penyebannya dan bagaimana mencegah dan
menanggulanginya. 3.11.10. Menyimpulkan hasil pengamatan, diskusi, pengumpulan informasi
serta studi literature tentang dampak kerusakan lingkungan penyebab,
pencegahan serta penanggulangannya 4.11.1 Membuat
usulan cara pencegahan dan pemulihan kerusakan lingkungan akibat polusi 4.11.2 Membuat
daur ulang limbah 4.11.3 Membuat
usulan / himbauan tindakan nyata pelestarian lingkungan dan hemat energi yang
harus dilakukan di tingkat sekolah dan tiap individu siswa yang dilakukan di
rumah, sekolah, dan area pergaulan siswa 4.11.4 Membuat
laporan hasil pengamatan secara tertulis 4.11.5 Mempresentasikan
secara lisan tentang kerusakan lingkungan dan daur ulang limbah |
Perubahan Lingkungan • Kerusakan lingkungan/pencemaran
lingkungan. • Pelestarian lingkungan • Adapatasi dan mitigasi Limbah dan Daur Ulang • Jenis-jenis limbah. • Proses daur ulang • 3 R (reuse, reduse, recycle) |
• Membaca, mengamati, membahas dan
menganalisis berbagai laporan
media/kasus lingkungan hidup/lingkungan sekitar mengenai kerusakan lingkungan
dan produk daur ulang • Melakukan percobaan polusi air/udara atau membuat
produk daur ulang • Membahas
hasil percobaan dan penyebab, cara mencegah, cara menanggulangi pemanasan global, penipisan lapisan ozon,
efek rumah kaca, kegiatan aktivitas manusia, menyimpulkan dan
mempresentasikan dengan berbagai media • Membuat kampanye tentang dampak perubahan
iklim, usaha-usaha yang bisa dilakukan serta menyajikan hasil produk daur
ulang |
|
Cilacap
Tengah, 25 Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Sekolah ...
Guru
Mata Pelajaran
M.Mustahir, S.Pd Nofiyatun,
S.Pd
Nip. Nip.
Komentar
Posting Komentar