Analisis SKL Biologi Kelas 10 Semester 1 & 2

 

ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

 

Mata Pelajaran                : Biologi

Kelas                                  : X (Sepuluh)

Semester                            : Ganjil dan Genap

 

SKL

Kompetensi Inti (KI)

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator (IPK)

Materi Pemebelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Rencana Penilaian

Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan:

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

3.  Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

3.1 Menjelaskan ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1 Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan

3.1.1     Menjelaskan karakteristik umum sains.

3.1.2     Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan  ilmu Biologi.

3.1.3     Menjelaskan  apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.

3.1.4     Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.

3.1.5     Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan  Biologi

3.1.6     Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.

3.1.7     Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma

3.1.8     Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan

3.1.9     Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.

3.1.10  Menjelaskan  bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi.

3.1.11  Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah

3.1.12  Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.

3.1.13  Menjelaskan karakteristik umum sains.

3.1.14  Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan  ilmu Biologi.

3.1.15  Menjelaskan  apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.

3.1.16  Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.

3.1.17  Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan  Biologi

3.1.18  Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.

3.1.19  Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma

3.1.20  Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan

3.1.21  Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.

3.1.22  Menjelaskan  bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi.

3.1.23  Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah

3.1.24  Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.

 

4.1.1     Menjelaskan data yang terdapat dalam gambar setiap tingkat organisasi kehidupan

4.1.2     Mempresentasikan berbagai cabang biologi

4.1.3     Mempresentasikan tentang Metoda ilmiah

4.1.4     Mempresentasikan tentang prinsip keselamatan kerja

4.1.5     Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi.

4.1.6     Memberikan contoh manfaat mempelajari Biologi.

4.1.7     Memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi.

4.1.8     Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi yang ditemukan dengan rencana  penelitian sederhana yang dapat dilakukan.

Ruang Lingkup Biologi

    Permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan

    Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan

    Manfaat mempelajari Biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradaban bangsa

    Metode Ilmiah

    Keselamatan Kerja

   Mengamati dan melakukan penelitian dengan menerapkan aspek-aspek keselamatan kerja dalam laboratorium Biologi terkait  fenomena kehidupan masa kini yang berkaitan dengan Biologi dalam berbagai bidang dan tingkat organisasi kehidupan dengan cara metode ilmiah

   Membuat laporan hasil-hasil pengamatan, hasil penelitian, kerja ilmiah tentang fenomena  kehidupan masa kini dan tingkat organisasi kehidupan  untuk pengembangan karir dalam Biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja untuk membentuk/ memperbaiki pemahaman tentang ruang lingkup Biologi serta mempresentasikannya

 

Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan:

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

3.  Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

3.2 Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya beserta ancaman dan pelestariannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.2 Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan upaya pelestariannya

3.2.1     Menjelaskan tentang keanekaragaman gen, jenis, ekosistem

3.2.2     Mengumpulkan data melalui  pengamatan objek nyata atau gambar dari  keanekaragaman gen, jenis, ekosistem

3.2.3     Menjelaskan contoh Keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem), flora, fauna, mikroorganisme, Garis Wallace, Garis Weber,

3.2.4     Mengumpulkan data melalui  pengamatan objek nyata dan gambar dari Keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem), flora, fauna, mikroorganisme, Garis Wallace, Garis Weber,

3.2.5     Mengamati melalui gambar keunikan hutan hujan tropis

3.2.6     Mengumpulkan data melalui  pengamatan objek nyata dan gambar keunikan hutan hujan tropis

3.2.7     Mengamati melalui literature Upaya pelestarian keaneka ragaman hayati Indonesia

3.2.8     Mengumpulkan data melalui  pengamatan objek nyata  Upaya pelestarian keaneka ragaman hayati Indonesia

3.2.9     Mengamati melalui gambar  manfaat keaneka ragaman hayati Indonesia

3.2.10  Mengumpulkan data melalui  pengamatan melalui gambar  manfaat keaneka ragaman hayati Indonesia

3.2.11  Menyebutkan tingkat( takson ) pada Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

3.2.12  Menentukan Sistem klasifikasi makhluk hidup klasifikasi binomial

3.2.13  Membangun perilaku jujur, bekerja sama dan proaktif dalam melakukan pengamatan permasalahan pada berbagai  obyek biologi dan  tingkat organisasi kehidupan.

 

4.2.1     Mempresentasikan data yang diperoleh dari pengamatan  keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem

4.2.2     Mempresentasikan konsep Keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem), flora, fauna, mikroorganisme, Garis Wallace, Garis Weber,

4.2.3     Mempresentasikan konsep keunikan hutan hujan tropis

4.2.4     Mempresentasikan upaya pelestarian keaneka ragaman hayati Indonesia

4.2.5     Mempresentasikan hasil pengamatan manfaat keaneka ragaman hayati Indonesia

4.2.6     Menun jukkan perilaku jujur, bekerja sama dan proaktif dalam melakukan pengamatan permasalahan pada berbagai  obyek biologi dan  tingkat organisasi kehidupan.

Keanekaragaman Hayati

    Konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem

    Keanekaragaman hayati Indonesia,  flora dan fauna, serta penyebarannya berdasarkan  Garis Wallace dan Garis Weber

    Keunikan hutan hujan tropis Indonesia

    Pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia

    Upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia

   Mengamati dan mengelompokkan berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dengan contoh-contohnya dari berbagai ekosistem serta mendiskusikan pemanfaatannya dalam era ekonomi kreatif

   Menyimpulkan keunikan hutan hujan tropis Indonesia dari berbagai sumber dan mendiskusikan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia

 

Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

 

 

 

 

 

 

Keterampilan:

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

3.  Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

3.3 Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3 Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup

3.3.1   Mengetahui pengertian klasifikasi lima kingdom

3.3.2   Memahami dasar pengklasifikasian mahluk hidup

3.3.3   Memahami sistem klasifikasi mahluk hidup dalam lima kingdom

3.3.4   Menjelaskan ciri-ciri umum dalam klasifikasi mahluk hidup lima kingdom

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.3.1   Mengelompokkan gambar mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi lima kingdom

4.3.2   Menghubungkan setiap gambar mahluk hidup berdasarkan kelompok klasifikasinya

4.3.3   Mempresentesikan kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi mahluk hidup

Klasifikasi Makhluk Hidup

    Prinsip klasifikasi makhluk hidup

    Dasar klasifikasi makhluk hidup

    Kunci determinasi sederhana

    Kladogram (pohon filogeni)

    Sistem klasifikasi makhluk hidup: takson, binomial nomenklatur

   Mengamati, menentukan dasar pengelompokkan dan melakukan pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri makhluk hidup yang ditemukan

   Membuat kunci determinasi sederhana, kladogram, menentukan tingkat takson makhluk hidup dalam kerja kelompok.

   Mendiskusikan hasil kerja kelompok dan mempresentasikan

 

Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

 

 

 

 

 

 

Keterampilan:

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

3.  Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

3.4 Menganalisis struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.4 Melakukan kampanye tentang bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya

3.4.1     Menjelaskan sejarah penemuan virus.

3.4.2     Menggambarkan  struktur virus

3.4.3     Mengidentifikasi ciri-ciri virus.

3.4.4     Menjelaskan replikasi virus setelah mengamati(gambar atau Video).

3.4.5     Mengklasifikasikan virus.

3.4.6     Membandingkan struktur tubuh virus satu dengan virus yang lain berdasarkan gambar tubuh virus.

3.4.7     Membandingkan struktur tubuh virus dengan organisme lainnya, misalnya bakteri

3.4.8     Menjelaskan kasus-kasus dalam kehidupan sebagai dampak negatif dari virus.

3.4.9     Membuat model tiga dimensi Virus HIV atau virus jenis lain

3.4.10  Mengidentifikasi ciri  orang yang telah  terinfeksi HIV.

3.4.11  Menjelaskan cara menghindari infeksi HIV.

3.4.12  Mendiskusikan dampak ekonomi dan sosial akibat serangan virus, termasuk HIV.

3.4.13  Menjelaskan cara hidup virus.

3.4.14  Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan.

3.4.15  Menjelaskan peran virus yang menguntungkan dan merugikan.

 

 

4.4.1     Membuat slogan di lingkungan sekolah tentang dampak terinfeksinya HIV.

4.4.2     Membuat karya  cara hidup sehat untuk menghindari infeksi virus (dapat berupa lagu, poster, cerita puisi, dll) atau tergantung minat anak dan kerja sama lintas mata pelajaran, antara Bahasa Indonesia dan seni budaya

4.4.3     Menyusun makalah mengenai dampak positif dan negatif virus terhadap bidang sosial dan ekonomi

4.4.4     Mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus, seperti influenza, AIDS, Flu burung dll

Virus

    Ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi

    Pengelompokan virus

    Peran virus dalam kehidupan

    Partisipasi remaja dalam mencegah penyebaran virus HIV dan lainnya

   Mengkaji  berbagai kasus penyakit yang  disebabkan oleh virus,  seperti influenza, AIDS, flu burung melalui berbagai media informasi

   Mendiskusikan, menjelaskan dan mengaitkan proses perkembangbiakan, cara pencegahan, penyebaran virus serta dampak sosial-ekonomi bagi kehidupan manusia dan mempresentasikannya

   Membuat dan menyajikan model virus

 

Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

 

 

 

 

 

 

Keterampilan:

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

3.  Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

3.5 Mengidentifikasi struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5 Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam kehidupan

3.5.1   Menjelaskan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria 

3.5.2   Membedakan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria.

3.5.3   Menjelakan cara mengisolasi bakteri.

3.5.4   Menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri.

3.5.5   Menjelaskan berbagai peranan bakteri yang menguntungkan/merugikan dalam kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5.1   Membuat charta perkembangbiakan bakteri.

4.5.2   Membuat nata de coco, yoghurt, dll..

4.5.3   Membuat laporan alat/bahan, cara kerja, dan produk pembuatan nata de coco, yoghurt, dan atau asinan/manisan

Kingdom Monera

    Karakteristik dan perkembangbiakan bakteri

    Dasar pengelompokan  bakteri

    Menginokulasi bakteri/pour plate/streak plate

    Pengecatan gram

    Peran bakteri dalam kehidupan

   Mengamati gambar bakteri dari foto mikrograph dan membandingkan struktur dinding sel sebagai dasar pengelompokkan

   Mengkaji berbagai kasus penyakit akibat bakteri dari berbagai sumber dan mendiskusikannya dalam kelompok

   Melakukan isolasi dan pengamatan koloni bakteri, menerapkan keselamatan kerja dalam pengamatan

   mendiskusikan peranan bakteri dalam kehidupan sehari-hari dan mempresentasikannya

 

Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

 

 

 

 

 

 

Keterampilan:

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

3.  Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

3.6 Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.6 Menyajikan laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan

3.6.1   Mendeskripsikan ciri-ciri  umum Protista berdasarkan pengamatan.

3.6.2   Mengenali protista berdasarkan ciri-ciri morpologinya.

3.6.3   Membedakan organisme Protista mirip jamur, mirip tumbuhan, dan mirip hewan berdasarkan pengamatan.

3.6.4   Menjelaskan dasar pengelompokkan organisme protista mirip jamur, mirip tumbuhan dan mirip hewan.

3.6.5   Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan organisme Protista.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.6.1   Membuat Charta cara-cara perkembangbiakan dan daur organisme Protista.

4.6.2   Memberi contoh peranan protista bagi kehidupan.

4.6.3   Mengidentifikasi protista yang menguntungkan/merugikan bagi kehidupan manusia.

Kingdom Protista

    Ciri-ciri umum protista dan penggolongannya

    Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold.

    Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) 

    Ciri-ciri umum protista mirip hewan (protozoa)

    Peranan protista dalam kehidupan

   Mengamati foto/gambar berbagai keanekaragaman protista dan preparat

   Melakukan percobaan membuat kultur Paramecium dari rendaman air jerami dan melakukan pengamatan mikroskopis protista dari air kolam, air rendaman jerami, dll

   Mendiskusikan, membanding- kan dan menganalisis perbedaan protista mirip jamur,  protista mirip alga, dan protista mirip hewan dengan gambar/foto protista dalam kelompok serta peranan protista

 

Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

 

 

 

 

 

 

Keterampilan:

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

3.  Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

3.7 Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.7 Menyajikan laporan hasil investigasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam kehidupan

3.7.1   Menjelaskan ciri-ciri umum Divisio dalam Kingdom Fungi.

3.7.2   Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi.

3.7.3   Menggambarkan struktur tubuh jamur dari berbagai golongan.

3.7.4   Membedakan berbagai golongan jamur  berdasarkan ciri-ciri morfolginya

3.7.5   Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur.

3.7.6   Membedakan spora vegetatif dan generatif berbagai golongan jamur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.7.1   Membuat charta siklus hidup jamur dari berbagai golongan.

4.7.2   Membuat laporan tertulis hasil pengamatan jenis-jenis jamur di lingkungan sekitarnya (dengan foto/gambarnya).

4.7.3   Menyajikan data contoh peran jamur bagi kehidupan.

4.7.4   Membuat  makanan dari hasil fermentasi jamur.

Fungi/Jamur

    Ciri-ciri kelompok jamur :  morfologi, cara memperoleh nutrisi, reproduksi

    Pengelompokan jamur

    Peran jamur dalam bidang ekologi, ekonomi, kesehatan, dan pengembangan iptek

   Mengamati dan membandingkan berbagai jenis jamur secara morfologi makroskopik di lingkungan serta mengkaji budidayanya dari berbagai media informasi

   Membedakan ciri morfologi berbagai jenis jamur  makroskopis - mikroskopis dan mengaitkan dengan dasar pengelompokkannya

   Melakukan percobaan fermentasi makanan dengan jamur (ragi), mendiskusikan, menyimpulkan mempresentasikan tentang karakteristik jamur dan mengaitkan peran jamur secara ekologis dengan kelangsungan hidup di bumi

 

Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

 

 

 

 

 

 

Keterampilan:

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

3.  Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

3.8 Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.8 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan

3.8.1   Mengidentifikasi ciri-ciri umum plantae.

3.8.2   Membedakan tumbuhan lumut, paku dan biji berdasarkan ciri-cirinya.

3.8.3   Mengklasifikasi pada tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji.

3.8.4   Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan lumut, paku dan biji.

3.8.5   Membuat charta perkembangbiakan dan siklus hidup tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji.

3.8.6   Menemukan peranan berbagai jenis Plantae tertentu yang ada di lingkungannya terhadap ekonomi dan lingkungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.8.1   Menyajikan data contoh plantae Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk berbagai kebutuhan.

4.8.2   Membuat tabel hasil  penggalian informasi pemanfaatan plantae.

Plantae

    Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji

    Peran tumbuhan dalam ekosistem

    Peran tumbuhan di bidang   ekonomi

    Dampak berkurangnya keanekaragaman tumbuhan bagi ekosistem

   Mengamati, membandingkan morfologi struktur alat reproduksi serta cara reproduksi berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekitar dan mengelompokkannya serta jenis tumbuhan di hutan hujan tropis melalui berbagai sumber

   mendiskusikan peran Plantae pada berbagai bidang (industri, kesehatan, pangan) 

   Menganalisis dampak alih fungsi hutan di Indonesia terhadap keanekaragaman hayati dan ekosistem dan menyimpulkan hubungan keanekaragaman  tumbuhan dengan nilai ekonominya

   Menyajikan laporan pengamatan secara tertulis dan membuat tulisan tentang peran tumbuhan dalam  menjaga keseimbangan alam, misalnya siklus air, erosi, penyerapan karbon dioksida dan penghasilan oksigen bumi

 

Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan:

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

3.  Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

3.9 Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.9 Menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya

3.9.1    Menginventarisir data temuan hasil pengamatan berbagai macam hewan invertebrata di lingkungannya baik yang hidup di dalam atau di luar rumah, di tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan

3.9.2    Menyebutkan temuan dari hasil pengamatan tentang persamaan dan perbedaanberbagai jenis hewan.

3.9.3    Mengelompokkan invertebrata berdasarkan ciri-cirinya yang ditemukan dalam pengamatan

3.9.4    Menjelaskan data temuan hasil hasil pengamatan tentang ciri umum pengelompokkan hewan

3.9.5    Menginventarisir data temuan dari hasil pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar

3.9.6    Mendokumentasikan dalam bentuk foto/gambar pengamatan pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata yang ditemukan di lingkungan sekitar

3.9.7    Menginventarisir data temuan dari hasil pengamatan morfologi berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar

3.9.8    Merancang pengelompokan invertebrate berdasarkan berbagai ciri yang dimiliki yang ditemukan dari hasil pengamatan

3.9.9    Membandingkan invertebrate dengan berbagai hewan vertebrata yang ditemukan

3.9.10  Membangun dan menemukan kesimpulan tentang peranan invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa dating

3.9.11  Menggunakan kosa kata baru yang ditemukan berkaitan dengan invertebrata dalam menjelaskan tentang keanekaragaman invertebrate

3.9.12  Menjelaskan ciri-ciri hewan invertebrata dengan menggunakan peta pikiran

3.9.13  Menjelaskan tentang ciri-ciri dan pemanfaatan serta peran invertebrata

 

4.9.1    Menyajikan data temuan hasil pengamatan  berbagai macam hewan invertebrata di lingkungannya baik yang hidup di dalam atau di luar rumah, di tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan dalam bentuk laporan tertulis

4.9.2    Menyajikan data temuan dari hasil pengamatan tentang persamaan dan perbedaan berbagai jenis hewan dalam bentuk laporan tertulis

4.9.3    Menyajikan  kelompok-kelompok  invertebrata berdasarkan ciri-cirinya yang ditemukan dalam pengamatan dalam bentuk laporan tertulis

4.9.4    Menyajikan data temuan hasil hasil pengamatan tentang ciri umum pengelompokkan hewan dalam bentuk laporan tertulis

4.9.5    Menyajikan data temuan dari hasil pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar dalam bentuk laporan tertulis

4.9.6    Menyajikan  dalam bentuk dokumentasi dalam bentuk foto/gambar pengamatan pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata yang ditemukan di lingkungan sekitar dalam bentuk laporan tertulis

4.9.7    Menyajikan data temuan dari hasil pengamatan morfologi berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar dalam bentuk laporan tertulis

4.9.8    Menyajikan  rancangan pengelompokan invertebrate berdasarkan berbagai ciri yang dimiliki yang ditemukan dari hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis

4.9.9    Menyajikan perbandingkan invertebrate dengan berbagai hewan vertebrata yang ditemukan dalam bentuk laporan tertulis

4.9.10  Menyajikan kesimpulan tentang peranan invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang dalam bentuk laporan tertulis

4.9.11  Menyajikan penggunaaan kosa kata baru yang ditemukan berkaitan dengan invertebrata dalam menjelaskan tentang keanekaragaman invertebrate dalam bentuk laporan tertulis

4.9.12  Menyajikan ciri-ciri hewan invertebrata dengan menggunakan peta pikiran

4.9.13  Menyajikan  ciri-ciri dan pemanfaatan serta peran invertebrate dalam bentuk laporan tertulis

Animalia

    Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)

    Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)

    Klasifikasi animalia

    Peran hewan bagi kehidupan

   Mengamati ciri-ciri umum hewan invertebrata (terumbu karang) dan vertebrata melalui  gambar/video

   Mengelompokkan jenis-jenis hewan berdasarkan persamaan yang dipunyai dan mendokumentasikan hasil pengamatan dalam bentuk foto/gambar

   Menganalisis peran hewan dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang serta mempresentasikannya dalam berbagai media

 

Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan:

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

3.  Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

3.10 Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.10 Menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia)

3.10.1    Menjelaskan tentang ekosistem dan komponen yang menyusunnya

3.10.2    Menjelaskan tentang terbentuknya hujan dari proses penguapan

3.10.3    Menyebutkan komponen ekosistem

3.10.4    Menjelaskan hubungan antar komponen ekosistem

3.10.5    Menyebutkan dan mendeskripsikan siklus-siklus yang berlangsung di alam untuk menjaga keseimbangan

3.10.6    Melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi komponen-komponen yang menyusun ekosistem

3.10.7    Menganalisis hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan biotik dalam ekosisten tersebut dan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan lingkungan

3.10.8    Menginventarisir kemungkinan yang dapat dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak seimbangan lingkungan

3.10.9    Menjelaskan tentang adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran energy

3.10.10 Menjelaskan daur biogeokimia menggunakan bagan/charta

3.10.11 Mendeskripsikan ketidakseimbangan lingkungan  dan memprediksi kemungkinan proses yang tidak seimbang

3.10.12 Mengolah data berbagai komponen ekosistem dan mengaitkannya dengan keseimbangan ekosistem yang ada

3.10.13 Merancang kesimpulanbahwa di alam terjadi keseimbangan antara komponen dan proses biogeokimia

3.10.14 Menyimpulkan bahwa di alam jika terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung

3.10.15 Menjelaskan secara lisan komponen ekosistem, proses biogeokimia, ketidak seimbangan ekosistem dan aliran energi

 

4.10.1    Mendesain bagan tentang ekosistem dan komponen yang menyusunnyadan menyajikan dalam berbagai bentuk media

4.10.2    Mendesain bagan tentang terbentuknya hujan dari proses penguapan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media

4.10.3    Mendesain bagan tentang hubungan antar komponen ekosistem yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media

4.10.4    Mendesain bagan tentang siklus-siklus yang berlangsung di alam untuk menjaga keseimbangan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media

4.10.5    Mendesain bagan tentang hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan biotik dalam ekosisten dengan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan lingkungan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media

4.10.6    Mendesain bagan tentang kemungkinan yang dapat dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak seimbangan lingkungan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media

4.10.7    Mendesain bagan tentang adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran energy yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media

4.10.8    Mendesain bagan tentang daur biogeokimiayang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media

4.10.9    Mendesain bagan tentang ketidakseimbangan lingkungan sekaligus memprediksi kemungkinan proses yang tidak seimbangyang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media

Ekologi

    Komponen ekosistem

    Aliran energi

    Daur biogeokimia

    Interaksi dalam ekosistem

   Mengamati komponen ekosistem  dan interaksinya di lingkungan sekitar, terbentuknya hujan dari proses penguapan melalui video atau media informasi lain,  diagram daur biogeokimia serta melakukan pengamatan

   Menganalisis dan mempresentasikan tentang keterkaitkan interaksi antarkomponen ekosistem, daur biogeokimia, upaya yang dapat  dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidakseimbangan lingkungan berdasarkan  bagan/carta/video

 

Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan:

Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

3.  Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

 

4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

3.11 Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.11 Merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar

3.11.1.   Menganalisis hasil studi dari berbagai  laporan media mengenai perusakan lingkungan

3.11.2.   Menemukan faktor penyebab terjadinya perusakan.

3.11.3.   Menjelaskan tentang ketidakseimbangan lingkungan

3.11.4.   Menjabarkan penyebab-penyebab ketidakseimbangan lingkungan

3.11.5.   Melakukan percobaan polusi air /udara untuk menemukan daya tahan makhluk untuk kelangsungan kehidupannya

3.11.6.   Menemukan data-data tentang daya tahan makhluk untuk kelangsungan kehidupannya

3.11.7.   Menginventarisir data informasi dari diskusi mengenai masalah perusakan lingkungan

3.11.8.   Menginventarisir data-data tentang jenis-jenis limbah serta pengaruhnya terhadap kesehatan dan perubahan lingkungan

3.11.9.   Menginventarisir data-data tentang pemanasan global, penipisan lapisan ozon dan efek rumah kaca apa penyebannya dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya.

3.11.10. Menyimpulkan hasil pengamatan, diskusi, pengumpulan informasi serta studi literature tentang dampak kerusakan lingkungan penyebab, pencegahan serta penanggulangannya

 

4.11.1    Membuat usulan cara pencegahan dan pemulihan kerusakan lingkungan akibat polusi

4.11.2    Membuat daur ulang limbah

4.11.3    Membuat usulan / himbauan tindakan nyata pelestarian lingkungan dan hemat energi yang harus dilakukan di tingkat sekolah dan tiap individu siswa yang dilakukan di rumah, sekolah, dan area pergaulan siswa

4.11.4    Membuat laporan hasil pengamatan secara tertulis

4.11.5    Mempresentasikan secara lisan tentang kerusakan lingkungan dan daur ulang limbah

Perubahan Lingkungan

    Kerusakan lingkungan/pencemaran lingkungan.

    Pelestarian lingkungan

    Adapatasi dan mitigasi

 

Limbah dan Daur Ulang

    Jenis-jenis limbah.

    Proses daur ulang

    3 R (reuse, reduse, recycle)

   Membaca, mengamati, membahas dan menganalisis berbagai  laporan media/kasus lingkungan hidup/lingkungan sekitar mengenai kerusakan lingkungan dan produk daur ulang

   Melakukan percobaan polusi air/udara atau membuat produk daur ulang

   Membahas  hasil percobaan dan penyebab, cara mencegah, cara menanggulangi  pemanasan global, penipisan lapisan ozon, efek rumah kaca, kegiatan aktivitas manusia, menyimpulkan dan mempresentasikan dengan berbagai media

   Membuat kampanye tentang dampak perubahan iklim, usaha-usaha yang bisa dilakukan serta menyajikan hasil produk daur ulang

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                     Cilacap Tengah, 25 Juli 2021

Mengetahui,

Kepala Sekolah ...                                                                                                                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

M.Mustahir, S.Pd                                                                                                                                                                                                               Nofiyatun, S.Pd

Nip.                                                                                                                                                                                                                            Nip.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI