RPP 1 Lembar Plantae Kd 3.8-4.8 Biologi Kelas 10 semester 2 K13

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata pelajaran  : Biologi

Sekolah               : MA Ma’arif Cilacap Tengah

Kelas/Semester  : X / Genap

KD  : 3.8; 4.8

Materi               : Plantae

AlokasiWaktu : 4pertemuan (3 x 45 menit)

 

TujuanPembelajaran

Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan dan menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan

 

KegiatanPembelajaran

KegiatanPendahuluan

·       Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini.

·       Membuat apersepsi mengenai Plantae

 

KegiatanInti

Pertemuan 1

·       Mengamati, membandingkan morfologi struktur alat reproduksi serta cara reproduksi berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekitar dan mengelompokkannya serta jenis tumbuhan di hutan hujan tropis melalui berbagai sumber

Pertemuan2

·       Mendiskusikan peran Plantae pada berbagai bidang (industri, kesehatan, pangan) 

·       Menggunakan contoh tumbuhan yang dibawa siswa (lumut, paku, tumbuhan biji) membandingkan ciri-ciri Plantae

·       Mengindentifikasi alat reproduksi lumut dan paku dari lingkungan sekitar

·       Mengamati alat reproduksi tumbuhan biji (angiospermae dan gymnospermae) melalui obyek nyata atau gambar.

·       Membuat bagan metagenesis pada lumut, paku-pakuan, Gymnospermae dan angiospermae, membandingkan dengan gambar/charta

·       Mengumpulkan informasi peran Plantae pada berbagai bidang (industri, kesehatan, pangan, dll) (PR).

Pertemuan3

·       Menganalisis dampak kalih fungsi hutan di Indonesia terhadap  keanekaragaman hayati dan ekosistem dan menyimpulkan hubungan keanekaragaman tumbuhan dengan nilai ekonominya

·       Mengaitkan konsep berbagai keanekaragaman hayati dengan metode pengelompokan berdasarkan ciri morfologi dan metagenesis tumbuhan

Pertemuan4

·       Menyajikan laporan pengamatan secara tertulis dan membuat tulisan tentang peran tumbuhan dalam  menjaga keseimbangan alam, misalnya siklus air, erosi, penyerapan karbon dioksida dan penghasilan oksigen bumi

 

Refleksidankonfirmasi

·       Merefleksi kegiatan pembelajaran.

·       Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·       Meminta peserta didik untuk menjaga kebersihan dan kerapihan laboratorium (penumbuhan karakter dan budaya disiplin).

·       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan  dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

Penilaian

Pengetahuan

Melalui esai bertema Plantae dan peranannya dalam kehidupan sesuai dengan instrument dan rubrik penilaian pengetahuan

Keterampilan

Penilaian Keterampilan melalui

menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan sesuai dengan instrument dan lembar ceklis penilaian Keterampilan

Sikap

Melalui pengamatan perilaku sikap

spiritual dan sikap social dalam

kegiatan pengamatan sesuai dengan instrument penilaian sikap(disiplin, tanggungjawab dan kerjasama)

 

Mengetahui                                                                  Cilacap Tengah,  Juli 2020       

Kepala MA Ma’arif Cilacap Tengah,                             Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

            M. MUSTAHIR, S.Pd. I                                                 NOFIYATUN, S.Pd

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI