RPP 1 Lembar Plantae Kd 3.8-4.8 Biologi Kelas 10 semester 2 K13
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
|
|
|
|
|
Mata pelajaran : Biologi Sekolah : MA Ma’arif Cilacap
Tengah Kelas/Semester : X / Genap |
KD : 3.8; 4.8 Materi : Plantae AlokasiWaktu : 4pertemuan (3 x 45 menit) |
|
TujuanPembelajaran |
|
Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio
berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan dan menyajikan laporan hasil
pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya
dalam kehidupan |
|
KegiatanPembelajaran |
|
KegiatanPendahuluan |
|
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini. ·
Membuat apersepsi mengenai Plantae |
|
KegiatanInti |
|
Pertemuan
1 ·
Mengamati, membandingkan morfologi struktur alat reproduksi serta cara reproduksi
berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekitar dan mengelompokkannya serta
jenis tumbuhan di hutan hujan tropis melalui berbagai sumber Pertemuan2 ·
Mendiskusikan peran Plantae pada berbagai bidang (industri, kesehatan, pangan) ·
Menggunakan contoh tumbuhan yang dibawa siswa (lumut, paku, tumbuhan
biji) membandingkan ciri-ciri Plantae ·
Mengindentifikasi alat reproduksi lumut dan paku dari lingkungan
sekitar ·
Mengamati alat reproduksi tumbuhan biji (angiospermae dan gymnospermae)
melalui obyek nyata atau gambar. ·
Membuat bagan metagenesis pada lumut, paku-pakuan, Gymnospermae dan angiospermae,
membandingkan dengan gambar/charta ·
Mengumpulkan informasi peran
Plantae pada berbagai bidang
(industri, kesehatan, pangan, dll) (PR). Pertemuan3 ·
Menganalisis dampak kalih fungsi hutan di Indonesia terhadap keanekaragaman hayati dan ekosistem dan menyimpulkan hubungan keanekaragaman tumbuhan dengan nilai ekonominya ·
Mengaitkan konsep berbagai keanekaragaman hayati dengan metode pengelompokan berdasarkan ciri morfologi dan metagenesis tumbuhan Pertemuan4 · Menyajikan laporan
pengamatan secara tertulis dan membuat tulisan tentang peran tumbuhan
dalam menjaga keseimbangan alam,
misalnya siklus air, erosi, penyerapan karbon dioksida dan penghasilan
oksigen bumi |
|
Refleksidankonfirmasi |
|
·
Merefleksi kegiatan pembelajaran. ·
Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. ·
Meminta peserta didik untuk menjaga kebersihan dan kerapihan laboratorium (penumbuhan karakter dan budaya disiplin). ·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa. |
|
Penilaian |
||
|
Pengetahuan Melalui esai bertema Plantae dan peranannya dalam
kehidupan sesuai dengan instrument dan rubrik penilaian pengetahuan |
Keterampilan Penilaian Keterampilan melalui menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik
tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan sesuai dengan instrument dan lembar ceklis penilaian Keterampilan |
Sikap Melalui pengamatan perilaku sikap spiritual dan sikap social dalam kegiatan pengamatan sesuai dengan instrument penilaian sikap(disiplin, tanggungjawab dan kerjasama) |
Mengetahui Cilacap Tengah,
Juli 2020
Kepala MA Ma’arif Cilacap Tengah, Guru
Mata Pelajaran,
M. MUSTAHIR, S.Pd. I NOFIYATUN, S.Pd
Komentar
Posting Komentar