RPP 1 lembar Animalia KD 3.9-4.9 Biologi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
|
|
|
|
|
Mata pelajaran : Biologi Sekolah : MA Ma’arif Cil Teng Kelas/Semester : X / Genap |
KD : 3.9;
4.9 Materi : Animalia Alokasi Waktu : 4 pertemuan (3 x 45 menit) |
|
Tujuan
Pembelajaran |
|
Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan
lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi dan menyajikan laporan
perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan
triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya |
|
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Kegiatan Pendahuluan |
|
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari
ini. ·
Membuat apersepsi mengenai Animalia |
|
Kegiatan Inti |
|
Pertemuan
1 ·
Mengamati ciri-ciri umum hewan invertebrata (terumbu karang) dan
vertebrata melalui gambar/video ·
Mengelompokkan jenis-jenis hewan berdasarkan persamaan yang dipunyai
dan mendokumentasikan hasil pengamatan dalam bentuk foto/gambar Pertemuan
2 ·
Mendiskusikan hasil pengamatan invertebrata untuk memahami berbagai
ciri yang dimilikinya sebagai dasar pengelompokannya ·
Membandingkan dengan berbagai hewan vertebrata ·
Mendiskusikan peranan invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem,
ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang Pertemuan
3 ·
Menggunakan kosa kata baru berkaitan dengan invertebrata dalam
menjelaskan tentang keanekaragaman invertebrata ·
Menjelaskan ciri-ciri hewan invertebrata dengan menggunakan peta
pikiran Pertemuan
4 ·
Menganalisis peran
hewan dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan
di masa datang serta mempresentasikannya dalam berbagai media |
|
Refleksi dan konfirmasi |
|
·
Merefleksi kegiatan pembelajaran. ·
Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
pada pertemuan berikutnya. ·
Meminta peserta didik untuk menjaga kebersihan dan
kerapihan laboratorium (penumbuhan karakter dan budaya disiplin). ·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan
pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa. |
|
Penilaian |
||
|
Pengetahuan Melalui esai bertema Animalia dan peranannya dalam
kehidupan sesuai dengan instrumen dan rubrik penilaian pengetahuan |
Keterampilan Penilaian Keterampilan melalui menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh
hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan
reproduksinya sesuai dengan instrumen dan lembar ceklis penilaian Keterampilan |
Sikap Melalui pengamatan
perilaku sikap spiritual dan sikap sosial
dalam kegiatan pengamatan sesuai dengan instrumen penilaian sikap (disiplin,
tanggung jawab dan kerjasama) |
Mengetahui Cilacap Tengah, Januari 2020
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
M. Mustahir, S.Pd.I Nofiyatun, S.Pd
NIP. NIP.
Komentar
Posting Komentar