RPP 1 Lembar Menyusun dan Membuat Teks Ulasan Kelas 8 Bahasa Indonesia Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
|
Satuan Pendidikan : SMP |
Tema : Teks
Ulasan |
Alokasi waktu 2 x 40 menit |
|
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia |
Kelas/Smester :
VIII/2 |
A,
TUJUAN
|
·
Mengetahui langkah-langkah menyusun teks ulasan ·
Melakukan kegiatan membuat teks ulasan |
B,
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
Langkah |
Kegiatan |
|
Pendahuluan |
1.
Peserta didik dan guru mengucapkan salam 2.
Guru memberi
gambaran langkah-langkah membuat teks ulasan berkaitan
materi yang akan dipelajari. 3.
Guru menyampaikan informasi tentang topik dan tujuan
pembelajaran yang akan dipelajari |
|
Kegiatan Inti |
1.
Mengamati a.
Peserta didik mengamati mengenai langkah-langkah
membuat teks ulasan. b.
Berdasarkan hasil pengamatan peserta didik diminta
mendiskusikan dalam kelompok tentang hal-hal yang ingin diketahui dari hasil
pengamatan, kemudian diminta dituliskan di dalam buku catatan. c.
Wakil dari kelompok diminta menuliskan di papan tulis
tentang hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. 1.
Menanya a.
Peserta didik diminta merumuskan pertanyaan dari
hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan, misalnya, “Bagaimana
langkah-langkah membuat teks eksplanasi yang benar?” b.
Wakil dari peserta didik diminta menuliskan pertanyaan
yang telah dirumuskan di papan tulis. 2.
Mengumpulkan data atau informasi. Peserta
didik diminta mengumpulkan informasi/data yang relevan terkait dengan
pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti: membaca buku
siswa, mencari informasi dari berbagai situs di internet, wawancara dengan
narasumber/ pakar. 3.
Menganalisis Data Peserta
didik diminta menganalisis data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan
membuat simpulan dari jawaban atas pertanyaan. 2.
Mengomunikasikan Peserta
didik menyampaikan kesimpulannya secara lisan atau tertulis, misalnya,
melalui presentasi kelompok, diskusi, dan tanya jawab. |
|
Penutup |
1.
Peserta didik diminta untuk meningkatkan pemahamannya
mengenai materi yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran atau sumber
informasi lain yang relevan. 2.
Guru dapat memberitahukan situs-situs di internet yang
terkait dengan konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari oleh peserta
didik dan kemudian meminta peserta didik untuk mengaksesnya. 3.
Peserta didik diberi pesan-pesan moral oleh guru 4.
Peserta didik diberi informasi tentang pembelajaran
pertemuan berikutnya. |
C, PENILAIAN
|
Ø Sikap
: Lembar pengamatan |
|
|
Ø Pengetahuan :
LK peserta didik |
|
|
Ø Ketrampilan :
Kinerja & observasi diskusi |
|
|
Mengetahui, |
……………… , ……………….2020 |
|
Kepala Sekolah |
Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Komentar
Posting Komentar