RPP 1 Lembar Teks Ulasan Kd 3.12- 4.12 Kelas 8 Bahasa Indonesia semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
|
Satuan Pendidikan : SMP |
Tema : Teks
Ulasan |
Alokasi waktu 2 x 40 menit |
|
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia |
Kelas/Smester :
VIII/2 |
A,
TUJUAN
|
·
Mengetahui
struktur teks ulasan ·
Menelaah kebahasaan teks ulasan |
B,
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
Langkah |
Kegiatan |
|
Pendahuluan |
1.
Peserta didik dan guru mengucapkan salam 2.
Guru memberi
gambaran mengenai struktur dan kebahasaan teks ulasan yang berkaitandengan
materi yang akan dipelajari. 3.
Guru menyampaikan informasi tentang topik dan tujuan
pembelajaran yang akan dipelajari |
|
Kegiatan Inti |
4.
Mengamati a.
Peserta didik mengamati teks ulasan kemudian menentukan
struktur dan kebahasaan teks ulasan tersebut. b.
Berdasarkan hasil pengamatan peserta didik diminta
mendiskusikan dalam kelompok tentang hal-hal yang ingin diketahui dari hasil
pengamatan, kemudian diminta dituliskan di dalam buku catatan. c.
Wakil dari kelompok diminta menuliskan di papan tulis
tentang hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. 5.
Menanya a.
Peserta didik diminta merumuskan pertanyaan dari
hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan, misalnya, “Apa saja
struktur yang terdapat dalam teks ulasan tersebut?” b.
Wakil dari peserta didik diminta menuliskan pertanyaan yang
telah dirumuskan di papan tulis. 6.
Mengumpulkan data atau informasi. Peserta
didik diminta mengumpulkan informasi/data yang relevan terkait dengan
pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti: membaca buku
siswa, mencari informasi dari berbagai situs di internet, wawancara dengan
narasumber/ pakar. 7.
Menganalisis Data Peserta
didik diminta menganalisis data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan
membuat simpulan dari jawaban atas pertanyaan. 8.
Mengomunikasikan Peserta
didik menyampaikan kesimpulannya secara lisan atau tertulis, misalnya,
melalui presentasi kelompok, diskusi, dan tanya jawab. |
|
Penutup |
1.
Peserta didik diminta untuk meningkatkan pemahamannya
mengenai materi yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran atau sumber
informasi lain yang relevan. 2.
Guru dapat memberitahukan situs-situs di internet yang
terkait dengan konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari oleh peserta
didik dan kemudian meminta peserta didik untuk mengaksesnya. 3.
Peserta didik diberi pesan-pesan moral oleh guru 4.
Peserta didik diberi informasi tentang pembelajaran
pertemuan berikutnya. |
C, PENILAIAN
|
Ø Sikap
: Lembar pengamatan |
|
|
Ø Pengetahuan :
LK peserta didik |
|
|
Ø Ketrampilan :
Kinerja & observasi diskusi |
|
|
Mengetahui, |
……………… , ……………….2020 |
|
Kepala Sekolah |
Guru Mata Pelajaran |
|
| |
Komentar
Posting Komentar