RPP 1 Lembar Perubahan Lingkungan, limbah dan Daur Ulang Biologi Kelas 10 Semester Genap

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata pelajaran  : Biologi

Sekolah               : MA Ma’arif Cilacap Tengah

Kelas/Semester  : X / Genap

KD                     : 3.10; 4.10

Materi               : Perubahan Lingkungan, Limbah dan DaurUlang

AlokasiWaktu : 4pertemuan (3 x 45 menit)

 

TujuanPembelajaran

Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan dan merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar

 

KegiatanPembelajaran

KegiatanPendahuluan

·       Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini.

·       Membuat apersepsi mengenai Perubahan Lingkungan, Limbah dan Daur Ulang

KegiatanInti

Pertemuan 1

·       Membaca, mengamati, membahas dan menganalisis berbagai  laporan media/kasus lingkungan hidup/lingkungan sekitar mengenai kerusakan lingkungan dan produk daur ulang

Pertemuan2

·       Melakukan percobaan polusi air /udara untuk menemukan daya tahan makhluk untuk kelangsungan kehidupannya. Melalui kerja kelompok.

·       Mengumpulkan informasi sebagai bahan diskusi atau sebagai topic yang akan didiskusikan mengenai masalah perusakan lingkungan

·       Membuat usulan cara pencegahan dan pemulihan kerusakan lingkungan akibat polusi

·       Studi literature tentang jenis-jenis limbah serta pengaruhnya terhadap kesehatan dan perubahan lingkungan

·       Mendiskusikan tentang pemanasan global, penipisan lapisan ozon dan efek rumah kaca apa penyebannya dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya.

·       Membuat daur ulang limbah

Pertemuan3

·       Menyimpulkan hasil pengamatan, diskusi, pengumpulan informasi serta studi literature tentang dampak kerusakan lingkungan penyebab, pencegahan serta penanggulangannya.

Pertemuan4

·       Usulan / himbauan tindakan nyata pelestarian lingkungan dan hemat energi yang harus dilakukan di tingkat sekolah dan tiap individu siswa yang dilakukan di rumah, sekolah, dan area pergaulan siswa

·       Laporan hasil pengamatan secara tertulis

·       Presentasi secara lisan tentang kerusakan lingkungan dandaurulanglimbah

Refleksidankonfirmasi

·       Merefleksi kegiatan pembelajaran.

·       Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·       Meminta peserta didik untuk menjaga kebersihan dan kerapihan laboratorium (penumbuhan karakter dan budaya disiplin).

·       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

Penilaian

Pengetahuan

Melalui esai bertema Perubahan Lingkungan, Limbah dan Daur Ulang dan dampaknya bagi kehidupan sesuai dengan instrument dan rubrik penilaian pengetahuan

Keterampilan

Penilaian Keterampilan melalui

merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar sesuai dengan instrument dan lembar ceklis penilaian Keterampilan

Sikap

Melalui pengamatan perilaku sikap spiritual dan sikap social dalam mengamati, berdiskusi, membuatkarya, dan merefleksikan diri terhadap perilaku pengrusakan lingkungan sesuai dengan instrument penilaian sikap(disiplin, tanggung jawab dan kerjasama)

 

Mengetahui                                                                  Cilacap Tengah,  Juli 2020       

Kepala MA Ma’arif Cilacap Tengah,                             Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

            M. MUSTAHIR, S.Pd. I                                                 NOFIYATUN, S.Pd

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI