RPP 1 Lembar Perubahan Lingkungan, limbah dan Daur Ulang Biologi Kelas 10 Semester Genap
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
|
|
|
|
|
Mata pelajaran : Biologi Sekolah : MA Ma’arif Cilacap
Tengah Kelas/Semester : X / Genap |
KD : 3.10; 4.10 Materi : Perubahan Lingkungan, Limbah dan DaurUlang AlokasiWaktu : 4pertemuan (3 x 45 menit) |
|
TujuanPembelajaran |
|
Menganalisis data perubahan lingkungan,
penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan dan
merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan
lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar |
|
KegiatanPembelajaran |
|
KegiatanPendahuluan |
|
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini. ·
Membuat apersepsi mengenai Perubahan Lingkungan, Limbah dan Daur Ulang |
|
KegiatanInti |
|
Pertemuan
1 ·
Membaca, mengamati, membahas dan menganalisis berbagai laporan media/kasus lingkungan
hidup/lingkungan sekitar mengenai kerusakan lingkungan dan produk daur ulang Pertemuan2 ·
Melakukan percobaan polusi air /udara untuk menemukan daya tahan
makhluk untuk kelangsungan kehidupannya. Melalui kerja kelompok. ·
Mengumpulkan informasi sebagai bahan diskusi atau sebagai topic yang
akan didiskusikan mengenai masalah perusakan lingkungan ·
Membuat usulan cara pencegahan dan pemulihan kerusakan lingkungan
akibat polusi ·
Studi literature tentang jenis-jenis limbah serta pengaruhnya terhadap
kesehatan dan perubahan lingkungan ·
Mendiskusikan tentang pemanasan global, penipisan lapisan ozon dan efek
rumah kaca apa penyebannya dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya. ·
Membuat daur ulang limbah Pertemuan3 ·
Menyimpulkan hasil pengamatan, diskusi,
pengumpulan informasi serta studi literature tentang dampak kerusakan lingkungan penyebab,
pencegahan serta penanggulangannya. Pertemuan4 ·
Usulan / himbauan tindakan nyata pelestarian lingkungan dan hemat
energi yang harus dilakukan di tingkat sekolah dan tiap individu siswa yang
dilakukan di rumah, sekolah, dan area pergaulan siswa ·
Laporan hasil pengamatan secara tertulis · Presentasi secara lisan
tentang kerusakan lingkungan dandaurulanglimbah |
|
Refleksidankonfirmasi |
|
·
Merefleksi kegiatan pembelajaran. ·
Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. ·
Meminta peserta didik untuk menjaga kebersihan dan kerapihan laboratorium (penumbuhan karakter dan budaya disiplin). ·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa. |
|
Penilaian |
||
|
Pengetahuan Melalui esai bertema Perubahan Lingkungan, Limbah dan Daur Ulang dan dampaknya bagi kehidupan sesuai dengan instrument dan rubrik penilaian pengetahuan |
Keterampilan Penilaian Keterampilan melalui merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi
di lingkungan sekitar sesuai dengan instrument dan lembar ceklis penilaian Keterampilan |
Sikap Melalui pengamatan perilaku sikap spiritual dan sikap social dalam mengamati,
berdiskusi, membuatkarya, dan merefleksikan diri terhadap perilaku pengrusakan lingkungan sesuai dengan instrument penilaian sikap(disiplin, tanggung jawab dan kerjasama) |
Mengetahui Cilacap Tengah,
Juli 2020
Kepala MA Ma’arif Cilacap Tengah, Guru
Mata Pelajaran,
M. MUSTAHIR, S.Pd. I NOFIYATUN, S.Pd
Komentar
Posting Komentar