Silabus Bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum 2013

 

 

                                                                                                        SILABUS

 

 

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Satuan Pendidikan      : SMP....

Kelas / Semester          : VIII

Tahun Pelajaran         : 2020/2021

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indokator

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Sumber Belajar

Penilaian

3.1    Mengidentifikasi unsur-unsur  teks berita  (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.

4.1  Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.

·    Pengertian teks berita

·    Unsur-unsur berita

(5 W + 1H)

·    Ringkasan dan penyimpulan berita.

·    Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita.

·    Tanggapan terhadap isi berita.

3.1.1         Menjelaskan Pengertian teks berita

3.1.2         Menganalisis Unsur-unsur berita (5 W + 1H)

3.1.3         Menganalisis Ringkasan dan penyimpulan berita.

3.1.4         Menganalisis Langkah- langkah menyimpulk an pokok- pokok berita.

3.1.5         Mengidentifikasi Tanggapan terhadap isi berita.

3.1.6         Menganalisis unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.

 

4.1.1         Membuat Ringkasan dan penyimpulan berita.

·         Mengamati teks berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan.

·         Mendiskusikan hasil membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita

·         Mendiskusikan langkah-langkah menentukan pokok-pokok/unsur-unsur berita

·         Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsur-unsur teks berita yang dibaca

·         Menanggapi  berita

 

·         12 JP

·      Buku bahasa Indonesia

·      Kamus bahasa Indonesia

·      Internet

·       Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Unjuk kerja

·      Produk

·      Portofolio

3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca berita

 

4.2  Menyajikan data,  informasi dalam bentuk berita  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,  atau  aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik).

·    Struktur teks berita

-   Kepala berita (lead)

-   Tubuh berita

-   Ekor berita

·    Kaidah-kaidah  kebahasaan teks berita.

·    Bahasa baku dan tidak baku (pengayaan)

 

 

 

 

3.2.1        Menganalisis Struktur teks berita yang meliputi Kepala berita

3.2.2       Menganalisis Struktur teks berita yang meliputi Tubuh berita

3.2.3       Menganalisis Struktur teks berita yang meliputi Ekor Berita

3.2.4       Menganalisis Kaidah- kaidah kebahasaan teks berita.

3.2.5       Menganalisis Bahasa baku dan tidak baku (pengayaan)

 

 

4.2.1       Menyajikan isi dari berita(membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

·         Membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam menulis  bagian-bagian teks berita

·         Mendata objek dari berbagai sumber tentag berita, bahan, dan cara/langkah-langkah kegiatan yang  disusun menjadi teks berita

·         Menulis teks berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan polapenyajiannya

·         Membacakan teks berita yang ditulis

3.3    Mengidentifikasi informasi   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

4.3    Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber

·    Pengertian dan Teks iklan, slogan, poster

·    Unsur-unsur teks Iklan, slogan, poster

·    Penyimpulan maksud suatu iklan.

·    Menceritakan kembali iklan.

 

3.3.1         Menjelaskan Pengertian Teks Iklan, Slogan, poster

3.3.2         Menganalisis Unsur-unsur Teks Iklan, Slogan, poster

 

4.3.1         Membuat isi iklan, slogan,   atau poster (membanggakan  dan memotivasi)         dari berbagai sumber

4.3.2         Menyajikan isi iklan, slogan,   atau poster (membanggakan  dan memotivasi)         dari berbagai sumber

·         Mendata informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster

·       Menelaah dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster

·       Mendiskuskan simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster

·         Mempresentasikan isi teks iklan, slogan, atau poster

 

 

·         18 JP

·      Buku bahasa Indonesia

·      Kamus bahasa Indonesia

·      Internet

·       Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Unjuk kerja

·      Produk

·      Portofolio

3.4  Menelaah pola penyajian dan kebahasaan   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

4.4   Menyajikan  gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster  secara lisan dan  tulis.

·    Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster.

·    Cara menyusun teks iklan, slogan, poster

 

3.4.1          Menganalisis Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster.

3.4.2         Menjelaskan cara menyusun teks iklan, slogan, poster

3.4.3         Menganalisis pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga an memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

 

4.4.1         Membuat gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis

 

 

·         Mendiskusikan ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks  iklan, slogan, atau poster yang dibaca/didengar/ disaksikan

·         Menganalisis langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster

·         Merumuskan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster

·         Menulis iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan

·         Mempresentasikan iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi

 

3.5  Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca.

4.5   Menyimpulkan isi teks eksposisi  (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca.

Pengertian teks eksposisi

·    Unsur-unsur teks eksposisi: gagasan dan fakta-fakta.

·    Pola-pola pengembangan teks eksposisi

·    Simpulan teks eksposisi berdasarkan gagasan utamanya.

·    Jenis-jenis paragraf dalam teks eksposisi.

 

3.5.1         Menjelaskan Pengertian Teks Ekposisi

3.5.2         Menganalisis Unsur-unsur teks eksposisi:gagasan dan fakta-fakta

 

4.5.1          Membuat isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca.

4.5.2         Menyajikan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca.

 

·      Mengamati teks eksposisi untuk merumuskan pengertiannya.

·      Mendata  dan merumuskan unsur-unsur teks eksposisi yang meliputi gagasan dan fakta dan pola pengembangannya

·      Mengakaji  hubungan bagian-bagian struktur dan kebahasaan teks eksposisi.

·       Menelaah dan informasi isi teks sesuai dengan bagian-bagian teks eksposisi

·       Menyimpulkan isi teks eksposisi hasil diskusi

 

 

·      24 JP

·      Buku bahasa Indonesia

·      Kamus bahasa Indonesia

·      Internet

·       Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Unjuk kerja

·      Produk

·      Portofolio

3.6  Menelaah isi dan struktur  teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca

4.6  Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan

 

Struktur teks eksposisi

·    Kaidah  teks ekposisi

·    Langkah-langkah menyusun teks eksposisi.

·    Menyan-ting teks eksposisi.

 

 

 

 

3.6.1         Menjelaskan Langkah- langkah Menyusun teks eksposisi.

3.6.2         Menganalisis struktur teks eksposisi

3.6.3         Menganalisis isi teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca

 

4.6.1         Membuat gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan

·         Mendiskusikan struktur dan penggunaan kaidah bahasa teks ekspoisi

·         Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktu, kaidah bahasa,  ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan  objek yang akan ditulis

·         Menulis teks ekposisi

·         Mempresentasikan  teks eksposisi

 

3.7  Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.

4.7  Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi  yang diperdengarkan atau dibaca

Pengertian teks puisi

·    Unsur-unsur pembentuk  teks puisi

·    Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya.

·    Periodesasi puisi (Pengayaan)

 

3.7.1         Menjelaskan Pengertian Teks Puisi

3.7.2         Menganalisis Unsur-unsur Teks Puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain)

 

4.7.1         Membuat kesimpulan tentang unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.

4.7.2         Membacakan puisi ( Ekpresi, Lafal, Tekanan, Intonasi)

 

·      Mengamati model-model teks puisi.

·      Merumuskan pengertian puisi.

·      Mendiskusikan isi teks puisi yang dibaca.

·      Mendiskusikan unsur-unsur pembangun puisi dan jenis-jenisnya.

·      Mempresentasikan hasil diskusi

 

·      20 JP

·      Buku bahasa Indonesia

·      Kamus bahasa Indonesia

·      Internet

·       Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Unjuk kerja

·      Produk

·      Portofolio

3.8  Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.

 4.8  Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi

Unsur lahir (bentuk) dan batin (makna) puisi.

·    Pengungkapan gagasan, perasaan, pandangan penulis

·    Pembacaan puisi (ekspresi, lafal, tekanan, intonasi)

3.8.1         Menganalisis Unsur-unsur Pembentuk teks puisi

3.8.2         Mengelompokan Puisi berdasarkan periodesasi

3.8.3         Menganalisis unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.

 

4.8.1         Membuat gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi

·      Merumuskan unsur-unsur pembentuk teks puisi

·      Mengidentifikasi isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi

·      Menulis puisi berdasarkan konteks 

·      Membacakan puisi yang ditulis dan menanggapinyai

 

 

3.9  Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis.

4.9  Meringkas  isi  teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari  beragam  sumber yang didengar  dan dibaca .

Pengertian teks eksplanasi

·    Ciri-ciri teks eksplanasi berdasar-kan pola/ struktur teks eksplanasi

·    Gagasan umum dalam teks eksplanasi.

·    Langkah-langkah  meringkas isi teks eksplanasi berdasar-kan gagasan umumnya

3.9.1         Menjelaskan pengertian teks eksplanasi

3.9.2         Menganalisis ciri-ciri teks eksplanasi berdasarkan pola/ struktur teks eksplanasi

3.9.3         Menganalisis Gagasan umum dalam teks eksplanasi.

3.9.4         Menjelaskan Langkah- langkah meringkas isi teks eksplanasi berdasarkan gagasan umumnya

3.9.5         Menganalisis informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis.

 

4.9.1         Menyimpulkan pengertian, ciri-ciri berdasarkan pola/struktur teks eksplanasi

4.9.2         Mendata gagasan umum dam teks eksplanasi.

4.9.3         Meringkas isi teks ekplanasi

4.9.4         Memajang ringkasan teks eksplanasi.

 

·         Mengamati suatu model teks eksplanasi.

·         Menyimpulkan pengertian, ciri-ciri berdasarkan pola/struktur teks eksplanasi

·         Mendata gagasan umum dan teks eksplanasi.

·         Meringkas isi teks ekplanasi

·         Memajang ringkasan teks eksplanasi.

 

 

·         24 JP

·      Buku bahasa Indonesia

·      Kamus bahasa Indonesia

·      Internet

·       Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Unjuk kerja

·      Produk

·      Portofolio

3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.

4.10 Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan

Ragam isi teks eksplanasi

·    Struktur teks eksplanasi

·    Kaidah teks eksplanasi.

·    Pola-pola pengembangan teks eksplanasi.

3.10.1     Menganalisis teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.

3.10.2     Menganalisis ragam isi teks eksplanasi

3.10.3     Menganalisis struktur teks eksplanasi

3.10.4     Menjelaskan kaidah teks eksplanasi.

3.10.5     MenjelaskanPola-pola pengembangan teks eksplanasi.

 

4.10.1     Membuat ringkasan  data dalam bentuk tek eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan

4.10.2     Mendata isi, struktur, dan kaidah teks eksplanasi.

4.10.3     Mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan peserta didik tinggal sebagai bahan menulis teks eksplanasi.

4.10.4     Menulis teks eksplanasi sesuai dengan kerangka/pola yang telah dirancang.

4.10.5     Memajang teks eksplanasi yang disusun dan ringkasannya

·         Mengamati model-model teks eksplanasi.

·         Mendata isi, struktur, dan kaidah teks eksplanasi.

·         Mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan peserta didik tinggal sebagai bahan menulis teks eksplanasi.

·         Menulis teks eksplanasi sesuai dengan kerangka/pola  yang telah dirancang.

·         Memajang teks eksplanasi yang disusun dan ringkaannya

 

 

3.11 Mengidentifikasi  informasi pada teks  ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan

4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.

·    Pengertian teks ulasan

·    Macam-macam teks ulasan berdasar-kan isinya

·    Maksud/ arti penting teks ulasan

·    Kelebihan/ kelemahan dalam teks ulasan.

3.11.1     Menganalisis suatu model teks ulasan.

3.11.2     Menjelaskan tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan.

3.11.3     Menjelaskan maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan

 

4.11.1     Menuliskan informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan.

4.11.2     Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.

 

·         Mengamati suatu model teks ulasan.

·         Berdiskusi tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan.

·         Mendiskusikan maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan

·         Menuliskan informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan.

·         Membacakan kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifasi

·         24 JP

·      Buku bahasa Indonesia

·      Kamus bahasa Indonesia

·      Internet

·       Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Unjuk kerja

·      Produk

·      Portofolio

3.12 Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca

4.12  Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan

Struktur teks ulasan:

1. orientasi

2. tafsiran                     3. rangkuman

4. evaluasi                    

·    Kaidah kebahasa-an teks ulasan.

·    Cara menulis teks ulasan

   

 

3.12.1     Menjelaskan struktur, kebahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda.

3.12.2     Menganalisis keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu sebagai bahan menulis teks ulasan.

3.12.3     Menganalisis Kaidah kebahasa-an teks ulasan.

3.12.4     Menjelaskan cara menulis teks ulasan

 

4.12.1     Menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data produk, karya, atau benda.

4.12.2     Memajang teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain

4.12.3     Membuat tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan

·         Mendiskusikan struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda.

·         Mendata keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu sebagai bahan menulis teks ulasan.

·         Menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa,  dan data produk, karya, atau benda.

·         Memajang teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain (perorangan/kelompok)

 

3.13 Mengidentifikasi jenis  saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.

4.13 Menyimpulkan  isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.

·    Pengertian dan is teks persuasi.

·    Ajakan-ajakan dalam teks persuasi.

  Langkah-langkah penyusunan kesimpulan.

3.13.1     Menjelaskan jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)

3.13.2     Menjelaskan pengertian dan isi teks persuasi

3.13.3     Mengidentifikasi ajakan- ajakan dalam teks persuasi.

3.13.4     Menganalisis langkah- langkah penyusunan kesimpulan

 

4.13.1     Merumuskan informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi

4.13.2     Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks Persuasi

 

·         Mengamati model-model teks persuasi.

·         Berdiskusi tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/ dibaca dan cara menyajikan ulang isinya

·         Merumuskan informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi

·         Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi

 

 

·         24 JP

·      Buku bahasa Indonesia

·      Kamus bahasa Indonesia

·      Internet

·       Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Unjuk kerja

·      Produk

·      Portofolio

3. 14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca

4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan

·    Struktur dan unsur kebahasa-an teks persuasi

·    Menggunakaan konjungsi supaya dan selagi (pengayaan)

 

·    Cara menyajikan teks persuasi

 

·    Penyiapan bujukan/ ajakan.

 

·    Memper-hatikan struktur/ kaidah teks ulasan

 

3.14.1     Menganalisis Struktur dan unsure kebahasa-an teks persuasi

3.14.2     Menjelaskan cara menyajikan teks persuasi

3.14.3     Menjelaskan cara penyiapan bujukan/ ajakan.

3.14.4     Menganalisis struktur/ kaidah teks ulasan

3.14.5     Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll)

 

4.14.1     Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi

4.14.2     Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan truktur, kebahasaan, atau aspek lisan

 

·         Mendiskusikan struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi

·         Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi

·         Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan, serta unsur kebahasaan yang digunakan

·         Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi

·         Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis

 

3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur  drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.

4.15 Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar

 

·    Pengertian/karakteris-tik  teks drama

·    Unsur-unsur  teks drama

·    Penjelasan isi drama

·    Tanggapan atas drama

3.15.1     Menjelaskan pengertian/karakteristik teks drama

3.15.2     Menganalisis unsur-unsur teks drama

3.15.3     Mendeskripsikan penjelasan isi drama

3.15.4     Mendeskripsikan tanggapan atas drama

 

4.15.1     Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar

 

·         Memperhatikan suatu model teks drama

·         Merumuskan pengertian/karakteristik  drama.

·         Mendiskusikan unsur-unsur dan isi drama

·         Mengidentifikasi isi drama

·         Menanggapi dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton

 

·         18 JP

·      Buku bahasa Indonesia

·      Kamus bahasa Indonesia

·      Internet

·       Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Unjuk kerja

·      Produk

·      Portofolio

3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas.

4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah

·    Karakteris-tik teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya.

·    Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal.

·    Langkah-langkah pementas-an drama

3.16.1     Menjelaskan karakteristik teks drama berdasarkan struktur dan kaidahnya.

3.16.2     Menjelaskan cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal.

3.16.3     Menganalisis langkah- langkah pementasan drama

 

4.16.1     Membuat drama dalam bentuk pentas atau naskah

4.16.2     Menanggapi dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton

4.16.3     Menulis teks drama tradisional dan modern

 

·         Mendiskusikan karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama

·         Mendiskusikan cara menulis teks drama dan penyajiannya

·         Menulis teks drama

·       Mementaskan drama secara berkelompok

 

3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

 

4.17 Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

·    Keragaman informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi.

·    Informasi buku melalui indeks.

·    Catatan tentang isi buku.

·    Teknik-teknik membaca. 

 

3.17.1     Menentukan unsur-unsur buku fiksi

3.17.2     Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi

3.17.3     Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku

3.17.4     Menganalisis perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi

3.17.5     Menganalisis Keragaman informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi.

3.17.6     Menganalisis Informasi buku melalui indeks.

3.17.7     menganalisis Teknik- teknik membaca.

 

4.17.1     Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.17.2     Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan

4.17.3     Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku 

 

·         Mendiskusikan informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan non fiksi

·         Membuat peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi

·         Mempresentasikan informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi

 

·         12 JP

·      Buku bahasa Indonesia

·      Kamus bahasa Indonesia

·      Internet

·       Lisan

·      Tertulis

·      Penugasan

·      Unjuk kerja

·      Produk

·      Portofolio

3.18 Menelaah unsur  buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca  secara lisan/ tertulis

·    Ungkapan dalam buku fiksi.

·    Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.

·    Daya tarik bacaan

·    Mendiskusikan isi buku.

3.18.1     Menganalisis Ungkapan dalam buku fiksi.

3.18.2     Menganalisis Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.

3.18.3     Menelaah unsur buku fiksi yang bisa dikomentari

3.18.4     Menelaah unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari

3.18.5     Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi

 

4.18.1     Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca

4.18.2     Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca 

·            Mendiskusikan unsur kebahasaan dalam buku fiksi.

·            Membuat tanggapan terhadap buku fiksi.

·            Menyajikanan tanggapan terhadap buku fiksi.

·            Memberikan  komentar terhadap tanggapan terhadap buku fiksi.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI