Silabus Bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum 2013
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan
Pendidikan : SMP....
Kelas /
Semester : VIII
Tahun
Pelajaran : 2020/2021
|
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Indokator
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
waktu |
Sumber
Belajar |
Penilaian |
|
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur
teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar
dan dibaca. 4.1 Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan
memotivasi) yang dibaca dan didengar. |
·
Pengertian teks berita ·
Unsur-unsur
berita (5 W + 1H) ·
Ringkasan
dan penyimpulan berita. ·
Langkah-langkah
menyimpulkan pokok-pokok berita. ·
Tanggapan
terhadap isi berita. |
3.1.1
Menjelaskan Pengertian teks berita 3.1.2
Menganalisis Unsur-unsur berita
(5 W + 1H) 3.1.3
Menganalisis Ringkasan
dan penyimpulan berita. 3.1.4
Menganalisis Langkah- langkah
menyimpulk
an pokok- pokok
berita. 3.1.5
Mengidentifikasi Tanggapan terhadap isi berita. 3.1.6
Menganalisis unsur-unsur teks berita
(membanggakan
dan memotivasi)
yang didengar dan dibaca. 4.1.1
Membuat Ringkasan
dan penyimpulan berita. |
·
Mengamati
teks berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan. ·
Mendiskusikan
hasil membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita ·
Mendiskusikan
langkah-langkah menentukan pokok-pokok/unsur-unsur berita ·
Merumuskan
ringkasan/kesimpulan unsur-unsur teks berita yang dibaca ·
Menanggapi
berita |
·
12 JP |
· Buku
bahasa Indonesia · Kamus
bahasa Indonesia ·
Internet |
· Lisan · Tertulis · Penugasan · Unjuk
kerja · Produk ·
Portofolio |
|
3.2
Menelaah struktur dan kebahasaan
teks berita (membanggakan dan memotivasi)
yang didengar dan dibaca berita 4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik,
kinesik). |
·
Struktur
teks berita -
Kepala
berita (lead) -
Tubuh
berita -
Ekor
berita ·
Kaidah-kaidah kebahasaan teks berita. ·
Bahasa
baku dan tidak baku (pengayaan) |
3.2.1
Menganalisis Struktur teks berita yang meliputi Kepala berita 3.2.2 Menganalisis Struktur
teks
berita
yang meliputi Tubuh berita 3.2.3 Menganalisis Struktur
teks
berita
yang meliputi Ekor Berita 3.2.4 Menganalisis Kaidah-
kaidah kebahasaan teks berita. 3.2.5 Menganalisis Bahasa baku
dan tidak baku (pengayaan) 4.2.1 Menyajikan isi dari berita(membanggakan
dan memotivasi)
yang dibaca dan didengar |
·
Membaca
berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah kebahasaan
(bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan
kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam
menulis bagian-bagian teks berita ·
Mendata
objek dari berbagai sumber tentag berita, bahan, dan cara/langkah-langkah
kegiatan yang disusun menjadi teks
berita ·
Menulis
teks berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan polapenyajiannya ·
Membacakan
teks berita yang ditulis |
|||
|
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang
membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. 4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau
poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber |
·
Pengertian dan Teks iklan, slogan, poster ·
Unsur-unsur
teks Iklan, slogan, poster ·
Penyimpulan
maksud suatu iklan. ·
Menceritakan
kembali iklan. |
3.3.1
Menjelaskan Pengertian Teks Iklan, Slogan, poster 3.3.2
Menganalisis Unsur-unsur Teks Iklan, Slogan, poster 4.3.1
Membuat isi iklan, slogan,
atau poster (membanggakan dan
memotivasi) dari berbagai
sumber 4.3.2
Menyajikan isi iklan, slogan,
atau poster (membanggakan dan
memotivasi) dari berbagai
sumber |
·
Mendata
informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster ·
Menelaah
dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster ·
Mendiskuskan
simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster ·
Mempresentasikan
isi teks iklan, slogan, atau poster |
·
18 JP |
· Buku
bahasa Indonesia · Kamus
bahasa Indonesia ·
Internet |
· Lisan · Tertulis · Penugasan · Unjuk
kerja · Produk ·
Portofolio |
|
3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang
membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar 4.4 Menyajikan
gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis. |
·
Unsur-unsur
iklan, slogan, dan poster. ·
Cara
menyusun teks iklan, slogan, poster |
3.4.1
Menganalisis Unsur-unsur iklan, slogan, dan
poster. 3.4.2
Menjelaskan cara menyusun teks iklan, slogan, poster 3.4.3
Menganalisis pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau
poster (yang membuat bangga an memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar 4.4.1
Membuat gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster
secara lisan dan tulis |
·
Mendiskusikan
ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster
berdasarkan teks iklan, slogan, atau
poster yang dibaca/didengar/ disaksikan ·
Menganalisis
langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster ·
Merumuskan
konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan
penulisan slogan dan/poster ·
Menulis
iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan ·
Mempresentasikan
iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi |
|||
|
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari
koran/ majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca. 4.5 Menyimpulkan
isi teks eksposisi (artikel ilmiah
populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca. |
Pengertian
teks eksposisi ·
Unsur-unsur
teks eksposisi: gagasan dan fakta-fakta. ·
Pola-pola
pengembangan teks eksposisi ·
Simpulan
teks eksposisi berdasarkan gagasan utamanya. ·
Jenis-jenis
paragraf dalam teks eksposisi. |
3.5.1
Menjelaskan Pengertian Teks Ekposisi 3.5.2
Menganalisis Unsur-unsur teks eksposisi:gagasan dan fakta-fakta 4.5.1
Membuat isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan
majalah) yang diperdengarkan dan dibaca. 4.5.2
Menyajikan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan
majalah) yang diperdengarkan dan dibaca. |
·
Mengamati
teks eksposisi untuk merumuskan pengertiannya. ·
Mendata dan merumuskan unsur-unsur teks eksposisi
yang meliputi gagasan dan fakta dan pola pengembangannya ·
Mengakaji hubungan bagian-bagian struktur dan
kebahasaan teks eksposisi. ·
Menelaah
dan informasi isi teks sesuai dengan bagian-bagian teks eksposisi ·
Menyimpulkan
isi teks eksposisi hasil diskusi |
·
24 JP |
· Buku
bahasa Indonesia · Kamus
bahasa Indonesia ·
Internet |
· Lisan · Tertulis · Penugasan · Unjuk
kerja · Produk ·
Portofolio |
|
3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah
populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca 4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam
bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah
populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll)
secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan,
aspek lisan |
Struktur
teks eksposisi ·
Kaidah teks ekposisi ·
Langkah-langkah
menyusun teks eksposisi. ·
Menyan-ting
teks eksposisi. |
3.6.1
Menjelaskan Langkah- langkah Menyusun teks eksposisi. 3.6.2
Menganalisis struktur teks eksposisi 3.6.3
Menganalisis isi teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari
koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca 4.6.1
Membuat gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang
artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, aspek lisan |
·
Mendiskusikan
struktur dan penggunaan kaidah bahasa teks ekspoisi ·
Menyusun
kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktu, kaidah bahasa, ciri kebahasaan, dan pola pengembangan
kebahasaan berdasarkan objek yang akan
ditulis ·
Menulis
teks ekposisi ·
Mempresentasikan teks eksposisi |
|||
|
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks
puisi yang diperdengarkan atau
dibaca. 4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna
teks puisi yang diperdengarkan atau
dibaca |
Pengertian
teks puisi ·
Unsur-unsur
pembentuk teks puisi ·
Simpulan
isi, unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya. ·
Periodesasi
puisi (Pengayaan) |
3.7.1
Menjelaskan Pengertian Teks Puisi 3.7.2
Menganalisis Unsur-unsur Teks Puisi (perjuangan, lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan lain-lain) 4.7.1
Membuat kesimpulan tentang unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi
yang diperdengarkan atau dibaca. 4.7.2
Membacakan puisi ( Ekpresi, Lafal, Tekanan, Intonasi) |
·
Mengamati
model-model teks puisi. ·
Merumuskan
pengertian puisi. ·
Mendiskusikan
isi teks puisi yang dibaca. ·
Mendiskusikan
unsur-unsur pembangun puisi dan jenis-jenisnya. ·
Mempresentasikan
hasil diskusi |
·
20 JP |
· Buku
bahasa Indonesia · Kamus
bahasa Indonesia ·
Internet |
· Lisan · Tertulis · Penugasan · Unjuk
kerja · Produk ·
Portofolio |
|
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi
(perjuangan, lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca. 4.8
Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/ lisan dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun puisi |
Unsur
lahir (bentuk) dan batin (makna) puisi. ·
Pengungkapan
gagasan, perasaan, pandangan penulis ·
Pembacaan
puisi (ekspresi, lafal, tekanan, intonasi) |
3.8.1
Menganalisis Unsur-unsur Pembentuk teks puisi 3.8.2
Mengelompokan Puisi berdasarkan periodesasi 3.8.3
Menganalisis unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca. 4.8.1
Membuat gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/ lisan dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun puisi |
·
Merumuskan
unsur-unsur pembentuk teks puisi ·
Mengidentifikasi
isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi ·
Menulis
puisi berdasarkan konteks ·
Membacakan
puisi yang ditulis dan menanggapinyai |
|||
|
3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks
ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan
atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara
tertulis. 4.9 Meringkas
isi teks eksplanasi yang berupa
proses terjadinya suatu fenomena dari
beragam sumber yang didengar dan dibaca . |
Pengertian teks eksplanasi ·
Ciri-ciri teks eksplanasi berdasar-kan pola/ struktur teks eksplanasi ·
Gagasan umum dalam teks eksplanasi. ·
Langkah-langkah meringkas isi teks eksplanasi berdasar-kan
gagasan umumnya |
3.9.1
Menjelaskan pengertian teks eksplanasi 3.9.2
Menganalisis ciri-ciri teks eksplanasi berdasarkan pola/ struktur teks
eksplanasi 3.9.3
Menganalisis Gagasan umum dalam teks eksplanasi. 3.9.4
Menjelaskan Langkah- langkah meringkas isi teks eksplanasi berdasarkan
gagasan umumnya 3.9.5
Menganalisis informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian
suatu fenomena alam yang
diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan
struktur, unsur
kebahasaan, dan
isi secara tertulis. 4.9.1
Menyimpulkan pengertian,
ciri-ciri
berdasarkan
pola/struktur teks eksplanasi 4.9.2
Mendata gagasan
umum dam
teks eksplanasi. 4.9.3
Meringkas isi
teks ekplanasi 4.9.4
Memajang ringkasan teks
eksplanasi. |
·
Mengamati
suatu model teks eksplanasi. ·
Menyimpulkan
pengertian, ciri-ciri berdasarkan pola/struktur teks eksplanasi ·
Mendata
gagasan umum dan
teks eksplanasi. ·
Meringkas
isi teks ekplanasi ·
Memajang
ringkasan teks eksplanasi. |
·
24 JP |
· Buku
bahasa Indonesia · Kamus
bahasa Indonesia ·
Internet |
· Lisan · Tertulis · Penugasan · Unjuk
kerja · Produk ·
Portofolio |
|
3.10 Menelaah teks
eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan
atau dibaca. 4.10 Menyajikan
informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena
secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan |
Ragam
isi teks eksplanasi ·
Struktur
teks eksplanasi ·
Kaidah
teks eksplanasi. ·
Pola-pola
pengembangan teks eksplanasi. |
3.10.1 Menganalisis
teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu
fenomena alam yang
diperdengarkan atau dibaca. 3.10.2 Menganalisis ragam isi teks
eksplanasi 3.10.3 Menganalisis struktur teks
eksplanasi 3.10.4 Menjelaskan kaidah teks
eksplanasi. 3.10.5 MenjelaskanPola-pola
pengembangan teks eksplanasi. 4.10.1 Membuat ringkasan data dalam bentuk tek eksplanasi proses
terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan 4.10.2 Mendata isi, struktur, dan
kaidah teks eksplanasi. 4.10.3 Mendata peristiwa-peristiwa
yang terjadi di lingkungan peserta didik tinggal sebagai bahan menulis teks
eksplanasi. 4.10.4 Menulis teks eksplanasi
sesuai dengan kerangka/pola yang telah dirancang. 4.10.5 Memajang teks eksplanasi
yang disusun dan ringkasannya |
·
Mengamati
model-model teks eksplanasi. ·
Mendata
isi, struktur, dan kaidah teks eksplanasi. ·
Mendata
peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan peserta didik tinggal sebagai
bahan menulis teks eksplanasi. ·
Menulis
teks eksplanasi sesuai dengan kerangka/pola
yang telah dirancang. ·
Memajang
teks eksplanasi yang disusun dan ringkaannya |
|||
|
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan 4.11 Menceritakan kembali
isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya
seni daerah) yang dibaca atau didengar. |
·
Pengertian teks ulasan ·
Macam-macam teks ulasan berdasar-kan isinya ·
Maksud/
arti penting teks ulasan ·
Kelebihan/
kelemahan dalam teks ulasan. |
3.11.1 Menganalisis suatu model
teks ulasan. 3.11.2 Menjelaskan tentang
pengertian dan macam-macam isi teks ulasan. 3.11.3 Menjelaskan maksud dan cara
mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan 4.11.1 Menuliskan informasi berupa
pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan. 4.11.2 Menceritakan kembali isi
teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni
daerah) yang dibaca atau didengar. |
·
Mengamati
suatu model teks ulasan. ·
Berdiskusi
tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan. ·
Mendiskusikan
maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan ·
Menuliskan
informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada
teks ulasan. ·
Membacakan
kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifasi |
·
24 JP |
· Buku
bahasa Indonesia · Kamus
bahasa Indonesia ·
Internet |
· Lisan · Tertulis · Penugasan · Unjuk
kerja · Produk ·
Portofolio |
|
3.12 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks ulasan
(film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan
dibaca 4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya
(film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks
ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek lisan |
Struktur
teks ulasan: 1. orientasi 2.
tafsiran 3.
rangkuman 4. evaluasi ·
Kaidah
kebahasa-an teks ulasan. ·
Cara
menulis teks ulasan |
3.12.1 Menjelaskan struktur,
kebahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda. 3.12.2 Menganalisis keunggulan dan
kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu sebagai bahan menulis
teks ulasan. 3.12.3 Menganalisis Kaidah
kebahasa-an teks ulasan. 3.12.4 Menjelaskan cara menulis
teks ulasan 4.12.1 Menulis teks ulasan dengan
memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data produk, karya, atau
benda. 4.12.2 Memajang teks ulasan untuk
dikomentari peserta didk lain 4.12.3 Membuat tanggapan tentang
kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam
bentuk teks ulasan secara lisan dan
tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan |
·
Mendiskusikan
struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda. ·
Mendata
keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu
sebagai bahan menulis teks ulasan. ·
Menulis
teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data produk, karya, atau benda. ·
Memajang
teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain (perorangan/kelompok) |
|||
|
3.13 Mengidentifikasi
jenis saran, ajakan, arahan, dan
pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks
persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang
didengar dan dibaca. 4.13
Menyimpulkan isi saran, ajakan,
arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari
teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)
yang didengar dan dibaca. |
·
Pengertian dan is teks persuasi. ·
Ajakan-ajakan dalam teks persuasi. • Langkah-langkah penyusunan kesimpulan. |
3.13.1
Menjelaskan jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang
berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) 3.13.2
Menjelaskan pengertian dan isi teks persuasi 3.13.3
Mengidentifikasi ajakan- ajakan dalam teks
persuasi. 3.13.4
Menganalisis langkah- langkah penyusunan
kesimpulan 4.13.1 Merumuskan informasi yang terdapat
pada teks persuasi sesuai
dengan bagian-bagian
teks
persuasi 4.13.2 Menyimpulkan
cara menyajikan informasi
isi teks Persuasi |
·
Mengamati
model-model teks persuasi. ·
Berdiskusi
tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/ dibaca dan cara
menyajikan ulang isinya ·
Merumuskan
informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks
persuasi ·
Menyimpulkan
cara menyajikan informasi isi teks persuasi |
·
24 JP |
· Buku
bahasa Indonesia · Kamus
bahasa Indonesia ·
Internet |
· Lisan · Tertulis · Penugasan · Unjuk kerja · Produk ·
Portofolio |
|
3. 14 Menelaah struktur
dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan
tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
4.14 Menyajikan teks
persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan |
·
Struktur
dan unsur kebahasa-an teks persuasi ·
Menggunakaan
konjungsi supaya dan selagi (pengayaan) ·
Cara
menyajikan teks persuasi ·
Penyiapan
bujukan/ ajakan. ·
Memper-hatikan
struktur/ kaidah teks ulasan |
3.14.1
Menganalisis Struktur dan unsure kebahasa-an
teks persuasi 3.14.2
Menjelaskan cara menyajikan teks persuasi 3.14.3
Menjelaskan cara penyiapan bujukan/ ajakan. 3.14.4
Menganalisis struktur/ kaidah teks ulasan 3.14.5 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan
pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) 4.14.1 Menulis teks persuasi
sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah
kebahasaan teks
persuasi 4.14.2 Menyajikan teks persuasi
(saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan
memperhatikan truktur, kebahasaan, atau aspek lisan |
·
Mendiskusikan
struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi ·
Mendata
permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan
menulis teks persuasi ·
Mendiskusikan
cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan
memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan,
serta unsur kebahasaan yang digunakan ·
Menulis
teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks
persuasi ·
Mempresentasikan
teks persuasi yang ditulis |
|||
|
3.15 Mengidentifikasi
unsur-unsur drama (tradisional dan
moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah. 4.15
Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/
didengar |
·
Pengertian/karakteris-tik teks
drama ·
Unsur-unsur teks drama ·
Penjelasan
isi drama ·
Tanggapan
atas drama |
3.15.1 Menjelaskan
pengertian/karakteristik teks drama 3.15.2 Menganalisis unsur-unsur
teks drama 3.15.3 Mendeskripsikan penjelasan
isi drama 3.15.4 Mendeskripsikan tanggapan
atas drama 4.15.1 Menginterprestasi drama
(tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar |
·
Memperhatikan
suatu model teks drama ·
Merumuskan
pengertian/karakteristik drama. ·
Mendiskusikan
unsur-unsur dan isi drama ·
Mengidentifikasi
isi drama ·
Menanggapi
dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton |
·
18 JP |
· Buku
bahasa Indonesia · Kamus
bahasa Indonesia ·
Internet |
· Lisan · Tertulis · Penugasan · Unjuk
kerja · Produk ·
Portofolio |
|
3.16 Menelaah
karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk
naskah atau pentas. 4.16 Menyajikan drama
dalam bentuk pentas atau naskah |
·
Karakteris-tik
teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya. ·
Cara
menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal. ·
Langkah-langkah
pementas-an drama |
3.16.1 Menjelaskan karakteristik
teks drama berdasarkan struktur dan kaidahnya. 3.16.2 Menjelaskan cara menulis
naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal. 3.16.3
Menganalisis langkah- langkah pementasan drama 4.16.1 Membuat drama dalam bentuk
pentas atau naskah 4.16.2 Menanggapi dan
melaporkan
secara lisan
dan atau tulis
isi drama yang ditonton 4.16.3 Menulis teks drama
tradisional dan modern |
·
Mendiskusikan
karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama ·
Mendiskusikan
cara menulis teks drama dan penyajiannya ·
Menulis
teks drama ·
Mementaskan
drama secara berkelompok |
|||
|
3.17 Menggali dan
menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca 4.17 Membuat peta konsep/
garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca |
·
Keragaman
informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi. ·
Informasi
buku melalui indeks. ·
Catatan
tentang isi buku. ·
Teknik-teknik
membaca. |
3.17.1 Menentukan unsur-unsur buku
fiksi 3.17.2 Menentukan unsur-unsur buku
nonfiksi 3.17.3 Menentukan persamaan dan
perbedaan unsur buku 3.17.4 Menganalisis perbedaan unsur
buku fiksi dengan buku nonfiksi 3.17.5 Menganalisis Keragaman
informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi. 3.17.6 Menganalisis Informasi buku
melalui indeks. 3.17.7 menganalisis Teknik- teknik
membaca. 4.17.1 Membuat peta konsep/ garis alur dari
buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca 4.17.2 Membuat rangkuman dalam
bentuk pemetaan 4.17.3 Membuat rangkuman dalam
bentuk rangkaian gagasan pokok isi buku
|
·
Mendiskusikan
informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan non fiksi ·
Membuat
peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi ·
Mempresentasikan
informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi |
·
12 JP |
· Buku
bahasa Indonesia · Kamus
bahasa Indonesia ·
Internet |
· Lisan · Tertulis · Penugasan · Unjuk
kerja · Produk ·
Portofolio |
|
3.18
Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi
yang dibaca 4.18
Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/ tertulis |
·
Ungkapan dalam buku fiksi. ·
Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi. ·
Daya tarik bacaan ·
Mendiskusikan isi buku. |
3.18.1 Menganalisis Ungkapan dalam
buku fiksi. 3.18.2 Menganalisis Unsur-unsur
menarik dalam buku fiksi. 3.18.3 Menelaah unsur buku fiksi
yang bisa dikomentari 3.18.4 Menelaah unsur buku nonfiksi
yang bisa dikomentari 3.18.5 Menentukan persamaan dan
perbedaan unsur buku nonfiksi 4.18.1 Membuat komentar tentang
buku fiksi yang dibaca 4.18.2 Membuat komentar tentang
buku nonfiksi yang dibaca |
·
Mendiskusikan
unsur kebahasaan dalam buku fiksi. ·
Membuat
tanggapan terhadap buku fiksi. ·
Menyajikanan
tanggapan terhadap buku fiksi. ·
Memberikan komentar terhadap tanggapan terhadap buku
fiksi. |
Komentar
Posting Komentar