RPP 1 Lembar Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Ekskresi Manusia Biologi Kelas 11 semester Genap
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
|
Mata pelajaran : Biologi Sekolah : MA Ma’arif Cilacap
Tengah Kelas/Semester : XI / Genap |
KD : 3,9;
4,9 Materi : Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Ekskresi Manusia AlokasiWaktu : 4pertemuan (4 x 45 menit) |
|
TujuanPembelajaran |
|
-
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada system ekskresi manusia -
Menyajikan hasil analisis pengaruh pola hidup terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ yang
meyebabkan gangguan pada system ekskresi serta kaitannya dengan teknologi |
|
KegiatanPembelajaran |
|
KegiatanPendahuluan |
|
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini. ·
Membuat apersepsi mengenai tentang Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Ekskresi Manusia |
|
KegiatanInti |
|
Pertemuan 1 ·
Mengamati dan mengenali struktur berbagai organ
ekskresi, letak, fungsinya melalui kegiatan demonstrasi kelas/torso/gambar/video
mengenai kerja ginjal, struktur ginjal kambing/sapi yang dibandingkan dengan
ginjal manusia, hati, penampangmelintangkulituntukmelihatstrukturseldanjaringandanmengaitkandenganfungsinya ·
Menjelaskan struktur dan fungsi organ pada system ekskresi pada manusia dan hewan (belalang dan cacing) ·
Menjelaskan proses ekskresi pada manusia ·
Menjelaskan proses ekskresi pada hewan (belalang dan cacing) ·
Menjelaskan kelainan dan penyakit yang
berhubungan dengan system eksresi ·
Menjelaskan teknologi yang
berkaitan dengan Kesehatan system ekskresi |
|
Pertemuan2 ·
Mengkaji literatur tentang struktur sel yang Menyusun jaringan dan fungsinya pada alat-alat ekskresi, proses
pengeluaran sisa metabolisme: keringat,
urin, bilirubin dan biliverdin,
CO2dan H2O (uap air) pada berbagai organ
ekskresi, prinsip kerja dari dialisis darah serta kelainan/penyakit sistem
ekskresi |
|
Pertemuan3 ·
Melakukan percobaan uji urin orang normal dan
orang sakit |
|
Pertemuan4 ·
Membahas, menganalisis,
menyimpulkan dan mempresentasikan tentang struktur, fungsi sel-sel penyusun jaringan pada organ ekskresi serta keterkaitan dengan fungsinya dan
kemiripan system teknologi cuci darah dengan fungsi ginjal sebagai penyaring zat-zat sisa bioproses pada tubuh |
|
Refleksi dan konfirmasi |
|
·
Merefleksi kegiatan pembelajaran. ·
Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. ·
Meminta peserta didik untuk menjaga kebersihan dan kerapihan laboratorium (penumbuhan karakter dan Budaya disiplin). ·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan Diakhiri dengan berdoa. |
|
Penilaian |
||
|
Pengetahuan Melalui esai tentang hubungan antara
struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan
bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia
sesuai dengan instrument dan rubric penilaianpengetahuan |
Keterampilan Penilaian Keterampilan melalui hasil analisis pengaruh pola hidup terhadap kelainan pada struktur dan
fungsi organ yang meyebabkan gangguan pada sistem ekskresi serta kaitannya dengan
teknologi sesuai dengan instrument dan lembar ceklis penilaian Keterampilan |
Sikap Melalui pengamatan perilaku sikap spiritual dan sikap social dalam melakukan percobaan dan pemaparan hasil percobaan sesuai dengan instrument penilaian sikap (disiplin, tanggungjawab dan kerjasama) |
Mengetahui Cilacap Tengah,
Juli 2020
Kepala MA Ma’arif Cilacap Tengah, Guru
Mata Pelajaran,
M. MUSTAHIR, S.Pd. I NOFIYATUN, S.Pd
Komentar
Posting Komentar