RPP 1 Lembar Teks Ulasan 3.11- 4.11 Kelas 8 Bahasa Indonesia Semester 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan : SMP

Tema     : Teks Ulasan

Alokasi waktu

2 x 40 menit

Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester      : VIII/2

 

A, TUJUAN

·        Memahami pengertian teks ulasan

·        Mengetahui tujuan pembuatan teks ulasan

 

B, LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Langkah

Kegiatan

Pendahuluan

1.     Peserta didik dan guru mengucapkan salam

2.       Guru memberi gambaran mengenai teks ulasan berkaitandengan materi yang akan dipelajari.

3.       Guru menyampaikan informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari

Kegiatan Inti

1.         Mengamati

a.          Peserta didik mengamati teks ulasan yang disajikan guru.

b.       Berdasarkan hasil pengamatan peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok tentang hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan, kemudian diminta dituliskan di dalam buku catatan.

c.        Wakil dari kelompok diminta menuliskan di papan tulis tentang hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan.

2.       Menanya

a.              Peserta didik diminta merumuskan pertanyaan dari hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan, misalnya, “Apa yang dimaksud dengan teks ulasan?”

b.            Wakil dari peserta didik diminta menuliskan pertanyaan yang telah dirumuskan di papan tulis.

3.       Mengumpulkan data atau informasi.

Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data yang relevan terkait dengan pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti: membaca buku siswa, mencari informasi dari berbagai situs di internet, wawancara dengan narasumber/ pakar.

4.       Menganalisis Data

Peserta didik diminta menganalisis data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan membuat simpulan dari jawaban atas pertanyaan.

5.       Mengomunikasikan

Peserta didik menyampaikan kesimpulannya secara lisan atau tertulis, misalnya, melalui presentasi kelompok, diskusi, dan tanya jawab.

 

Penutup

1.      Peserta didik diminta untuk meningkatkan pemahamannya mengenai materi yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran atau sumber informasi lain yang relevan.

2.       Guru dapat memberitahukan situs-situs di internet yang terkait dengan konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari oleh peserta didik dan kemudian meminta peserta didik untuk mengaksesnya.

3.       Peserta didik diberi informasi tentang pembelajaran pertemuan berikutnya.

C, PENILAIAN

Ø Sikap                   : Lembar pengamatan

Ø Pengetahuan      : LK peserta didik

Ø Ketrampilan        : Kinerja & observasi diskusi

 

 

Mengetahui,

 

 

……………… , ……………….2020

Kepala Sekolah  

Guru Mata Pelajaran

 

 


 

 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI