RPP 1 Lembar Ekologi Kd 3.10 - 4.10 Biologi Kelas 10 semester Genap Kurikulum 2013
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
|
|
|
|
|
Mata pelajaran : Biologi Sekolah : MA Ma’arif Cilacap
Tengah Kelas/Semester : X / Genap |
KD : 3.10; 4.10 Materi : Ekologi AlokasiWaktu : 4pertemuan (3 x 45 menit) |
|
TujuanPembelajaran |
|
Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan
interaksi antar komponen tersebut dan menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar
komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia) |
|
KegiatanPembelajaran |
|
KegiatanPendahuluan |
|
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini. ·
Membuat apersepsi mengenai Ekologi |
|
KegiatanInti |
|
Pertemuan
1 ·
Mengamati ekosistem dan komponen yang menyusunnya ·
Mengamati video terbentuknya hujan dari proses penguapan. Pertemuan2 ·
Melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan
mengidentifikasi komponen-komponen yang menyusun ekosistem ·
Menganalisi hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan
antara biotik dan biotik dalam ekosisten tersebut danmengaitkannyadenganketidakseimbanganlingkungan ·
Mendiskusikan kemungkinan yang dilakukan berkaitan dengan pemulihan
ketidak seimbangan lingkungan ·
Mengamati adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran energi ·
Mendiskusikan daur biogeo kimia menggunakan baga/chaerta ·
Mendiskusikan ketidak seimbangan lingkungan dan memprediksi kemungkinan
proses yang tidak seimbang Pertemuan3 ·
Mendiskusikan data berbagai komponen ekosistem dan mengaitkannya dengan keseimbangan ekosistem
yang ada ·
Mendiskusikan dan menyimpulkan bahwa di alam terjadi keseimbangan antara komponen dan proses
biogeokimia ·
Menyimpulkan bahwa di alam jika terjadi ketidakseimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya rehabilitasi agar
keseimbangan proses bisa berlangsung Pertemuan4 ·
Menjelaskan secara lisan komponen ekosistem,
proses biogeokimia, ketidak seimbangan ekosistem dan aliran energi · Mempresentasikan tentang keterkaitkan interaksi
antar komponen ekosistem, daur biogeokimia, upaya yang dapat dilakukan berkaitan dengan
pemulihanketidakseimbangan lingkungan berdasarkan bagan/carta/video |
|
Refleksidankonfirmasi |
|
·
Merefleksi kegiatan pembelajaran. ·
Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. ·
Meminta peserta didik untuk menjaga kebersihan dan kerapihan laboratorium (penumbuhan karakter dan budaya disiplin). ·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa. |
|
Penilaian |
||
|
Pengetahuan Melaluiesai bertema Ekologi dan menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen
tersebut sesuai dengan instrument dan rubrik penilaian pengetahuan |
Keterampilan Penilaian Keterampilan melalui menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem
(jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia) sesuai dengan instrument dan lembar ceklis penilaian Keterampilan |
Sikap Melalui pengamatan perilaku sikap spiritual dan sikap social dalam melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya sesuai dengan instrument penilaian sikap(disiplin,
tanggungjawab dan kerjasama) |
Mengetahui Cilacap Tengah,
Juli 2020
Kepala MA Ma’arif Cilacap Tengah, Guru
Mata Pelajaran,
M. MUSTAHIR, S.Pd. I NOFIYATUN, S.Pd
Komentar
Posting Komentar