RPP 1 Lembar Ekologi Kd 3.10 - 4.10 Biologi Kelas 10 semester Genap Kurikulum 2013

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata pelajaran  : Biologi

Sekolah               : MA Ma’arif Cilacap Tengah

Kelas/Semester  : X / Genap

KD                     : 3.10; 4.10

Materi               : Ekologi

AlokasiWaktu : 4pertemuan (3 x 45 menit)

 

TujuanPembelajaran

Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut dan menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia)

 

KegiatanPembelajaran

KegiatanPendahuluan

·       Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini.

·       Membuat apersepsi mengenai Ekologi

KegiatanInti

Pertemuan 1

·       Mengamati ekosistem dan komponen yang menyusunnya

·       Mengamati video terbentuknya hujan dari proses penguapan.

Pertemuan2

·       Melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi komponen-komponen yang menyusun ekosistem

·       Menganalisi hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan biotik dalam ekosisten tersebut danmengaitkannyadenganketidakseimbanganlingkungan

·       Mendiskusikan kemungkinan yang dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak seimbangan lingkungan

·       Mengamati adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran energi

·       Mendiskusikan daur biogeo kimia menggunakan baga/chaerta

·       Mendiskusikan ketidak seimbangan lingkungan dan memprediksi kemungkinan proses yang tidak seimbang

Pertemuan3

·       Mendiskusikan data berbagai komponen ekosistem dan mengaitkannya dengan keseimbangan ekosistem yang ada

·       Mendiskusikan dan menyimpulkan bahwa di alam terjadi keseimbangan antara komponen dan proses biogeokimia

·       Menyimpulkan bahwa di alam jika terjadi ketidakseimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung

Pertemuan4

·       Menjelaskan secara lisan komponen ekosistem, proses biogeokimia, ketidak seimbangan ekosistem dan aliran energi

·       Mempresentasikan tentang keterkaitkan interaksi antar komponen ekosistem, daur biogeokimia, upaya yang dapat  dilakukan berkaitan dengan pemulihanketidakseimbangan lingkungan berdasarkan  bagan/carta/video

Refleksidankonfirmasi

·       Merefleksi kegiatan pembelajaran.

·       Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·       Meminta peserta didik untuk menjaga kebersihan dan kerapihan laboratorium (penumbuhan karakter dan budaya disiplin).

·       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

Penilaian

Pengetahuan

Melaluiesai bertema Ekologi dan menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut sesuai dengan instrument dan rubrik penilaian pengetahuan

Keterampilan

Penilaian Keterampilan melalui

menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia) sesuai dengan instrument dan lembar ceklis penilaian Keterampilan

Sikap

Melalui pengamatan perilaku sikap spiritual dan sikap social dalam melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya sesuai dengan instrument penilaian sikap(disiplin, tanggungjawab dan kerjasama)

 

Mengetahui                                                                  Cilacap Tengah,  Juli 2020       

Kepala MA Ma’arif Cilacap Tengah,                             Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

            M. MUSTAHIR, S.Pd. I                                                 NOFIYATUN, S.Pd

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA SMP

Materi Teks Diskusi Kelas 9 Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Struktur dan Kaidah Teks Diskusi

RPP MENELAAH HUBUNGAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI